alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52cab2de1bcb17cc0d8b462a/lounge-ngobrol-bareng-tentang-jurusan-arkeologi
Ngobrol Soal Arkeologi | Anak Arkeologi Masuk Gan
Tanya dong buat agan agan yang kuliah di Arkeologi emoticon-Malu Mohon kasih gambaran buat ane tentang juruasan tersebut. Terangkan sedetil detilnya ya gan emoticon-Request

Spoiler for "Perguruan Tinggi yang membuka jurusan Arkeologi":


Jangan lupa berbagi pengalaman di mari gan emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By mzuquare
Tanya dong buat agan agan yang kuliah di Arkeologi UGM atau di Arkeologi UI. Mohon kasih gambaran buat ane tentang juruasan tersebut. Terangkan sedetil detilnya ya gan. Makasih


Wuih,kebetulan,ane anak arkeologi UGM.ane masih semester 1 gan jadi masih belum tahu sih seluk beluknya secara detail.Tapi dari cerita kakak angkatan dan dosen,di arkeologi UGM tuh,kalau mereka mengadakan penelitian bisa sampai ke luar pulau jawa.Terus di UGM,mereka juga punya perpustakaan jurusan sendiri dan sering mendapatkan bantuan buku yang bisa sampai satu kontainer.Dan di jogja kan banyak peninggalan sejarah mulai dari zaman prasejarah,Hindhu-Budha,Islam,hingga kolonial,maka kalau jurusan mau ngadai kuliah lapangan,tinggal milih aja soalnya tempatnya deket2.Kalau soal perlengkapan penelitian,UGM itu yang paling lengkap.Kalau ente tanya prospek kerja ane jawab nih.Kalau di arkelogi selain bekerja kepada pemerintah (kaya BP3,Arkenas,atau BAlar),mereka juga bekerja secara swasta.Misal sebagai arkeologi kontrak,atau CRM alias Cultural Resource Management.Kalau merasa masih kurang,bisa add fb saya : Lengkong Sanggar
Kalau mau nanya soal jurusan kuliah, ke sini aja
http://www.kaskus.co.id/thread/00000...tempat-kuliah/

Kalau nggak, coba PM member-member ini. Mereka pendidikan formalnya arkeologi
http://www.kaskus.co.id/profile/4690308
http://www.kaskus.co.id/profile/1297522


EDIT :
Orangnya dah nongol di atas emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By sanggarx2


Wuih,kebetulan,ane anak arkeologi UGM.ane masih semester 1 gan jadi masih belum tahu sih seluk beluknya secara detail.Tapi dari cerita kakak angkatan dan dosen,di arkeologi UGM tuh,kalau mereka mengadakan penelitian bisa sampai ke luar pulau jawa.Terus di UGM,mereka juga punya perpustakaan jurusan sendiri dan sering mendapatkan bantuan buku yang bisa sampai satu kontainer.Dan di jogja kan banyak peninggalan sejarah mulai dari zaman prasejarah,Hindhu-Budha,Islam,hingga kolonial,maka kalau jurusan mau ngadai kuliah lapangan,tinggal milih aja soalnya tempatnya deket2.Kalau soal perlengkapan penelitian,UGM itu yang paling lengkap.Kalau ente tanya prospek kerja ane jawab nih.Kalau di arkelogi selain bekerja kepada pemerintah (kaya BP3,Arkenas,atau BAlar),mereka juga bekerja secara swasta.Misal sebagai arkeologi kontrak,atau CRM alias Cultural Resource Management.Kalau merasa masih kurang,bisa add fb saya : Lengkong Sanggar
Thanks gan emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By Shuma-Gorath
Kalau mau nanya soal jurusan kuliah, ke sini aja
http://www.kaskus.co.id/thread/00000...tempat-kuliah/

Kalau nggak, coba PM member-member ini. Mereka pendidikan formalnya arkeologi
http://www.kaskus.co.id/profile/4690308
http://www.kaskus.co.id/profile/1297522


EDIT :
Orangnya dah nongol di atas emoticon-Ngakak (S)


