alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d412885dcb17d0080001d3/kordinasi-kepedulian-sosial-untuk-sinabung-feat-all-kaskus-sub-forums
Kordinasi Kepedulian Sosial untuk Sinabung [feat. All Kaskus Sub Forums]
LIPUTAN MEDIA LOKAL TENTANG SINABUNG


Meretas Asa di Pengungsian Sinabung

Kordinasi Kepedulian Sosial untuk Sinabung [feat. All Kaskus Sub Forums]


KOMPAS.com - Sudah dua bulan lebih warga Desa Sukameriah, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, berada di posko pengungsian di Desa Payung. Sejak Gunung Sinabung erupsi, Oktober lalu, dan hingga kini berstatus Awas, tidak kurang 17.000 jiwa dari 21 desa tinggal sementara di 31 posko pengungsian yang antara lain menggunakan gedung sekolah dan tempat ibadah.

Mayoritas pengungsi merupakan penduduk desa di radius 5 kilometer dari puncak Sinabung. Desa Sukameriah, misalnya, berada sekitar 2,5 kilometer dari puncak gunung setinggi 3.300 meter dari permukaan laut itu. Para pengungsi umumnya adalah petani sayuran, jeruk, kopi, dan cokelat.

Dua bulan lebih berada di pengungsian membuat warga mulai jenuh. Apalagi warga dilarang kembali ke desa meski sekadar melihat tanaman ataupun hewan peliharaan. Karena itu, banyak pengungsi bersedia menandatangani surat pernyataan siap menanggung risiko jika secara tiba-tiba Sinabung erupsi untuk dapat menengok tanaman dan hewan peliharaan di desa.

”Mau bagaimana lagi, masih ada biji cokelat dan kopi yang bisa dipanen. Sayang kalau tidak diambil walau penuh risiko,” kata Ika Beru Sitepu (32), warga Desa Simacem, Kecamatan Naman Teran, di posko pengungsian di kampus Universitas Karo Area Kabanjahe.

Warga yang tak mau berisiko memilih mengupah orang lain untuk melihat tanaman mereka. Konsekuensinya, upah buruh tani lebih mahal daripada biasanya, yaitu Rp 70.000, dari sebelumnya Rp 50.000 per hari.

”Mereka belum bisa kembali ke desanya karena aktivitas gunung masih tinggi,” ujar Jhonson Taringan, Ketua Media Center Penanggulangan Bencana Gunung Sinabung Posko Kabanjahe.

Aktivitas Sinabung pun tak kunjung turun dari level IV atau Awas sehingga pemerintah tidak mau mengambil risiko membiarkan masyarakat kembali ke desa masing-masing.

Apalagi, saat ini, menurut Kepala Sub Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Wilayah Barat Hendra Gunawan, posisi magma semakin mendekati puncak. Kegempaan Sinabung menunjukkan tren meningkat, seperti gempa vulkanik dangkal, gempa hybrid, dan frekuensi rendah. Bahkan, gempa tremor semakin sering.

”Meningkatnya aktivitas Sinabung adalah alasan utama pemerintah menahan warga di pengungsian,” kata Hendra. Dia mengatakan, sangat sulit memprediksi kapan gunung akan meletus.

Pengungsi umumnya tidak kekurangan makanan. Namun, karena terlalu lama di pengungsian, rasa jenuh menghampiri. Bahkan, mulai muncul perselisihan di antara pengungsi beda desa yang berada di satu lokasi meski hanya soal sepele seperti pembagian jatah tak merata.

Karena itu, salah satu upaya mengurangi kejenuhan dan mengikis perseteruan, yakni pengungsi diberi kesibukan memasak makanan sendiri. Bahan untuk memasak tersedia di posko. Meski begitu, ada saja cara pengungsi mendapatkan sayur-mayur untuk dimasak karena bosan dengan bahan makanan yang tersedia.

Stok makanan dan minuman bagi pengungsi masih terpenuhi untuk beberapa hari ke depan yang merupakan bantuan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten, swasta, lembaga swadaya masyarakat, dan organisasi. Kebutuhan lainnya, seperti selimut dan tikar, dilengkapi sehingga pengungsi bisa nyaman.

