alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Belajar Meditasi yuk
4.8 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5292394159cb17574b000007/belajar-meditasi-yuk

Belajar Meditasi yuk

TS di sini bukan ahli meditasi, cuma pengen berbagi aja sedikit pengetahuan tentang meditasi yang sudah saya ketahui. Mudah-mudahan nantinya bisa dapat pengetahuan dari yang sudah lebih berpengalaman.

Kita mulai saja dengan apa sih meditasi itu sebenarnya? Dalam praktek saya sebagai hipnoterapis saya sering menyarankan orang untuk melakukan meditasi. Pertanyaan yang saya dapat biasanya adalah meditasi itu caranya gimana sih, kok gua lakukan ujung-ujungnya mikir sana-sini?

Jadi apa sih sebenarnya meditasi itu? kata meditasi dalam bahasa inggris meditation berasal dari kata latin meditatio yang berarti merenung. Namun bukankah guru ini berkata bahwa meditasi itu adalah mengosongkan pikiran/mengheningkan batin/mengucapkan mantra/meningkatkan penyadaran/menyadari apa yang terjadi di sekitar/ dll.

Kenyataannya sejak awal abad 20 meditasi telah menjadi general term bagi berbagai praktik yang disebutkan di atas. Hal ini sama dengan mengucapkan olahraga untuk semua hal seperti tenis, basket, bola, dll. Hal ini menjadi tantangan sendiri bagi para peneliti untuk meneliti tentang efektivitas atau aktivitas otak pada saat seseorang bermeditasi.

Teknik meditasi yang akan dijelaskan di thread ini akan diambil berdasarkan teknik-teknik yang datang dari literatur buddhisme. Pasalnya Buddhis adalah salah satu dari sangat sedikit kelompok yang memiliki catatan lengkap dan detil mengenai meditasi.

Spoiler for Sejarah singkat meditasi (panjang dikit):


Bila kita ingin belajar ilmu yang bahkan dipelajari oleh karyawan Google ini, tentu kita ingin tahu apa saja sih guna meditasi? Saya list di sini sedikit hal apa saja yang bisa kita dapatkan hanya dengan meditasi 10 menit per hari.

1. Mengurangi stress
2. Meningkatkan performa kerja
3. Menjadi lebih sadar akan setiap tindakan kita
4. Meningkatkan emotional inteligence kita
5. Membuat anda lebih tenang, bersikap lebih baik kepada orang lain
6. Membuat anda lebih pintar (Penebalan pada area cortical khususnya di bagian penyadaran)

lihat gambar infografik di bawah biar kelihatan lebih menarik

Spoiler for Benefit of meditation :



Untuk itu saya akan memulai dengan langkah-langkah meditasi 5 menit:
Spoiler for :


Nanti saya akan bicarakan teknik meditasi lain pas sempet.

Mari populerkan meditasi!!

Salam hening

Windalfin
Hypnotist Consultant
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 18

Meditasi vs tidur-tiduran

Salah satu dari efek baik meditasi adalah merilekskan pikiran. Tentunya kalau begitu meditasi akan berguna sekali bagi mereka yang ada di kantor dan perlu refreshing sebentar. Tapi selain meditasi bukannya kita bisa tidur-tiduran melipat tangan di atas meja?

Mari kita lihat mana lebih efektif meditasi atau tidur-tiduran. Meditasi saat diukur menggunakan sebuah alat bernama electroencephalography (EEG), sebuah alat yang mampu membaca gelombang pikiran seseorang menunjukkan hasil yang menarik.

Saat meditasi ditemukan bahwa ternyata gelombang theta ditemukan dominan di otak bagian tengah dan depan. Gelombang Theta biasa muncul saat seseorang mengalami relaksasi yang dalam. Bagian otak yang mengeluarkan gelombang Theta tersebut memerintahkan bagian otak lainnya untuk rileks, yang pada akhirnya menimbulkan relaksasi fisik.

Selain itu otak kita juga mengeluarkan gelombang Alpha yang muncul atau menjadi lebih besar saat otak kita mengurangi kegiatan yang disengaja (intentional). Gelombang Alpha juga merupakan tanda dari relaksasi dalam.

Yang berarti juga meditasi yang paling cocok untuk menghilangkan stress adalah meditasi yang sifatnya melepas. Meditasi yang sifatnya melepas adalah meditasi yang di mana pelaku meditasi membiarkan segala pikiran yang muncul datang dan berlalu. Daripada anda mengontrol pikiran anda (yang membuat aktivitas di otak anda) maka lebih baik anda menyantaikan diri anda dan membiarkan segala sesuatu yang datang, berlalu.

