CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anies Baswedan Sorot Pemerataan Pendidikan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52bd3fc6faca17090e0000c8/anies-baswedan-sorot-pemerataan-pendidikan

Anies Baswedan Sorot Pemerataan Pendidikan

Anies Baswedan Sorot Pemerataan Pendidikan
Peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat Anies Baswedan menyebutkan sedikitnya ada tiga aspek penting untuk menyokong pemerataan pendidikan yang menjadi salah satu perhatian utamanya.

"Pertama, akses pendidikan, bahkan hingga tingkat perguruan tinggi harus bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat," kata Anies dalam kesempatan berdialog dengan sedikitnya seratus pengunjung Taman Bungkul, Surabaya, Senin (23/12) malam.

Menurut Anies, salah satu upaya mendekatkan akses pendidikan adalah penyediaan beasiswa yang terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat.

Rektor Universitas Paramadina tersebut mengatakan, apabila universitas swasta saja bisa menyediakan beasiswa, maka universitas negeri lebih berkewajiban untuk memenuhi upaya itu guna meningkatkan akses pendidikan tersebut.

"Swasta saja bisa melakukan itu, maka universitas negeri seharusnya juga bisa," katanya.

Ia bahkan menyampaikan kekhawatirannya terkait biaya pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mahal menyebabkan regenerasi kelas menengah berlaku stagnan.

"Boleh jadi kelas menengah di masa mendatang hanya muncul dari kelas menengah masa kini, padahal seharusnya perbaikan kualitas hidup berlangsung di semua tingkatan," katanya.

Kemudian aspek kedua adalah peningkatan alokasi pemodalan keperluan riset bagi tiap-tiap perguruan tinggi guna menunjang penerapan ilmu-ilmu yang diajarkan.

"Ketiga, diperlukan adanya redistribusi pendidikan, khususnya dalam hal pembentukan institusi perguruan tinggi tidak hanya di Pulau Jawa," katanya.

Anies mengatakan bahwa saat ini terdapat sekitar 3.500 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, akan tetapi 800 di antaranya berada di wilayah Pulau Jawa bagian Barat.

"Artinya 800 dari 3.500 institusi perguruan tinggi berada di Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten," katanya.

"Kalau terus seperti ini orang harus ke Jawa untuk sekolah. Itu tidak adil. Makanya harus ada redistribusi pendidikan," ujar dia menambahkan.

Pemaparan Anies tentang tiga aspek penting penyokong pemerataan pendidikan tersebut disampaikan untuk menjawab pertanyaan dari salah satu peserta dialog di Taman Bungkul, Surabaya.

Taman Bungkul merupakan salah satu titik perhentian yang disinggahi rombongan "3.000 KM Nyalakan Harapan" pada hari keempat perjalanan.

Anies memulai perjalanan pada 20 Desember 2013 dengan persinggahan pertama Gedung Indonesia Menggugat di Bandung dan dijadwalkan melanjutkan tur hingga 24 Desember 2013.

Selain itu, pada hari kedua atau Sabtu (21/12) Anies juga sempat mengunjungi lahan pertanian di atas tekstur tanah berpasir di Pandansimo, Bantul.

sumber

Memperkuat point mas Anies mengenai perguruan tinggi,
ada data menarik, 10 besar negara dengan income bersih tertinggi per individu dipegang oleh negara-negara yg partisipasi masyarakatnya pada tertiary education(setingkat universitas) berada diatas 60%, kecuali Luxembourg.
Indonesia sendiri hanya diangka 27%emoticon-Berduka (S)
Mau negara maju, majukan pendidikanemoticon-I Love Indonesia (S)
Siapa sih Anies Baswedan?
Visi Misi Anies Baswedan
Diubah oleh EconomicHitman
Halaman 1 dari 2
selamat berkampanye...
semoga trpilih...
emoticon-Ngakak
Diubah oleh comANDRE
yah nyorot kok pemerataaan pendidikan emoticon-Cape d... (S)

sorot dong sarana sekolah yang harus diperbaiki terus mutu pendidikan indonesia yang sangat urgent diperbaiki untuk modal nak anak bangsa mengahadapi era globalisasi , dan efektivitas pengajaran disekolah yang tepat , cepat dan tidak banyak buang waktu belajar pelajaranmonoton yang cuma bikin waktu sekolah anak habis banyak disekolah emoticon-Smilie
Setidaknya pak anis gak ngomong doang, dia sendiri udah mulai emoticon-Big Grin

tapi kalau mau jd RI 1 berat pak, apalagi naik bemo, masih harus desek-desekan pula emoticon-Hammer (S)
pastinya pecitraan emoticon-Cape deeehh
Quote:


Ane suka pandangan ente gan emoticon-I Love Indonesia (S)

bidang laen cemana tuh
Quote:


Quote:
gila kalo ane pilih anies baswedan berarti ane juga kudu pilih partai bemo no mercy,
padahal ane paling alergi sama itu partai
Quote:


program bagus dr capres yg sudah terbukti ga omdo.

inget dulu awal2 kampanye penghapusan subsidi BBM, bilangnya subsidi mo dialihkan ke pendidikan, alokasi pendidikan emang naik tapi tetep aja biaya yg ditanggung masyarakat malah tambah berat.
Quote:


nah ngaco kan emoticon-Big Grin


pileg (pemilu legislatif) itu lebih dulu daripada pilpres

dan kagak ada aturannya lo musti nyoblos partai yang sama dengan presidennya emoticon-Big Grin

boleh beda.
Quote:


kalau ane sih alergi dengan semua partai, yg penting tokohnya.
kalau jalurnya bemo, gak masalahemoticon-I Love Indonesia (S)
kerennn. bisa nih
Cocok jadi menteri pendidikan..... emoticon-Kiss
selama yg jadi guru PNS masuknya nyogok, jangan harap pendidikan akan lebih baik
butuh peran serta masyarakat dan negara utk mendorong peningkatan kualitas guru...krn gak di pungkiri sampai saat ini profesi guru masih merupakan profesi yang dianggap kelas 2 (orang gak kaya kl jd guru) butuh orang dengan panggilan jiwa yang benar utk mengajar
udahlah pak di indonesia mengajar saja, buat merata dulu di semua daerah yg kata bapak butuh guru berkualitas itu emoticon-Smilie
Diubah oleh Forblade
nice infoh gan emoticon-Matabelo
Selama ini pendidikan seperti dinomorduakan oleh publik. padahal efek dari pendidikan ini menyangkut ke seluruh aspek kehidupan rakyat. dengan rakyat yg terdidik, maka rakyat akan lebih kritis mengenai kebijakan publik, baik isu politik, sosial, ekonomi, hukum dll. Dan dari demokrasi yg cerdas ini akan munculah orang2 kompeten yg mengisi jabatan publik. Nantinya pemimpin2 ini yg akan mengelola berbagai sektor kebijakan publik sebijak2nya. Indonesia Jaya !emoticon-I Love Indonesia (S)

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di