alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529d62871acb17696a000027/ini-yang-keren-gerakan-perubahan-dari-indonesia-mengajar--pict
[Ini yang keren] Gerakan Perubahan Dari Indonesia Mengajar + Pict
[Ini yang keren] Gerakan Perubahan Dari Indonesia Mengajar + Pict
[Ini yang keren] Gerakan Perubahan Dari Indonesia Mengajar + Pict


Kembali lagi bersama ane di sini Deka04 emoticon-Ngakak (S)
Sebelum nyimak Thread ane, mari ikutan Event kalong malam
Hadiahnya berjibun loh gan
Click Banner di bawah


[Ini yang keren] Gerakan Perubahan Dari Indonesia Mengajar + Pict
TKP :ngacir:


[Ini yang keren] Gerakan Perubahan Dari Indonesia Mengajar + Pict


maaf Sebelumnya kalo emoticon-Blue Repost
mari kita simak emoticon-Big Grin


[Ini yang keren] Gerakan Perubahan Dari Indonesia Mengajar + Pict

Quote:Sejarah Indonesia Mengajar

Anies Baswedan adalah ketua dari gerakan Indonesia Mengajar dan Rektor Universitas Paramadina. Sebagai inisiator, sejak pertengahan 2009 Anies mulai mengajak beberapa kawan seide untuk membentuk GIM dan mendorong kemajuan pendidikan di Indonesia, bukan melalui seminar dan diskusi tetapi melalui program konkret mengirimkan sarjana terbaik Indonesia menjadi Guru SD.

Semasa kuliah, Anies aktif di pergerakan mahasiswa, menjadi ketua Senat Mahasiswa UGM. Dari sana Anies memiliki hubungan dekat dengan alm. Prof. Koesnadi Hardjasoemantri, Rektor UGM dan mantan Ketua Dewan Mahasiswa UGM. Pak Koes dan Pengerahan Tenaga Mahasiswa di era 1950-an (mahasiswa menjadi guru SMA di luar Jawa) ini yang sering ia kutip sebagai salah satu inspirasi dalam mengembangkan program Indonesia Mengajar.

Selepas dari aktivitas di Senat Mahasiswa, di sekitar 1996-an Anies dan kawan-kawan aktivis di Yogyakarta mendirikan Center for Student and Community Development (CSCD). Lembaga ini berkeliling mengembangkan dan mengadakan training kepemudaan di desa-desa tertinggal. Nama programnya adalah Program Pengembangan Pemuda Desa Tertinggal (PPDT) yang berbentuk training motivasi dan keterampilan di sekitar lima puluh desa di Kalimantan Timur, Jawa Tengah, dan berbagai wilayah lain.

Dari pengalaman dalam pergerakan dan interaksi lintas kelompok, pikiran ekspresif Anies sering muncul dengan pendekatan dan cara pandang baru dalam melihat persoalan di Indonesia. Kalimat dari Anies seperti "janji kemerdekaan kita adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, maka janji itu dilunasi untuk setiap warga negara" pandangan ini menyadarkan kita bahwa mencerdaskan dan menyejahterakan itu bukan sekadar cita-cita tapi sebuah janji Republik. Atau saat dia sering mengatakan bahwa "pendidikan adalah eskalator untuk menaikkan posisi rakyat jelata dari ketertinggalan dan ketergantungan jadi kemajuan dan kemandirian", ia membuat kita lebih memahami pendidikan bukan sekadar alat untuk mencerdaskan tapi alat untuk mengubah derajat sosial-ekonomi.

Meski Anies mempelajari ilmu bisnis, ekonomi, dan politik serta banyak berbicara di kancah internasional, tetapi sejak kecilnya Anies berada di wilayah pendidikan: ayah-ibunya adalah pendidik yang tidak hanya dosen tetapi penggiat pengembangan pendidikan di Yogya. Anies pernah mengatakan bahwa dia membayangkan betapa hebatnya Indonesia jika konsep kekayaan bangsa itu bisa diubah. Itu sebabnya Anies meyakini bahwa mendorong kemajuan bangsa harus melalui pendidikan


Quote:Quote:Visi Gerakan Indonesia Mengajar

Diinspirasi oleh janji kemerdekaan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, Indonesia dipenuhi oleh anak muda yang tulus mengabdi menjadi guru selama waktu tertentu di daerah, menularkan optimisme, menebar inspirasi dan menjadi jendela kemajuan di tingkat akar rumput. Pada saat bersamaan, anak-anak muda itu belajar untuk peka dan peduli pada realitas kehidupan bangsanya.

