CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anies Baswedan Kritik Capres yang Cuma Andalkan Popularitas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529463fd17cb17dc7d00005c/anies-baswedan-kritik-capres-yang-cuma-andalkan-popularitas

Anies Baswedan Kritik Capres yang Cuma Andalkan Popularitas

Anies Baswedan Kritik Capres yang Cuma Andalkan Popularitas

TEMPO.CO, Purwokerto - Salah satu peserta konvensi calon presiden dari Partai Demokrat, Anies Baswedan, mengkritik mekanisme pencalonan dari partai politik yang hanya mengandalkan popularitas. Menurut dia, rakyat butuh presiden yang mempunyai kompetensi agar bisa menyelesaikan masalah di negeri ini.

"Partai politik masih mengandalkan popularitas dibanding kompetensi," kata Anies seusai mengisi "Seminar Nasional Sumber Daya Pedesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan" di Gedung Sumardjito Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Selasa, 26 November 2013.

Ia mengatakan, rakyat selama ini tidak diberi banyak pilihan dengan calon presiden yang kompeten. Terpilihnya Jokowi pada Pilkada Jakarta, Risma di Surabaya, serta Ridwan Kamil di Bandung merupakan bukti rakyat memilih orang berkompeten dibanding yang populer.

Jokowi, kata dia, dalam empat bulan sebelum Pilkada Jakarta, popularitasnya tidak sebagus Fauzi Bowo. Namun, Jokowi bisa menang karena rakyat ingin pemimpin yang mempunyai kompetensi untuk memimpin Jakarta.

Dia juga mencontohkan fenomena lain di daerah. Dalam konteks calon bupati, misalnya, ada yang berusaha berebut pengaruh dalam partai agar dicalonkan dari partai. Kondisi ini, menurut dia, tidak sesuai dengan iklim demokrasi yang sebaiknya menyerahkannya melalui rakyat.

"Kalau dengan konvensi kan mendadak dibalik, sekian bulan para calon diproses kemudian dinilai rakyat melalui kompetensinya. Setelah itu diserahkan kepada rakyat pemilihnya, dan ini merupakan tradisi yang baik ke depannya. Sehingga, dalam konteks hari ini, partai harus mulai bergeser orientasinya dalam memilih calon presiden, dari popularitas menjadi kompetensi," katanya.

Menurut dia, capres sebaiknya memang yang terseleksi secara kompetensi. Bukan karena pilihan elite partai yang hanya mengandalkan popularitas calon. Ia menambahkan, peluangnya untuk memenangi konvensi sejauh ini sudah baik. Soal popularitas, kata dia, bisa digenjot mendekati pemilihan umum. "Posisi saya masih aman," katanya.

SUMBER
Halaman 1 dari 2
tunggu TS kasih komen, baru komen
Cocok jadi wakilnya jokowi, dari umur, dari ilmu, dari bersih, dari jawa non jawa
1 putaran cukup kalo wakilnya anies
Diubah oleh tuyul.sakti
Kalo nggak poluler berarti sedikit yang tau berarti sedikit yng nyoblos
Itu si ARB terkenal banget gara2 es tebu. Apa si Anies ini nyinggung ARB kah? emoticon-Ngakak
Ciee.. yg kurang populer coba-coba nyinyir ciee...
emoticon-Ngakak
Quote:



hehe, ayo kita dukung langkah perbaikan politik kita. bukan waktunya cuma nyinyir tanpa perbuatan emoticon-2 Jempol

setidaknya yg kaya jokowi
bisa ngandalin popularitasnya
daripada farhat abbas
hanya mengandalkan kegilaannya
sekarang gak populer gak jaman..
mungkin gitu persepsinya emoticon-Ngakak
Quote:

Kaga juga lah, populer ada kompetensi kan dihargai sama dia
Mungkin dia nyindir aher yg ngandalin kepopuleran wakilnya yg bintang sinetron
Quote:


kasih komentar di tritnya dab



ketularan partai yang akan usung dia emoticon-Big Grin
coba dia populer, pasti gak akan ngom gitu emoticon-Ngakak
Quote:


ato sebenernya dia lagi nyindir yang lagi masangin foto di mana2, damri, kereta api, kaskus dll
kalah saingan ini ceritanya?
Quote:


gak usah pemilu kalo wakilnya ahokemoticon-Malu (S)

jokohok udah pasti menang emoticon-Big Grin

gw bkn panastak or whatsoever

gw hanya liat kenyataan emoticon-Malu (S)
Quote:

Bisa

Wait, itu siapa yg nempel foto di damri kereta api? Dahlan? Ga bener dong
Apa lg cuma ngandalin tv ya om.. emoticon-Big Grin
Anda cukup populer koq
Quote:


realitanya ga mungkin jakarta kosong

Si anies ini keliatanya juga bersih, dan bisa bikin sistem dan terobosan dipemerintahan, lebih cocok buat ngurus indonesia yg gede dan kompleks saat ini dibanding ahok
ahok 10 diterima jakarta dulu baru kepentas nasional
Quote:


kyknya om kumis bersedia come back tuh kl sampe kosong emoticon-Ngakak

tapi itu kan cuma berandai2

jokowi aja blm tentu nyapres 2014, apalagi BTP


sementara utk tahun dpn byk pihak yg bisa santai dulu karena pakdhe harus konsentrasi ngurusin waduk, gorong2 dan got2 dulu, musim hujan sdh tiba

sampai jkt jd bagus dlm 4 thn ke depan, wkt thn 2019 mending yg lain gak usah nyapres lg, udah ketahuan siapa yg unggul emoticon-Big Grin
Anis saatnya serang rival capres jokowi sang fenomenal ea.. biar menang konvensi ea,,
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di