alexa-tracking

10 Obat Alami Untuk Mengatasi Gatal

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52c9a147118b46a3248b4700/10-obat-alami-untuk-mengatasi-gatal
Peringatan! 
10 Obat Alami Untuk Mengatasi Gatal
10 Obat Alami Untuk Mengatasi Gatal

10 Obat Alami Untuk Mengatasi Gatal

No Repsol :
Spoiler for Click:


10 Obat Alami Untuk Mengatasi Gatal


10 Obat Alami Untuk Mengatasi Gatal

10 Obat Alami Untuk Mengatasi Gatal

Gatal? Memang simple kedengarannya emoticon-Big Grin
Apalagi gatal-gatal pada kulit sudah menjadi hal lumrah dan biasa dialami oleh setiap orang terutama pada kaum wanita yang memiliki beragam aktifitas dan pekerjaan domestik di rumah.

Tidak hanya mengganggu kenyamanan, beberapa jenis penyakit gatal-gatal pada kulit bisa merupakan manifestasi dari penyakit yang mungkin luput dari perhatian. Seperti adanya proses peradangan pada kulit, alergi, infeksi, jamur dan alain sebagainya.

10 Obat Alami Untuk Mengatasi Gatal

Penyakit gatal-gatal pada kulit sebenarnya bisa diatasi dan diobati sendiri jika penderita mengetahui penyebab gatal-gatal tsb sekaligus memilih jenis obat yang cocok dan tepat untuk pengobatannya. Misalnya rasa gatal-gatal yang diakibatkan karena mencuci baju atau peralatan dapur menggunakan sabun keras sehingga menimbulkan kerusakan kulit. Begitupun kaum pria dengan beberapa aktifitas sehari-harinya.

Hal terpenting yang perlu dilakukan adalah mengenali tipe atau jenis penyakit gatal-gatal pada kulit terlebih dahulu.

Quote:Tipe atau Jenis Penyakit Gatal-Gatal pada Kulit :

1. Gatal Pruritoseptif

Gatal jenis ini adalah gatal yang timbul akibat terjadi proses radang pada kulit, seperti : Eksim, kulit rusak, kulit sensitif, kulit kering, kulit terinfeksi bakteri atau jamur, dan lain-lain.

2. Gatal Neuropatik

Gatal jenis ini adalah gatal yang disebabkan adanya kelainan saraf atau disebut Neuropatik, biasanya kasus ini terjadi pada eksim kering atau setelah sembuh dari penyakit yang menyerang dan merusak saraf tepi. Jenis gatal seperti ini sangat mengganggu penderitanya karena mempunyai sifat gatal yang hebat mirip perasaan tertusuk.

3. Gatal Neurogenik

Gatal diseluruh tubuh juga bisa timbul akibat adanya kelainan atau rangsangan di pusat otak, dan gatal jenis ini biasa terjadi akibat kondisi fisik yang salah, seperti : adanya kelainan ginjal, emepdu, tiroid, dan lain-alain. Gata jenis ini juga bisa diakibatkan karena adanya salah pemberian obat atau alergi obat. Biasanya kebanyakan penderita tidak mampu menyebutkan secara pasti bagian mana yang terasa gatal pada kulitnya, mereka hanya merasa gatal pada seluruh bagian tubuhnya.

4. Gatal Psikogenik

Gatal jenis ini timbul akibat adanya faktor psikis, biasa terjadi pada orang yang sudah tersugesti merasa gatal. Bahkan beberapa orang diantaranya tidak bisa membedakan apakah gatal-gatal pada kulit tsb benar-benar terjadi ataukah hanya perasaannya saja. Parahnya, kulit yang digaruk-garuk justru bisa menimbulkan menimbulkan rasa gatal, sehingga penderita berpikir dan merasa bahwa perasaan gatal memang terjadi pada dirinya. Kasus gatal pada penderita gatal jenis ini datang berobat dengan kondisi kulit penuh bekas garukan di mana-mana.


