alexa-tracking

pengertian VGA card...

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d640011acb17d9208b49a8/pengertian-vga-card
pengertian VGA card...
pengertian VGA card... pengertian VGA card...
pengertian VGA
Video Graphics Array (VGA), adalah merupakan sebuah standar tampilan computer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. VGA masih diimplementasikan pada pocket PC. Video Graphics Array (VGA) ini biasa dinamakan dengan video card, video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter. VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640 x 480.
Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran computer ke monitor. Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15_pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor.
Zaman sekarang kartu VGA sudah menggunakan Graphics Accelerator Chipset, adalah merupakan chipset masa kini dimana sudah memasukkan kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D) yang di integrasikan pada chipset yang dimilikinya.
Fungsi dari akselerator 3D adalah untuk mengolah / menerjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna. Keberadaan akselerator 3D tidak lagi memerlukan IRQ ini mampu melakukan manipulasi-manipulasi grafis 3D secara yang lebih kompleks dan sempurna. Karena banyaknya fungsi pengolahan grafis 3 dimensi yang dulunya dilakukan oleh prosessor papan induk tapi kini dapat dikerjakan oleh prosessor grafis tiga dimensi pada 3D akselerator tersebut.
Perlu diketahui bahwa chipset 3D pada kartu VGA tidak sebaik jika menggunakan 3D accelerator sebagai pendukungnya. Meski demikian, chipset 3D pada kartu VGA juga mendukung adanya beberapa fasilitas akselerasi tiga dimensi pada 3D accelerator. Sebagai catatan penting bahwa, fungsi 3D accelerator akan optimal jika “perangkat lunak” permainan yang dijalankan memanfaatkan fungsi-fungsi khusus dari 3D accelerator tersebut. Fasilitas software “permainan” sekarang ini mulai berkembang, yang terkenal adalah dukungan terhadap 3D accelerator yang memiliki chipset VooDoo 3D FX, rendition verite, dan permedia 3D labs.
VGA card, yang sering disebut Graphics Card (kartu grafis) ataupun video card, adalah berfungsi untuk menerjemahkan / mengubah sinyal digital dari computer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (video graphics adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) computer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game. VGA card sering juga disebut card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi.
Jenis Memori VGA
Berdasarkan klasifikasi memori yang dipergunakan, maka kartu VGA dapat dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain :
DRAM (dynamic RAM)
Kartu VGA yang menggunakan memori DRAM adalah berkecepatan 80 ns atau 70 ns, ada juga MD_RAM (multiple dynamic RAM) yang menggunakan DRAM berlapis. DRAM digunakan pada banyak kartu grafik 8, 16, atau 32 bit. Penggunaan DRAM ditujukan untuk computer tingkat entry level, yang tidak memerlukan kecepatan tinggi dan warna yang banyak.
EDO RAM
Kartu VGA yang bermemorikan ADO RAM adalah berkecepatan 60 ns sampai 35 ns, EDO RAM banyak ditemui pada kartu grafik 64 bit. EDO RAM yang umum dipakai mempunyai speed 60 MHz 60 / 40 ns.
VRAM (video RAM)
Kartu VGA yang mengintegrasikan memori VRAM adalah berkecepatan 20 atau 10 ns, VRAM lebih mahal dibandingkan DRAM karena VRAM lebih cepat dari DRAM. Penggunaan VRAM pada kartu VGA ditujukan untuk kmputer kelas atas.
SGRAM (synchoronous graphic RAM)
Kartu VGA yang memakai memori SGRAM adalah berkecepatan kurang dari 10 ns, SGRAM pada kartu VGA juga berdasarkan pada teknologi SDRAM pada memori utama computer.
RAMBUS
Kartu VGA ISA adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (industry standard architecture) bus yang masih bersistemkan dipergunakan karena selain kecepatan transfer datanya sangat lambat. Tampilan kehalusan gambar serta kombinasi warna yang dihasilkan juga sangat terbatas.
VGA EISA
Kartu VGA EISA adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspensi EISA (extended industry standard architecture) bus yang adalah 32 bit system 1/0_nya. Kartu VGA ini juga tidak dipergunakan lagi karena kartu VGA ini sama dengan kartu VGA ISA yang memiliki keterbatasan pada kecepatan, kehalusan gambar, serta kombinasi warna yang dihasilkan.
VGA PCI
Kartu VGA PCI adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi PCI (peripheral component interconnect) bus yang adalah 32 bit atau 64 bit system I/O_nya. Kartu VGA jenis ini sekarang sudah jarang sekali dipergunakan, karena adanya keterbatasan pada fitur-fiturnya.
VGA AGP
Kartu VGA AGP adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot ekspansi AGP (accelerated graphic port) bus yang adalah 128 bit atau 256 bit system I/O nya.
VGA PCI EXPRESS (PCLE)
Kartu VGA PCI express ( pcle) adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi pcie / peripheral component interconnect express).


terima kasih ,semoga bermanfaat gan.......emoticon-2 Jempol
ternyata vga itu begitu yah bentuknya
baru liyat ini ane gan
pertamax....emoticon-I Love Indonesia (S)
KASKUS Ads
ane baru tau bentuk VGA begitu gan.
kalo tingkatan VGAnya gan??
image-url-apps
banyak juga jenis vga ya gan...
×