alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52cfd12e20cb17b6188b47e6/info-kontes-kejuaraan-programmer
Ngakak 
[INFO] Kontes Kejuaraan Programmer!
Adu kesaktian jawara programmer, dari newbie sampai master.Ayo ikutan.. lihat juga kode para pemenang-pemenangnya. Saya yakin kita tidak kalah.
Ada hadiah menarik juga. Hingga kini dalam waktu kurang dari 6 bulan, kontes koding telah menyelenggarakan 4 kejuaraan.
http://konteskoding.com/2014/01/10/k...ing-4-quiz.pas

Salam koder…
Sudah tiga kontes kita lalui dengan bertemakan permainan. Supaya tidak bosan, Kontes Koding kali ini akan mencoba tema baru. Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya Kontes Koding ke-4 diputuskan untuk membuat program kuis. Pasti semua sudah pernah mengikuti kuis kan? Ada pertanyaan, ada pilihan jawaban, ada penilaian. Oke, tanpa basa basi lagi, berikut penjelasan lengkap Kontes Koding #4: Quiz.

[INFO] Kontes Kejuaraan Programmer!

ATURAN APLIKASI QUIZ
Aplikasi digunakan oleh 1 (satu) orang pengguna dalam satu waktu.
Soal kuis adalah tentang pengetahuan umum dan pengetahuan dasar.
Kuis bersifat pilihan ganda (multiple choices). Soal adalah 1 (satu) pertanyaan dengan 4 (empat) pilihan jawaban.
Dalam 1 (satu) kuis terdapat 12 (duabelas) soal. Soal diambil secara acak dari bank soal yang memiliki koleksi minimal 36 (tiga puluh enam) soal.
Aplikasi menampilkan soal satu per satu kepada pengguna. Pengguna memilih jawaban yang menurutnya benar.
Pengguna bisa melompati soal yang dirasa sulit. Setelah soal lain dijawab, soal yang dilompati tadi muncul kembali untuk dijawab oleh pengguna.
Soal yang sudah dijawab oleh tidak bisa diubah atau diperbaiki.
Kuis dibatasi waktu. Waktu yang disediakan adalah 24 (dua puluh empat) menit.
Nilai akhir kuis diperoleh dari rumus berikut:
Na = (4 × Jb) – (2 × Js) – Jk + 24
Na : Nilai akhir kuis
Jb : Jumlah jawaban benar
Js : Jumlah jawaban salah
Jk : Jumlah jawaban kosong (tidak dijawab)

Aplikasi menyediakan daftar nilai dan waktu dari seluruh pengguna yang pernah mengikuti kuis.

SPESIFIKASI PROGRAM QUIZ
• Tujuan:
Program dapat melayani pengguna untuk melaksanakan kuis.
• Persiapan:
Program menyiapkan perangkat kuis secara virtual untuk digunakan peserta kuis.
• Langkah-langkah:
Program menanyakan nama peserta kuis.
Program menampilkan keterangan aturan kuis.
Program membangun daftar soal dari bank soal yang akan diberikan pada peserta.
Kuis dimulai ketika peserta siap dan menekan tombol Mulai.
Program menampilkan satu soal kuis. Peserta kuis memilih jawaban yang menurutnya benar.
Jika peserta kesulitan menjawab soal yang tampil, peserta bisa melompati ke soal selanjutnya.
Soal yang dilompati muncul kembali setelah soal lain telah dijawab oleh peserta.
Demikian untuk soal-soal selanjutnya hingga seluruh soal terjawab atau waktu yang disediakan telah habis.
Program menghitung dan mencatat nilai kuis dan waktu yang dibutuhkan peserta untuk menyelesaikan kuis.
Kuis berakhir dan program menampilkan daftar jawaban, nilai, dan waktu peserta.
• Pengembangan:
Peserta boleh (tidak wajib) menambahkan pengembangan sendiri (customization) dalam aturan permainan agar permainan lebih menarik. Namun pengembangan tidak diperkenankan mengubah aturan dasar di atas.
Contoh pengembangan:
Bank soal berisi lebih dari 36 soal. Lebih banyak lebih baik, agar soal lebih beragam.
Program memberi pilihan untuk bisa lebih banyak soal dengan lebih banyak waktu. Namun pilihan default adalah 12 soal dengan batas waktu 24 menit (sesuai aturan).
Program memberi pilihan batasan waktu per soal. Misal: waktu total kuis adalah 24 menit dengan 12 soal, maka setiap soal hanya diberi batasan waktu jawab maksimal 2 menit.
Program memberi pilihan jenjang kesulitan kuis, misal: mudah, sedang, sulit. Dan memberikan soal sesuai tingkat kesulitan yang dipilih oleh pengguna atau peserta kuis.
Program memberi pilihan soal berdasarkan bidang, misal: matematika, pengetahuan alam, pengetahuan sosial, pengetahuan umum, dsb.