Prinsip kembali ke alam atau "back to nature" makin banyak dipilih karena sifatnya yang menggunakan bahan-bahan alami dianggap memberikan risiko yang minimal, namun manfaat yang tetap optimal.
Berikut obat alaminya :

Quote:1. Timun
Spoiler for Click for Pict:

Timun memiliki senyawa yang bersifat menyejukkan dan menyegarkan, maka timun banyak digunakan di salon-salon kecantikan. Namun tidak hanya itu, timun juga bisa digunakan sebagai obat ruam di kulit. Timun bisa dipotong, ditumbuk, atau diparut dan kemudian ditaruh di atas kulit yang ruam.

2. Kulit pisang
Spoiler for Click for Pict:

Khasiat kulit pisang untuk menyejukkan gatal sudah dikenal sejak lama. Cara penggunaannya cukup mudah, kulit pisang diletakkan di atas kulit yang gatal dengan bagian dalam menghadap ke kulit, kemudian dipijat perlahan hingga gatal berkurang.

3. Cuka apel
Spoiler for Click for Pict:

Dengan segudang manfaat lain di dalamnya, cuka apel juga bermanfaat sebagai penangkal gatal. Pengaplikasiannya yaitu dengan menggunakan kapas atau kertas yang sudah ditetesi dengan cuka apel dan ditaruh di atas ruam. Fungsinya yaitu untuk menetralkan racun yang mungkin merupakan penyebab ruam.

4. Baking soda
Spoiler for Click for Pict:

Penggunaan baking soda di kulit yang gatal dapat menarik racun ke permukaan sehingga dikenal juga sebagai obat jerawat alami. Untuk meringankan ruam, terutama ruam merah yang melepuh, tiga sendok baking soda dapat dicampur dengan air dan dioleskan ke kulit yang ruam.

5. Oatmeal
Spoiler for Click for Pict:

Gatal dan ruam ternyata juga dapat diatasi dengan oatmeal. Pertama, oatmeal dihaluskan hingga menjadi bubuk, kemudian masukan ke dalam kantong yang diikatkan pada kran tempat keluarnya air pada bak mandi. Berendamlah di air hangat yang sudah tercampur dengan oatmeal selama 30 menit. Oatmeal juga bisa langsung diaplikasikan pada bagian kulit yang ruam dan gatal.

6. Lidah buaya
Spoiler for Click for Pict:

Lidah buaya atau dikenal juga dengan Aloe vera dapat digunakan sebagai penyejuk rasa terbakar pada kulit. Getah lidah buaya bisa langsung dioleskan pada bagian kulit yang terasa terbakar.

7. Alkohol
Spoiler for Click for Pict:

Alkohol digunakan untuk mencegah penyebaran gatal karena racun. Oleskan alkohol dengan cepat ke daerah kulit yang terkena racun guna mencegah racun masuk lebih ke dalam pada kulit.

8. Sari lemon
Spoiler for Click for Pict:

Asam dari sari lemon merupakan astringent (bahan yang bersifat mengeringkan) alami. Sari lemon bekerja dengan mengeliminasi minyak yang berlebihan, sehingga banyak digunakan sebagai produk kecantikan. Namun dalam menangkal gatal, sari lemon dapat menyerap racun yang berbentuk minyak sehingga mengurangi gatal. Sari lemon bisa langsung dioleskan pada bagian kulit yang gatal dan ruam.

9. Air mengalir
Spoiler for Click for Pict:

Begitu kulit terkena racun atau bahan kimia, hal yang paling mudah dilakukan yaitu mencucinya di bawah air mengalir. Air mengalir akan membawa racun keluar dari permukaan kulit sehingga mencegahnya untuk masuk lebih dalam.

10. Kompres dingin
Spoiler for Click for Pict:

Kompres dingin langsung di kulit yang ruam untuk meringankan gatal dan mencegah Anda untuk menggaruknya. Ingat, kuku yang tajam dapat membuka bagian ruam yang melepuh sehingga menyebabkan infeksi.


