CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Waspadalah menggunakan kartu Mandiri E-Toll
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529d68f0bbf87b31470001f9/waspadalah-menggunakan-kartu-mandiri-e-toll

WASPADALAH MENGGUNAKAN KARTU MANDIRI E-TOLL

Kejadian ini bermula pada tanggal 26 November 2013 yang lalu ketika ane berkendara di tol jagorawi ke arah jakarta menggunakan etoll card di gerbang tol cawang (pembayaran oleh mesin). Ane cukup kaget melihat saldo e toll card ane di monitor dan struk pembayaran yang jumlahnya tersisa Rp. 41.000, padahal seingat ane pada tanggal 22 November 2013 ane telah melakukan top up etoll card di atm mandiri sejumlah Rp 300.000.
Ane sangat kebingungan dan penasaran karena sangat tidak masuk akal bahwa total saldo yang biasa di gunakan selama sebulan itu bisa lenyap begitu saja. Apalagi setelah melapor ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat (setelah di rujuk oleh call centre mandiri), jawabannya mereka tidak bisa membantu apa2, karena kemungkinannya bisa terjadi kesalahan teknis di internal sistem, bahkan mereka terus bertanya apakah betul ane telah melakukan pengisian sejumlah tersebut. Seperti biasaa...
Setelah melakukan penulusuran di internet, ternyata ada beberapa kasus penipuan yang terjadi dengan penukaran kartu etoll card oleh petugas jasa marga. Langsung ane periksa struk pembayaran sebelumnya dan menemukan fakta yang mengejutkan.

Spoiler for Berikut gambar kartu etoll card yang ada di tangan ane sekarang ini::

Spoiler for Gambar struk di bawah ini adalah sisa saldo terakhir sebelum saya melakukan top up (perhatikan no kartu CN yang di garis bawahi)::

Spoiler for Struk di bawah ini adalah saldo setelah melakukan top up sebesar Rp. 300.000 pada tanggal 22 Nov. Perhatikan no kartu CN masih sama dengan struk sebelumnya::

Spoiler for Struk di bawah ini adalah saldo pada tanggal 26 Nov, hanya tersisa Rp 41.000. Perhatikan no kartu CN berubah dengan sebelumnya::


Dengan fakta2 di atas (no kartu yg berbeda) dan dengan rujukan beberapa kasus yang terjadi, maka penjelasan satu2nya adalah telah terjadi penukaran kartu etoll ane. Dan kemungkinan besar hal ini terjadi oleh petugas tol jasa marga sewaktu ane menggunakan etoll card saya di gerbang toll ampera pada tanggal 25 November, dan pada saat itu kesalahan ane tidak melihat jumlah saldo di monitor.

Ini sekedar sharing aja, dan ane udah relain total saldo yang lenyap tersebut karena setelah lapor ke kantor Bank Mandiri jawabannya hanya "begitu saja" dan ane udah prediksi kalau melapor ke Jasa Marga yang ada ane hanya keluar ongkos dan capek, gak akan ada hasilnya. Di negara ini konsumen selalu dalam posisi lemah gan.

Tapi ane ingin mengingatkan pengguna etoll card yang lain agar berhati-hati dan selalu waspada dengan penggunaan etoll card-nya, khususnya ketika membayar langsung melalui petugas. Apalagi sudah banyak kasus penukaran kartu begini setelah ane baca di forum2 internet. Kalau perlu etoll card yang agan2 punya di tandain dengan tanda khusus, misalnya selotip, warna, dll.
------------------------------------------------------

Dan ternyata ada korban serupa:
Quote:


Quote:
Diubah oleh raja_hutan
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 3
Ane kagak pake e toll, bayar langsung aja enakan.
gw bayar cash terus emoticon-Big Grin
udah sering kejadian kartu etoll dituker petugas gerbang toll, saran ane simple namain aja kartunya gan, pake permanent marker, ane juga biasa pake etoll dan kartu toll ane tulisin nama pake permanent market yang warna warni kalo bisa biar ga gampang ditiru.
takutnya aja si petugas toll punya tangan kaya pesulap bisa nulis tiruin nama agan di kartu tol bodong yang mereka siapkan. biasa pake tinta hitam. agan pake tinta warna warni..
widih... jahat juga ya.. serem juga nih..

ane gak bisa sarankan solusi apapun gan.. hanya bisa turut berduka emoticon-Berduka (S)
lebih nyaman bayar cash dibanding pake e-toll card gan emoticon-Embarrassment
Tempelin stiker aja etollnya
Saya pengguna e-toll juga, biasanya kalau bayar di gerbang tol biasa (yang ada petugas tol) saya bayar cash, kartu e-toll saya pakai khusus untuk di gerbang e-toll saja.

Kalo saya ditulisin nama gan depan belakang
nih gan ane bantuin cari histori transaksi kartu agan. kemungkinan emang ketuker, dan saldonya udah diabisin. saran ane gan, mending isi ulang dikit2 aja, misal 50rb biar kalo hilang atau ketuker ga rugi2 amat


Spoiler for "histori transaksi":
Kakak ane cerita mengenai hal ini tentang tukar kartu e-money beberapa waktu lalu.
Karena itu ane tempel stiker khusus biar ga ditukar emoticon-Ngakak
Ini emang sering kejadian gan... Teman2 sy dah banyak yg share masalah ini..
Makanya kartu anda mending dibolongin(hati2 salah bolongin) atau di stikerin ato tempel kartu nama di double tape disitu... Biasa mreka nuker kalo lagi malem.. Siang bolong kyknya ptugas tol gk berani.. Paling aman emang transaksi sendiri di GTO.. Hehe
Diubah oleh aibohponhcet
Iya emang uda sering kasus seperti itu, ane sih biasanya kalo gate otomatis baru pake e toll card, kalo ada penjaga nya lebih sering kasih cash. uda gitu namain gede2 dan selalu cek setelah terima kartu nya.
Waduh sampai seperti itu ya gan busuk juga niatnya ya baru tau ane gan memang harus waspada
Kok bisa dituker gitu ya?? emoticon-Bingung (S)

Tapi kita gak boleh nuduh tanpa bukti yang ada gan... saldo berkurang, berarti emank karena kartunya tertukar... dan kalo dilaporkan ke pihak Bank pasti sesuai dengan kartu yang agan pakai...

Kalo lapor karena ditukar pihak penjaga gerbang tol kayaknya sulit, karena agan gak punya bukti kalo kartu agan memang tertukar di Gerbang tol... karena bisa aja kartu agan ditukar oleh temen ataupun siapapun juga...

Jadi menurut ane ya harus hati" aja dalam penggunaan kartu semacam ini, dan ini juga bukan untuk e-toll card aja, tapi untuk segala jenis macam kartu e-money... emoticon-Hammer (S)

Saran mod mbee ada benernya, mending menggunakan e-toll card yang langsung, kalo mau lewat yang ada penjaganya, mending bayar cash aja...

Atau saran agan lain yang bilan kalo mending isi dikit" aja, jangan langsung banyak seperti itu...
Cash aja gan mendingan... G rugi bayar cash...

Spoiler for "histori transaksi":
[/QUOTE]

Ini cara ngeceknya gimana ya Gan ????

Lumayan nih buat mengecek pemakaian kartu E Toll Ane Gan
Sempat kepikian juga hal seperti ini, cuma masa iya petugas tol mau melakukan hal seperti ini.

Akhirnya benar2 terbukti ada agan yang mengalami nya langsung.

Satu2 nya cara adalah memberikan tanda (bisa dengan permanent marker atau sticker dengan warna mencolok) agar lebih mudah dikenali kartu kita sendiri.

Thx gan buat sharing nya......ane kirimin ijo-ijo dah emoticon-Shakehand2emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Thanks infonya Gan! Ane juga mau langganan e-toll / e-money, tapi masih males ngurusnya. Berarti nanti setelah transaksi harus kita cek lagi nomor dan benar kata agan, kalau perlu kita kasih tanda...
emoticon-Rate 5 Star
Ada baiknya kartu e-toll agan ditandai pake permanent marker gan,
Ane aja semenjak tau kasus penukaran kartu, kartu e-toll ane corat-coret gan..


DIMANAPUN KAPANPUN KITA DITUNTUT WASPADA...
Ane pake e-toll card memang untuk dipake di gardu khusus yang tinggal tempel trus go.
selain menamakan kartu ane di tempat yang disediakan dan tanda spesifik, juga ngisinya seperlunya dowang (saldo tidak pernah melebihi 150k).

Quote:


Ini cara ngeceknya gimana ya Gan ????

Lumayan nih buat mengecek pemakaian kartu E Toll Ane Gan[/QUOTE]

He he he, ane juga jadi penasaran nih.
Bukannya klo ngecek-ngecek gitu tetep perlu semacam PIN atau personal validasi ya?

Halaman 1 dari 3
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di