Inti dari meditasi ini adalah penyantaian. Cara sederhananya adalah cari tempat yang nyaman dimanapun anda berada, tutuplah mata anda dan rasakan tubuh anda. Scan tubuh anda dari atas ke bawah dan bila ada otot yang tegang, rilekskan otot tersebut, bila posisi duduk kurang enak, ganti posisinya sampai enak. Begitu selesai anda cukup menikmati keheningan dengan santai. Buka mata saat puas.

Begitulah meditasi penyantaian.

Selamat berhening ria!!

Windalfin
Hypnotist Consultant

Tahap-tahap meditasi

Ini adalah artikel lama yang sempat saya tulis sebagai catatan pribadi, rangkuman kecil mengenai introduksi meditasi. Rangkuman ini sangat tidak lengkap, tapi dapat dibaca sebagai permulaan untuk mengenal tahapan-tahapan dalam meditasi

Belajar Meditasi yuk

Dikatakan bahwa Buddha mencapai penerangan sempurna melalui meditasi. Dalam Buddhism terdapat sangat banyak sekali cerita mengenai praktik meditasi, contohnya? Cari sendiri aja kan banyak hehehe. Kebanyakan Buddhist melakukan meditasi sebagai salah satu jalan untuk mencapai pencerahan. Dapat dikatakan bahwa dalam literatur buddhism meditasi dijelaskan dengan dua kata yaitu bhāvanā and jhāna. bhāvanā secara literal berarti menguatkan, mengembangkan atau membangun. Dan jhāna adalah pencerapan.

Terdapat banyak teknik meditasi yang ada di dunia ini. Dalam literatur Theravada terdapat minimal 50 teknik meditasi, sedangkan dalam tibetan terdapat ribuan teknik meditasi. Dalam artikel ini teknik yang dipakai adalah teknik yang diajarkan oleh Ajahn Brahm. Dalam bukunya Mindfulness, Bliss and Beyond: A Meditator Handbook (Superpower Mindfulness). Ia menyampaikan bahwa terdapat 4 tahap awal dalam meditasi yaitu:
1. Kesadaran saat ini
2. Kesadaran hening saat ini
3. Kesadaran hening saat ini pada nafas
4. Perhatian sinambung penuh pada nafas

Dimulai dari kesadaran saat ini dimana kita melepaskan masa lalu dan masa depan yang ada dipikiran kita. Sering kali kita terlalu banyak berpikir mengenai masa lalu dan masa depan, misalnya saat besok ingin sidang, kepikiran besok UAS bagaimana yah? Nanti keluar soal yang susah-susah bagaimana yah? Atau misalnya berpikir, pertengkaran dengan teman kemarin. Hal ini berarti kita hidup dimasa lalu atau dimasa depan. Sebelum mulai meditasi maka kita melepaskan masa lalu dan masa depan yang ada dalam pikiran kita, dan cukup hidup pada masa kini lupakan bahwa kita punya masa lalu, lupakan juga bahwa kita punya masa depan selama kita bermeditasi, cukup nikmati saja meditasi tersebut. Setelah melepaskan hal tersebut maka kita telah melewati tahap 1 dan masuk ke tahap 2 dimana kita masuk ke dalam tahap kesadaran hening pada saat ini. Kesadaran hening maksudnya adalah tidak berkomentar, kadang-kadang saat kita mendapat input kita selalu berpikir, “oh, itu bagus” atau “saya tidak setuju” atau “menyenangkan” atau lainnya lagi. Yang dimaksud dengan kesadaran hening adalah cukup diam dan mengawasi tanpa berkomentar apapun terhadap apa yang ada. Dikatakan dalam literatur bahwa keheningan lebih berguna dalam mencapai kebijaksanaan dan kejernihan pikiran dibandingkan berpikir. Keheningan adalah sebuah keadaan yang menyenangkan dan penuh sukacita. Jika telah melewati kedua tahap ini, maka dapat dikatakan telah melewati jalan yang panjang dalam meditasi.

Tahap selanjutnya adalah kesadaran hening saat ini pada nafas, sederhananya pikiran manusia dapat memikirkan beberapa hal sekaligus, yaitu sekitar 7 plus/minus 2. Dalam tahap ini kita memutuskan untuk memperhatikan satu hal saja yaitu nafas. Setelah melewati kedua tahap diatas maka anda akan menyadari bahwa akan sangat mudah untuk memindahkan perhatian hanya kepada nafas saja.

