alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529dc47ca1cb17041d000036/hot-mitos-dan-fakta-seputar-hiv-aids
Inspiratif 
[HOT] Mitos dan Fakta Seputar HIV/AIDS
Quote:Quote:[HOT] Mitos dan Fakta Seputar HIV/AIDS
Penyakit HIV/AIDS bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi masyarakat. Dengan jumlah kematian mencapai 5.500 jiwa pertahun akibat HIV/AIDS maka penyebaran penyakit ini sudah menjadi suatu epidemic yang cukup mengkuatirkan. Hal ini terjadi selain karena prilaku yang tidak bertanggung jawab juga karena kurangnya pengetahuan seputar penyakit ini.

Berikut mitos dan fakta HIV/AIDS


Quote:Mitos: Terjangkit HIV artinya terkena AIDS
Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang menghancurkan sel imunitas tubuh CD4, yang mambantu tubuh untuk memerangi penyakit. Dengan pengobatan yang benar, Anda bisa terkena HIV selama bertahun-tahun dan tidak meningkat menjadi AIDS. Diagnosa AIDS (acquired immunodeficiency syndrome) dinyatakan saat seseorang mengalami HIV dan disertai infeksi opportunistic atau jumlah sel CD4 turun hingga 200.



Quote:Fakta: Kemungkinan kecil terkena HIV karena kontak fisik dengan penderita
Anda tidak begitu saja terkena HIV hanya karena memeluk seorang penderita HIV positif, bahkan menurut WebMD bertukar handuk dan minum dari gelas yang sama masih dikatakan aman. Di Amerika sangat jarang seseorang terkena HIV karena transfuse darah, karena pemerintah Amerika melakukan pemeriksaan yang ketat terhadap darah yang didonorkan. Namun Anda bisa terjangkit virus HIV karena melakukan sex yang tidak aman, berbagi menggunakan jarum suntik atau melakukan tato dengan peralatan yang tidak steril.



Quote:Mitos: Penderita HIV/AIDS hanya memiliki waktu hidup beberapa tahun lagi
Mengalami HIV/AIDS bukan berarti di vonis mati. Setiap orang mengalami reaksi yang berbeda-beda terhadap HIV. Beberapa orang memang mengalami AIDS dalam beberapa bulan karena virus menyerang sistem imunitas dengan cepat. Namun banyak juga yang hidup hingga puluhan tahun dengan HIV dan memiliki kehidupan yang normal. Penderita dapat mencegah HIV meningkat menjadi AIDS dengan mengunjungi dokter dan minum obat secara teratur.




Quote:Mitos: Anda akan tahu terjangkit HIV dari gejala yang Anda alami
Faktanya beberapa orang tidak menunjukkan gejala apapun padahal terjangkit HIV selama tahuan. Beberapa memang menunjukkan gejala dalam waktu 10 hari hingga beberapa minggu setelah infeksi. Gejala-gejala awalnya terlihat seperti flu atau mononucleosis dan diikuti oleh demam, kelelahan, ruam dan sakit tenggorakan. Tetapi gejala itu bisa menghilang setelah beberapa minggu dan tidak menunjukkan gejalan apapun selama beberapa tahun kemudian. Satu-satunya cara pasti untuk mengetahui seseorang terkena HIV atau tidak adalah melalui tes labarotorium.



Quote:Mitos: HIV bisa disembuhkan
Hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan HIV/AIDS, tetapi perawatan yang dapat menekan jumlah virus dan menjaga imunitas tubuh penderita dapat dilakukan. Dokter akan mempertimbangkan kondisi kesehatan secara umum seseorang yang terjangkit HIV, kondisi imunitasnya dan jumlah virus ditubuhnya untuk memulai pengobatan.



Quote:Fakta: Siapapun bisa terkena HIV
Saat ini sekitar 170.000 hingga 210.000 orang Indonesia mengidap HIV/AIDS, cara penularannya adalah hubungan seksual tidak bertanggung jawab tanpa pelindung, penggunaan obat terlarang melalui jarum suntik, hubungan seksual sesama pria,prostitusi bahkan diturunkan dari ibu kepada janin yang dikandungnya. Siapa saja bisa terkena HIV – pria, wanita, orangtua, bahkan anak-anak.




Quote:Mitos: Hubungan sex aman jika dilakukan sesama penderita HIV
Karena sama-sama menderita HIV bukan berarti tidak perlu menggunakan alat kontrasepsi kondom. Kondom dapat membantu melinduingi dari penularan HIV dari sesama penderita, karena mungkin pasangan yang menderita HIV resisten terhadap obat anti HIV pasangannya. Untuk itu, sekalipun seseorang merasa sehat dengan HIV bukan berarti ia tahan terhadap penular HIV dari orang lain, hal tersebut mungkin saja makin memperburuk kondisi kesehatannya.




Quote:Fakta: Anda dapat tetap memiliki bayi sekalipun menderita HIV positif
Ibu yang terinfeksi dapat menularkan HIV kepada bayinya baik saat masih dikandungan ataupun saat melahirkan. Tetapi resiko dapat dikurangi dengan bantuan dokter dan pengobatan yang baik. Ibu hamil dengan HIV positif dapat mengkonsumsi obat untuk menekan infeksi yang dialaminya dan juga untuk melindung bayi dari virus HIV.



