alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529a08e3138b46e7760001d2/mitos-tentang-pohon-pohon-besar
Mitos tentang pohon-pohon besar
Konon kata orang-orang tua, pohon beringin itu rumahnya memedi, yaitu makhluk halus sebangsa jin. Orang-orang selalu menjaga agar pohon beringin itu tidak dikotori apalagi jika ada yang ingin menebangnya. Mereka takut jika menebang pohon beringin ditebang, dikotori atau dirusak, maka penghuninya akan marah dan mengganggu orang-orang yang telah melakukan hal tersebut. Ibaratnya kalau ada orang dirumah kita dan berbuat seenaknya yang bikin kita tidak senang, pasti otomatis kita sebagai pemilik rumah akan marah besar.
Mitos ini hingga sekarang masih terdengar khusunya di daerah pedesaan, jika ditempat yang ramai, mitos ini sudah hampir tidak terdengar lagi (Jika masih berlaku mungkin di kota akan tertata rapi dan gedung-gedung tidak berdiri seenaknya). Saya awalnya acuh dengan mitos ini, tapi dilain sisi saya juga takut untuk melanggar mitos itu. Dalam mitos ini kita tidak boleh merusak bahkan menebang pohon beringin yang besar-besar karena akan membuat penghuninya marah dan akan mengganggu kehidupan kita sampai 7 turunan.
Mitos adalah cerita yang bersumber dari masyarakat dan cerita tersebut biasanya tidak bisa diterima secara rasional. Mitos kadang juga benar-benar terjadi, dan cerita-cerita mitos pedesaan sangat mensugesti masyarakat. Karena pada dasarnya masyarakat Indonesia terutama Jawa, sangat senang dengan hal-hal yang bersifat spiritual, sehingga dari sinilah mitos-mitos mulai menyebar. Awalnya saya berpikir bahwa cerita mitos itu hanya cerita rakyat dan sebagai dongeng pengantar tidur atau sebagai cerita di sekolah-sekolah. Tapi ternyata setelah saya pikirkan lagi cerita mitos mempunyai tujuan dan maksud tersendiri yang mana tujuan tersebut demi mewujudkan maslahat bersama antara manusia dan alam semesta. Mungkin ada beberapa mitos yang bertujuan untuk kepentingan seseorang atau sekelompok orang, tapi walaupun begitu mitos tersebut tidak merugikan orang lain.
Sebagian kelompok menerjemahkan bahwa mitos itu hanya isapan jempol, tidak perlau dipercaya. Dan ada juga yang berpendapat bahwa mitos itu musryik. Dan mungkin masih banyak lagi pemikiran lain yang tentunya ada didalam kepala per individu manusia. Okelah, terserah bagaimana orang berpendapat karena itu adalah anugrah dari Tuhan.
Tentu saja pendahulu kita ini membuat mitos tidak dengan sembarangan, tidak seperti sekarang ini, belum tentu benarnya sudah tersebar sampai seluruh desa. Cerita mitos mempunyai tujuan dan maksud tersendiri. Coba kita teliti lagi. Misalkan, disebuah daerah ada mitos larangan merusak, mengotori atau menebang pohon besar (biasanya beringin), jika hal itu dilakukan maka kita akan dilanda kesusahan sampai 7 turunan.
Secara tidak langsung cerita mitos semacam ini bertujuan agar kita mau menjaga lingkungan kita. Kok bisa? Pohon-pohon besar, selain dimanfaatkan sebagai tempat berteduh, juga mampu untuk menjadi resapan air ketika hujan dan ketika kemarau daerah yang terdapat pohon besar tidak akan kekeringan karena ada cadangan air dari pohon. Jadi mitos bukan saja cerita dongeng pengantar tidur atau lebih parah lagi bisa membuat kita musyrik. Masalah musryik atau enggak bukan karena mitosnya tapi bagaimana orang tersebut menyikapi dan memaknai mitos ini. Sebagian memang terlalu membesar-besarkan mitos dan akhirnya malah menyalah gunakannya.
Tapi pada hakikatnya mitos diciptakan untuk kemaslahatan, menjaga kearifan local, lingkungan, tata karma, dan lain sebagainya. Coba kita lihat saja, daerah-daerah yang mempertahankan mitos, pasti daerahnya belum rusak, masih ada pohon besar, sendang, sumber air dan alas. Karena kearifan local inilah yang membuat daerah tersebut tetap terjaga, dan tidak hanya itu, cara hidup masyarakat pun masih tetap terjaga dalam kearifan local dari daerah tersebut. Dan tentu saja orang yang masih terjaga cara hidupnya dalam kearifan local maka dia tidak akan neko-neko. Kekuatan mitos malah bisa mengalahkan aturan Negara, aturan Negara mungkin bisa dimanipulasi dan kongkalikong. Tapi mitos yang mempertahankan kearifan local, tidak.
Threadnya keren om emoticon-Smilie
avanya keren om emoticon-Belo
nice share gan.
numpang nangkring di pejwan emoticon-Big Grin
tapi memang kalo orang bali msh percaya bahwa pohon2 besar itu ada apa2nya..
itu info yg ane dpt dr sepuh sih..
tp ga tau jg yah kepercayaan masing2 gan..
wuih serem bener emoticon-Takut
wah kalo pohon beringin yg udh segede transformer mah emang hawa mistiknya kerasa banget gan..
ditempat ane yg nebang pohon beringin besoknya langsung almarhum... :ngerii
selem om...... emoticon-Takut
Quote:Original Posted By nyamuknak4l
Threadnya keren om emoticon-Smilie


sip terima kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:Original Posted By manoflogic55
pesan orantua jadul ambil positipnya sj gan
emang pohon besar hrs dilestarikan sepanjang msh kuat berdiri tegak
mksdnya dilestarikan bkn berarti ada ''penunggunya'' (warisan agama embahmoyangemoticon-Cape d... (S)), tp bnr kt agan antara lain dpt menyimpan air di bwhnya.
tp klo sdh rapuh dan mau roboh jgn ragu2 utk ditebang sebab klo dibiarkan dpt membahayakan disekitarnya.Mitos tentang pohon-pohon besar


hahaha kan tujuan mitos itu biar orang-orang gak sembarangan nembang pohon gan emoticon-Jempol

Kan kalau pakai hal begituan biasanya malah lebih ampuh
Quote:Original Posted By icang2
tapi memang kalo orang bali msh percaya bahwa pohon2 besar itu ada apa2nya..
itu info yg ane dpt dr sepuh sih..
tp ga tau jg yah kepercayaan masing2 gan..


Nah, yang kayak gitu itu harus dipertahanin gan, biar pohon tetap lestari hehehe
Quote:Original Posted By rudie666
wah kalo pohon beringin yg udh segede transformer mah emang hawa mistiknya kerasa banget gan..
ditempat ane yg nebang pohon beringin besoknya langsung almarhum... :ngerii


brrti mmang sdh ajal mbah.. emoticon-Berduka (S)
Kenapa kta mempercayai mitos,ya itu peninggalan nenek moyang,,,
Kenapa mnjadi syirik itu individu aja,pan dlu kepercayaannya animisme dinamisme..
Point mitos sendiri tu percaya tpi tidak mengimani..wekekeke

Ngomng opo aku,yen hurung ngopii koyo ngene,,,asal ceplos emoticon-Big Grin
kayaknya mitos pohon beringin dihuni oleh mahluk memedi sebangsa jin benar adanya, nyatanya pohon beringin dibawah ini sudah beberapa dekade ini dihuni oleh gerombolan mahluk yg tidak memiliki jiwa kemanusiaan, yg tidak sungkan memanfaatkan kekuasaan untuk memperkaya pribadi dan golongan di atas penderitaan rakyat.....emoticon-Berduka (S)
Mitos tentang pohon-pohon besar
Quote:Original Posted By M.Alif
kayaknya mitos pohon beringin dihuni oleh mahluk memedi sebangsa jin benar adanya, nyatanya pohon beringin dibawah ini sudah beberapa dekade ini dihuni oleh gerombolan mahluk yg tidak memiliki jiwa kemanusiaan, yg tidak sungkan memanfaatkan kekuasaan untuk memperkaya pribadi dan golongan di atas penderitaan rakyat.....emoticon-Berduka (S)
Mitos tentang pohon-pohon besar


say no to politic.. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By M.Alif
kayaknya mitos pohon beringin dihuni oleh mahluk memedi sebangsa jin benar adanya, nyatanya pohon beringin dibawah ini sudah beberapa dekade ini dihuni oleh gerombolan mahluk yg tidak memiliki jiwa kemanusiaan, yg tidak sungkan memanfaatkan kekuasaan untuk memperkaya pribadi dan golongan di atas penderitaan rakyat.....emoticon-Berduka (S)
Mitos tentang pohon-pohon besar


Ruarrrr biasaaaah emoticon-Ngakak
Tidak hanya pohon beringin tua yang dihuni oleh jin, tetapi kebanyakan pohon-pohon lain yang berukuran besar, tua dan rindang sudah pasti dihuni bangsa jin...
Ane sering ketemu bangsa jin yang menghuni pohon-pohon itu, mereka menempati akar dan batang pohon sebagai rumahnya...
Believe it or not.
berdo'a dan ucapkan bismilah sebelum menebang,,,ato minta ijin ama penunggunya...Mitos tentang pohon-pohon besar
biasanya banyak yang ngumpul anak cucu jin gan. kasihan kalau rumahnya ditebang. gak berperasaan emoticon-Frown
Buat agan-agan yang ingin liat penampakan jin penghuni pohon tua.
Caranya mudah aja, menjelang magrib datangi pohon tua terdekat...
Terus agan maki-maki dibawah pohon itu, kalo perlu ludahin tuch pohon.
Tantangin berantem jin penghuninya, kemudian tunggu reaksinya...
(Pengalaman Pribadi).