alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/528aca82c1cb17de3b000007/ini-identitas-bangkai-kapal-selam-jerman-yang-tenggelam-di-karimun-jawa
Ini Identitas Bangkai Kapal Selam Jerman yang Tenggelam Di Karimun Jawa
Ini Identitas Bangkai Kapal Selam Jerman yang Tenggelam Di Karimun Jawa
Lubang Torpedo U-Boat. Tim Peneliti Pusat Arkeologi Nasional berhasil menemukan bangkai kapal selam U-Boat milik Nazi Jerman. Bangkai kapal selam yang berasal dari Perang Dunia II ini terletak di sekitar kawasan perairan Kepulauan Karimun Jawa, Jawa Tengah


Apa yang dilakukan kapal selam Jerman di perairan Jawa? Buku sejarah Indonesia tidak pernah mengungkit soal keterlibatan armada kapal selam Nazi Jerman tersebut. Kalau begitu, apa misi mereka di Nusantara dan bagaimana mereka bisa sampai ke Indonesia?

Pertanyaan-pertanyaan ini mengemuka dalam diskusi kesimpulan awal penelitian Pusat Arkeologi Nasional di perairan Karimun Jawa. Tim peneliti menemukan bangkai kapal selam Jerman U-Boat yang relatif cukup utuh. Temuan, selain bangkai kapal selam itu, adalah rangka yang diduga para awak kapal dan sejumlah peralatan.

Ketua Tim Peneliti, Bambang Budi Utomo, mengatakan dugaan awal mengarah pada dua kapal selam U-Boat Jerman bernomor kapal U-168 dan U-183. Dari data literatur milik Pemerintah Jerman, memang diketahui kedua kapal itu tenggelam di perairan Indonesia, namun pada tahun berbeda belum diketahui pasti.

Data yang diakses dari UBoat Archive dan UBoat misalnya menegaskan kapal selam U-168 tenggelam pada 1944, sementara kapal U-183 tenggelam pada 1945. "Kapal U-168, kami menduga ini yang kami temukan, tenggelam pada 6 Oktober 1944," kata Bambang, Senin (18/11). Kapal itu dihajar torpedo kapal sekutu yang juga berlayar di perairan Laut Jawa.

Dari data misi kapal UBoat, sambung Bambang, memang tercantum armada kapal selam Jerman sempat mondar-mandir di perairan Laut Jawa, Laut Australia, dan Samudera Hindia. Ini ada hubungannya dengan persekutuan Jepang-Jerman dalam menghadapi sekutu.

Jerman menyiagakan armada kapal selamnya di Asia Tenggara untuk memotong pasokan logistik dari Eropa ke Australia. "Tapi apa sejauh itu? Kita juga mendapat data bahwa Jerman ternyata punya 'pangkalan' di Pulau Penang Malaysia, di Jakarta, bahkan di Surabaya," kata Bambang.

sumber: http://www.republika.co.id/berita/na...yang-tenggelam

=========================

akankah diangkat?
Quote:Original Posted By kenyot10


=========================

akankah diangkat?


Terus ditaruh disamping Monkasel ya Nyot emoticon-Big Grin

Misteri Belasan Kerangka Dalam Bangkai Kapal Selam Nazi

Ini Identitas Bangkai Kapal Selam Jerman yang Tenggelam Di Karimun Jawa
Temuan Tengkorak di dalam Ruang Kru di Bangkai Kapal Selam U-Boat Jerman. Tim Peneliti Pusat Arkeologi Nasional berhasil menemukan bangkai kapal selam U-Boat milik Nazi Jerman.



emuan mengejutkan datang dari bawah laut Indonesia. Di Laut Jawa, di sekitar Kepulauan Karimun Jawa, para arkeolog berhasil menemukan bangkai kapal selam milik Nazi Jerman. Tidak hanya itu, peneliti bahkan menemukan rangka manusia di dalam kapalnya!

"Dari data sampel artefak yang kita kumpulkan, diduga kuat kapal selam itu milik Jerman dari armada U-Boat (Unterseeboot)," kata Ketua Tim Peneliti Pusat Arkeologi Nasional Bambang Budi Utomo, Senin (18/11).

Penelitian arkeologi bawah laut ini dilakukan awal November kemarin selama sepuluh hari. Dari penelitian awal, kata Bambang, tim berhasil mengangkat sejumlah artefak seperti piring makan, cawan, teropong, kancing, sol sepatu, cangkir, peralatan selam, kaca mata, dan aki. "Kami juga menemukan tengkorak dan kerangka," kata Bambang.

Namun, tim memutuskan untuk belum mengambil kerangka dan tengkorak tersebut. Salah satu masalahnya adalah kepercayaan warga lokal mengenai kerangka di bangkai kapal. Bambang mengatakan, warga setempat percaya kalau tulang belulang itu diambil dari 'kuburannya' maka akan terjadi sesuatu.