Semoga bermanfaat buat kesehatan agan-agan emoticon-Shakehand2

Jangan lupa emoticon-Rate 5 Star dan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

10 Obat Alami Untuk Mengatasi Gatal

10 Obat Alami Untuk Mengatasi Gatal


SOURCE 1
SOURCE 2

bole dicoba tuh. yang alami biasanya efeksampingnya kecil emoticon-Big Grin
nice info gan
buat gatel di kantong ada gak???

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
nais sahre gan
tp nyarinya susah emoticon-Hammer (S)
baru tau emoticon-Big Grin nyoba ah kapan2 emoticon-Big Grin
buat gatel di kantong ada gak???

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By momomomonster
reserved

bole dicoba tuh. yang alami biasanya efekampingnya kecil emoticon-Big Grin
nice info gan


Hampir tidak ada efek samping malah gan emoticon-Cool

Quote:Original Posted By yoyo270590
buat gatel di kantong ada gak???

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


gatel di kantong mending kelaut aja gan emoticon-Big Grin
Nice inpo gan. Kebetulan kulit ane sensitip banget. Ane biasanya si pake bedak beli di apotik gan
ijin bookmak gan,,
lumayan buat ngeshare ke bokap ane
Quote:Original Posted By papahkupreman
Nice inpo gan. Kebetulan kulit ane sensitip banget. Ane biasanya si pake bedak beli di apotik gan


mending yang alami gan lebih murah plus minimal effect samping emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By mekujo11
ijin bookmak gan,,
lumayan buat ngeshare ke bokap ane


silahkan gan emoticon-Big Grin
Thanks gan infonya bisa digunain kalo pas ane gatal tuh.
kalo digigit semut sampe bentol2 gitu pake apa gan?
kalo gatal karena kadas gimana gan obatnya?
Aye burkmark dulu yah emoticon-Big Grin aye alergi soalnya emoticon-Frown
ntar kalo aye sembuh aye cendolin segerobak emoticon-Big Grin
menambah pengetahuan gan... trims emoticon-Smilie
Quote:Artikel Menarik ::10 Obat Alami Untuk Mengatasi Gatal10 Obat Alami Untuk Mengatasi Gatal10 Obat Alami Untuk Mengatasi Gatal10 Obat Alami Untuk Mengatasi Gatal

baru tau kulit pisang bisa memgatasi gatal emoticon-Matabelo



Quote:
••emoticon-roseemoticon-roseemoticon-rose••

Gatal Psikogenetik, kyknya ane yg no 4 gan... emoticon-No Hope
Kadang ngerasa gatel dibagian kaki kiri, ane garuk2 sampai jadi kyk busik putih2
Kadang jg sampai luka2 saking extremenya digaruk emoticon-Cape d... (S)

Quote:Original Posted By myfirstwetdream
Aye burkmark dulu yah emoticon-Big Grin aye alergi soalnya emoticon-Frown
ntar kalo aye sembuh aye cendolin segerobak emoticon-Big Grin


Silahkan om di bookmark emoticon-Big Grin
Janji ye cendolin segerobak emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By reyquita
Gatal Psikogenetik, kyknya ane yg no 4 gan... emoticon-No Hope
Kadang ngerasa gatel dibagian kaki kiri, ane garuk2 sampai jadi kyk busik putih2
Kadang jg sampai luka2 saking extremenya digaruk emoticon-Cape d... (S)



waduh gan lain kali kalo menggaruk pelan pelan, kalo kira kira masih belum menghilangkan gatalnya pake obat diatas aja emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By furcqon
kalo gatal karena kadas gimana gan obatnya?


masih bisa pake obat alami ko gan emoticon-Cool
Makasih gan atas infonya emoticon-Matabelo

ane juga ngalamin penyakit gatal yang neurogenik.. seluruh badan gatel banget gan, tp g ada bentolnya sedikitpun. menyiksa pokoknya... haha jadi curhat gan. maaf

DENGAN INI RESMI PEJWAN DITUTUP emoticon-Ngakak