Salah Pilih Kata, Poster - Poster Film Ini Jadi Aneh..
TS
otaqantiqu
Salah Pilih Kata, Poster - Poster Film Ini Jadi Aneh..
Quote:
Poster menjadi garda depan promosi sebuah film. Produser Hollywood tak akan ragu mengeluarkan biaya besar untuk mendesain poster film. Harapannya nanti, poster yang indah dan menarik bisa mendorong para penonton untuk menonton filmnya.
Salah satu bagian vital dalam sebuah poster adalah tagline (kalimat pendek yang menjelaskan isi filmnya nanti). Para pembuat poster kerap memilih kalimat yang pendek dan juga efektif sebagai penguat poster filmnya. Lewat kalimat pendek tersebut pembuat poster mampu menyampaikan emosi yang ada dalam film.
Akan tetapi tak jarang pembuat poster salah memilih kata dalam taglinenya. Hasilnya, poster tersebut terkesan aneh dan canggung. Coba deh intip beberapa poster berikut beserta tagline aneh mereka..
1. NO STRING ATTACHED
Spoiler for buka:
Taglinenya: "Can sex friends stay best friends?"
Film NO STRING ATTACHED seperti terlihat dalam posternya memang mengedepankan kisah asmara antara tokoh Natalie Portman dan Ashton Kutcher. Kalau pun ada sedikit adegan seks di antara keduanya, penonton pun langsung bisa menerka dari posternya yang menampilkan kedua tokohnya hendak memakai baju dengan latar belakang tempat tidur.
Akan tetapi entah mengapa Paramount menyertakan kata "sex friend" dalam trailernya. Dalam budaya Amerika yang bebas soal hubungan pria dan wanita, kata tersebut pun masih terdengar kasar.
We're more than positive "sex friends" is a very poor way of saying the obvious.
2. CHARLIE ST. CLOUD
Spoiler for buka:
Taglinenya: "Life is for living."
Tagline di atas dipilih supaya film drama satu ini terkesan sarat pesan kehidupan dan filosofis. Akan tetapi pilihan katanya jelas tak tepat sasaran. Yang ada orang bakal mengernyitkan dahi saat membacanya. Kecuali yang membaca adalah zombie, maka tagline di atas sungguh aneh.
3. URBAN LEGEND
Spoiler for buka:
Taglinenya: "It happened to someone who knows someone you know... You're next."
Desain visual poster URBAN LEGEND sudah pas untuk menggambarkan sebuah tema kisah horor. Dengan mata mengintip di tengah dan dikelilingi oleh para tokohnya yang sedang ketakutan, poster ini efektif menambah rasa takut penonton bahkan sebelum menonton filmnya.
Hanya saja taglinenya yang terlalu berbelit membuat penonton langsung mengernyitkan dahi. Saat diterjemahkan maka terdengar seperti ini, "Ini dapat terjadi pada seseorang yang tahu seseorang yang juga kamu tahu". Membingungkan bukan?
4. THE FAULT IN OUR STARS
Spoiler for buka:
Taglinenya: "One sick love story."
Membaca tagline di atas penonton pasti langsung berpikir bahwa kisah cinta dalam film ini nyeleneh, penuh konflik, atau bahkan berakhir tragis. Tapi apa yang terjadi justru sebaliknya. Film ini bercerita tentang kisah romantis antara dua insan yang sedang sakit parah dan tinggal menunggu kematian.
Yang dimaksud mungkin "kisah cinta antara orang sakit" tagline yang diangkat justru membuat penonton tertipu. Sungguh tak tepat sasaran.
5. COOL AS ICE
Spoiler for buka:
Taglinenya: "When a girl has a heart of stone, there's only one way to melt it. Just add ice."
Terjemahannya seperti, "Ketika ada gadis yang punya hati sekeras batu, hanya ada satu cara untuk melelehkannya. Tambahkan saja es batu". Dengan dibintangi oleh musisi Vanilla Ice, film ini seakan memaksakan diri untuk meletakkan sebanyak mungkin kata "ice" entah itu dalam judul atau dalam taglinenya..
6. SISTERHOOD OF TRAVELING PANTS
Spoiler for buka:
Taglinenya: "Laugh. Cry. Share the pants."
