alexa-tracking

[PENTING] Kelainan pada Payudara yang Perlu Diwaspadai

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d6292a0d8b461a618b468c/penting-kelainan-pada-payudara-yang-perlu-diwaspadai
[PENTING] Kelainan pada Payudara yang Perlu Diwaspadai
[PENTING] Kelainan pada Payudara yang Perlu Diwaspadai

sebelumnya
[PENTING] Kelainan pada Payudara yang Perlu Diwaspadai
Pemeriksaan rutin merupakan langkah tepat untuk mengantisipasi lebih dini risiko kanker
payudara. Jika cukup jeli, tanda-tanda kanker bisa dideteksi sendiri dari kelainan-kelainan yang terdapat
di sekitar jaringan payudara.
Dikutip dari Shine, berikut ini adalah 7 kelainan yang perlu diwaspadai sebagai gejala kanker payudara.

[PENTING] Kelainan pada Payudara yang Perlu Diwaspadai
1. Benjolan
Gejala kanker payudara yang paling mudah dikenali adalah munculnya benjolan yang tidak normal.
Benjolan itu bisa umumnya diraba sendiri, meski kadang-kadang hanya bisa diketahui keberadaannya
lewat pemeriksaan mammograph.
Benjolan yang keras dengan bentuk tidak teratur lebih perlu diwaspadai dibandingkan benjolan yang lunak
dan bulat. Benjolan lunak biasanya dipicu oleh adanya kista, meski kista juga bisa mengeras jika mengalami pengapuran.

2. Pembengkakan
Meski tidak ada benjolan, payudara yang membengkak atau terasa berat perlu diwaspadai. Kehamilan dan
retensi (penumpukan) cairan akibat terlalu banyak konsumsi garam sebenarnya juga bisa menyebabkan
payudara membengkak, namun pembengkakan akibat kanker biasanya tidak simetris antara payudara kiri dan kanan.

3. Iritasi kulit
Gejala kanker juga bisa diamati dari kulit payudara atau puting yang memerah, tebal dan bersisik. Jika tanda-tanda itu muncul meski tidak sedang mengalami infeksi kulit dan tidak memiliki alergi terhadap
bahan kimia pada pakaian, sabun dan lotion, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

4. Nyeri di bagian puting
Kista di payudara juga bisa menyebabkan rasa nyeri di bagian puting. Untuk membedakannya dengan kanker payudara, periksakan segera dan mintalah dokter untuk melakukan pemeriksaan ultrasonik yang bisa membedakan kista dengan sel kanker.

5. Puting tenggelam (nipple retraction)
Meski jarang, pertumbuhan sel kanker payudara di sekitar areola juga bisa menyebabkan puting tenggelam. Jika gejala ini muncul tiba-tiba dan bertahan hingga beberapa pekan, ada kemungkinan terjadi
traksi atau pengencangan kelenjar susu yang terjadi karena terdesak oleh sel tumor.

6. Cairan aneh di puting
Selain susu, cairan apapun yang keluar dari puting perlu diwaspadai terutama jika berwarna merah atau coklat. Biasanya dokter akan melakukan ductogram yakni sejenis mammograph untuk memeriksa
kelainan kelenjar susu, lalu mengamati cairan yang keluar dengan bawah mikroskop untuk mengetahui adanya sel kanker di dalamnya.

7. Pembengkakan kelenjar getah bening
Kanker payudara selalu ditandai dengan pembengkakan kelenjar getah bening di daerah ketiak.
Periksakan segera untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut, meski kadang-kadang infeksi juga bisa menyebabkan bagian ini membengkak.

Jika bermanfaat emoticon-Cendol (S)
klo g bermanfaat emoticon-Blue Guy Bata (S)
jangan jadi silent reader ya gan
thanks buat sharing infonya gan emoticon-Kiss
image-url-apps
Nice info gan
KASKUS Ads
pembengkakan kelenjar payudara... ini yang pada umumnya terjadi pada wanita usia muda, tp sista jg harus SADARI ( bahasa yang di di salah satu RS kangker di JKT ) kalau benjolan kelenjar tersebut lembek dan tidak terasa sakit sista harus langsung periksakan ke dokter yang BERKOMPETEN knp ane capslock, ini karena bisa jadi sista terkena pyllodes tumor mamae , ini termasuk kategori tumor jinak tapi tidak bisa hilang walau sudah di operasi , seperti kangker tapi sampai saat ini blm ada treatment khsus di indonesia untuk penyembuhan pyllodes tumor mamae ini... hanya baru di amrika dan negara besar lainnya...
ane pgn sih jelasin panjang lebar... mungkin ane bikin threadnya nanti tentang pyhllodes ini hehehe...
btw nice inpoh gan supaya kita para lelaki jangan sampai kehilangan 4 sehat 5 sempurna...emoticon-Malu
nice share gan, bagi wanita perlu waspada nih
wah parah jugaa ya gan
image-url-apps
Nice share gan
Kudu hati-hati ni
image-url-apps
kanker emang jd salah satu penyebab kematian yg perlu diwaspadai
yg paling penting tuh mengetahui gejala awal sebelum jd lbh parah, soalnya ane punya tetangga yg udah terlanjur parah krna telat menyadari klo beliau menderita kanker
info penting buat para wanita nich gan...
kayanya cwe2 mesti baca thread ente nich gan...
image-url-apps
nais inpo bray
ntar gua kasih tau pacarnya temen gua bray emoticon-Frown
image-url-apps
bahaya juga ya buat para wanita gan tuh payudara
image-url-apps
berlaku buat cowo ga ini bray? emoticon-Hammer2
image-url-apps
bini ane payudaranya lebih besar yg kiri daripada kanan. kagak ada bahasannya gan?
tp info bagus nih, ane sebagai suami bini ane bisa mengantisipasi penyakit payudara
image-url-apps
Hmmm kalo laki laki bisa kena kanker payudara juga gak sih? emoticon-Hammer2
image-url-apps
Quote:


makanya gan kalo nenen tuh jangan sebelah ajah gan emoticon-Cape d...
Quote:


bisa gan tp resiko terkena kanker payudara bagi laki2 sangat kecil gan emoticon-Jempol

image-url-apps
Quote:


Jiah. Gokil lu gan emoticon-Ngakak mulut gw kan atu gan, makanya ane cuma pilih sebelah aja
image-url-apps
laki-laki juga bisa kena ya katanya walaupun kemungkinannya kecil?
bahaya tuh, bantu rate biar semua orang tau emoticon-Takut
btw, ilustrasinya kurang banyak gan emoticon-Malu (S)
bini ane putingnya kedalem gan ga apa2 gtu. jadi emoticon-Takut
×