Salah satu masalah dalam memerhatikan nafas adalah kebiasaan untuk mengontrol nafas saat sedang menarik atau menghela nafas. Untuk melewati kendala ini maka bayangkan bahwa kita sedang naik mobil. Lihatlah bahwa kita bukanlah pengemudi mobil tersebut bahkan tidak didalam mobil tersebut, kita hanya mengawasi mobil tersebut dari luar. Jadi tidak perlu mengontrolnya, cukup perhatikan saja.

Tahap ke empat adalah tahap dimana kita berfokus penuh pada nafas secara keseluruhan, dimana kita sadar saat nafas dimulai, saat nafas keluar, dan saat jeda antar nafas kita menyadari hal itu sebagai jeda sebelum nafas berikutnya ditarik. Dimulai tarikan nafas sampai helaan nafas dan tarikan nafas selanjutnya semua kita sadari dengan hening dan kekinian. Dan ini pun dapat berlangsung lama tanpa halangan. Hal ini tak dapat dicapai dengan kekuatan, keinginan yang kuat saja. Hanya dengan melepaskan semua yang terjadi didunia kecuali fokus pada nafas barulah tahap ini akan tercapai dengan sendirinya, tanpa usaha cukup dengan memperhatikan saja.

4 tahap ini disebut batu loncatan dalam meditasi oleh Ajahn Brahm karena ditahap inilah kita akan dapat merasakan indahnya meditasi. Saat mencapai tahap 4 maka nafas akan mulai menghilang karena kita mulai berfokus pada ketenangan, kebebasan dan kebahagiaan.
Setelah melewati 4 tahap ini maka tahap berikutnya menurut Ajahn Braham adalah
5. Perhatian berkesinambungan pada nafas yang indah
6. Mengalami nimitta yang indah
7. Jhana

Ketiga tahap ini tidak akan dijelaskan di artikel ini, silahkan selanjutnya dibaca dibuku Ajahn Brahm Superpower Mindfulness.

salam,

Windalfin
Consultant Hypnotist
masih berasa belum berhasil,,belum bisa rilex emoticon-Frown
Sdh berapa lama gan meditasi ? Udah terasa manfaatnya ga ?
Quote:


Kalo yang belum bisa sendiri, mungkin bisa pake yang namanya 'guided meditation'. Coba aja googling, yang ngasih sample gratis juga ada kok. Paling nggak untuk awal-awal, sampe agan bisa nangkep konsepnya & bisa praktekin sendiri tanpa perlu alat bantu. Habis itu baru deh ilmunya diperdalam, salah satunya dengan baca buku Ajahn Brahm yang disebutin agan TS.
oh ia ni gan ane mau tanya ama sesepuh

Spoiler for pertanyaan ane:
Quote:
Mantap gan tritnya.ane lagi bljr masuk ke kondisi alpa.maklum newbie...msh susah fokus ane gan..emoticon-Matabelo
Ane waktu itu pernah nyoba2 meditasi gan.. Tp gak gampang, 5 menit aja ane udh gk tahan buka mata.. Padahal targetnya 30 menit emoticon-Hammer2
gan klo sesi hypnotherapi cm bwt ningkatin pd n ngurangi hal2 jelek per sesi berapa lama n biaya?
boleh dicoba nih gan, thanks infonya emoticon-thumbsup emoticon-Blue Guy Cendol (L)
meditasi emang keren.. Dulu ane pernah 30 menit.. Abis itu pegel2 kaki ane.. tapi manfaatnya mantep
Pengen sih meditasi gt.. tp ga bs sendiri kynya
Perlu guru
Daerah cibubur ada ga ya
harus di coba nih
Yuhuuuu nice ngimpo gan
emoticon-Rate 5 Star
Ane kok susah konsen trasi ya gan kalu mau meditasi.
Quote:


Cari tempat yg tenang dan tanpa gangguan gan
Bakar aromatheraphy utk sebagian org dapat membantu
mau coba ah kali ini ningkatin kepercayaan diri emoticon-Big Grin
wah patut di coba nih emoticon-Matabelo
cukup 5menit dulu ya.. emoticon-Embarrassment
Baru di thread meditasi
Maaf buka sara
Ane cuma mw share buku bagus untuk belajar meditasi
Superpower mindfulness by ajahn brahm
Halaman 1 dari 18


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di