Menurut Makmur Beru Sitepu (48), warga Desa Kuta Rakyat, persoalan lainnya selama di pengungsian adalah tidak adanya penghasilan. Padahal, biaya pendidikan anak tidak bisa berhenti. Untuk memenuhi biaya sekolah anak, baik SMP, SMA, maupun perguruan tinggi, banyak pengungsi memilih menjadi buruh tani dengan upah Rp 50.000 per hari.

Permintaan tenaga buruh juga mengalir dari beberapa desa di sekitar Kabanjahe dan Brastagi. Kebutuhan akan dana tidak hanya untuk biaya sekolah anak, tetapi juga untuk memenuhi keperluan pribadi.

”Tekanan darah saya naik terus karena ingat harta benda dan tanaman kopi di kampung. Jadi, banyak yang stres karena tidak ada kegiatan, sementara kembali ke desa sangat tidak mungkin,” ujar Makmur.

Pada rapat koordinasi di Kabanjahe, kordinator lapangan dari sejumlah posko mengeluh pengungsi tidak tertib karena banyak yang kembali ke desa secara diam-diam. Meski terus diinformasikan bahwa Sinabung bisa mendadak meletus, mereka tidak peduli.

”Setiap desa masih dijaga sekitar 50 pria karena khawatir harta benda hilang. Alasannya, meski jalan utama masuk ke desa dikawal aparat keamanan, pencurian tetap saja ada,” kata Senjata Tambun (44).

Seperti diungkap Maladin Tarigan (62), warga Desa Sukameriah yang berada di pengungsian Desa Payung. ”Setelah dihajar awan panas tidak ada tanaman kopi, tetapi hasrat untuk pulang ke desa sangat besar. (Karena itu) paling penting bagaimana selama di pengungsian ada aktivitas. Kalau hanya makan lalu tidur, tetap saja hati tidak tenang,” ujar pemilik sekitar 1.000 pohon kopi ini.

Hidup dan tinggal di kaki gunung berapi yang masih aktif agaknya belum sepenuhnya bisa dijalani oleh penduduk Kabupaten Karo. Memang pada 2010, Sinabung meletus setelah tidur selama lebih dari 800 tahun.

Tidak hanya penduduk, pemerintah daerah juga masih bingung karena belum ada pola paling tepat untuk menyiasati hidup berdampingan dengan gunung yang ternyata masih aktif. Apalagi Pemerintah Kabupaten Karo belum membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Setiap proses eksekusi, seperti penyaluran bantuan, melalui birokrasi yang panjang. Paling tidak harus lebih dulu melalui tangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Lebih parah lagi, penguasa daerah dataran tinggi, yang selama ini memasok sayur-mayur dan buah-buahan ke Singapura melalui Batam, Kepulauan Riau, ini, seolah tak peduli dengan kesulitan pengungsi. Padahal, erupsi masih mungkin terjadi lagi dan tidak diketahui kapan berakhir. Artinya, pengungsi masih harus bertahan di pengungsian hingga berbulan-bulan.

Saat ini, bagi pengungsi yang penting informasi soal aktivitas gunung cepat disebarkan, baik melalui radio maupun media komunikasi lain, sehingga mereka tidak semakin resah. Menjadi buruh tani merupakan salah satu upaya mereka untuk bertahan ketika tak ada kegiatan/pekerjaan lain yang bisa dilakukan. Kini mereka harus mulai belajar menapaki hidup tak senyaman dulu lagi. (Agnes Swetta Pandia)

Sumber: Kompas

youtube-thumbnail





LIPUTAN MEDIA INTERNASIONAL TENTANG SINABUNG



Indonesia's Mount Sinabung Volcano Erupts, Villages Covered In Thick Ash

Kordinasi Kepedulian Sosial untuk Sinabung [feat. All Kaskus Sub Forums]


MEDAN, Indonesia -- MEDAN, Indonesia (AP) — A volcano in western Indonesia erupted on Thursday, unleashing a column of dark volcanic material high into the air weeks after villagers were returning home from an earlier eruption, officials said.

The explosion at Mount Sinabung, located in North Sumatra province, shot black ash 3 kilometers (nearly 2 miles) into the air, but there were no reports of injuries or damage, said National Mitigation Agency spokesman Sutopo Purwo Nugroho.

He said villages, farms and trees around the 2,600-meter (8,530-foot) -high rumbling volcano were covered in thick gray ash, prompting authorities to evacuate more than 3,300 people. Most were from two villages within 3 kilometers (nearly 2 miles) of the mountain in Karo district.

No lava or debris spewed from the volcano, and nearby towns and villages were not in danger, but authorities warned tourists to stay away from the danger zone located 1.5 kilometers (1 mile) from the crater, Nugroho said.

Last month, more than 15,000 people were forced to flee when the volcano rumbled to life after being dormant for three years, belching ash and smoke and igniting fires on its slopes.

The volcano's last major eruption in August 2010 killed two people and forced 30,000 others to flee. It caught many scientists off guard because it had been quiet for four centuries.

Mount Sinabung is among more than 120 active volcanoes in Indonesia, which is prone to seismic upheaval due to its location on the Pacific "Ring of Fire," an arc of volcanos and fault lines encircling the Pacific Basin.

Sumber: Huffington Post

youtube-thumbnail




KAMI MENGUNDANG TEMAN-TEMAN KASKUS UNTUK AMBIL BAGIAN MEMBANTU SAUDARA KITA!


Berawal dari gagasan teman-teman Guild of Enthusiast untuk berbuat sesuatu demi saudara-saudara yang terdampak langsung letusan Sinabung, maka disusunlah rencana "Kepedulian Sosial untuk Sinabung" yang akan melibatkan seluruh Sub Forum Kaskus (kalaupun tidak semua, sebagian besar).

Trit ini dibuat sebagai pusat kordinasi mencakup pelaporan dana dan bentuk aktivitas setiap Sub Forum dalam menggalang bantuan bagi saudara-saudara terdampak letusan Sinabung.

Kontak utama di daerah Sinabung adalah Abang Pubiclover a.k.a Ryoma. List akan ditambahkan seiring pembaruan dan perbaikan trit ini. emoticon-Hammer




APA YANG BISA KITA SUMBANGKAN UNTUK SAUDARA-SAUDARA DI WILAYAH TERDAMPAK SINABUNG?

Berdasarkan informasi lapangan, yang dibutuhkan adalah:

  1. Makanan siap saji (lauk pauk dalam kaleng / kemasan)
  2. Selimut
  3. Pakaian Layak Pakai
  4. Susu
  5. Jas Ujan sekali pakai
  6. Tenda
  7. Bahan bangunan






Karena trit ini masih dalam konstruksi, mohon dimaklumi bila ada perubahan lagi.
Bagi yang ingin partisipasi bisa ke rek :
BCA 6280429081 A.N Utami Nandawati
tiap transfer harap PM dipretelin
dan diberikan kode 16 misal transfer 50.016
karena 16 itu kode #H2H


DAFTAR DONASI


1. Nn : 150,0016,00
2. IH : 100.016,00
3. RAN : 250.016
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10...
Quote:Original Posted By Mesachi_Tan

Disinilah rapat teknis keberangkatan dimulai
Spoiler for Ceklek!:


Proses belanja Part I, II, III
Spoiler for Ceklek!:


Proses packing (H-3)
Spoiler for Ceklek!:


Nginap bareng di rumah martin91 (H-1)
Spoiler for Ceklek!:


Sebelum berangkat
Spoiler for Ceklek!:


Perjalanan (Pergi)
Spoiler for Ceklek!:


Sesampainya di TKP (Tiga Binanga)
Spoiler for Ceklek!:


Perjalanan (Pulang)
Spoiler for Ceklek!:


Sedikit video dalam perjalanan
Spoiler for Ceklek!:


Setibanya di Medan (Cemara)
Spoiler for Ceklek!:



Quote:Original Posted By dipretelin


Terimakasih untuk yang sudah menyisihkan rejekinya, semoga dibalas oleh Allah SWT emoticon-Smilie

Donasi akan disalurkan kembali pada bulan februari emoticon-Smilie

emoticon-Angel
Kebutuhan Logistik :
  1. Makanan siap saji (lauk pauk dalam kaleng / kemasan)
  2. Selimut
  3. Pakaian Layak Pakai
  4. Susu
  5. Jas Ujan sekali pakai (diutamakan)
  6. Tenda


