CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529152a51f0bc3772f000007/share-amp-diskusi-dunia-semut-rangrang-amp-budidayanya

[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~

Ane bukan "expert" bidang per-semut-an gan. Namun ane akan share pengetahuan yang ane punya tentang Dunia Semut Rangrang dan Budidaya-nya. Ane harap dengan men-share pengetahuan yang ane punya, kita bisa bersama-sama menambah pengetahuan tentang budidaya-nya. Paling tidak, sedikit pengetahuan ini mampu meminimalisir kegagalan dalam berbudidaya Semut Rangrang.

Langsung aja ya gan ...

A. Dunia Semut Rangrang

Spoiler for "Peta Sebaran Semut Rangrang":


(Semut) Rangrang atau kerangga (Oecophylla) adalah semut berukuran agak besar yang dikenal memiliki kemampuan tinggi dalam membentuk anyaman untuk sarangnya. Karena hal inilah maka ia disebut sebagai weaver ant atau "semut penganyam". Di dunia dikenal dua jenis rangrang yang pertama adalah Rangrang Asia (O. smaragdina) yang tersebar luas dari Pakistan sampai Australia bagian utara dan Rangrang Afrika (O. longinoda) yang menghuni kawasan tropis di Afrika.

Sebagaimana banyak semut lainnya, semut rangrang adalah serangga sosial dan membentuk koloni. Dalam kelompok sosial tersebut, pekerjaan dibagi sesuai dengan tipe individunya (kasta). Populasi dalam satu koloni semut rangrang bisa sangat banyak sekali. Semut Rangrang juga bersifat teritorial (menjaga tempat hidupnya) dan bertemperamen "galak". Rangrang tidak segan-segan menyerang apa pun yang mendekati kawasan aktivitasnya.

B. Struktur Sosial Semut Rangrang

Spoiler for "Struktur Sosial Semut Rangrang":


1. Ratu Semut
Ratu semut mudah dikenali karena tubuhnya lebih besar, berwarna hijau hingga coklat dengan perut yang besar dan menghasilkan banyak telur. Ratu semut ini pada mulanya mempunyai sayap seperti halnya semut jantan, tetapi setelah kimpoi sayapnya lepas.
Ratu semut banyak ditemukan pada tempat-tempat yang tidak terganggu. Mereka menyukai tempat yang aman untuk meletakkan telur. Jika merasa terganggu, mereka akan berpindah ke tempat lain yang lebih aman.
Ratu semut umumnya berada pada sarang yang tidak terlalu kecil, dengan daun-daun yang masih segar dan hijau. Apabila daun-daun pembentuk sarangnya mengering, sebagian semut bahkan ratunya akan meninggalkannya dan berpindah ke sarang baru

2. Semut Jantan
Semut jantan lebih kecil daripada ratu semut, berwarna kehitam-hitaman dan hidupnya singkat. Setelah mengawini ratu ia mati.

3. Semut Pekerja
Semut pekerja adalah semut betina yang mandul. Mereka tinggal di dalam sarang dan merawat semut-semut muda. Namun pada kondisi dimana satu koloni Semut Rangrang tidak memiliki Ratu Semut, maka semut pekerja akan bertelur.

4. Semut Prajurit
SSemut prajurit merupakan anggota yang paling banyak jumlahnya dalam koloni dan bertanggung jawab untuk semua aktivitas dalam koloninya. Mereka menjaga sarang dari serangan pengacau, mengumpulkan dan membawa makanan untuk semua anggota koloninya serta membangun sarang. Ketika sarangnya terganggu ? Mereka membawa semut-semut muda dengan giginya yang kuat dan memindahkannya ke tempat aman. Pada kondisi tertentu mereka juga dapat meletakkan telur ke tempat yang lebih aman, seperti ratu semut.

C. Siklus Perkembangbiakan Semut Rangrang

Spoiler for "Larva & Pupa":


Tahap pertumbuhan semut dimulai dari telur menjadi larva, pupa, kemudian semut dewasa. Telur berukuran sangat kecil, kira-kira 0.5 mm x 1 mm dan berbentuk elips, berwarna putih.. Sedang Larva mempunyai kulit yang halus, putih seperti susu, tidak berkaki dan tidak bersayap, sudah terbentuk mata dan mulut. Selanjutnya Pupa menyerupai semut dewasa namun tidak aktif dan berwarna putih. Selanjutnya Pupa akan menjadi semut yang berubah warna sesuai dengan kastanya.

