- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Mengenal lebih dekat profesi customer service


TS
Genzai
Mengenal lebih dekat profesi customer service
Sebelumnya MOHON DI 
dan budayakan komen ya gan jangan jadi silentreader

dan budayakan komen ya gan jangan jadi silentreader

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman kerja saya kira” 2 tahun yang lalu gan sebagai customer service di dunia mobile

Quote:
Apa sih Customer Service itu ?
Sedikit mengenai pengertian customer service itu sendiri gan :
Adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang secara memuaskan. Pelayanan yang diberikan termasuk menerima keluhan / masalah yang sedang dihadapi.
Seorang Customer Service harus pandai dalam mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh tamunya.
Pengalaman saya sendiri sebagai customer sudah 3tahun di dunia mobile dan saya ingin sharing kepada anggota kaskus mengenai suka dan duka sebagai customer service
Quote:
Pertama mari kita bahas tentang duka cust service gan :
1. Kita sering di caci maki pelanggan
Memang benar tugas kita adalah mengHandle complain dari customer suatu produk tersebut akan tetapi alangkah baiknya jika customer tersebut sedikit menhargai kita , sering kali saya dan teman saya mendapatkan caci maki dari gak becus , barang jelek dsb yang tidak mengenakkan di hati .memang kita di gaji untuk hal tersebut tapi apakah salah jika kita minta di hargai , kita hanyalah manusia biasa juga yang punya perasaan dan batas kesabaran . memang yang salah adalah produk perusahaan tempat kita bekerja kurang memuaskan atau apalah , cuman alangkah baiknya customer juga mengerti posisi kita yang bekerja sesuai dengan Standart Operasional dan kita bukan sembarangan menjawab asal-asalan ke customer.
2. Hampir Kena Pukulan / tamparan maut
Ini yang paling parah kalau semisalkan kita memberikan jawaban yang kurang memuaskan atau jawaban yang salah ada sebagian konsumen yang langsung tempramen dan melayangkan tangannya ke salah satu angota tubuh kita. Apakah kita pantas menerima itu ? bisa iya ataupun tidak . iya kalau semisalkan memang yang salah dari karena kita sendiri, tapi apakah kalau yang salah dari perusahaan karna prosedur service itu juga salah kami? Dan kita harus menerima pukulan itu ?
Jujur saya hamper kena pukulan 5x di karenakan cust tidak puas dengan prosedur perusahaan , tapi untungnya saya bisa menghindarinya. Setidaknya kalau jadi customer janganlah bersikap seperti itu karena kalau sudah main fisik beda lagi hukumnya
3. Depresi atau Stress
Yah agan bisa bayangin kalau agan” sekalian di marahi dan kena complain
terus dari pelanggan yang ribet ataupun cerewet yang gak bisa menghargai kita sebagai customer service yang menjadi perantara kekecewaan anda sekalian . penuh dengan tekanan dari perusahaan dan customer itu sendiri , dimana perusahaan kadang ga mau tahu begitu juga dengan customer yang kadang seenaknya saja.
4. Bingung harus jawab apa??
Mungkin agan sekalian bingung dengan point ini . kita di bekali
product knowledge super expert dari mekanis hingga teknis untuk menjawab pertanyaan dari customer akan tetapi kadang ada customer yang menanyakan hal yang salah akan tetapi dia menganggap itu benar ? kita sudah menjawab dengan benar tapi dia menganggap salah ? dijelaskan malah ngeyel ? haloo kita tahu anda salah tapi kenapa anda gak mau kalah , malah marah marah dan langsung pergi begitu saja. How??
5. Sering Menangis (untuk wanita yah gan )
Yup ini sering terjadi untuk partner saya yang perempuan menangis karena
Tidak kuat menahan tekanan dari berbagai arah , stress dengan kerjaan . sering di caci maki customer dan terkadang di lecehkan secara verbal .
1. Kita sering di caci maki pelanggan

