CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
"Yusril Izha Mahendra itu Orang Gila"
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52bdaec30d8b46ba4b8b4609/quotyusril-izha-mahendra-itu-orang-gilaquot

"Yusril Izha Mahendra itu Orang Gila"

"Yusril Izha Mahendra itu Orang Gila"


"Pak ini sudah tidak bisa di tawar lagi, rakyat sudah menghendaki bapak berhenti, ini tuntutan rakyat, bagaimana jika ini dibiarkan"

Ucapan itu di kemukakan oleh Yusril Ihza Mahendra didepan Presiden Soeharto pada tanggal 19 Mei 1998. dimana ketika yang lain "lari" dan ada beberapa yang menyarankan untuk mengadakan sidang Istimewa, Yusril malah mengucapkan hal tersebut.  Padahal saat itu meskipun sudah di desak mundur oleh demonstrasi mahasiswa, Soeharto tetap bersikeras untuk tidak mau mundur dari jabatannya sebagai presiden.

Yusril Terus mendesak Soeharto untuk turun dengan berbagai pertimbangan yang dia berikan, yusril saat itu mengatakan kepada Soeharto jika diadakan sidang istimewa maka akan menimbulkan perpecahan dan pertumpahan darah. jika hal ini terjadi maka militer akan mengambil alih kekuasaan ini. 

Pada akhirnya Presiden Soeharto mengatakan "Ya sudahlah, kalau begitu saya berhenti."

Yusril menegaskan, pernyataan BERHENTI sebagai Presiden oleh Soeharto dilakukan dengan pertimbangan utama agar proses pergantian soeharto berlangsung KONSTITUSIONAL, damai dan tidak terjadi pertumpahan darah. sempat diskusi agak panjang dengan bambang kesowo soal hal ini, hingga muncul judul "Pernyataan berhenti sebagai Presiden RI" 

Usai pertemuan dengan Presiden soeharto, Nurcholis Madjid mengatakan bahwa Yusril Ihza Mahendra ini "Orang gila", berani-beraninya mendikte Presiden. 

Kemudian Sa`adilah Mursi ditugaskan Soeharto untuk menyiapkan teks pengunduran diri sesuai dengan teks konstitusi,  Sa`adilah kemudian menemui Yusril untuk mempersiapkan teks pidato yang dinilai sesuai dengan UUD 45 Pasal 8.

"...Jika presiden menyampaikan berhenti kepada MPR, itu berarti harus dilakukan di depan sidang Istimewa. sebaliknya, kalau Presiden menyatakan, atau Declare secara sepihak, maka hal itu dapat dilakukan tanpa menunggu persetujuan kepada siapa kita membuat statement itu. problemnya dengan menyatakan berhenti seperti itu berarti terjadi kevakuman, kekosongan kekuasaan, Pasal 8 UUD 45 menyatakan, Wakil Presiden otomatis menjadi Presiden. Namun menurut TAP MPR No.VII tahun 1973, Wakil Presiden mengucapkan sumpah dihadapan DPR; jika tidak dapat di depan Mahkamah Agung" kata Yusril

Sa`adilah Mursi langsung mengontak ketua Mahkamah Agung Sarwota, ia di suruh bersiap malam itu juga , tapi tidak diberitahu apa yang terjadi. Yusril bilang ke Sa`adilah bahwa besok pimpinan DPR mau menghadap Presiden untuk menyerahkan kesepakatan Fraksi-Fraksi yang meminta soeharto Mundur.. 

" Jadi tak usah di kasih tahu bahwa besok presiden akan mundur!" tambah Yusril.

Usai penyusunan naskah itu Soeharto menandatangani "Pernyataan pengunduran diri sebagai Presiden R.I." Tanda tangan bersejarah terjadi pada dini hari, 21 Mei 1998, pada saat kritis sebagaimana fakta telah berbicara, bahwa banyak teman Soeharto "Melarikan diri" karena tidak berani mengambil resiko yang demikian besar, sebaliknya Yusril Ihza Mahendra datang sebagai cendekiawan yang diundang dengan mengambil inisiatif untuk ikut serta menyelesaikan krisis politik terbesar dari sejarah politik bangsa ini dengan cara damai dan mengesankan

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Diubah oleh jajanawet
Halaman 1 dari 3
gan, ga pake sumber nich??emoticon-No Hope
Curhat Tong.. emoticon-Cape d... (S)
emoticon-Hammer (S) ane lupa... ini sumur nya gan...
Spoiler for Yusril Orang Gila:
Hmmmm.... Jadi yusril ikut andil juga dlm reformasi... Okelah kali begitu. Ane catet!
Ini romantis banget.
Peran Yusril gak segede itu waktu dorong Suharto mundur.

