CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529152a51f0bc3772f000007/share-amp-diskusi-dunia-semut-rangrang-amp-budidayanya

[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~

Tampilkan isi Thread
Halaman 139 dari 221
Quote:


kalo masih satu kota..apa gak mending disamperin aja ta gan..
kan bisa sekalian belajar langsung
tp jangan lupa dishare juga disini hasilnya gimana..hehe
gag tau tuh rumahnya gan.. padahal deket bget, paling 10-15 menit nyampe pke motor..

btw, ane pengen nyobak ternak rangrang setelah gagal ternak tiput.. gimana agan-agan senior di sini, uda pada berhasil gag?

perlakuan sarang buatan n alam jauh berbeda

Kalo di sarang alam menyebutkan suhu diatas 30derajat itu lbh baik bisa jadi karena sarang dr alam berbahan daun2an yg msh muda dan mempunyai kelembabpan yg tinggi dan semut akan berpindah sarang jika daun sdh mengering.

Menurut pengalaman ane sih kroto semut jg tdk maksimal menetas jd semut muda jika suhu lbh dr 30 derajat pada media sarang buatan. Dikarenakan pd media plstik sprti toples n botol mempunyai tingkat kelembabpan yg rendah dan suhu cenderung lbh panas dr pd suhu ruangan. Msl suhu ruangan 30 derajat bisa jdi suhu di toples atau botol bs lbh tinggi 2-3 derajat.

Efek dr suhu yg terlalu panas juga kroto menjadi kehilangan tingkat kelembabpannya, sehingga kroto akan mengering dan gagal menetas.
Tingkat kelembabpan jg wjb dijaga dg cara pengembunan pd rak atau skitar rak jika dirasa suhu diatas 30 derajat

Pada media sarang buatan jg terbukti intensitas cahaya jg lbh baik mendekati 0% dg kata lain smkin gelap ruangan slama 24jam hasil smkin mksimal yg akan di dptkan.

Jadi sangat2 jauh berbeda perlakuan ternak kroto media alam dg media sarang buatan.

Mohon koreksi dr para tmn2 praktisi yg lbh senior
Quote:


Agan saintproject pernah kerumahnya agan akuq kok gan..barangkali masih ingat ancar2nya

Ane jg baru seminggu ini mantengin angkrang gan..ambil sarang dari alam itupun hanya 1 botol..masih tahap pengenalan terhadap keseharian angkrang. tapi ane juga sangat tertarik utk lebih serius lagi dalam ternak angkrang. makanya ane juga seneng banget kalo para senior kasih masukan maupun berbagi pengalaman kegagalan-keberhasilan dalam beternak angkrang ini
Quote:


ane dah coba nanyak2 temen2 ane yg rumahnye di kec. tempeh, ktanya d daerah lempeni ada yg jualan kroto n pkan burung, mungkin itu rumahx agan akuq,,,,ane sbenernya mau beli 2 toples bibit rangrang aja buat belajar.

klo beli bibit kroto yang toples plastik itu bisa dapat ratu gag seh?
Quote:


ane pribadi sih blm pernah beli bibit gan..jadi blm bisa kasih gambaran..mungkin bawah ane ada yang tau
Quote:


klo ambil dari alam itu mesti dapat ratu ya gan.?
Quote:


minggu kemarin ambil gak dapat ratu gan..hanya ada 2 calon ratu..mungkin ratu tempatnya disarang yang paling tinggi gan coz masih ada sarang yang tinggi tapi gak bisa ambil..galah ane gak nyampek, mau manjat juga gak berani
Quote:


jadi bgmna gan yg sudah terbukti sukses menghasilkan full 1keliling toples dg kroto itu. apa dari jenis medianya, suhu, pakan+minum(suplemen), trus plus ratunya juga, intensitas cahaya, cara panen. menangani calto + drones dan banyak lagi faktor penunjang apakah dari kesemuanya itu saling menunjang?

Pertanda Rangrang bersarang

Setelah mengamati perkembangan rangrang, ane dapat pola yg sama sbg pertanda rangrang cocok dgn rumah barunya.

1, Rangrang pekerja (badan besar) melakukan survey awal, sekitar 5 ekor.
2. Lebih banyak semut pekerja yg masuk dan berdiam, tanpa aktivitas kurleb 20ekor
3. Drone masuk melakukan survey, jika drone menetap artinya harga cocok.
4. Kemudian jika sarang asal tersedia cukup larva, artinya KPR disetujui, larva akan dibawa masuk ke rumah baru.
5. Semut perawat dibawa masuk utk menata rumah baru.
6. Renovasi mulai dilakukan, stock makanan dibawa masuk.
7. Semut Prajurit dikerahkan utk berjaga di sekitar pintu masuk.
8. Sebagian Pupae dibawa masuk ke rumah baru, dalam proses ini seringkali terlihat Caltu mondar-mandir rumah lama-rumah baru.
9. Pupae diatur menjauh menghindari gangguan/ gerakan manusia.

Ane menunggu 1 minggu setelah melihat pupae diatur dlm rumah baru, baru ane pindahin ke rak produksi kroto.

Adakah hasil pengamatan ane sesuai dgn yg Agan amati?