Kehadiran dan kehidupan anak-anak muda itu di sekolah, desa dan keluarga baru mereka di pelosok Nusantara akan merajut tenun kebangsaan yang lebih kokoh.

Kelak, Indonesia akan dipenuhi pemimpin baru yang memiliki kompetensi kelas dunia dengan pemahaman akar rumput. Para pemimpin itu lahir dari anak-anak muda terbaik pada generasinya yang diberi kesempatan untuk hidup, tinggal, bekerja, dan berinteraksi di dunia pendidikan bersama rakyat di segala penjuru, termasuk di daerah terpencil.


Quote:Misi Gerakan Indonesia Mengajar

Indonesia Mengajar memiliki misi ganda:

1. Mengisi kekurangan guru berkualitas di daerah yang membutuhkan.
2. Menjadi wahana belajar kepemimpinan bagi anak-anak muda terbaik Indonesia agar tak semata memiliki kompetensi kelas dunia, tetapi juga pemahanan akar rumput.

Indonesia Mengajar membantu mengisi kekurangan guru sekolah dasar, khususnya di daerah terpencil dengan mengirimkan lulusan terbaik Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah dididik intensif untuk menguasai kapasitas kepengajaran dan kepemimpinan untuk bekerja sebagai guru selama satu tahun.
Indonesia Mengajar membantu mengisi kekurangan guru sekolah dasar, khususnya di daerah terpencil dengan mengirimkan lulusan terbaik Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah dididik intensif untuk menguasai kapasitas kepengajaran dan kepemimpinan untuk bekerja sebagai guru selama satu tahun.


Quote:Tahapan Pengajar Muda

Fase 1 : Rekrutmen dan Seleksi

Untuk menjadi seorang Pengajar Muda, ada beberapa fase yang harus dilalui. Fase pertama adalah Fase Rekrutmen. Dalam fase ini, calon Pengajar Muda diimbau untuk membuat akun terlebih dahulu dan kemudian mengisi serta mengirimkan aplikasi online tersebut pada saat periode rekrutmen. Aplikasi online ini merupakan pintu terdepan dari keseluruhan proses seleksi Pengajar Muda yang di dalamnya terdapat beberapa bagian yang harus diisi, salah satunya adalah esai. Ceritakan dan tunjukkan passion, semangat, dan motivasi Anda yang kuat serta pengalaman pribadi yang dapat mendukung Anda untuk menjadi Pengajar Muda.

Para kandidat yang lolos seleksi tahap I, akan dipanggil untuk mengikuti seleksi tahap II. Seleksi ini merupakan penilaian langsung yang terdiri dari wawancara dan beberapa tes lainnya yang akan dilaksanakan selama satu hari penuh. Seleksi dilaksanakan di beberapa kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar (tentative). Selanjutnya, bagi yang lolos seleksi tahap II akan dipanggil untuk Tes Kesehatan. Bagi calon Pengajar Muda yang lolos hingga tahap akhir, akan mengikuti rangkaian berikutnya, yaitu Fase Pelatihan.

Quote:

Fase 2 : Pelatihan

Pelatihan calon Pengajar Muda dilaksanakan secara intensif selama 7 minggu. Materi pelatihan tidak hanya mencakup keterampilan mengajar secara teori dan praktik, tetapi juga hard skill dan soft skill lain yang mendukung, seperti; keterampilan fisik, belajar kreatif, leadership skill, problem solving, adaptasi masyarakat, advokasi, health and safety, dan sebagainya. Pelatihan ini ditujukan untuk memberikan bekal bagi calon Pengajar Muda dalam melaksanakan tugas mereka di daerah penempatan selama setahun.

Dalam masa pelatihan, calon Pengajar Muda mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan tokoh-tokoh inspiratif dari berbagai macam latar belakang profesi dan keahlian dalam sesi kepemimpinan. Materi-materi diberikan oleh para ahli yang kompeten di bidangnya masing-masing.