SYARAT MENGIKUTI KONTES
Bahasa pemrograman yang diijinkan dalam kontes kali ini adalah C, C++, C#, Object Pascal, Java, Basic, PHP, Lua, Python, ActionScript, dan HTML/JavaScript. Untuk bahasa pemrograman lainnya, sementara ini kami tolak sehingga otomatis tidak bisa diikutsertakan dalam penilaian juri. Mohon maaf bagi calon peserta yang menggunakan bahasa pemrograman lain.
Peserta kontes mengirimkan berkas kontes yang terdiri dari:
Kode program (source code) lengkap. Kode program diperlukan untuk menilai keabsahan dan keaslian algoritma yang digunakan. Kode program yang dicurigai sebagai contekan, baik dari peserta lain atau berbagai sumber di internet, akan dikeluarkan dari kontes (diskualifikasi).
Seluruh berkas tambahan yang diperlukan (gambar, teks, pustaka tambahan, dsb) agar program bisa berjalan dengan baik dan benar. Berkas tambahan yang dicurigai sebagai contekan atau melanggar hak cipta, baik dari peserta lain atau berbagai sumber di internet, akan dikeluarkan dari kontes (diskualifikasi).
Gambar tangkapan layar (screenshot) untuk setiap tahapan permainan. Gambar harus dalam format .png atau .gif. Boleh juga menyertakan tautan video demo melalui YouTube.
Sebuah berkas readme.txt yang berisikan informasi berikut:
Nama: Nama lengkap peserta.
Surel: Alamat surel peserta.
Twitter: Akun twitter peserta.
Facebook: Alamat facebook peserta.
Bahasa: Bahasa pemrograman yang digunakan dalam program.
Alamat: Alamat pos peserta (untuk pengiriman bingkisan, jika ada).
Seluruh berkas program peserta dikompresi ke dalam 1 (satu) berkas dengan format .zip lalu diunggah ke Uploader Kontes Koding. Berkas diberi nama “KK4_nama_yymmdd” (tanpa petik). “yymmdd” adalah tanggal saat berkas diunggah.
Setelah berkas program berhasil diunggah, jangan lupa untuk follow akun twitter @konteskoding dan like fanpage /konteskoding. Lalu mention kami di akun twitter @konteskoding dengan tagar #konteskoding sebagai pemberitahuan (notifikasi) bagi kami untuk menindaklanjuti kiriman anda.
Apabila ternyata masih ada kesalahan teknis dalam pengunggahan berkas melalui web di atas, silakan unggah berkas anda ke layanan DropBox (bukan yg lain) kemudian bagikan berkas tersebut kepada kami melaui surel ke konteskoding@gmail.com. Sekali lagi, hanya dengan DropBox, hanya pada kami, dan hanya melalui surel tersebut. Ini bertujuan untuk mencegah peserta lain mencontek berkas anda.
Kontes ini dibuka sejak tanggal 10 Januari 2014. Kiriman peserta kontes kami terima hingga selambat-lambatnya tanggal 31 Januari 2014 pukul 21.00 WIB berdasarkan waktu terima surel.
Juara akan diumumkan pada tanggal 7 Februari 2014 pukul 21.00 WIB melalui situs ini, fanpage Facebook /konteskoding, dan twitter @konteskoding. Para juara akan kami hubungi melalui surel peserta untuk proses verifikasi dan informasi rekening peserta. Juara yang tidak merespon surel kami dalam waktu 1×24 jam dinyatakan gugur.
Program peserta menjadi milik publik (public domain) dan kode program para juara akan kami buka untuk umum agar menjadi sumber pembelajaran bersama.