Kebersamaan menjadi tema utama film remaja satu ini. Celana panjang menjadi benang merah dalam cerita ini. Lihat saja taglinenya yang sederhana, "Tertawalah. Menangislah. Dan berbagilah celana".
Tagline yang niatnya mengurai kebersamaan para tokohnya ini kemudian membuat penonton bertanya-tanya. Tagline tersebut terasa menyenangkan apabila tentunya celananya dicuci terlebih dahulu.
7. FOUR CHRISTMASES
Spoiler for buka:
Taglinenya: "His father, her mother, his mother and her father all in one day."
Jika penonton yang belum menonton filmnya melihat tagline posternya pastinya melihat bahwa tagline poster ini sungguh ambigu. Film komedi romantis ini sebenarnya mengisahkan empat kisah natal yang dialami oleh keempat ayah dan ibu pasangan dalam poster.
Tapi jika penonton hanya membaca taglinenya, maka bisa penonton akan bingung apa tujuan pembuat poster mencantumkan tagline tersebut.
8. THE TOOTH FAIRY
Spoiler for buka:
Taglinenya: "You can't handle the tooth."
Tagline ini sungguh meremehkan sekaligus membuat bingung. Secara harafiah tentunya setiap penonton tahu bagaimana caranya mempergunakan gigi dan juga mengobatinya jika ada yang sakit. Lantas apa yang ingin dimaksudkan poster film ini? Apakah berarti setiap ada hal yang berhubungan dengan gigi, orang harus menghubungi peri gigi?
9. ALEX CROSS
Spoiler for buka:
Taglinenya: "Don't ever cross Alex Cross"
Tim kreatif pembuat poster ini rupanya ingin membuat tagline terdengar berima dan terkait dengan judul filmnya. Maka dipilihlah tagline yang terlalu sederhana untuk film berdana besar buatan Hollywood dan masuk bioskop.
Tim kreatifnya harusnya bisa mencari pilihan kalimat yang lain. Ada banyak kalimat yang bisa dipakai. Taruhan, bahkan kamu pun bisa membuat tagline yang lebih baik.
10. DIE HARDER
Spoiler for buka:
Taglinenya: "Die harder."
Bukankah kematian hanya terjadi satu kali? Lantas mengapa ada kata "die harder". Apakah berarti kematian kedua lebih parah dari pada yang pertama? Apakah berarti orang bangkit lalu mati lagi? Ah sudahlah... terlalu banyak pertanyaan terucap saat mengupas judul satu ini beserta taglinenya.
11. THE MATRIX REVOLUTION
Spoiler for buka:
Taglinenya: "Everything that has a beginning has an end."
Seri THE MATRIX dianggap sebagai film revolusioner lantaran menggabungkan aksi seru, visual menarik, dan banyak filsafat di dalamnya. Mungkin terjebak dengan paduan tersebut, film ketiganya, THE MATRIX REVOLUTION malam memilih sebuah tagline yang membuat dahi mengernyit.
Semua juga sudah tahu bahwa setiap awal pasti ada akhir. Dua hal yang tak bisa dipisahkan.
12. EARTHQUAKE
Spoiler for buka:
Taglinenya: "An event."
Sebuah tagline yang super simpel bahkan untuk film tak bagus sekalipun. Di benak para penontonnya, bukankah memasak di pagi hari atau menikmati sebuah konser juga sebuah event. Lantas apa kelebihan event yang satu ini. Apakah tim kreatifnya sudah ga ada ide lagi..
13. WINTER'S BONE
Spoiler for buka:
Taglinenya: "Talking just causes witnesses."
Lupakan si cantik Jennifer Lawrence yang bermain bagus dalam film ini. Lupakan juga bahwa aktingnya pun masuk nominasi Oscar saking bagusnya. Yang teringat adalah ada kesalahan penulisan (grammar) di dalam posternya. Kok bisa sih sampai ada salah grammar? Atau memang judulnya memang sengaja dibuat demikian?
14. INDIANA JONES AND THE LAST CRUSADE
Spoiler for buka:
Taglinenya: "The man with the hat is back. And this time, he's bringing his Dad."
Saat membayangkan sebuah petualangan seru dan keren, jangan sampai terlintas bahwa tokoh utamanya akan membawa serta ayahnya. Sudah pasti sang ayah terus menasehati putranya di sepanjang petualangan. Dan itulah yang dibocorkan dalam tagline film di atas.