CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529152a51f0bc3772f000007/share-amp-diskusi-dunia-semut-rangrang-amp-budidayanya

[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~

Tampilkan isi Thread
Halaman 143 dari 221

usulan untuk buat tread baru khusus untuk berbagi

Quote:


setuju banget, ama Agan ACSport, biar ndak ada rasa rasa gimana gituuu....
Quote:


Sarangnya bermacam macam media apa dimaksudkan agar bisa
mengetahui kesukaan dan hasil maksimal telur atau kroto pada media tersebut? gan.

soale saya masih belajar ternak kroto alias mencoba.
mohon masukan saran dari agan2 senior dalam ternak angkrang ini..

ane kan punya 2 toples hasil dari mbolang dipinggir jalan..koloni punya ane belum ada ratunya gan...tapi kalo calon ratu ada banyak mungkin sekitar 15-20 calon ratu. kayaknya masih muda gan dilihat dari warnanya yang coklat muda dan bersayap

tidak ada semut jantan (hitam dan bersayap)

sedangkan yang paling banyak adalah semut prajurit dan pekerja

udah ane rawat 2 minggu-an gan..bawaan dari sarang alam yg ane ambil..banyak telur kecil2, maupun telur caltu (telur besar)

saat telur2 bawaan dari alam tersebut menetas menjadi semut muda dan selama itu masih belum ada semut jantan yg akan mengawini caltu..otomatis kan telur yg dihasilkan oleh semut betina mandul tsb adalah telur yg TIDAK dibuahi. sehingga asumsi ane telur tsb tidak akan dapat menetas menjadi semut muda generasi penerus.

bagaimana kelanjutan koloni semut ane gan..apakah setelah semut yg sekarang ada menjadi tua dan mati...terus semut muda yang baru lahir dari telur bawaan sarang alam juga nantinya menjadi tua dan mati juga..

apakah semut ane hanya akan bertahan dalam beberapa generasi aja terus menjadi punah ??

mohon bantuan..apa yg harus ane lakukan agar ternak ane bisa tetap bertahan dan makin berkembang.

terimakasih agan2 senior ato sapa aja yg dapat menjelaskan permasalahan ane
Quote:


bisa dipertimbangkan keterangan dari ulasan tetangga berikut ini, dan saya juga masih ingin membuktikan kebenaranya. ini linknya . http://krotojogja.com/fungsi-ratu-semut/. maaf bila salah
Quote:


makasih link-nya gan..

waduh..tanpa ratu gak bisa jamin keberlangsungan ternak ane ya gan emoticon-Sorry

malah kalo baca kesimpulannya :

"Bisa kita simpulkan bahwa budidaya semut tanpa ratu adalah mustahil, dan perlu kita pertimbangkan kekuatan ratu dalam setiap populasi ternak karena lingkungan rak budidaya terbatas teritorialnya. Seekor ratu semut mampu membawahi maksimal 8 liter semut. Kelebihan populasi semut dalam satu teritori ratu semut akan mengakibatkan ratu semut mengecil, kurus, ditandai dengan berubahnya warna dari kuning/coklat ke kehitaman."

gak ada cara lain ya gan emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)
Quote:


mungkin demikian kehidupan si rang rang,

di kebun belakang rumah dulu banyak sekali sarang rang rang yang besar besar, dan hampir tiap hari diburu oleh pencari kroto, memang tetangga banyak sekali yg berburu kroto untuk dijual. dan hampir tiap hari ada sarang baru yg dibuat, mungkin dulu masih banyak ratu yg ada. tapi sekarang sedikit sekali koloni yg ada gan.... sedikit demi sedikit koloni musnah meski tidak diambil krotonya. mungkin kalo ada calon ratu yg terbang ke koloni tersebut dan koloni mau menerimanya, akan bertambah pula sarang rang rang yg ada, sekarang tinggal sekitar 5 koloni kecil kecil, yg sebelumnya lebih dari 5 koloni kecil, di kebun sebelah utara sudah musnah sekarang ini, tak ada satu kolonipun. mudah mudahan di kebun belakang rumah ada calon ratu yg berkunjung dan menetap hingga menjadi koloni rang rang yg besar gan... itu harapan saya...... kok jadi curhat......

intinya.... kalo ada Ratu kita bisa berharap untuk berhasil,


monggo Agan Agan yang senior untuk dilanjuuuuut.....
Quote:

Betul gan. Ane kasih berbagai macam media biar ane tau media mana yg lebih do sukai semut.
Quote:


siap komandan,lanjutkan!hehehe
Quote:


ane juga miara rang rang tanpa ratu,walaupun masih newbi,yang penting dah berani aksi gan daripada tidak mencoba,itung2 buat pengalaman,semut tanpa ratu hanya akan bertahan seumur dua generasi, antara 3-7 bulan,masih ada waktu buat nyari si ratu...hehehe,ga usah dibikin pusing gan!semangat kakak!emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Quote:


iya nih gan...udah beberapa kali mbolang...sabtu-minggu kemarin juga mbolang lagi dengan hasil 3 toples...itupun tidak ada ratunya..hanya caltu yg banyak emoticon-Sorry

kita kelola bersama2 aja trid ini

Alangkah bijaknya kita kalo sll menghargai jerih payah seseorang utk membangun sebuah trid yg fungsinya membagi ilmu bersama2.

Entah ternyata pada kemudian harinya sang TS lagi tersandung masalah, itupun urusan pribadi sang TS dg yg bersangkutan.

Jadi hematnya sih mari kita tetap bersatu utk berbagi ilmu dan tetap mempertahankan trid ini yg sdh bnyk membantu tmn2 peternak semut rang2 pemula

Queen

Quote:


Secara logika sih bener Gan, alasannya :
1. Jarang banget ada hewan yg berkembang biak tanpa melakukan perkimpoian.
2. Hewan yg hidupnya berkoloni sangat bergantung pada ratu, misalnya lebah dan rayap. Oleh para pembasmi hama, cara utk membasmi rayap dan semut di rumah paling efektif adl dgn sistem pemasangan umpan, artinya umpan diberikan utk dibawa pulang ke sarang dgn tujuan agar ratu rayap/ semut mati dan koloninya tidak bisa berkembang dan akan mati.

Jadi memang agak mengherankan klo punya koloni tanpa ratu dan bisa bertahan. Mungkin saja ternak ane bisa bertahan karena sering ane tambahin dgn kroto dari pedagang.

Masalah ane skrg adl koloni tanpa ratu, apakah akan mempertahankan caltu ataukah caltunya akan melarikan diri.

Mohon pencerahan dari agan sekalian.

tanpa ratu gmn ya?

Quote:


Kali ini ane akan coba bahas beternak tanpa ratu tp bibit hasil hunting dr alam. Coba agan amati baik2 semut yg agan dpt dr hasil hunting dr alam yg tdk ada caltu maupun ratu sm skli.

Agan kl rajin mengamati semut agan yg sdh betah bersarang di dlm toples agan pasti pernah melihat semut rangrang vertil bisa bertelur sendiri dan larva berkembang menjadi pupa pekerja, pupa drones, pupa caltu itu tergantung dr tingkat kebutuhan satu koloni itu sendiri.

Jd dr semut betina vertil bisa menghasilkan larva caltu.
Begitupun ketika agan membeli bibit dr penjual bibit. Katakanlah agan membeli bibit tanpa ada caltu maupun ratu. Maka betina vertil akan menyesuaikan larvanya hingga menjadi pupa sesuai tingkat kebutuhan koloni tsb.

Yg membedakan bertelur ratu dg betina vertil hanya dr segi jumlahnya saja dan ketika koloni agan sdh mempunyai ratu maka agan akan mudah utk menggabungkan koloni lama dg koloni baru.

Semut lebih tau kebutuhan mereka akan menghasilkan pupa drone, pupa pekerja, pupa caltu. Tugas kita hanya memberikan makanan yg berprotein tinggi n melimpah. Selain itu biarkan semut sendiri yg akan menyesuaikan kebutuhan koloni mereka sendiri
Quote:


gan..ane mau minta masukan..anggap aja ane ternak tanpa ratu..dan bibit dapat dari alam :

1. apabila bibit yg ane dapat dari alam tsb banyak caltu maupun telur caltu..apakah caltu tsb akan dpt benar2 bisa menjadi ratu dan kira2 berapa lama proses dari caltu menjadi ratu master

2. ane pengen ternak dgn tujuan panen kroto bukan jual bibit..dan saat ini ane sdh punya 2 toples umur 2 minggu tanpa ratu / caltu dan 3 toples umur 2 hari dgn banyak caltu. apakah sebaiknya semua semut ane tsb dilakukan penyatuan koloni..atokah tetap dibiarkan terpisah ya gan..oya utk desain rak ane adopsi dari desain rak lubang agan aquk

3. saat ini semut2 ane hanya ane kasih makan UH yg langsung ane taruh wadah..ane biarkan semut ambil sendiri sesuai kebutuhan dan minumnya campuran air+gula hanya ane tambah jika air gula udah tinggal sedikit. adakah yg terlewat dari cara ane rawat semut2 tsb gan karena ane anggap semut tsb merupakan aset yg suatu saat dapat ane banggain ke teman2 ane gan. mimpi yg tinggi kan gak dilarang gan..hehe

makasih utk advice nya gan
Quote:

klo dapat caltu / drones pungut ( buang ) aja gan sisain sedikit ,biar semut ga ngurusin si caltu aj! biar si semut kosentrasi buat bertelur!CMIIW!