Pertanyaan yang sering ditanyakan adalah berapa lama siklus perkembangbiakan semut rangrang tersebut? Berapa umur semut rangrang?

Dari sejak Ratu Semut kimpoi, sayap Ratu Semut akan gugur dan setelah sayap Ratu Semut gugur, selama 5-10 hari, Ratu semut akan bertelur. Perkembangan telur selanjutnya sangat tergantung dari suhu lingkungan. Pada suhu 30°C, telur akan berubah menjadi Larva dalam jangka waktu sekitar 8 hari. Selanjutnya Pupa setelah hari ke-17 dan semut pekerja dewasa pertama muncul setelah 28 hari.

Berapa lama umur semut ratu?
Berikut data dari http://en.wikipedia.org/wiki/Queen_ant
Quote:


D. Cara Membangun Sarang

Prajurit semut menarik daun-daun secara bersama-sama, sementara semut lainnya merajut daun-daun tersebut dari dalam dengan menggunakan larva dan giginya sebagai pemintal benang. Larva semut menghasilkan benang-benang sutera halus untuk merajut daun.

E. Makanan Semut Rangrang

Spoiler for "Makanan Semut":

Makanan semut sangat beragam, namun dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok besar, yaitu protein dan gula. Tidak seperti semut lainnya, semut rangrang lebih menyukai protein daripada gula. Protein dapat ditemukan pada daging, ikan, ayam, tikus dan serangga.

F. Tempat Ideal Untuk Bersarang

Semut Rangrang mempunyai kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan kondisi lingkungannya. Mereka selalu berusaha mendapatkan makanan dan tempat tinggal dalam kondisi optimal.

Lalu apa kondisi ideal bagi Semut Rangrang untuk bersarang?
1. Sedikit gangguan dari manusia,
2. Cukup Makanan,
3. Tersedia daun cukup lebar namun lentur atau daun kecil tapi banyak,
4. menyukai lingkungan dengan suhu antara 26-34°C dan kelembaban relatif antara 62 sampai 92%.

Di alam sekitar, Semut Rangrang menyukai pohon-pohon yang tinggi seperti pohon kedondong (Spondias dulcis) atau pohon mangga (Mangiferasp.).

G. Manfaat Semut Rangrang

Kajian mengenai peran semut rangrang sebagai pengendali hama telah dimulai pada tahun 304 Masehi di Cina. Pada waktu itu, semut rangrang terbukti mampu mengendalikan hama kutu-kutuan pada tanaman jeruk. Di Indonesia, semut rangrang juga diketahui memangsa beberapa jenis hama, misalnya larva lalat buah dan ulat bulu. Disamping itu, Larva Semut Rangrang (biasa disebut Kroto di Indonesia) juga dijadikan konsumsi manusia dan burung kicauan.

Spoiler for Sumber:


Nah sekarang agan & aganwati semua sudah mempunyai sedikit dasar tentang dunia semut rangrang. Beberapa catatan tentang dunia semut rangrang di atas, mampu menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dalam hal budidaya semut rangrang. Contohnya : berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk panen kroto?

Selanjutnya akan ane update tentang Budidaya Semut Rangrang. Tungguin ya gan ...

Spoiler for "Klik":
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
Halaman 1 dari 221
Trit nya ramai sekali ya.
Semoga yg sudah berjalan budidaya nya sukses dan maju, terus pertajam hipotesa nya sampai jadi acuan, karna setiap daerah bakal berbeda karakteristik semutnya, walaupun dalam satu koloni yg sama pd saay pengambilan.

Diubah oleh marfin1004
Quote:


Pfffttt.... Hahahaha.... 😂😂😂😂😂
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
&feature=youtu.be
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
&feature=youtu.be
Mantaaaaapp 40m buat trading 🤣

[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
Diubah oleh e3ts
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Udah jelas mitra di rugikan, gathering akhir taun kemaren udah dijelasin sebagian dana di buat trading bitcoin (alesanya sebagai backup pengaman) + menghindari OJK...pulang gathering ane lgsg konfirmasi tarik aset 🤣
-------------------------------------------
Hasil kegt hari ini di kediaman korlap bpk sumadi sbb

1. Kepastiaan pembayaran modal beserta profit sesuai dgn prosedur yg telah ditentukan CV (dipending 3bln stlh itu dicicil selama 7bln =alternatif 1)
Ada alternatif ke2,
Jika cashflow CV berjalan baik maka bisa direvisi pembayaran panen menjadi 3bln (pending 3bln-selama 3bln cicilan)

2. Kebutuhan dana CV 7-8M per hari sdgkn limit penarikan hanya 2M/hari shg setiap hari CV harus menyiapkan dana talangan 4-5M setiap hari nya.