KRITERIA PEMENANG KONTES
Algoritma yang paling efektif dan efisien. Namun kode program yang lebih mudah dibaca akan mempunyai nilai lebih daripada kode program yang sulit dibaca (faktor readability).
Desain tampilan program yang paling bagus namun tetap elegan, tidak berlebihan namun tetap menarik.
Dan tentu saja, program dapat dijalankan dengan baik dan benar sesuai spesifikasi di atas. Eksekusi program yang menimbulkan peringatan (warning) akan mengurangi penilaian.
Jika kode program peserta yang layak jadi juara ada lebih dari satu maka peserta yang mengirimkan terlebih dulu lebih berhak menjadi juara.
Semua penilaian juri bersifat mutlak, subyektif, tertutup, dan tidak dapat diganggu-gugat.

HADIAH BAGI JUARA
Kami sediakan hadiah uang tunai untuk 3 (tiga) pemenang, yaitu:
Juara I mendapatkan Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah)
Juara II mendapatkan Rp 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah)
Juara III mendapatkan Rp 200.000,- (dua ratus ribu rupiah)
Hadiahnya cukup menarik bukan? Agar peluang menjadi juara makin besar, jangan lupa untuk membaca artikel Metode Penjurian Kontes Koding.
Dan kali ini tak hanya hadiah, kami juga memberikan bingkisan bagi para pemenang. Selain itu, kami menyediakan juga bingkisan bagi peserta yang mampu mengirim berkas tercepat dan layak masuk tahap penjurian. Ayo buruan kirim berkas program kalian! Apa bingkisannya? Lihat saja nanti. Yang pasti menarik!
Sudah cukup jelas tata cara kontesnya? Jika ada yang kurang dipahami atau ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami melalui akun twitter @konteskoding atau fanpage Facebook /konteskoding. Jangan lupa sertakan tagar #konteskoding agar mempermudah pencarian. Bisa juga melalui surel ke alamat konteskoding@gmail.com atau langsung melalui kolom komentar di bagian bawah ini.

PENDUKUNG KONTES KODING
Tak lupa kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah membantu kami dalam mengadakan Kontes Koding ini. Pihak-pihak tersebut antara lain:
Penyedia layanan web untuk Kontes Koding, yaitu Luri Darmawan bersama komunitas dari AksiIDE.
Para donatur Kontes Koding, yaitu:
Tigor Manurung
Bee Jay
Mas Kofa
Imam Masyhuri
Seluruh peserta dan simpatisan yang telah menyebarluaskan Kontes Koding di berbagai media.
Serta pihak-pihak lain yang tak mungkin kami sebut satu persatu karena keterbatasan media.
Semoga seluruh dukungan ini bisa membuat Kontes Koding menjadi semakin baik dan bermanfaat bagi seluruh programmer Indonesia.
Kami juga dengan terbuka menerima saran, kritik, atau keluhan dari siapa pun untuk kebaikan dan kemajuan Kontes Koding. Atau, jika anda tertarik untuk menjadi donatur atau sponsor Kontes Koding, tentu kami akan menerima dengan senang hati. Tak perlu ragu, silakan layangkan saja suara anda ke kami dengan mengirim surel ke konteskoding@gmail.com. Kami akan berusaha untuk menanggapi seluruh surel yang masuk.
Akhir kata…
SELAMAT BERLOMBA DAN SEMOGA MENJADI JUARA!
emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
Kok sepi ya?
buat mahasiswa?
dapet sertifikat ga gan?emoticon-Cool
Asikkk... mudah2an bsk ada waktu dan bisa mulai nggarap ikutan kontesnya emoticon-Malu (S)

Anyway :
* Ane ga punya FB & Twitter mudah2an msh bisa ikutan emoticon-Smilie
* Kalo yg dinilai kodingannya, mgkn bisa dikasi database utk soal & kunci jawabannya .. minimal ya dlm bentuk text gitu supaya bisa langsung start tanpa harus mikirin ngumpulin soal2 dulu emoticon-Big Grin