Para calon Pengajar Muda juga mendapatkan kesempatan untuk mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari selama pelatihan melalui praktik mengajar di SD-SD yang terletak di sekitar lokasi pelatihan.

Quote:

Fase 3 : Penempatan dan Penugasan

Setelah melewati fase pelatihan, calon Pengajar Muda dinyatakan resmi menjadi Pengajar Muda. Mereka akan bertugas di berbagai pelosok Indonesia selama setahun di sekolah dasar (dapat negeri atau swasta) yang ditentukan bersama dengan Dinas Pendidikan daerah. Proses pemberangkatan Pengajar Muda ke daerah masing-masing dilakukan secara kelompok per daerah, dan secara langsung setelah pelatihan berakhir.

Selama bertugas di daerah penempatan, masing-masing Pengajar Muda tinggal bersama dengan keluarga angkat selama mereka bertugas.

Selama masa tugas, Pengajar Muda tidak hanya menjalankan amanah mengajar di sekolah, tetapi juga aktif berinteraksi dengan masyarakat setempat.

Diharapkan, dengan adanya interaksi tersebut, Pengajar Muda dapat memahami dan mengambil pelajaran secara langsung mengenai kearifan lokal serta kehidupan masyarakat di akar rumput. Sebagai Pengajar Muda, ada empat kategori tugas yang dilaksanakan di sekolah maupun di desa, antara lain;

1) Kegiatan kurikuler, merupakan komponen pokok program, yaitu segala kegiatan terkait belajar-mengajar dari sejak perencanaan belajar sampai evaluasi. 2) Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. 3) Kegiatan pembelajaran masyarakat, yaitu segala kegiatan belajar bersama masyarakat, dan 4) Kegiatan jaringan dan advokasi pendidikan, yaitu segala kegiatan untuk membangun, memelihara dan menjalin komunikasi dengan pemangku kepentingan di bidang pendidikan di wilayah terkait.

Pengajar Muda diminta untuk mengambil inisiatif dalam menyusun sendiri programnya disesuaikan dengan kondisi yang ada, mengomunikasikan dengan pihak sekolah atau pihak terkait lain, menggalang dukungan komunitas serta melaksanakan kegiatan dengan sumber daya yang terbatas.

Pengajar Muda dibentuk dalam tim-tim tertentu sebagai kelompok untuk saling mendukung. Koordinasi dan komunikasi, baik antara sesama Pengajar Muda dalam satu tim maupun dengan tim Indonesia Mengajar, dilakukan secara rutin. Selain itu, Pengajar Muda juga melakukan refleksi dan evaluasi secara berkala terkait dengan tugas mereka di daerah penempatan. Secara umum, fasilitas seperti listrik dan sinyal komunikasi terbatas. Dalam beberapa kasus, wilayah tertentu memiliki lokasi yang cukup jauh, sulit terjangkau, serta minim listrik dan sinyal.

Quote:

Fase 4 : Pasca-Penempatan

Setelah menyelesaikan tugas dalam memenuhi janji kemerdekaan dan menebar inspirasi selama setahun di daerah pelosok, para Pengajar Muda mendapatkan keleluasaan untuk melanjutkan rencana jangka panjang mereka.

Tentunya, setelah mendapatkan pengalaman yang berharga selama setahun, para Pengajar Muda mengalami perkembangan dalam hal leadership skill dan soft skill lainnya.


Quote:Lokasi Penempatan

Saat ini, Indonesia Mengajar sudah menempatkan seratus tujuh puluh orang Pengajar Muda ke enam belas daerah di berbagai pelosok Indonesia, yaitu:


Nama-nama Kabupaten Daerah Penempatan

1. Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
2. Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau
3. Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan
4. Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan
5. Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung
6. Kabupaten Lebak, Provinsi Banten
7. Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur
8. Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat
9. Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur
10. Kabupaten Kep. Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara
11. Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat
12. Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat
13. Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur
14. Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara
15. Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku
16. Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat


Quote:Pesan Pendiri Yayasan Bagi Pengajar Muda

Pagi tadi langit masih agak gelap. Tepat pukul 05.20 WIB Pengajar Muda resmi dilepas di Bandara Soekarno-Hatta. Di bandara yang membawa nama pahlawan proklamator Indonesia dan di hari saat republik tercinta merayakan Hari Pahlawan. Hari ini Pengajar Muda berangkat. Hari ini usai sudah gemblengan tujuh minggu, gemblengan kepemimpinan dan kepengajaran.

