Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dduk.galbiAvatar border
TS
dduk.galbi
BPPT Peringatkan Cuaca Sangat Ekstrem Landa Jakarta pada 17 Januari


JAKARTA – Hujan yang mengguyur DKI Jakarta sejak pagi hingga malam hari pada Rabu 8 Januari 2014 menyebabkan banjir di sejumlah titik. Kondisi ini menyebabkan kemacetan dan gangguan jadwal kereta rel listrik (KRL), serta berimbas terhadap aktivitas warga.

Menanggapi kondisi ini, Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT) serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperingatkan akan adanya cuaca ekstrem yang menerjang Ibu Kota pada 17 Januari 2014.

Kepala Bidang Pengkajian Penerapan Teknologi Pembuatan Hujan BPPT mengatakan, prediksi hari ini sampai tiga atau empat hari ke depan curah hujan masih belum tinggi, bisa dikatakan ringan.

Namun yang perlu digarisbawahi dan waspadai adalah minggu kedua di awal 2014 (13-17 Januari), diperkirakan selama satu minggu itu curah hujan akan tinggi. “Puncaknya 17 Januari 2013, itu yang tertinggi, yakni curah hujan lebih dari 100 milimeter. Bisa dikatakan cuaca ekstrem,” kata Tri Handoko Seto saat dihubungi Okezone, Kamis (9/1/2014).

Bila tidak segera diantisipasi, banjir dan genangan air di mana-mana akan terulang kembali dan bahkan jauh lebih besar seperti yang terjadi kemarin malam.

Menurut Seto, apa yang terjadi di musim hujan tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini musim hujan yang melanda Indonesia akan terus terjadi hingga Februari 2014.

“Potensi (banjir) itu ada, tapi masyarakat tidak perlu khawatir, sampai 10 hari ke depan kami tim dari BPPT dan BNPB akan terus melakuakan pemantauan, kita update terus, dan siap melakukan upaya mengantisipasi,” tuturnya.

Apa yang dikhawatirkan BPPT tersebut pernah juga diungkapkan Forum Umat Islam (FUI), yang meramalkan DKI Jakarta bakal diterjang banjir bandang pada 16 hari setelah tahun baru Masehi 2014. Banjir besar itu terjadi karena Pemprov DKI menyambut tahun baru dengan menggelar perayaan yang disebutnya sebagai “kemaksiatan besar-besaran”.

"Dengan ini kami memberikan peringatan (tazkirah) kepada saudara sekalian bahwa banjir besar terjadi 16 hari setelah Anda membuat pertunjukan kemaksiatan besar-besaran di malam tahun baru di 16 titik di Jalan Thamrin," kata Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI), Muhammad al Khaththat, dalam siaran pers kepada Okezone, Rabu 1 Januari 2014.

Sumber : [url]http://techno.okezone.com/read/2014/01/09/56/923893/bppt-peringatkan-cuaca-sangat-ekstrem-landa-jakarta-pada-17-januari[/URL]

wah jadi was was ne....emoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorry
anasabilaAvatar border
anasabila memberi reputasi
1
1.9K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan