CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Capres 2014, Mana Gagasanmu?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52bece4ffaca17124a00035a/capres-2014-mana-gagasanmu

Capres 2014, Mana Gagasanmu?

Capres 2014, Mana Gagasanmu?

Jakarta - Jelang 2014, pembicaraan di berbagai jejaring sosial dan warung kopi mulai mengarah kepada siapa bakal calon presiden Indonesia selanjutnya. Namun pembicaraan itu banyak berkutat pada figur personal, bukan pada apa gagasan dan ideologi. Diskusi figur tanpa melihat ide merupakan cermin dari masyarakat Indonesia yang masih melihat sampul ketimbang isi, mengutamakan penampilan ketimbang kapasitas. Selama seseorang itu menyenangkan dilihat dan bisa menyentuh hati, dialah yang akan dipilih.

Ironisnya, parpol yang menjadi pengusung bakal calon presiden pun juga hanya mengandalkan citra personal. Bung Karno pernah berkata, Sebuah partai harus dipimpin oleh ide, menghikmati ide, memikul ide, dan membumikan ide." Parpol terjebak pada realita bahwa tokoh yang diusung harus seorang yang menarik dan mampu menggaet pasar pemilih. Inilah saya kira, ketika politik disamakan dengan bisnis maka akan berdampak pada minimnya kualitas gagasan yang dibawa tentang bagaimana memajukan Indonesia. Ada kesalahan logika bila memaknai kampanye parpol sebagai political marketing yang cenderung pragmatis, bukan sebagai arena kontestasi gagasan masa depan.

Minimnya diskusi gagasan ini bukan hanya terkait dengan budaya Indonesia yang cenderung menghindari debat, tetapi juga dikarenakan rendahnya kemampuan para bakal calon presiden dan parpol pengusung dalam membaca pola sejarah, menjabarkan tantangan masa kini dan menajamkan gagasan ke depan. Akibatnya, publik tidak memiliki visualisasi tentang bagaimana hidup mereka dan nasib Indonesia bila nantinya memiliki presiden A atau B.

Bila kita bertanya pada publik, apakah ada perbedaan kebijakan jika kelak capres yang terpilih dari Demokrat, Golkar, PKS, atau PDIP? Apakah BBM akan naik atau turun bila mereka memimpin? Atau bagaimana konsep pembangunan sumber daya manusia ke depan? Saya prediksi, publik belum bisa menjawabnya karena para capres tidak memberikan gambaran kebijakan secara jelas. Mereka hanya bermain pada pencitraan, gembar-gembor quote yang menarik hati, serta rangkaian iklan yang cenderung monoton. Dalam forum terbuka atau media massa pun, mereka kerap bermain dengan pernyataan normatif: pendidikan Indonesia lebih berdaya saing, pembangunan industri berkelanjutan, tatakelola pemerintah berbasis good governance, atau ekonomi yang mengutamakan rakyat kecil. Atau sekedar jargon tanpa bentuk seperti Negara Kesejahteraan, Indonesia Unggul, atau Indonesia yang Lebih Baik.

Pernyataan semacam itu bukanlah gagasan yang ingin didengar oleh publik, tetapi publik ingin mendengar dan juga perlu dibiasakan- tentang berapa persen pajak yang harus dibayar ketika mereka buka usaha, sejauh mana subsidi kesehatan bagi kelas bawah dan menengah, bagaimana strategi ekonomi agar kurs rupiah menguat terhadap Dollar Amerika, atau tentang bagaimana skema pembangunan desa versi capres pasca disahkannya UU Desa pekan lalu. Bila diskusi semacam ini dilakukan oleh para capres, maka perdebatan mengenai strategi jitu membangun Indonesia bisa lebih dirasakan oleh publik.

Perbedaan gagasan antara capres sejatinya bisa menjadi kesempatan bagi presiden terpilih kelak untuk mematangkan konsep pengelolaan negeri ini. Selama masa kampanye, seorang capres dituntut untuk mampu memiliki data akurat, memetakan tantangan secara jelas, dan mengolahnya menjadi strategi jitu dalam membangun Indonesia. Sehingga, perang dalam pemilu adalah perang pemikiran dan gagasan, bukan perang media dan pencitraan. Jangan sampai pemilihan presiden republik ini tak ubahnya pemilihan Idol yang hanya berbasiskan wajah, kesukaan sikap, atau sekedar suara tanpa isi.

Pemilu adalah kontestasi gagasan, bukan arena ajang adu bakat mencitrakan diri. Saya kira, publik juga sudah muak dengan ribuan spanduk, baliho, dan poster yang hanya berisikan wajah berukuran besar dengan sedikit sekali informasi mengenai program apa yang ia bawa. Pemilihan presiden adalah wahana untuk merapatkan rakyat dalam menentukan masa depan Indonesia. Rakyat perlu digiring untuk mendukung gagasan, bukan sosok rupawan.


[URL="http://news.detik..com/read/2013/12/27/095058/2452068/103/capres-2014-mana-gagasanmu"]sumber[/URL]
=====

tumben isi detik kali ini agak nggenah dikit emoticon-Belo

Polling
397 Suara
Siapa calon presiden pilihan lo? dan kenapa lo jagoin dia? 
Halaman 1 dari 14
setelah menjaring nama2 capres selama seminggu kemarin, gw bikin polling di atas, ceritanya survei capres versi BP raya

ada beberapa nama yang engga kesebut di trid tapi gw tambahin karena namanya sering nongol di survei lain, kayak mbok mega emoticon-Hammer, anis matta, dll

jadi, monggo...silakan dipilih emoticon-shakehand


inget ya ini cuma milih calon presiden thok.
dan kalo bisa tolong jelasin di trid ini kenapa lo jagoin dia sebagai presiden

gw pengen buktiin aja artikel detik di atas bener atau engga:
apakah kita milih seseorang jadi presiden karena figur atau gagasannya?
Diubah oleh comANDRE
Quote:


aman pigimane...
lo rela kalo tiba2 farhat abbas jadi presiden beneran gara2 kebanyakan yg golput? emoticon-Nohope

==============

Quote:


gw bilang yg milih prabowo pemilih pemula,
karena pasti lahirnya taun 90-an ke atas,
masih terlalu kecil untuk tau soal peristiwa di taun 1998
dan di sekolah pun pasti engga diajarin soal 1998
makanya buat para pemilih pemula, prabowo pasti terlihat baik
apalagi berkat salah satu kader partainya, ahok yg bersinar banget di media
padahal...?

coba google "prabowo 1998" emoticon-Smilie
dan lo akan paham kenapa gw engga mau dia jadi presiden



engga cuma prabowo aja sih, tapi semua orang yang ada di foto ini,
jangan sampe alumni2 golkar nguasain negara ini lagi
Spoiler for :





Diubah oleh comANDRE
reserved
Quote:


sialan kalah duluan emoticon-Ngakak

ane dukung ahok deh yang berani dan benar emoticon-army
yaelahhh..pake reserve segala...
kaga kebagian kan gw emoticon-norose
*belum ada yang pas dihati nih calonnya
Diubah oleh Aa JaMbRoNg
Dari kolom opini ya? emoticon-Matabelo

Opini ane, ga beda jauh ama artikelnya. Krisis kepercayaan ama partai dan 'tokoh'
perasaan capres yang maju orangnya itu itu mulu, cuman beda pasangan,,
tapi waktu itu pernah dikasih koran pas dibaca ternyata isinya berita tentang anies baswedan semua, nyalonin juga rupanya
ada kuisnya juga
Diubah oleh airangini
ya kt lihat sj bsk 2014..

yg jls kl Indonesia mo makmur bkn dr pajak aj, sda yg dipegang asing hrs direbut/saham 80% indo.. dan kasus hukum/korupsi/ham dll yg dipetieskan hrs diselesaikan..

brn ga jokowi? dahlan? roma? mahfud? dll yg mj pilpres bsk?
Quote:


silakan dicoblos polling di atas emoticon-shakehand



Quote:


ya udah, ente aja gan yg nyapres emoticon-shakehand



Quote:


editorial detik sih kayaknya,
iya, opini gw juga kurang lebih gitu



Quote:


koran turun tangan?
itu emang koran bikinan relawan pendukung anies kali emoticon-Big Grin



Quote:


lo komeng kayak ngetik sms, pusing gw bacanya emoticon-Nohope

gw pribadi memilih pemimpin karena rekam jejak, emoticon-Toast


mklm dr hp om..jempol ane kegedean emoticon-Big Grin
Mahfud Md tentunya emoticon-Big Grin
Post ini telah dihapus oleh blue_danube
sepakadt gan emoticon-shakehand
sebenarnya ane jg gk mw pilih jokowi gan, berhubung dia masih menjabat

tapi ketimbang negara ini hancur karena gk da pemimpin yg jelas, ya pilih jokowi emoticon-Ngakak
masuk gan... tp keknya susah klo jadi RI 1
maseh ada yg milih megawati?
Quote:


tp sayang jokowi gak nyalon gan emoticon-Ngakak (S)
Quote:


walah mbok dhe???





wes wayahe pensiun emoticon-Ngakak (S)
Quote:


masih ada gan, emoticon-Big Grin
itu di polling ada yg milih.... sebiji emoticon-Hammer
Halaman 1 dari 14


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di