Maap gan pemula emoticon-Mewek
kalo di FIB UI ada yang namanya taman arkeologi yang merupakan simulasi dari situs arkeologi, selain itu biasanya setelah beberapa semester akan diadakan kunjungan ke situs-situs arkeologi dan melakukan simulasi penggalian, biasanya emang ke daerah jawa untuk simulasinya. kalau untuk masalah proyek penggalian biasanya berasal dari ajakan dosen, atau dari alumninya
selain itu agan jangan takut untuk mencari buku karena di UI terdapat perpustakaan yang cukup lengkap, sayangnya karena adanya perpustakaan pusat UI, semua buku yang ada di FIB termasuk arkeologi harus dibawa ke perpustakaan pusat UI, kalau masih kurang lengkap masih ada perpustakaan nasional dan perpustakaan lain di jakarta yang siap membantu kuliah agan.
yang jelas kuliah orang yang bilang belajar arkeologi itu gampang dia belum pernah kuliah di jurusan arkeologi

untuk prospek kerja, sebenarnya di Indonesia lulusan arkeologi masih sangat tergantung dengan pemerintah, biasanya mereka kerja dibawah kementrian pendidikan dan kebudayaan, diantaranya adalah balai pelestarian cagar budaya, balai pelestarian nilai budaya, balai pelestarian sejarah dan nilai budaya. atau berbagai lembaga yang berada di bawah naungan kementrian sosial, agan juga bisa kerja di museum. selain itu agan juga bisa jadi peneliti atau jadi dosen, biasanya dosen arkeologi merangkap sebagai peneliti hehe
tapi ya belum tentu semua lulusan arkeologi kerja di bidang arkeologi

ane emang bukan anak arkeologi tapi ilmu yang ane pelajari ga terlalu beda sama arkeologi karna kami satu fakultas emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By mikhailx
kalo di FIB UI ada yang namanya taman arkeologi yang merupakan simulasi dari situs arkeologi, selain itu biasanya setelah beberapa semester akan diadakan kunjungan ke situs-situs arkeologi dan melakukan simulasi penggalian, biasanya emang ke daerah jawa untuk simulasinya. kalau untuk masalah proyek penggalian biasanya berasal dari ajakan dosen, atau dari alumninya
selain itu agan jangan takut untuk mencari buku karena di UI terdapat perpustakaan yang cukup lengkap, sayangnya karena adanya perpustakaan pusat UI, semua buku yang ada di FIB termasuk arkeologi harus dibawa ke perpustakaan pusat UI, kalau masih kurang lengkap masih ada perpustakaan nasional dan perpustakaan lain di jakarta yang siap membantu kuliah agan.
yang jelas kuliah orang yang bilang belajar arkeologi itu gampang dia belum pernah kuliah di jurusan arkeologi

untuk prospek kerja, sebenarnya di Indonesia lulusan arkeologi masih sangat tergantung dengan pemerintah, biasanya mereka kerja dibawah kementrian pendidikan dan kebudayaan, diantaranya adalah balai pelestarian cagar budaya, balai pelestarian nilai budaya, balai pelestarian sejarah dan nilai budaya. atau berbagai lembaga yang berada di bawah naungan kementrian sosial, agan juga bisa kerja di museum. selain itu agan juga bisa jadi peneliti atau jadi dosen, biasanya dosen arkeologi merangkap sebagai peneliti hehe
tapi ya belum tentu semua lulusan arkeologi kerja di bidang arkeologi

ane emang bukan anak arkeologi tapi ilmu yang ane pelajari ga terlalu beda sama arkeologi karna kami satu fakultas emoticon-Malu (S)
Maksutnya " yang jelas kuliah orang yang bilang belajar arkeologi itu gampang dia belum pernah kuliah di jurusan arkeologi" di paragraf terakhir itu gimana gan? emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By mikhailx
kalo di FIB UI ada yang namanya taman arkeologi yang merupakan simulasi dari situs arkeologi, selain itu biasanya setelah beberapa semester akan diadakan kunjungan ke situs-situs arkeologi dan melakukan simulasi penggalian, biasanya emang ke daerah jawa untuk simulasinya. kalau untuk masalah proyek penggalian biasanya berasal dari ajakan dosen, atau dari alumninya
selain itu agan jangan takut untuk mencari buku karena di UI terdapat perpustakaan yang cukup lengkap, sayangnya karena adanya perpustakaan pusat UI, semua buku yang ada di FIB termasuk arkeologi harus dibawa ke perpustakaan pusat UI, kalau masih kurang lengkap masih ada perpustakaan nasional dan perpustakaan lain di jakarta yang siap membantu kuliah agan.
yang jelas kuliah orang yang bilang belajar arkeologi itu gampang dia belum pernah kuliah di jurusan arkeologi