Bandara ini dinamai Soekarno-Hatta. Dua tokoh ini sesungguhnya memiliki peluang untuk meniti karier di bidangnya, hidup nyaman, dan sangat sejahtera untuk dirinya dan untuk keluarganya. Tapi mereka memilih untuk berjuang; pembuangan dan penjara bukan halangan. Mereka berjuang membebaskan bangsanya dari kolonialisme. Tanda pahala mereka kini langgeng menempel di setiap jiwa Indonesia.

Pagi ini di bandara yang membawa nama pahlawan inilah para Pengajar Muda meninggalkan kenyamanan kota. Mereka anak-anak usia muda. Mereka cerdas dan berprestasi. Mereka memancarkan potensi kepemimpinan yang solid. Peluang materi besar yang ada di hadapannya mereka tinggalkan. Mereka tanggalkan pekerjaan mapan mereka, mereka lepaskan peluang kerja bergaji tinggi. Anak-anak muda terbaik ini memilih berangkat ke pelosok Indonesia. Di Hari Pahlawan ini mereka memulai langkah menjadi guru SD di desa-desa terpencil.

Menjadi guru itu mulia. Menjadi guru itu wajar. Dan, adanya guru di pelosok negeri itu biasa. Tetapi kali ini kita melihat fenomena yang berbeda. Anak-anak muda terbaik meninggalkan kemapanan kota, melepaskan peluang karier dan melewatkan semua kenyamanan lalu memilih menjadi guru SD di desa-desa tanpa listrik. Berangkatnya mereka ke desa terpencil untuk mengajar bukanlah sebuah pengorbanan, itu adalah sebuah kehormatan, kata Abah Iwan Abdurrahman. Mereka mendapatkan kehormatan untuk melunasi sebuah janji kemerdekaan: mencerdaskan kehidupan bangsa.

51 Pengajar Muda ini hadir dan membuat nuansa yang berbeda tentang Indonesia. Sejak Gerakan Indonesia Mengajar diumumkan bulan Mei 2010 kita seakan ditunjukan dengan wajah lain tentang anak-anak muda Indonesia. Sejak awal sudah jelas-jelas dinyatakan bahwa program ini akan menempatkan anak-anak muda di pelosok negeri, yang sebagian besar belum terjamah listrik ataupun sinyal telepon selular. Tapi tantangan itu justru dijawab secara kolosal. Ada 1.383 anak muda menyatakan siap untuk jadi guru di daerah terpencil. Mereka menulis essai yang sangat menggugah. Mereka beberkan alasan mengapa mereka siap, sanggup dan ingin sekali menjadi guru di pelosok negeri. Mereka seakan menuliskan: Indonesia, aku ingin mengajar. Kami tertegun!

Selama proses seleksi, dipampangkan di depan kita deretan anak-anak muda Indonesia yang cerdas, tangguh, kreatif, idealis dan ingin berjuang. Mereka membuktikan bahwa republik ini tidak berubah, ibu-ibu di republik ini tetap melahirkan pejuang, ibu kita tetap melahirkan anak-anak promotor kemajuan. Mereka adalah bukti otentiknya. Kami takjub dan tergetar.

51 Pengajar Muda memilih untuk mengabdi di ujung negeri, menjadi guru dan tinggal bersama masyarakat biasa. Rakyat di pelosok sana sudah hapal janji kemerdekaan, tapi kita tak kunjung melunasi janji itu.

Hari ini mereka berangkat. Tidak mudah apa yang akan mereka akan lalui selama satu tahun ke depan, tetapi semua yang sulit sesungguhnya adalah pelajaran hidup. Dan when the going gets tough, the tough gets going; mereka tangguh dan insyaAllah mereka akan lewati dengan kesungguhan. Saya pernah sampaikan, sukses itu sering bukan karena berhasil meraih sesuatu tetapi karena berhasil menyelesaikan dan melampaui tantangan dan kesulitan.