Semut jantan

Kalau dlm rak banyak semut jantan perlu dibuang ga gan??mohon pencerahan

semua saling berkesinambungan

Quote:


Bener bngt gan, smuanya saling berkesinambungan. Jika agan ingin memproduksi kroto dlm peternakannya. Agan wajib punya ratu, tapi jika agan hanya jualan bibit aja orientasinya maka kesampingkan ratu.
Media sarang buatan juga sangat berpengaruh, misalnya semut rangrang lebih menyukai media sarang buatan yg lbh gelap, misalnya botol mizone lbh disukai dr pada toples sonice maupun botol aqua. Atau utk menyiasati rak agar gelap, agan bisa menambahkan kardus atau koran pada ketiga sisi rak agan tsb.

Utk cara pemanenan kroto. Ane dl jg mencontoh dr youtube. Tapi ane modifikasi dari tiap satu raknya ane cuma panen 10-25% dr jumlah toples keseluruhan. Dg maksud 75-90% ttp utk menjaga kelestarian koloni qt. Dan tanpa merusak sarang di sarang 75-90% yg kita punya.

Jumlah pakan jg usahakan jngn prnh dibatasi, karena qt tdk pernah tau jmlh pasti takaran pakan semut yg kita miliki. Semakin melimpah stock makanan, maka semakin baik utk menjaga kestabilan koloni.

Utk air gula. Jika semut dlm masa pembuatan sarang usahakan buat campuran gula yg lbh pekat 3sendok makan gula : 1sendok makan air. Dg tujuan semut memerlukan asupan gula yg lbh karena semut mengeluarkan energi yg lbh saat semut membuat sarang.

Jika semut sdh tdk fokus utk pembuatan sarang maka minumannya sedikit saja campuran gulanya.

Mari kita sukseskan gerakan panen kroto bukan panen semut rangrang. Sabar, telaten kita pasti bisa
Quote:


ayo si TS buktikan klo ente bener2 orang jujur seperti ente bikin thread ini ,ane berharap ente jgn manfaatin kebaikan hati agan sainproject,kelarin ini masalah,jgn hanya diam aj!
Quote:


yang ane bold bener gan!klo tak ada ratu cara mempertahanin pupulasi sulit,tanpa ratu kroto yang dihasilkan juga lama..ane perhatiin toples ane juga banyak dijadiin sarang semut doang....ane juga lagi nyoba mbolang nyari ratu gan tapi katanya ini lagi musim caltu dan dronesemoticon-Cape d... (S) ....barang kali ada yang minat mau ngasih ane ratu seksi,pm ane ya gan...emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Quote:
coba kontak dengan agan saint project beliau yang pernah ke rumahnya
Quote:


sori ane pendatang baru d trit ini, klo boleh tau ada hubungan apa ya agan saintproject sama agan akuq? mereka ada masalah yah? oya apa mereka sekota yah?..

ada apa agan saintproject with agan akuq ?

Quote:


Kayak judul pelm aja. ”⌣”ƗƗɐƗƗɐ...ƗƗɐƗƗɐ emoticon-Big Grin. Agan saint project membeli bibit semut sebanyak 100 toples dg nilai transaksi total 7 Juta. Tapi sampai dg proses pelunasan yg telah dilaksanakan oleh agan Saintproject, agan akuq hanya mengirimkan 5 toples saja ke agan saintproject itupun setelah agan saintproject telah melunasi transaksi senilai 7 juta dan harus dateng ke Lumajang terlebih dahulu. Sedangkan posisi agan saintproject ada di surabaya.

Kalo gak salah agan khn domisili di Lumajang ˆ⌣ˆ✽ïƴää✽ˆ⌣ˆ? Dan agan juga lokasi rumah hanya 15 menit dr agan akuq.

Sudinya agan dapat menjembatani permasalahan ini. Agar dpt segera terselesaikan masalah ini dan tidak terulang kembali permasalahan sperti ini dikemudian hari dan tidak memakan korban lainnya.

Mohon kiranya agan2 dapat men share kan nama asli dari penjual bibit yg menjual bibit semut dg modus penipuan di tread ini agar tidak semakin banyak memakan korban dan tidak mempengaruhi kredibilitas penjual bibit semut yg jujur lainnya.

Dg kita bantu permasalahan org lain, niscaya kita pasti akan dibantu org lain meskipun yg tdk kenal.

Jujur merupakan kunci kita dlm usaha apapun itu

banyak drone saatnya hunting caltu

Quote:


Banyak drone brrti saat yg tepat utk agan hunting caltu di alam atau dr penjual kroto. Itupun dg syarat jumlah semut pekerja agan sdh mencukupi utk menyuplai kebutuhan drone dan caltu tsb. Kl tdk maka drone dan caltu akan dibantai masal sama semut pekerja

Banyak drone

Quote:


Kalau drone ada 50% dan semut pekerja 50%,apa yg harus dilakukan gan???newbie gan.... Mohon pencerahan
Quote:


buang drones nya. Banyak drones berarti menyerak SDR (sumber daya rangrang) utk merawat, shg rangrang mengalami keletihan akut, ndak bisa betelor deh. TApi biasanya semut menciptakan keseimbangannya sendiri, mereka akan membunuh drones jika memang sangat membebani ABPN.
Halaman 139 dari 221


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di