untuk prospek kerja, sebenarnya di Indonesia lulusan arkeologi masih sangat tergantung dengan pemerintah, biasanya mereka kerja dibawah kementrian pendidikan dan kebudayaan, diantaranya adalah balai pelestarian cagar budaya, balai pelestarian nilai budaya, balai pelestarian sejarah dan nilai budaya. atau berbagai lembaga yang berada di bawah naungan kementrian sosial, agan juga bisa kerja di museum. selain itu agan juga bisa jadi peneliti atau jadi dosen, biasanya dosen arkeologi merangkap sebagai peneliti hehe
tapi ya belum tentu semua lulusan arkeologi kerja di bidang arkeologi

ane emang bukan anak arkeologi tapi ilmu yang ane pelajari ga terlalu beda sama arkeologi karna kami satu fakultas emoticon-Malu (S)
Maksudnya " yang jelas kuliah orang yang bilang belajar arkeologi itu gampang dia belum pernah kuliah di jurusan arkeologi" di akhir paragraf pertama itu gimana gan? emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By mzuquare
Maksudnya " yang jelas kuliah orang yang bilang belajar arkeologi itu gampang dia belum pernah kuliah di jurusan arkeologi" di akhir paragraf pertama itu gimana gan? emoticon-Ngakak


artinya kalau adaorang bilang kuliah di arkeologi itu gampang,berarti dia belum pernah kuliah di arkeologi.Emang gan arkeologi tuh gampang-gampang susah.Kita harus menganalisa benda-benda dari masa lalu mulai dari bentuk dan latar belakang benda tersebut.Apalagi untuk matkul pra-sejarah.Itu udah masuk ranah biologi soalnya hanya dari sebuah tulang,kita harus tahu bagaimana kehidupan pada masa ketika tulang itu masih menyatu dengan daging.Belum stratifigasi,belum juga metodenya.
Quote:Original Posted By mzuquare
Thanks gan emoticon-Shakehand2

Maap gan pemula emoticon-Mewek


Sebenarnya gpp sih kalau threadnya dilanjutin. Sukur-sukur bisa jadi tempat ngumpul mahasiswa arkeologi & jurusan sejarah yg lain

Silakan, diterusin diskusinya. Asal jangan pada OOT ya emoticon-Ngacir
haha, udah di jawab
ya di masyarakat umum masih banyak yang meremehkan jurusan arkeologi gan. padahal kuliahnya ga kalah susahnya sama jurusan laen yang lebih populer. biasanya orang-orang yang masuk jurusan arkeologi adalah orang-orang yang emang minat pada bidang tersebut.
Quote:Original Posted By Shuma-Gorath


Sebenarnya gpp sih kalau threadnya dilanjutin. Sukur-sukur bisa jadi tempat ngumpul mahasiswa arkeologi & jurusan sejarah yg lain

Silakan, diterusin diskusinya. Asal jangan pada OOT ya emoticon-Ngacir
Siap gan emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By mikhailx
haha, udah di jawab
ya di masyarakat umum masih banyak yang meremehkan jurusan arkeologi gan. padahal kuliahnya ga kalah susahnya sama jurusan laen yang lebih populer. biasanya orang-orang yang masuk jurusan arkeologi adalah orang-orang yang emang minat pada bidang tersebut.
Kayaknya masuknya sulit ya emoticon-No Hope
err.... jurusan filsafat, sejarah, arkeo di PTn2 terkemuka di tanah air itu, dr dulu sampe skrg, spt nya msh terkenal pameo -> masuknya mudah, keluar eh lulus nya yg susah, cari kerjaan jg sempit bngt....


IMo... emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By ojongonole
err.... jurusan filsafat, sejarah, arkeo di PTn2 terkemuka di tanah air itu, dr dulu sampe skrg, spt nya msh terkenal pameo -> masuknya mudah, keluar eh lulus nya yg susah, cari kerjaan jg sempit bngt....


IMo... emoticon-Ngacir
Kalo itu biar agan sanggarx2 aja yang jelasin emoticon-Hammer2
Agan agan yang lain monggo masuk gan gan gan emoticon-Sundul emoticon-Sundul
Quote:Original Posted By ojongonole
err.... jurusan filsafat, sejarah, arkeo di PTn2 terkemuka di tanah air itu, dr dulu sampe skrg, spt nya msh terkenal pameo -> masuknya mudah, keluar eh lulus nya yg susah, cari kerjaan jg sempit bngt....