Yusril itu kerjaannya penulis pidato Suharto mennnn....
Darimana ceritanya penulis pidato neken presiden untuk mundur.

Ngasih nasehat mungkin bener.
Suharto ngundang 9 orang ke istana tanggal 19 Mei, untuk dimintai pendapat, beberapa hari sebelum mengundurkan diri.

Sembilan orang itu namanya:
Gus Dur
Ahmad Badja
Ali Yafie
Anwar Harjono - digantiin sama Cholil Badawi
Cak Nun (Emha Ainun Nadjib)
Ilyas Rukhiyat
Mahrus Amin
Malik Fajar
Soetrisno Mudham
Nurcholis Madjid

Yusril diajak ke istana sama Pak Nurcholis.
Di tengah pertemuan, Wiranto dipanggil ikutan diskusi.

Siapa yang bikin Suharto mundur?
Gw rasa Suharto punya pertimbangan pribadi setelah menilai perkembangan saat itu.

Yusril mungkin beneran ngomong kalau Suharto harus mundur, tp kalau ceritanya diarahkan jadi Yusril yang bikin Suharto mundur, wah itu gak masuk akal. Yusril itu bukan siapa2 tahun 1998.
ini tokoh emang lumayan, tapi agak meragukan juga....
sebab waktu itu dia terhitung masih muda...

yang jelas lemah di partai dan dukungan media masa sangat minim (bisa dikatakan tidak ada)....emoticon-Ngakak
Diubah oleh dankyu
setau ane sih yusril posisi nya bukan apa2 dlu gan....ga mgkn lah dia yg bs buat suharto turun...
yg pasti pak harto punya pertimbangan khusus....
malah ane liat peran wiranto yg sgt besar wktu itu dibanding yusril...
Quote:


Iye ane juga masih inget Pak Harto pun meminta pendapat dari para dosen senior UI saat itu....
Kayaknya nggak deh kalo Yusril itu tokoh kunci keputusan Suharto untuk mundur. Ane lebih setuju agan di atas bhw itu pertimbangan pribadinya Suharto....
masalah kontra dan versi ane ga bahas... kebetulan gugling kata gila nemu "yusril itu orang gila" ane selidiki sumbernya.. ya dari pro yusril sendiri.. jadi ga heran kalau pemberitaannya seperti itu.

emoticon-Hammer (S)
emoticon-Ngakak (S)
Barbuk nya mana gan?
Quote:


jadi si TS inih failed gitu Gan ceritanyahemoticon-Malu

tiap org punya peran masing2 gan
yang disuruh maju ketemu suharto tentang mundur itu bukannya harmoko?
karena semua orang sekeliling suharto nga ada yang berani ngomongin?

kok jadi yusril sih?
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
tapi ada kok peran yusril, seenggaknya dia orang yg ngerti pak harto cukup mengundurkan diri di hadapan MA, gak perlu smpe bertele2 gelar sidang MPR,
yah semua orang mungkin punya persepsi dan perspektif yg berbeda
nggak ada sumber nya gan=fitnahemoticon-Mad (S)
ts nya gila kah emoticon-Gila
Quote:


Ane setuju ini....yusril adalah orang yg berhasil memanfaatkan keadaan utk kepentingannya sendiri bayangin dr tukang tulis pidato presiden lompat jd mentri n bikin parte....tau ndiri lah nama tipe manusia kayak gini...

Nb dia juga jd pengacara tersangka korupsi lho...terlepas appun vonis pengadilan kl lo udh mau bilang citra bersih gak usah deket2 kasus korupsi apapun kondisinya
romantisme dan pembohongan masa lalu...

Alm soeharto gak bisa dijadikan untuk cross check lagi
YIZ mulai kampanye nih
memang, yusril harus gantikn sby, as the next presiden, mari kita dukung.
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di