Dan untuk teman-teman Pengajar Muda, hari ini adalah saatnya. Saat meneguhkan niat serta menguatkan kemauan luhur itu. Izinkan anak-anak SD di pelosok itu mencintai, meraih inspirasi dan berbinar menyaksikan kehadiranmu. Setelah selesai program ini maka label Pengajar Muda akan menempel seumur hidup. Anda kenal dan bagian dari rakyat jelata. Anda pernah hidup bersama mereka di pelosok sana, dan yang terpenting adalah anda sebagai anak-anak muda terbaik ini telah ikut –sekecil apapun- mendorong kemajuan, mengubah masa depan mereka jadi lebih cerah. Jejak kalian di desa-desa terpencil itu akan dicatat dengan pahala, akan ditandai dengan peluk persaudaran dan bersemai di kenangan anak-anak desa hingga generasi mendatang. Kelak, setiap anak-anak desa itu berhasil meraih mimpinya, maka pahala kalian selalu ada didalamnya.

Teman-teman Pengajar Muda tercinta, teguhkan niatmu. Datangilah desa-desa terpencil itu dengan keikhlasan, dengan rendah hati, dengan kesantuan, dengan kasih sayang. Sambutlah kehadiran anak-anak SD itu di kelasmu dengan rasa cinta, belai rambut mereka dengan kasih, tatap wajah polos mereka dengan pancaran senyum dan berikan yang terbaik darimu untuk mereka. Izinkan anak-anak SD di desa-desa terpencil itu berbinar melihatmu, belajar untuk maju darimu, mencintai ilmu darimu dan memandangmu sebagai visualisasi mimpi mereka dan visualisasi mimpi orang tua mereka. Izinkan mereka bermimpi bisa meraih apa-apa yang anda sudah raih. Tebarkan kesabaran, tumbuhkan pengetahuan, dan tanamkan ketangguhan berjuang di dada mereka.

Teman-teman Pengajar Muda tercinta, samudra peluang mengabdi itu ada di hadapanmu. Arungi dengan semangat, arungi dengan optimisme, arungi dengan pengetahuan. Dan kelak kembalilah dengan berderet tanda pahala di pundakmu. Pahala langgeng dan kenangan permanen yang bisa kalian ceritakan sampai pada anak-cucu nanti.

Saya tulis ini semua dengan rasa haru, rasa bahagia, rasa bangga, dan dengan gelora optimisme. InsyaAllah, Indonesia kita akan menjadi lebih baik, lebih maju lewat langkah-langkah kecil ini.

Gema syair lagu Padamu Negeri yang dinyanyikan oleh 51 Pengajar Muda tadi pagi di Bandara Soekarno-Hatta seakan menggema di ruang kerja ini.

Bersyukur sekali, akhirnya di Hari Pahlawan kali ini ditakdirkan menyaksikan dan melepas para pejuang. Di Hari Pahlawan ini, satu langkah kecil diayunkan untuk ikut melunasi sebuah janji kemerdekaan: mencerdaskan kehidupan bangsa. Semoga keihklasan selalu menjadi bagian dari ikhtiar ini.

Saya jabat satu per satu. Jabat dengan erat. Saya tatap mata mereka. Bening mata kita, ada ambangan air menyerupai cermin. Tak ada banyak kata yang diucap. Hati kitalah yang saling berjawab. Selamat jalan teman-teman Pengajar Muda. Selamat berjuang...

Padamu negeri kami berjanji...
Padamu negeri kami berbakti...
Padamu negeri kami mengabdi...
Bagimu negeri jiwa raga kami...

Jakarta, 10 November 2010
Anies Baswedan


Quote:Akun Resmi Indonesia Mengajar

[Ini yang keren] Gerakan Perubahan Dari Indonesia Mengajar + Pict
[Ini yang keren] Gerakan Perubahan Dari Indonesia Mengajar + Pict[Ini yang keren] Gerakan Perubahan Dari Indonesia Mengajar + Pict[Ini yang keren] Gerakan Perubahan Dari Indonesia Mengajar + Pict


Quote:Tambahan dan pict dan sumber di post selanjutnya gan emoticon-Big Grin
Quote:
Berita yang memuat Indonesia
Mengajar



JAKARTA, KOMPAS.com - Tercatat lebih dari 4.000 peserta sudah mendaftarkan diri menjadi relawan Festival Gerakan Indonesia Mengajar (GIM). Diperkirakan 10 ribu relawan akan berkumpul dalam pelaksanaan festival ini pada Sabtu dan Minggu (5-6/10/2103) di Ecovention Hall, Ancol, Jakarta Utara.