Memang benar tugas kita adalah mengHandle complain dari customer suatu produk tersebut akan tetapi alangkah baiknya jika customer tersebut sedikit menhargai kita , sering kali saya dan teman saya mendapatkan caci maki dari gak becus , barang jelek dsb yang tidak mengenakkan di hati .memang kita di gaji untuk hal tersebut tapi apakah salah jika kita minta di hargai , kita hanyalah manusia biasa juga yang punya perasaan dan batas kesabaran . memang yang salah adalah produk perusahaan tempat kita bekerja kurang memuaskan atau apalah , cuman alangkah baiknya customer juga mengerti posisi kita yang bekerja sesuai dengan Standart Operasional dan kita bukan sembarangan menjawab asal-asalan ke customer.
2. Hampir Kena Pukulan / tamparan maut
Ini yang paling parah kalau semisalkan kita memberikan jawaban yang kurang memuaskan atau jawaban yang salah ada sebagian konsumen yang langsung tempramen dan melayangkan tangannya ke salah satu angota tubuh kita. Apakah kita pantas menerima itu ? bisa iya ataupun tidak . iya kalau semisalkan memang yang salah dari karena kita sendiri, tapi apakah kalau yang salah dari perusahaan karna prosedur service itu juga salah kami? Dan kita harus menerima pukulan itu ?
Jujur saya hamper kena pukulan 5x di karenakan cust tidak puas dengan prosedur perusahaan , tapi untungnya saya bisa menghindarinya. Setidaknya kalau jadi customer janganlah bersikap seperti itu karena kalau sudah main fisik beda lagi hukumnya
3. Depresi atau Stress
Yah agan bisa bayangin kalau agan” sekalian di marahi dan kena complain
terus dari pelanggan yang ribet ataupun cerewet yang gak bisa menghargai kita sebagai customer service yang menjadi perantara kekecewaan anda sekalian . penuh dengan tekanan dari perusahaan dan customer itu sendiri , dimana perusahaan kadang ga mau tahu begitu juga dengan customer yang kadang seenaknya saja.
4. Bingung harus jawab apa??
Mungkin agan sekalian bingung dengan point ini . kita di bekali
product knowledge super expert dari mekanis hingga teknis untuk menjawab pertanyaan dari customer akan tetapi kadang ada customer yang menanyakan hal yang salah akan tetapi dia menganggap itu benar ? kita sudah menjawab dengan benar tapi dia menganggap salah ? dijelaskan malah ngeyel ? haloo kita tahu anda salah tapi kenapa anda gak mau kalah , malah marah marah dan langsung pergi begitu saja. How??
5. Sering Menangis (untuk wanita yah gan )
Yup ini sering terjadi untuk partner saya yang perempuan menangis karena
Tidak kuat menahan tekanan dari berbagai arah , stress dengan kerjaan . sering di caci maki customer dan terkadang di lecehkan secara verbal .
Quote:
5 point saja untuk dukanya yah gan , banyak banget deh gak enaknya
, soalanya kadang kita di tuntut perusahaan ntuk bisa melayani dan menghendle sebagus mungkin dan customer harus puas dengan jawaban kita . akan tetapi kita juga tidak di support dengan prosedur yang baik oleh perusahaan seperti repair yang lama , pengiriman yang lama ,dsb yang membuat kami di marahi customer . Sedangkan kita sudah berusaha semaksimal mungkin agar complain cepat teratasi.

Mungkin agan akan bilang “ SURUH BOSMU CEPET DONG !!! “ Hal tersebut tidak bisa kita lakukan gan karna bos kita tidak ada di tempat selalu di pusat yah di Jakarta ataupun di Negara asal brand tersebut. Dan untuk bicara langsung dengan beliau sangat susah dan harus melalui perantara seperti SPV, Manager , dll
Quote:
Sukanya nih gan jadi customer service
1. Sering di tawari kerjaan baru
Yap! Ini yang paling sering kita temui , banyak para petinggi perusahaan yang kita handle dan beliau puas dengan pelayanan kita , kita selalu di tawari bekerja di perusahaannya oleh karna itu banyak teman saya yang jadi pegawai bank ataupun yang lainnya . Bisa di bilang posisi Cust service ini adalah batu loncatan

2. Menemukan teman baru ataupun jodoh

Yang ini nih yang paling seru . kita bisa nemuin bnyak temen baru ataupun jodoh gan


3. Tingkat kesabaran menjadi tingkat dewa
Bayangin agan di marai kena complain terus menerus dicaci maki gak aturan dan agan harus membalasnya dengan senyuman . paasti uda kebal tuh sama yang namanya ocehan . jadi kalau di marahi orang orang cueh deh

4. Ditraktir customer
Ini yang paling sering saya alami gan , waktu jalan jalan ke mall disapa customer lalu di traktir makan ataupun dibelikan sebuah barang gan

5. Memahami dunia service
Dengan bekerja disini kita bisa mengerti alur dari service itu sendiri tidak secepat yang kita bayangin loh gan ada bnyak tahapan yang harus di lalui
Tahapannya kurangg lebih seperti ini gan :
Cust Complain kita handle – barang di terima – dibuatkan repair order – antri no urut repair order – di cek – di service – di test standby –test oke – di buatkan surat jalan pengambilan – cust di hubungi – barang diambil
Itu yang menyebabkan servis terkadang membutuhkan waktu berhari hari bahkan seminggu .
Sekian thread yang saya buat gan semoga agan”bisa mengerti dunia customer service di dunia mobile

Quote:
Pesen TS :Tolong jangan terlalu emosional dengan para customer service, mereka hanyalah manusia yang punya batas kesabaran gan 

tambahan dari kaskuser gan :
Quote:
Original Posted By gientz► Wah ane juga CS gan di perusahaan ISP 
eee... sebenernya ane technical support sih gan, tapi kalo masuk shift jadi NOC di kantor ngerangkap jadi CS juga
Ane tambahin point-point nya nih gan
- Ketemu macem" jenis orang
Ada yg asik, sengke, kek asu, curhat di tlpn lah masalah pribadi, dll
Ngasah skill Bhs Inggris
Berhubung ane di ISP, gak jarang juga ngehandle cust orang asing. Seru aja, ngerasa "kaya orang bener"
Bukan cuma dicaci maki cust, dicaci maki orang dalem juga
Kalo sales/atasan tau ada cust yg internetnya gak bisa krn lapor ke mereka.. udah.. siap" pasang badan aja
Apalagi kalo udah downtime... like fvckin' dumb-ass you know
sekian dulu gan dari ane
Btw, ini ane juga lagi di kantor ini. Sempet"in komen dulu dah sebelum balik, kelar shift malem
kalo berkenan taro pekiwan gan

eee... sebenernya ane technical support sih gan, tapi kalo masuk shift jadi NOC di kantor ngerangkap jadi CS juga

Ane tambahin point-point nya nih gan

- Ketemu macem" jenis orang
Ada yg asik, sengke, kek asu, curhat di tlpn lah masalah pribadi, dll


Ngasah skill Bhs Inggris
Berhubung ane di ISP, gak jarang juga ngehandle cust orang asing. Seru aja, ngerasa "kaya orang bener"

Bukan cuma dicaci maki cust, dicaci maki orang dalem juga
Kalo sales/atasan tau ada cust yg internetnya gak bisa krn lapor ke mereka.. udah.. siap" pasang badan aja

Apalagi kalo udah downtime... like fvckin' dumb-ass you know

sekian dulu gan dari ane

Btw, ini ane juga lagi di kantor ini. Sempet"in komen dulu dah sebelum balik, kelar shift malem

kalo berkenan taro pekiwan gan

Quote:
Bagi yang berkenan tolong dibagi 















Diubah oleh Genzai 29-11-2013 09:34
0
4.1K
Kutip
24
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan