alexa-tracking

Strategi Belajar

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52ca0f2859cb17ed688b471c/strategi-belajar
Strategi Belajar
Pada dasarnya manusia selalu mengalami perubahan. Karena manusia merupakan makhluk hidup yang senantiasa mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan biasanya berkaitan dengan fisik, sedangkan perkembangan biasanya yg bersifat nonfisik. Misal perilaku, pola pikir, dls. Hal tersebut pastinya berbeda dengan benda mati yang dimana tidak mengalami perubahan, stagnan, karena benda mati tidak memiliki kehendak utk merubah diri. Manusia memiliki freewill utk melakukan apapun termasuk dalam merubah dirinya sendiri. Disini saya ingin membahas bagaimana cara belajar utk mengembangkan karakter. Sehingga perubahan akan mengarah ke arah yg lebih baik lagi.

1. Membaca
Membaca sering disebut sebagai jendela dunia. Dengan membaca kita akan banyak sekali mendapat pemahaman baru, ilmu baru, dls. Sehingga kita bisa menerapkannya dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan. Namun kita juga harus jeli memperhatikan siapa pengarang dan bagaimana isi buku tsb. Karena beberapa pengarang memiliki maksud terselubung tertentu dalam membuat tulisan. Jangan hanya menelan mentah mentah tulisan, namun kita harus mencernanya lagi secara obyektif. Kita bisa lihat beberapa buku yg makaudnya hanya menjatuhkan soekarno. Ada juga yang mengangkat tinggi soekarno. So, obyektif bro.
2. Bertanya pada ahli
Jika kita ingin masuk surga, tanyakan pada ahli surga. Jika kita ingin masak enak, tanyakan atau belajar kepada koki. Tapi jangan lupa bayar bro emoticon-Ngakak. Sehingga kita juga bisa ahli dalam memasak. Maka, bertanya pada ahli juga bisa dijadikan lahan belajar yg efektif.

Namun, sy rasa jika kita hanya berpatok pada 2 cara belajar tersebut saja, hal itu hanya akan mendidik kita menjadi anak manja, tidak mandiri. Saat ada masalah, kita membaca, jika tidak ada penyelesaian, ya sudah, mentok disitu. Stagnan. Karna memang buku sifatnya umum, tidak selalu sesuai dg teknis masalah kita. Jika tidak begitu, setiap ada masalah kita terus terusan konsultasi pada ahli. Sebentar sebentar ngadu. Jika terus terusan begitu kita akan menjadi manja dan tidak mandiri. Maka sy rasa ada cara belajar yg bagus, sehingga kita tidak manja dan akan terbiasa memecahkan masalah. Dan kedepannya kita akan handal. Apa itu?

3. Ketrampilan Proses
Ketrampilan proses akan membiasakan kita menjadi manusia yg mandiri, dan bahkan sangat berguna utk membantu orang lain memecahkan masalah. Dimana ketrampilan proses caranya dengan memahami realitas, memahami masalah dari sudut pandang yg berbeda. Sehingga teknis pemecahan masalahpun akan sangat sesuai. Contoh kecilnya "Bagaimana strategi belajar anak usia dini". Pertama kita pahami rumusan masalah tersebut. "Bagaimana" : pertanyaan yg membutuhkan penyelesaian secara teknis, "strategi" : cara, siasat, tahapan, "belajar" : proses utk berubah, "strategi belajar" : cara, siasat, tahapan utk berubah menjadi yg lebih baik lagi, "anak usia dini" : anak yg perlu pendidikan utk membentuk karakter, perilaku, kehebatan, dls utk masa yang akan datang. *maaf kalo pemahamannya ngasal gan emoticon-Ngakak, cuma apa yg ada dikepala aja gan, hehe*
Setelah itu kita bisa merumuskan lebih dalam dari setiap masalah tersebut. Peran buku masih diperlukan, misal utk memahami bagaimana psikologis anak usia dini, apa yang anak usia dini suka, dls. Tanya ahlipun sangat membantu, misal bertanya kepada guru mengenai apa itu belajar, bagaimana strategi belajar, dls.
Baru kita selesaikan masalah kita. Dan kita biasa mandiri.
Semoga bermanfaat. Terimakasih emoticon-Shakehand2
gimana ngelawan rasa malas gan ?

Pertamax reserved emoticon-Cool
yang terpenting niat emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By azizgugub
yakin freewill itu ada? emoticon-Amazed
kalo manusia punya freewill bisa merubah apa yang sudah ditentukan dong emoticon-Bingung (S)

Kalo sudut pandang ane gini gan, sesuatu yg sudah ditentukan tidak bisa dirubah. Misal api itu panas, es itu dingin, dls. Nah, kalau utk merubah sesuatu, itu sangat bisa. Zaman dulu tidak ada yg bisa kebulan. Bahkan dibilang mustahil. Nyatanya sekarang bisa. Dl orang bilang mustahil bisa terbang seperti burung. Nyatanya skrg bisa terbang pake pesawat. Para ilmuan menemukan rumus atau sesuatu yg ditetapkan utk menjadi sesuatu yg diharapkan. Misal. Bagaimana menerbangkan layangan? Kita menggunakan ketetapan angin yg memiliki arah. Lalu kita pasang tali di layangan dg posisi yg pas agar bisa dikendalikan. Ya sudah, bisa diterbangkan deh. Jadi freewill itu ada.
Quote:Original Posted By sangetsae
gimana ngelawan rasa malas gan ?

Pertamax reserved emoticon-Cool


Asek asek yg pertamax... Kalo ane sih biasanya melihat dari sudut pandang kompetisi gan. Kalo ngliat lawan lawan kita pada kenceng larinya atau prestqsinya, maka ane ga mau ketinggalan
Quote:Original Posted By jaunfuat
yang terpenting niat emoticon-Ngakak

Betul gannnnnn emoticon-Ngakak
Abis niat, trus tidur lagi emoticon-Ngakak