Direktur Eksekutif Indonesia Mengajar Hikmat Hardono mengatakan, seluruh perencanaan dan pelaksanaan festival ini dilakukan oleh relawan panitia yang jumlahnya lebih dari 850 orang dan tidak menggunakan jasa penyelenggara kegiatan. Tak hanya bekerja, para relawan panitia tersebut bahkan bahkan ikut membayar iuran kegiatan yang sama dengan relawan peserta.

"Jika dihitung, akumulasi jam kerelawanan untuk mengadakan festival hingga di hari pelaksanaannya nanti tak kurang dari 97.712 jam kerja," kata Hikmat di kantor Indonesia Mengajar, Kamis (3/10/2013).

Hikmat mengatakan, festival ini diharapkan akan menjadi wadah multiaktivasi gerakan sosial pertama di Indonesia. Di festival nanti, para relawan akan diajak membuat media belajar kreatif di wahana-wahana kerja yang telah disediakan panitia.

Kotak Cakrawala, misalnya, akan menjadi wadah untuk aktivitas memilih, mengemas dan mengirim buku terbaik untuk dikirimkan ke rumah belajar di penjuru nusantara. Kedua, ada Kartupedia, yaitu aktivitas merangkum informasi mengenai pengetahuan umum jadi kartu belajar yang menarik untuk sekolah dan masyarakat. Ketiga, ada Kemas-kemas Sains, yaitu kegiatan membuat dan mengemas alat peraga untuk perkaya pembelajaran sains dan matematika di 126 SD di nusantara.

Sementara itu, wadah keempat adalah Teater Dongeng, yaitu tempat aktivitas merekam dongeng dan cerita rakyat yang diperankan sendiri untuk ditonton bersama di desa-desa ujung republik. Kelima, ada Kepingpedia, aktivitas membuat puzzle ilustrasi pengetahuan sebagai sarana belajar asyik untuk siswa. Keenam, ada Video Profesi, aktivitas merekam cerita inspiratif tentang profesi relawan untuk referensi cita-cita mereka.

Ada juga Melodi Ceria, yaitu aktivitas menyanyikan lagu anak dan daerah untuk perkaya khazanah tentang budaya nusantara. Bagi yang suka dengan bernyanyi, wadah lain yang menarik adalah wadah Sains Berdendang, yaitu aktivitas mengkreasikan lagu populer dengan materi pelajaran untuk ceriakan kegiatan belajar di sekolah, dan banyak lagi.

Membangun jejaring

Hikmat menjelaskan, sejak mengirimkan 367 sarjana-sarjana terbaik ke sekolah-sekolah dasar yang kekurangan guru berkualitas di 17 kabupaten di Indonesia, selama itu pula Indonesia Mengajar menyaksikan ada banyak pejuang pendidikan yang berjuang di tengah kesederhanaan.

"Ribuan orang melakukan ini semua dengan ketulusan dan keikhlasan yang kadangkala sulit dipahami. Guru-guru yang penuh bakti pada kemajuan muridnya, kepala sekolah yang penuh perhatian pada guru-gurunya, dan masih banyak lagi," kata Hikmat.

Saat ini di sekitar Indonesia Mengajar sendiri tercatat ada lebih dari 4.000 relawan aktif dalam berbagai bentuk aktivitas, seperti pendamping taman bacaan, asesor rekrutmen Pengajar Muda, relawan Penyala dan Kelas Inspirasi, anggota korps donatur, trainer dan banyak lagi.

"Untuk menghormati seluruh kerja keras mereka yang sesungguhnya, kami sedang menyiapkan lapis besar generasi masa depan Indonesia, dan atas semua rasa syukur pada kemajuan gerakan kita ini, kami mengundang masyarakat Indonesia untuk membangun interaksi antar semua orang yang memperjuangkan pendidikan lewat festival ini," ucap Hikmat.

Bagi masyarakat umum yang ingin menjadi relawan kerja bakti di Festival GIM, lanjut Hikmat, pendaftaran online dibuka hingga 2 Oktober 2013. Selain itu, Kantor Indonesia Mengajar juga menyediakan alternatif pendaftaran tunai hingga 4 Oktober 2013. Adapun peminat yang ingin membeli langsung di hari pelaksanaan, bisa mendapatkan tiketnya di stan penjualan di Ecovention Hall, Ancol.