Quote:Mitos: Anda tidak bisa menghindari infeksi lainnya yang terkait dengan HIV
Karena sistem imunitas yang lemah, orang dengan HIV sangat rentan terhadap infeksi seperti pneumonia pneumosistis, tuberculosis, kandidiasis, cytomegalovirus, dan toxoplasmosis. Cara terbaik untuk mengurangi resiko seorang penderita HIV adalah dengan mengkonsumsi obat dan juga menghindari hal-hal yang memungkinkan virus masuk ke tubuhnya seperti daging yang kurang matang, kotak sampah hingga air yang terkontaminasi.



Quote:Mitos: Pengobatan HIV AIDS mahal
Saat ini pemerintah Indonesia dalam rangka memerangi epidemic HIV/AIDS telah membuka klinik AIDS di puskesmas-puskesmas di berbagai daerah. Untuk itu pengobatan HIV/AIDS sangat terjangkau oleh masyarakat.


Semoga bermanfaat, dan jangan lupa di emoticon-Rate 5 Star

Spoiler for Ts Mengharapkan:

Spoiler for Menolak:

klik disini

emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
Nais inpoh gan.
kok sepi sih emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
Info yg sangat baik tp ane tetp berdoa semoga ane sekeluarga jng sampe kena penyakit ini Amiiieeennnn
Mayan pejwannnn
HIV sampe skrg yg ane tau sih blm bs diobatin Gan...
Dan kalo terkena HIV dini engga keliatan gejalanya..., nanti keliatannya kalo dah taunan..., dah parah..., nah baru keliatan...
Biasanya berakhir dengan kematian...
Nice info gan emoticon-Rate 5 Star
Jangan jajan sembarangan, setia sama satu pasangan dan stop diskriminasi pada ODHA mereka juga tidak ingin lahir seperti itu emoticon-Kiss (S)
ane ga percaya mitosnya lebih mempercayai faktanya
jgn sampe deh kena hiv aids
salam pita merah gan!
hati2 gan..siapapun bisa kena HIV emoticon-Takut
gan, ane mau tanya nihh yaa??
orang yang kena HIV biasa itu bner gag Imun nya menurun?? apakah itu ketika udah parah yaa??
Quote:Original Posted By b0cahnakal
gan, ane mau tanya nihh yaa??
orang yang kena HIV biasa itu bner gag Imun nya menurun?? apakah itu ketika udah parah yaa??


Emang HIV yg gak biasa kek gimana? emoticon-Big Grin
Kalo HIV memang modus operandinya nyerang sistem imun, kalo sistem imun udah menurun, baru AIDS menyerang...
Quote:Original Posted By estidi


Emang HIV yg gak biasa kek gimana? emoticon-Big Grin
Kalo HIV memang modus operandinya nyerang sistem imun, kalo sistem imun udah menurun, baru AIDS menyerang...


maksudnya waktu udah kena di gejala awal mas.. apakah orang HIV itu Imun dan antibodinya kuat atau nggak..
misalnya si A baru kena Gejala HIV gelombang pertama, dan menuju ke Gelombang kedua..

apakah dia nanti bakal mudah sakit??? dan berat badannya tidak bisa menaik?? atau seperti orang normal??
Quote:Original Posted By b0cahnakal


maksudnya waktu udah kena di gejala awal mas.. apakah orang HIV itu Imun dan antibodinya kuat atau nggak..
misalnya si A baru kena Gejala HIV gelombang pertama, dan menuju ke Gelombang kedua..

apakah dia nanti bakal mudah sakit??? dan berat badannya tidak bisa menaik?? atau seperti orang normal??


HIV mah gak pake gelombang2an, tapi ada yg namanya periode jendela, di mana orang udah kena HIV tapi gak keliatan gejalanya, karena virusnya masih dormant (udah masuk di dalam tubuh tapi belum mulai nyerang)...
Gejala2 yg ente sebutin (mudah sakit, berat badan gak nambah) itu kalo HIV udah mulai menyerang...
Quote:Original Posted By estidi


HIV mah gak pake gelombang2an, tapi ada yg namanya periode jendela, di mana orang udah kena HIV tapi gak keliatan gejalanya, karena virusnya masih dormant (udah masuk di dalam tubuh tapi belum mulai nyerang)...
Gejala2 yg ente sebutin (mudah sakit, berat badan gak nambah) itu kalo HIV udah mulai menyerang...


ohh, jadi misal orang yang kena HIV tapi blm di serang itu, dianya normal-normal aja yaa mas?? nggak keliatan sama sekali??
Quote:Original Posted By b0cahnakal


ohh, jadi misal orang yang kena HIV tapi blm di serang itu, dianya normal-normal aja yaa mas?? nggak keliatan sama sekali??


Betul gan
Thread 2013 emoticon-Nohope
Tapi okelah.. Nambah prngetahuan emoticon-Big Grin