IMo... emoticon-Ngacir


masuk mudah karena saingannya sedikit emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By mzuquare
Agan agan yang lain monggo masuk gan gan gan emoticon-Sundul emoticon-Sundul


Nggak usah pake nyundul-nyundul. Ini Forsex, bukan Lounge atau FJB

Kalau ada yg tertarik sama topiknya, ntar mereka juga bakalan ninggalin komen
Quote:Original Posted By ojongonole
err.... jurusan filsafat, sejarah, arkeo di PTn2 terkemuka di tanah air itu, dr dulu sampe skrg, spt nya msh terkenal pameo -> masuknya mudah, keluar eh lulus nya yg susah, cari kerjaan jg sempit bngt....


IMo... emoticon-Ngacir


Kalo masalah lulus cepet engganya sih tinggal mahasiswanya. Dan kebetulan emang kualitas skripsi'nya arkeo di universitas tertentu mutu'nya bener2 terjamin dan punya standard penilaian tersendiri. emoticon-Thinking

Masalah urgensi kerjanya sebenernya banyak PR buat arkeolog muda.
Banyak bgt sejarah Indonesia yang belum terungkap 100%
Pengelolaan museum di Indonesia juga tau sendiri acakadut begitu.
Berapa kali Museum Radya Pustaka Solo kehilangan koleksi? Buanyyaakk..
Koleksi emas Museum Sonobudoyo? Gak terungkap ampe sekarang...
Bahkan sekaliber Museum Nasional aja baru kemaren kemalingan juga.. emoticon-Cape d... (S):

Cuman emang gak bisa dipungkiri kalo apresiasi masyarakat rada kurang.
Jangankan ama arkeolognya, ama budayanya sendiri aja kurang kesadarannya.. emoticon-Big Grin

Sejumlah Situs Belum Diteliti

wartakotalive.com, Sabtu, 18 Juni 2011 – Indonesia mengalami krisis tenaga peneliti di bidang arkeologi. Padahal, bentang alam Indonesia yang begitu luas menyimpan banyak sekali situs bersejarah yang masih perlu diteliti.

Krisis tenaga peneliti ini dirasakan ketika satu per satu tenaga peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional mulai pensiun. Dari 70 tenaga peneliti yang ada, sekarang lembaga itu hanya tinggal memiliki 35 peneliti.


”Sejak tahun 1985 kami tidak mendapatkan tenaga peneliti baru untuk menggantikan yang pensiun. Baru dua tahun lalu kami mendapatkan dua tenaga peneliti baru,” kata Titi Surti Nastiti, peneliti senior di lembaga penelitian tersebut, Jumat (17/6) di Jakarta.


Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional merupakan satu-satunya lembaga di Indonesia yang berwenang menggali dan meneliti situs-situs di Tanah Air. Kalaupun ada lembaga lain yang menggali dan meneliti situs, lembaga ini harus bekerja di bawah pengawasan Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional.

Untuk mencari situs, Arkeologi Nasional dibantu oleh Balai Arkeologi yang berada di sejumlah daerah. Di Indonesia hanya ada 10 Balai Arkeologi yang masing-masing memiliki tenaga peneliti sebanyak 5-6 orang.

”Kalau dihitung peneliti di Arkeologi Nasional dan tenaga peneliti di Balai Arkeologi, jumlah seluruhnya sekitar 100 orang. Jumlah itu masih kurang,” ungkap Tony Djubiantono, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional.

Selain kurang dari sisi jumlah, Arkeologi Nasional juga mengalami krisis tenaga ahli yang menekuni bidang epigrafi dan ikonografi. Epigrafi adalah ilmu cabang arkeologi yang mempelajari benda bertulis dari masa lampau semacam prasasti, sedangkan ikonografi mempelajari identifikasi, deskripsi, dan interpretasi benda bergambar seperti arca.

Peneliti epigrafi ada di sejumlah perguruan tinggi, sedangkan Arkeologi Nasional hanya memiliki satu peneliti epigrafi dan tak mempunyai ahli ikonografi. Karena kekurangan tenaga ahli, banyak situs belum diteliti.

Di Indonesia hanya ada empat perguruan tinggi yang membuka jurusan arkeologi, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Udayana (Bali), dan Universitas Hasanuddin (Makassar).

Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI Bambang Wibawarta mengatakan, di universitasnya setiap tahun ada 30-50 lulusan arkeologi. (Kompas.com/IND)

sumber

Rencananya ada dibuka baru di Universitas Jambi
http://jambi.antaranews.com/berita/3...ogi-tahun-2014
Kalo ente emg minat masuk arkeologi ya masuk aja gan, urusan pekerjaan itu udh ada yg ngatur. Ane tahun kemaren jg pgn nyoba masuk arkeologi ui karena emg ane minat disitu, cuma apes blm dpt jdnya ane belajar sejarah dulu deh di unpad hehehe baru S2nya di jurusan arkeologi ui atau ugm. Intinya, jgn peduli dgn omongan org kl arkeologi itu jelek ga punya prospek kerja dll. Kl emg ente minat dan suka ya buktiin aja ente bisa jd arkeolog handal. Dan blm tentu jg org2 yg blg arkeologi itu begini2 udah pada sukses kan. Pekerjaan di dunia banyak dan berbeda2. Ga semua org hrs jd dokter kan emoticon-Ngakak
Weh... kita punya minat yang samaa, ane juga mau arkeologi. Semogaa buat prospek kerjanya makin terbuka dimasa depan. Ane yakin pasti indonesia nanti bakalan butuh peneliti arkeologi gan emoticon-Big Grin
salam....hehe

selama ini ane jadi silent reader di sub forum ini......

liat-liat eh ada trit yang nanya jurusan arkeologi.....
kebetulan ane jurusan arkeologi UI semester 4......

kalo masuk arkeologi hal yang pertama harus ditanya adalah.....seberapa besar niat kamu, keinginan kamu masuk jurusan ini......

karena nantinya niat kamu dan keinginan kamu bener-bener akan diuji nantinya....

menurut ane jurusan arkeologi cukup menantang.....kenapa? karena memang belum banyak orang yang tahu bidang ini.....dan dengan itu berbanding lurus dengan peluang-peluang yang masih terbuka lebar......tapi balik lagi itu tergantung bagaimana ente memanfaatkannya......

arkeologi itu multi-disiplin, apa itu? multi disiplin disini adalah arkeologi dalam pembelajaran pasti selalu menggunakan ilmu bantu lain sepertinya cabang2 ilmu dari biologi, cabang2 ilmu dari geografi....dan lainnya......

untuk di UI sendiri biasanya anak himpunan jurusannya, yaitu KAMA keluarga mahasiswa arkeologi mengadakan sebuah acara-acara yang menyokong ilmu ini antara lain kunjungan situs, kunjungan museum, dan latihan ekskavasi.....
latihan ekskavasi biasa di laksanakan untuk mahasiswa semester 3 yang dimaksudkan sebagai pembekalan awal untuk KKL(kuliah kerja lapangan) nanti yang biasanya diadakan di situs sungguhan.....sedangkan kunjungan situs, atau biasa kami singkat kunsit sudah dapat diikuti semenjak semester pertama.....

untuk dosen-dosen nya ente bakal diajari langsung sama ahlinya.....tapi ente musti manfaatin bener waktu kuliah....untuk bertanya-tanya dengan dosen dan diskusi....(kalo ente emang niat jadi "arkeolog") kalo ente cuman meperlakukan dosen layaknya guru SMA....maka akan mudah bagi ente ntar bilang "aduh bosen banget neh..." " aduh dosennya ngajarnya gitu banget..." dan berujung pada bolos kuliah (ini terjadi pada sebagian mahasiswa arkeologi, untuk alasannya ane kasih tau nanti)

dosen-dosen tersebut adalah:
Prof.Dr. Agus Aris Munandar, seorang yang sangat mencintai arkeologi klasik (hindu-buddha) banyak karyanya sudah di jadikan buku.....klo ente cermatin artikel arkeologi Indonesia di Kompas....sebagian besar adalah hasil pemikiran beliau.......cara mengajarnya sangat menyenangkan (bagi ane yah, ente bisa rasain sendiri deh diajarin dia) dia juga terkenal dalam penelitian di situs trowulan dimana kota majapahit diperkirakan pernah ada......tentang kanal, saluran air.....mitologi hindu-buddha......dan banyak lainnya yang bisa ente dapet dari beliau.....

Dr. Ali Akbar......klo ente sering denger berita tentang situs gunung padang.....dialah tokoh dibalik penelitian situs gunung padang......dia kepala tim peneliti mandiri situs gunung padang.....

Karina Arifin.......dalam bidang prasejarah dia adalah ahlinya......klo ente tertarik lukisan gua, arkeologi forensik, teknologi alat batu ente bisa menyerap ilmunya dari beliau....