3. Kenapa harus menunggu waktu pembayaran 3bln..
Dikarenakan diperlukan waktu dan prosedur utk mencairkan dana bithcoin yg tdk bisa lgsg.
(Bithcoin mentah ditukar ke dolar baru dirupiahkan dan max penarikan 2M/hari)

4. Sistem pengambilan panen dilakukan max 5bln 20hari dr tgl panen sertifikat dan digantikan dgn sertifikat bukti pengambilan panen sdh beserta rincian jdwal pembayaran panen.

5. Dgn kondisi buruk hasil Panen 2th terakhir, mau tdk mau CV harus mengambil langkah utk PEMUTUSAN KEMITRAAN secara sepihak.
Dimana utk poin ini akan dijelaskan lebih detail oleh pak sugiono dlm pertemuan yg rencananya akan dilaksanakan hari kamis di ngawi di kediaman pk suwaji dan di Sragen dgn jadwal menyusul.

6. MSB tutup dan kedepan akan ada penawaran bisnis lainnya (KMS yg sdh berjalan dan rencana Bisnis KULINER).

7. Bagi mitra yg keberatan dipersilahkan utk menempuh jalur hukum dan *dipastikan uang tdk akan kembali*

8. Kondisi CV saat ini sedang tidak baik, bpk sugiyono mengupayakan berbagai hal utk percepatan proses pembayaran hasil panen sehingga diharapakan pembayaran Alternatif 1 bisa segera selesai dan membayarkan keseluruhannya.

9. CV merupakan perusahaan legal yg berbadan hukum, mempunyai pengacara, dan akan melayani bentuk tuntutan lewat jalur hukum dgn *konsekuensi seluruh uang tdk dpt kembali*.

10. Saran dr *bpk sumadi*, seluruh mitra MSB diharapkan utk berfikir positif (HUSNUZON) krn tdk ada niat utk ingkar janji dan dipastikan uang akan kembali dgn prosedur yg telah ditentukan.
Intinya *Manajemen Perusahaan tdk akan ingkar janji.*

Mudah2an semua pihak dpt mengerti, bersabar dan menerima apa yg telah diputuskan oleh CV MSB.
🙏🙏🙏


Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Sudah kuduga...untung akhir taun kemaren ikut gathering...kalo ga bisa zoonk emoticon-Ngakak (S)

Awal taun udah pelan2 tarik aset...tinggal sisa 10 paket doang emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
elgharf memberi reputasi
Bukan stop kemitraan tapi tutup kuota...
Dan siklus panen 5bulan tetep jalan .
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan

Cari aman aja

Gini gan di MSB itu banyak yg ikut dari anggota POLRI,TNI,dll

Kalau agan ragu cari amnnya aja gan..
Agan nanam modal sekian..
Lalu tiap panen ambil untungnya saja...
3x panen untung agan udah senilai modal agan..

Jadi kalau kedepannya ada apa-apa..toh uang agan udah kembali
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gan agan salam knal msih newbie... mau nanya nih beda master ratu sama ratu produktif ama ya? makasih sblumnya
aku sudah ikut sekali panen...ini mau nambah lagi...mnurut agan agan ada yg pernah ketibu bisnis kroto lewat cv msb ini
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ijin nyimak masih newbie 😀
Quote:


Udah cair blum om panennya?
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Menurut saran ane, habis panen mending stop aja gan... udah mulai gak beres nih usaha... ane juga mulai bulan desember kmrn langsung stop karena mulai curiga.... cari duit tuh gak segampang itu gan, ada keringat, ada duit...
Ada sodara ikut bisnis ginian d kampung sampe utang bank buat modal, dari awal dia crita gw uda curiga

Tapi mau nasehatin kok ya ngga tega emoticon-Mewek
Quote:


Kemaren ikut gatheringnya ga?

Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan

Panen lum dibayar mundur 10 hari blom ditransfer

Blom ditransfer hasil panenan mundur 10 hari dari tanggal 25 des
Wah ada yg ngomongin msb....

Ane akhir taun kemaren ikut gatheringnya nih...agak mencurigakan emoticon-Cape d...
nyimak☝☝
Halaman 1 dari 221


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di