Quote:


setubuh ama ente gan!emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup

Quote:


nice sahre gan! klo betina vertil mungkin sudah ketemu dengan si ratunya buat minta jatah sperma jadi bisa di bilang bisa menetaskan telur...sudah banyak pupa di toples ane dan masih menunggu apakah akan menjadi semut albino?#menunggu.

Quote:

ane bantu jawab gan!
1.mending caltunya ente buangin aj gan,kasihan klo semut pekerjanya hanya nyuapin caltu aj,kapan mau bertelurnya? dan bila kondisi koloni agan tidak seimbang dan suplai makanan kurang dan dari segi tempat koloni baru,caltu bakalan dibantai gan!
klo dah siap kimpoi bakalan terbang gan tapi nunggu 6-7 bulan gan! lama ya.. hehehe
2.klo ane mah terpisah gan,soalnya dah g kehitung berapa kali penyatuan koloni dari cara Agan kacungkantor,Si TS....gagal semua dan banyak semut ane tumbang!emoticon-Ngakak (S) ,klo dah berhasil nyatuin koloni bisik 2 ke ane ya gan! Ane lagi proses pembuatan rak model si TS nih, ,nanti klo dah jadi ane share di sini.emoticon-thumbsup
3.dah cukup gan kayaknya! tapi semua peternak rang-rang mugkin punya resep rahasia sendiri dalam hal produktifitas si semut! mbok ayo monggo dibagi rahasianya!emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
CMIIW!
saya masih newbi banget gan dalam dunia per rangrangan....

namun

sejak tahun 1989, saya udah peliara burung dari anakan yg pakanya dikasih kroto, dari hasil bolang di sekitar rumah, waktu itu hanya dg galah sepjng 2m dlm waktu 2 jam udah bisa didapatkan 2kg kroto,waktu itu kroto blm laku. tapi sekarang untuk dapat kroto 1 ons aja harus pakai galah sepjg 10m, itupun sampai seharian keliling.

Quote:


betul gan jangan diambil pusing, jalan aja yg penting bisa hepy.....


Quote:


saya juga masih mbolang gan, untuk memperbanyak jumlah koloni, agar klo dapat ratu tinggal gabungkan aja yg belum ada ratunya.....


Quote:


diambil jalan tengah kayak gini ya bagus juga, ndak terlalu ribet dan tinggal nerusin aja, tinggal share aja bagi Agan agan semuanya........

Quote:


kemungkinan kalo udah berkimpoi si caltu dengan pejantan , si caltu akan dipertahankan oleh koloni, dengan asumsi sikoloni akan memilih yg terbaik. krn dalam koloni tersebut belum ada ratu.

sekitar tahun 80an, waktu musim laron bersamaan dengan terbangnya caltu dari koloni, sering saya jumpai Caltu menempel di pohon pohon meski pada pohon tersebut tdk ada koloni rang rang, waktu itu melimpah banget kroto di alam. mkn juga sesudah kimpoi si caltu akan terbang mencari koloni rang rang yg belum ada ratunya. waktu itu saya sempat berfikir kalo caltu dan pejantan adalah titipan semut lain, atau bukan keluarga koloni rang rang. waktu itu cuma sekali dalam satu tahun masa Caltu bersamaan musim laron. tapi sekarang sepanjang musim pancaroba dan penghujan pun masih didapati caltu yg masih dlm bentuk pupa.

Quote:


yg ingin saya buktikan sendiri sekarang ini adalah... satu koloni yg saya dapat dari alam tanpa ratu, akan terus saya pelihara sampai semua rang rang dari koloni tersebut yg saya dapat dari bolang mati, yg diteruskan oleh keturunan kedua , akan bertambah atau berkurang, tanpa menambah koloni dari luar koloni tersebut. dari sini nanti sudah dapat ditarik kesimpulan......... tetap semangat....... demi keseimbangan alam kita...............


Quote:


1. menurut berbagai referensi, caltu menjadi ratu selama musim caltu belum tiba, sekitar 6 bulan. dan menjadi master ratu akan sulit bila koloni rang rang tidak sebesar koloni di alam, seluas satu desa kecil. krn waktu yg tdk diketahui maka semakin lama ratu bertahan hidup akan semakin banyak telur yg dihasilkan dengan catatan makanan mendekati apa yg tersedia di alam.