Irmawati marwoto......sekarang menjabat sebagai wakil dekan FIB UI.....dari kelas yang ane ikutin.....dia mengajarkan tentang arkeologi modern.....dan teori-teori arkeologi.......pembahasannya dikaitkan dengan isu-isu terkini seperti gender, post modern, ekologi dan lainnya.....

dan masih banyak dosen lainnya yang tentu ga bisa ane sebutin satu-satu disini yang ahli dalam epigrafi, paleografi.....prasasti, museologi.....

untuk kesan pertama ane masuk sini, ane berasa mungkin nuansa IPA akan lebih kental disini.....dalam setiap pembelajaran selalu berpangkal pada metode ilmiah......dan ane dulu ga nyangka bahwa dalam melakukan pekerjaan arkeologi musti memperhitungkan proporsi dan ukuran dengan tepat.......tapi jgn takut dulu klo yang ga suka hitung-hitungan....

karena di arkeologi tidak ada perhitungan yang rumit seperti layaknya anak dari fakultas MIPA atau teknik....paling cuman ngitung skala dalam penggambaran aja....

nah itu potensi yang dapat ente manfaatkan jika nanti masuk jurusan arkeologi

terkesan wah yah......iya...memang seperti itu...bila ente bisa mempertahankan idealisme ente sewaktu kuliah...dan berpikir seperti layaknya mahasiswa yaitu...kuliah untuk menuntut, memperdalam, mencari tahu, membuktikan,membuat inovasi dalam ilmu pengetahuan....bukannya ngejer titel atau gelar........atau malah cuman kuliah biar ntar dapet kerja....klo motivasi awal cuman cari gelar atau kuliah cepet biar dapet kerja.... mungkin harus buang jauh2 pikiran untuk masuk jurusan arkeologi....karena mungkin malah akan berasa menyiksa......

nah itu dari segi arkeologi nya sendiri.......dan sekarang ane mau bicara tentang anak-anak mahasiswa dan lingkungannya.....yang juga merupakan faktor yang harus diperhitungkan dalam memilih jurusan......

jujur....ane kurang suka sama lingkungan di jurusan ini terutama angkatan ane....kenapa?

jadi gini....di jurusan ini lo bakal banyak ketemu sama orang nyasar....alias org yang merasa dia salah pilih jurusan...atau orang yang milih jurusan bukan karena passion...tapi karena "asal gue kuliah"

fenomena ini disebabkan oleh SNMPTN undangan......karena biasanya kan ada 2 pilihan tuh.....pilihan pertama biasanya kampus yang di sukai dan jurusan disukai.....pilihan kedua....jurusan ape aje dah nyang penting kampusnya nyang entuh....nah disinilah awal mula orang nyasar banyak bertebaran di jurusan arkeologi....karena menganggap jurusan ini jurusan ecek-ecek.....

dan ternyata pemikiran mereka salah besar.......awal dari segala malapetaka...

klo ente gampang terpengaruh....pasti ente lama-lama kebawa males....karena di arkeologi itu sering banget kerja kelompok.....dan kalo kelompok lo pada males semua....itu akan berdampak ke elo yang jadi ikut2an males....

himpunan-nya pun seakan tidak "bergairah" di bandingkan jurusan lain di fakultas tersebut....klo ente udah masuk pasti terlihat sangat kontras.....mereka cenderung eksklusif.....karena emang banyak acara mereka untuk mereka sendiri ....jadi jarang berjumpa dengan jurusan lain......

jadi emang bener2 diuji deh klo masuk jurusan ini.....musti pinter2 memotivasi diri klo udah loyo semangatnya........ane juga kurang setuju sih sama lulusannya yang kebanyakan dari mereka akan memilih kerja yang beda dengan ilmunya.....bukannya kurang lapangan kerja....malah banyak lapangan kerja.....tapi mereka merasa kurang bergengsi.....

dan satu lagi......arkeologi itu ga sesempit yang orang-orang awam pikirkan...tentang gali-gali, candi, dan sejarah kuno.....lo akan tercengang klo tau bagaimana arkeologi yang sebenernya.......istilahnya lo bisa jadi apa aja di jurusan ini.......alesannya yah karena multi-disiplin tadi......lo bakal nyambung sama obrolan orang dari jurusan yang berbeda.....karena arkeologi mempelajari kebudayaan masyarakat masa lampau...dan aspek-aspek yang membentuk budaya pasti kita pelajari......jangan kaget klo kita ternyata juga belajar politik, ekonomi, biologi, geografi, ekosistem, klimatologi, walaupun yang dibahas tentu akan berbeda dengan bahasan dari jurusan aslinya....

nah semoga memberi gambaran tentang jurusan arkeologi.....khususnya yang di UI......kalo ada pertanyaan jgn segan2 nanya......siapa tau ane bisa jawab....