Waiting List
  1. Bahan bangunan (menunggu izin dari pemerintah)

Sedangkan dana berupa uang nantinya akan disetor ke

Peduli Sinabung Regional Medan

untuk dikelola bagi saudara-saudara kita di lokasi[/CENTER]

Forum yang berpartisipasi dan dikordinir oleh masing - masing enthusiast :



untuk penggalangan dana dilakukan di masing - masing forum yang kemudian akan dipusatkan di Medan dengan bantuan dari teman - teman di medan termasuk untuk distribusi kepada pubiclover.

menerima dengan senang hati, teman - teman kaskuser yang mau membantu tenaga untuk di lokasi penampungan emoticon-heart


Quote:Original Posted By pubiclover
Spoiler for erupsi:


Spoiler for desa yg ditinggalkan setelah dihajar awan panas & lahar dingin:


Quote:emoticon-exclamation Catatan tambahan emoticon-exclamation

Penyaluran bantuan dibagi menjadi 2 windows.
Pertama dilangsungkan tanggal 27-30 Januari 2014
Kedua dilangsungkan hingga tanggal 14 Februari 2014
Tapi periode penggalangan tidak terputus sampai disini saja
nah ini baru kegiatan yg keren emoticon-thumbsup

bukan cuma acara ajang foto-foto + hahahihi doang emoticon-Busa

---

bagaimana caranya untuk berpartisipasi? emoticon-Smilie

Bagaimana berpartisipasinya gan..?

" Jangan Nilai Kecilnya Pemberian, Ulurkan Tangan Mu Yang Tulus Sudah Sangat Membantu Meringankan Beban Mereka "
insyallah bakal bantu emoticon-linux2

---

cara berpartisipasi gimana nih?
per regional kah?
risep
Ane punya beberapa pakaian yg masih layak pakai,
ane dari dulu udah pengen sumbangin,
ntar kalo udah fix, kasih tau caranya gan
Quote:Original Posted By alex_slasher
nah ini baru kegiatan yg keren emoticon-thumbsup

bukan cuma acara ajang foto-foto + hahahihi doang emoticon-Busa

---

bagaimana caranya untuk berpartisipasi? emoticon-Smilie



bisa melalui sumbangan uang kak atau barang
rekening nanti di apdet sama aji,, emoticon-Wink
kalau barang lgs kirim ke temen2 di medan.. alamat menyusul ya masih ditanya emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By LonelyAgain
Bagaimana berpartisipasinya gan..?

" Jangan Nilai Kecilnya Pemberian, Ulurkan Tangan Mu Yang Tulus Sudah Sangat Membantu Meringankan Beban Mereka "


RT ke atas kak emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By kompoy.
insyallah bakal bantu emoticon-linux2

---

cara berpartisipasi gimana nih?
per regional kah?


yups per forum kak, trit utama ada di blog, dan masing2 forum di koordinir sama enthusias nya emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By arieshibasaki
Ane punya beberapa pakaian yg masih layak pakai,
ane dari dulu udah pengen sumbangin,
ntar kalo udah fix, kasih tau caranya gan


tunggu alamat ya kak, blm dibalas oleh empunya rumah emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By dipretelin


bisa melalui sumbangan uang kak atau barang
rekening nanti di apdet sama aji,, emoticon-Wink
kalau barang lgs kirim ke temen2 di medan.. alamat menyusul ya masih ditanya emoticon-Big Grin



RT ke atas kak emoticon-Big Grin



yups per forum kak, trit utama ada di blog, dan masing2 forum di koordinir sama enthusias nya emoticon-Big Grin



tunggu alamat ya kak, blm dibalas oleh empunya rumah emoticon-Smilie


kak nanda..
barang dikirim ke medan..?
atau nanti di kordinir dulu sesuai regional ..?

langsung sticky emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By LonelyAgain


kak nanda..
barang dikirim ke medan..?
atau nanti di kordinir dulu sesuai regional ..?