2. tetap dipisahkan aja gan... biar tiap koloni bisa dikasih ratu ratu muda, bukan calon ratu ratu lo... seiring perkembangan koloni telur si Ratu akan bertambah banyak kuantitasnya dalam sekali bertelur.

3. harus gitu gan..... tetap semangat dan konsisten...

coba aja sesekali dikasih belalang, dan lihat perubahanya...


Quote:


bener gan.... punyak saya hasil mbolang banyak bakal drones nya tak ambil 80 persen untuk makan momongan. Burung burung saya tentunya

setelah telur telur yg kebawa hasil bolang netas, sekarang banyak telur yg muncul, telur telur yg kebawa tidak saya buang dulu sebelum pasti itu calon rang rang atau caltu dan drones.


maaf ya agan agan semuannya..... hanya curhat seorang newbie........... bila salah mohon di maafkan.

Kawi n atau tidak???

Selama ini kan para pembudidaya hanya melakukan riset secara tidak sadar. Dari pengetahuan kuno sih hanya ratu koloni yg bertelur. Dlm budidaya rang-rang ini, ternyata semut pekerja juga bertelur. Apakah telurnya itu fertile atau sterile kan ndak ada petunjukm pasti.
Dari tulisan dari krotoj0gj@ yg menyatakan hanya ratu yg menampung sperma dan dibagikan pada pekerja.
Ada juga tulisan di bagian depan bahwa selama ada ratu dlm sarang, akan mengeluarkan feromon yg membuat semut pekerja tidak memproduksi telur. Bahkan jika si ratu mati, dan bangkainya masih dlm sarang, para pekerja juga ndak bertelur.

Bagaimana kedua tulisan ini kan blm teruji. Klo ane lebih percaya hewan bereproduksi dgn perkimpoian. Bahkan cacing yg hermaprodite aja kimpoi. Maka lebih meyakinkan pendapat dari krot0j0gj@.


Quote:


mungkin telur yg dihasilkan semut pekerja sama dengan telur ayam petelur ya gan..secara fisik memang mampu bertelur..tp karena prosesnya tanpa dibuahi maka tidak bisa menetas
Quote:


jadi bagaimana apakah memang ada semut betina yg mandul kalau jantan udh jelas? atau telur semut yg gak punya tunas karena tdk di buahi akhirnya tdk menetas ? kalau pembuahan/per-kimpoian sang caltu yaitu oleh drones(smt jantan htm bersayap nah kalau semut betina bagaimana?

sejatinya kimpoi itu

Quote:


Pertanyaan sang master ini juga bagus sekali. Sejatinya semua makhluk hidup utk meregenerasi keturunannya pasti dia kimpoi.

Jika dlm satu sarang alam maupun sarang toples kita katakanlah tidak ada ratu sama sekali. Trs knp semut memicu larvanya dg hormon tambahan agar larvanya bisa menjadi drone maupun caltu. Trs kalo gak ada caltu sm skli apa fungsinya semut menjdikan drones?

Smua diciptakan tidak ada suatu kebetulan atau utk sia2 aja.

Hukum alam smua diciptakan pasti ada manfaatnya. Semisal dlm satu koloni tidak ada satupun caltu maka gak menutup kemungkinan drones akan melampiaskan hasratnya selingkuh dg semut betina vertil. Agan liat sendiri pada tubuh drone yg mati. Agan pernah liat tubuh drone mati tercabik2? Pasti tidak akan pernah liat drone mati dg tubuh tercabik2 khn? Pasti utuh tubuh drone yg mati tsb.

Hukum alam lain mengatakan. Drone akan mati dg sendirinya setelah dia kimpoi. Trs kalo dia gak ada caltu mau kimpoi sama sapa si drone ini agar mati? Jawabannya sdh pasti si drone akan selingkuh dg betina vertil kl Ъќ>:/ ada caltu.

Kebenaran statmen kroto jogja tidak dpt dijadikan dasar acuan yg mutlak karena tidak dilalui dr hasil riset dg bukti2nya.

Sebenarnya tanpa ratupun betina vertil msh ttp bisa bertelur meskipun Ъќ>:/ prnh ketemu sm ratu sm sekali utk di beri sperma dr sang ratu itu hanya asumsi sementara dr kroto jogja sama halnya dl ada teori manusia keturunan kera? Apa ada pembuktiannya?
Halaman 143 dari 221


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di