Quote:Post ini buat update gan Pictnya di post selanjutnya
Ini gambar di salah satu daerah tempat mereka mengajar
poto ini di ambil langsung sama kaka tingkat ane yang ikutan

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :


Quote:

Kalo yang ini sumber dari sini

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :



Sumber

Quote:Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3


Quote:
[Ini yang keren] Gerakan Perubahan Dari Indonesia Mengajar + Pict[Ini yang keren] Gerakan Perubahan Dari Indonesia Mengajar + Pict[Ini yang keren] Gerakan Perubahan Dari Indonesia Mengajar + Pict


This Thread Supported By :
[url=http://www.kaskus.co.id/thread/52751c3dfaca173f1b000011/the-big-family-of-kalong-malam-revolutions---part-20/[/url][img]http://kkcdn-static.kaskus.co.id/images/2013/02/03/2144884_20130203071123.gif[/img][/url]
KLIK BANNER TO VISIT KALONG MALAM BASE CAMP



Quote:Tambahan Dari agan Walangkayu

Quote:Quote:Original Posted By walangkayu
ane jg ngajar didesa2 tertinggal secara sukarela Gan. ane tinggal di kota tuban.. nama organisasi ane aspend (asosiasi sukarelawan peduli pendidikan ) . cek tkp Gan WWW.Facebook.com/iloveaspend


page one Gan..


Quote:Original Posted By walangkayu
ane jg ngajar didesa2 tertinggal secara sekarela Gan. ane tinggal di kota tuban.. nama organisasi ane aspend (asosiasi sukarelawan peduli pendidikan ) . cek tkp Gan WWW.Facebook.com/iloveaspend

page one Gan.. ane gk bisa nampilin photo


Quote:Original Posted By walangkayu
ane jg ngajar didesa2 tertinggal secara sekarela Gan. ane tinggal di kota tuban.. nama organisasi ane aspend (asosiasi sukarelawan peduli pendidikan ) . cek tkp Gan WWW.Facebook.com/iloveaspend


page one Gan ..[Ini yang keren] Gerakan Perubahan Dari Indonesia Mengajar + Pict
wah salut dah gan
semoga gerakan ini bisa meningkatkan minat mengajar para pengajar2 muda gan

emoticon-I Love Indonesia
Wah semoga pembelajaran di indonesia semakin meningkat emoticon-I Love Indonesia (S)
mengajar nya sih udah lumayan, ya kembali ke murid2 nya

gimana menangkap pelajaran itu secara efektif

halah emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
ane pengen dh bisa ikut partisipasi langsung mengajar di TKP
emoticon-Rate 5 Star



mejeng dolo di trit calon HT emoticon-Cool









Quote:mau cendol melimpah dan banyak hadiah??
DI SINI TEMPATNYA
semoga makin banyak yg mengajar di indonesia mengajar emoticon-2 Jempol
Kalau bisa sih metode dan semangatnya kayak Prof yg kemarin jd HT tuh.
Salut ane, sukses selalu buat gerakannya emoticon-Cendol (S)
Indonesia mengajar ya emoticon-Recommended Seller
semoga makin banyak para pengajar" untuk mencerdaskan generasi bangsa emoticon-Matabelo
dari dulu penasaran sama indonesia mengajar emoticon-Matabelo

coba ah, siapa tau bisa jadi pengajar muda emoticon-Recommended Seller
Gimana caranya tuh buat jadi relawan pengajarnya.? emoticon-Thinking
Berasa tergerak..emoticon-Embarrassment


Quote:
║█║▌│█│║▌║█║▌│█║
©burmencia- Member since 20 June 2005
semoga pendidikan Indonesia lebih maju nantinya emoticon-I Love Indonesia (S)
biar banyak menciptakan anak bangsa yg berprestasi emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-Thinking
woh mantap pak guru emoticon-2 Jempol
semoga pendidikan di indonesia semakin baik meskipun di daeeah trpencil sekalipun dan semoga juga kesejahteraan guru semakin baik lagi kedepannya emoticon-Big Grin