langsung sticky emoticon-thumbsup


khusus barang lgs ke medan aja.. nanti teman2 di medan yang koordinir.. kita udah ada bantuan dari teman2 di medan.. emoticon-Big Grin
mantap emoticon-thumbsup:

barang lansung kirim ke medan konfirm aja sama anak2 RPM emoticon-Big Grin
Mantap ni kegiatan..
Semoga banyak yg berpartisipasi... emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By myfirstwetdream
mantap emoticon-thumbsup:

barang lansung kirim ke medan konfirm aja sama anak2 RPM emoticon-Big Grin


yup.. kita udah koordinasi dgn teman2 dari medan.. udh ada juga tritnya di sana emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By avila.damai
Mantap ni kegiatan..
Semoga banyak yg berpartisipasi... emoticon-Smilie


aamiin...

bantu yuk emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
nambahin yaaa... emoticon-heart

Untuk yang ingin menjadi sukarelawan, dapat menghubungi Rekan kami di RPM:
Mesachi_Tan - 082163040188



Sedikit informasi, bantuan yang akan kita sumbangkan targetnya adalah daerah daerah yang tidak atau sulit terjangkau. Kalau yang terjangkau, sudah banyak politikus pencari muka yang melakukan pencitraan disana. Rekan pubiclover bersentuhan langsung dengan lokasi, sehingga gambaran disana sudah diberikan dengan jelas.

Sekali lagi target kita adalah daerah yang tidak atau sulit dijangkau. Jadi mungkin tidak akan ada wartawan yang meliput ya. emoticon-Peace namun sedapat mungkin kami akan berikan foto foto dari lokasi.

Terima kasih juga untuk rekan rekan Traveller Kaskus, RPM dan rekan rekan GOE atas kerja kerasnya.

Terkadang kita bisa menghabiskan banyak uang untuk membeli gadget mewah, bisa menghabiskan uang untuk nongkrong bersama teman teman, maka dengan segala kerendahan hati, saya ingin mengetuk hati rekan rekan tercinta. Tidak perduli apapun yang kita berikan, namun niat dari hati kita akan dicatat. Dan semoga apa yang kita berikan bermanfaat bagi saudara saudara kita disana. Amin..

Sekian dan Terima kasih.

"Saya belajar untuk memberi bukan karena saya punya banyak..... Tapi karena saya tahu persis bagaimana rasanya tidak memiliki apa-apa "

emoticon-heart emoticon-heart emoticon-heart
nunggu alamat yg bisa nampung barangnya deh emoticon-Big Grin

semoga bisa bantu emoticon-Angel
Kebutuhan Logistik :
  1. Makanan siap saji (lauk pauk dalam kaleng / kemasan)
  2. Selimut
  3. Pakaian Layak Pakai
  4. Susu
  5. Jas Ujan sekali pakai (diutamakan)
  6. Tenda


Waiting List
  1. Bahan bangunan (menunggu izin dari pemerintah)


Forum yang berpartisipasi dan dikordinir oleh masing - masing enthusiast :

  1. Forsup
  2. H2H / SFTH / Poetry
  3. Koskas
  4. Forum Buku
  5. MoPo
  6. English Forum
  7. forum movies
  8. CI
  9. KspK
  10. BP/LN
  11. Education
  12. RPM
  13. R3
  14. Forum Musik
  15. Regional Riau Raya
  16. KSPK
  17. Taneman
  18. jakarta
  19. banten
  20. Regional Aceh
  21. Traveller



Quote:Original Posted By gdtop
nunggu alamat yg bisa nampung barangnya deh emoticon-Big Grin

semoga bisa bantu emoticon-Angel


ok.. kaka ditunggu ya, pengiriman langsung ke medan.. sedang tunggu kabar dr empunya rumah dan diberes2in rumahnya untuk taruh barang.. emoticon-Smilie

check this out all..

update per 14 Januari 2014
tidak kah terketuk hatinya untuk membantu mereka???

Quote:Original Posted By pubiclover
Spoiler for erupsi:


Spoiler for desa yg ditinggalkan setelah dihajar awan panas & lahar dingin:


Alamat pengiriman barang barang:

A/N:
Abdi Marihot Marbun
Jln. Setia Luhur No.58
(Toko Dian Putri, seberang masjid Amaliah)
Kel. Dwikora
Kec. Medan Helvetia 20123


mari kita bantu sesama yang membutuhkan emoticon-heart emoticon-heart
Risep
×