Quote:Quote:emoticon-Cool
Mau hadiah gan? Mampir aja disini !
Kalong Malam 2nd Anniversary Competitionemoticon-Request
Buruan Ikutan Gan Hadiahnya Bejibun emoticon-Ngacir2
Quote:Original Posted By tokomapan
wah salut dah gan
semoga gerakan ini bisa meningkatkan minat mengajar para pengajar2 muda gan

emoticon-I Love Indonesia

minat pengajar banyak gan
bukti nya yang daftar di indonesia mengajar banyak banget emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By gadingholic
Wah semoga pembelajaran di indonesia semakin meningkat emoticon-I Love Indonesia (S)

iya gan
gak cuma di kota aja yang di tingkatkan
yang di pelosok pun perlu di tingkatkan emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By indratabllo
mengajar nya sih udah lumayan, ya kembali ke murid2 nya

gimana menangkap pelajaran itu secara efektif

halah emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

setau ane ya gan
minat dan keseriusan belajar itu bagusan anak'' daerah pedalaman gan dari pada kota
karna kota itu kebanyakan bermain tekhnologi emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By bijilaknat
ane pengen dh bisa ikut partisipasi langsung mengajar di TKP
emoticon-Rate 5 Star



mejeng dolo di trit calon HT emoticon-Cool










langsung aja liat syarat'' nya gan
kalo dah memenuhi bisa daftar langsung emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By club80.s
semoga makin banyak yg mengajar di indonesia mengajar emoticon-2 Jempol

amiin gan emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By EL.Amyr.G
Kalau bisa sih metode dan semangatnya kayak Prof yg kemarin jd HT tuh.
Salut ane, sukses selalu buat gerakannya emoticon-Cendol (S)

wah bisa di coba itu gn emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By earlanggah
Indonesia mengajar ya emoticon-Recommended Seller
semoga makin banyak para pengajar" untuk mencerdaskan generasi bangsa emoticon-Matabelo

setuju ane gan emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By zafrinaa
dari dulu penasaran sama indonesia mengajar emoticon-Matabelo

coba ah, siapa tau bisa jadi pengajar muda emoticon-Recommended Seller

iya gan
silahkan di coba
ane juga tergerak hati ane untuk mengajar di sana
tapi ada syarat yang belum sampai emoticon-Frown
Quote:Original Posted By burmencia
Gimana caranya tuh buat jadi relawan pengajarnya.? emoticon-Thinking
Berasa tergerak..emoticon-Embarrassment



langsung ke sumbernya aja gan
ke website resmi nya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By BlackBlu
semoga pendidikan Indonesia lebih maju nantinya emoticon-I Love Indonesia (S)
biar banyak menciptakan anak bangsa yg berprestasi emoticon-I Love Indonesia (S)

emoticon-2 Jempol
semoga gan dan harus menjadi yang lebih baik emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By uris
emoticon-Thinking
woh mantap pak guru emoticon-2 Jempol
semoga pendidikan di indonesia semakin baik meskipun di daeeah trpencil sekalipun dan semoga juga kesejahteraan guru semakin baik lagi kedepannya emoticon-Big Grin





setuju gan emoticon-Big Grin
bener2 para pengajar yang teladan
emoticon-Belo bersifat sukarela demi ilmu buat anak bangsa emoticon-I Love Indonesia (S)
ane dukung nih pengajar muda harus di "sangar"kan emoticon-Big Grin biar mengajarkan nilai moral-moral dan kehidupan bermasyarakat emoticon-2 Jempol
emoticon-I Love Indonesia jadikan generasi muda yang bermartabat
Quote:Original Posted By andhikasukma
bener2 para pengajar yang teladan
emoticon-Belo bersifat sukarela demi ilmu buat anak bangsa emoticon-I Love Indonesia (S)

iya gan
seperti mengabdi pada bangsa emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By 30asa
ane dukung nih pengajar muda harus di "sangar"kan emoticon-Big Grin biar mengajarkan nilai moral-moral dan kehidupan bermasyarakat emoticon-2 Jempol
emoticon-I Love Indonesia jadikan generasi muda yang bermartabat


mari di dukung gan
karna dukungan kita sangat berarti untuk para pengajar'' muda ini yang sukarela mengajar tanpa gaji emoticon-2 Jempol
Indonesia Mengajar masuk kaskus jga emoticon-Matabelo
mga lancar n terus berkembang Indonesia Mengajar :top