Arkeolog lainnya yang ikut dalam penelitian itu, Prayitno Hadi, mengatakan dari laporan penyelam diketahui tengkorak dan tulang belulang itu ada di dalam satu ruangan. Tengkorak dan tulang-tulang itu sudah terbungkus lumpur. Namun dalam posisi 'intact' yang relatif sedikit gangguan alam. Secara kasar diduga ada 14 individu di dalam ruang tersebut.

Bambang mengatakan, temuan kapal selam Jerman ini cukup membanggakan bagi arkeologi Indonesia. Sebab, dilakukan tim arkeolog Indonesia, tanpa bantuan asing. "Kita terbukti mampu mengadakan pengangkatan dengan biaya yang cukup besar tapi teknologi sederhana," tuturnya.

Saat ini seluruh temuan sampel sudah diteliti lebih lanjut di laboratorium Pusat Arkeologi Nasional di Pejaten, Jakarta Selatan. Meski sudah menemukan kapal selam Jerman, Bambang dan Prayitno sepakat masih banyak pertanyaan yang belum terjawab soal sejarah kapal tersebut.

http://www.republika.co.id/berita/na...pal-selam-nazi

Arkeolog Temukan Kapal Selam Nazi Jerman di Laut Jawa

“Di kapal selam itu kami menemukan piring bercap Nazi!” ujar Shinatria Adhityatama, seorang arkeolog muda dan penyelam dari Pusat Arkeologi Nasional. “Masih ada temuan tengkorak [rangka manusia] dan sisa torpedo.”

Dia dan timnya belum menemukan simbol atau kode angka lain yang menunjukkan bahwa reruntuhan kapal selam itu bagian armada kapal selam yang paling disegani saat Perang Dunia Kedua. Namun, temuan peralatan makan bersimbol swastika Nazi Jerman telah menguatkan dugaan Adhityatama bahwa rongsokan besi tua di dasar laut Jawa itu adalah Unterseeboot atau U-Boat.

Ada dua piring dengan simbol Nazi Jerman warna hitam yang berhasil diangkat ke permukaan oleh tim arkeolog. Satu piring besar berdiameter 34 sentimeter, dan lainnya sebuah piring kecil dengan diameter 24 sentimeter.

“Kemungkinan itu adalah U-Boat tipe IXC/40 buatan 1942 yang tenggelam pada 1944,” ungkap Adhityatama. Dia mendapatkan informasi bahwa ada dua U-Boat yang hilang kontak dengan Berlin yang saat itu posisinya di sekitar Laut Jawa.

Tim Pusat Arkeologi Nasional bekerja sama dengan Balai Arkeologi Yogyakarta dan komunitas Sentra Selam Jogja melakukan eksplorasi pencarian kapal selam U-Boot yang tenggelam di Laut Jawa. Penjelajahan di kawasan laut—yang banyak menyimpan misteri tenggelamnya kapal-kapal dagang hingga kapal militer itu—dilakukan pada 4-17 November 2013.

Pada 9 November lalu, tim melakukan observasi ke dasar laut. Mereka mendapat informasi warga nelayan setempat tentang “sesuatu yang berbentuk seperti tabung” di dasar laut sekitar 68 mil dari Karimun Jawa. Tim beruntung karena mendapatkan jarak pandang yang cukup untuk mengobservasi lokasi bangkai kapal selam itu.

Hari berikutnya Adhityatama dan tim menyelisik keberadaan kapal selam Nazi Jerman yang malang itu. Bagian buritan kapalnya telah hilang. Arkeolog tengah memastikan apakah buritan kapal selam itu hancur atau patah dan bersemayam di tempat lain. “Kapal selam ini diperkirakan panjangnya 76 meter, tetapi tersisa 47 meter,” ujar Adhityatama. “Kondisinya 60 persen—masih baik.”

“Selama ini kita hanya mendengar isu saja tentang armada Jerman yang datang ke Indonesia,” ungkap Adhityatama. Temuan ini, menurutnya, menunjukkan bahwa U-Boat tak hanya di Atlantik atau Pasifik, tetapi juga di Indonesia.

Tim arkeolog tengah mengkaji mengapa banyak kapal selam Nazi Jerman bergentayangan di lautan Nusantara. Apakah mereka berdagang menggunakan kapal selam lantaran lebih aman, atau ditugaskan oleh Berlin untuk membantu Jepang atas kerjasama poros Jerman-Jepang-Italia, atau mencari suaka politik? Atau, apakah mereka ada hubungannya dengan sepuluh makam serdadu Nazi Jerman yang bersemayam di Cikopo? Semuanya masih misteri.

“Lokasi persisnya masih kami rahasiakan,” ujar Adhityatama. “Kami ingin mengamankan temuan terlebih dahulu.” Timnya khawatir terjadi penyusupan dan penjarahan apabila titik temuan itu diketahui publik, sedangkan di lokasi temuan belum ada kesiapan pengamanan.

Untuk menjaga benda—yang diduga—cagar budaya tersebut dari penjarahan dan perusakan, tim arkeolog akan melakukan pengamanan yang berbasis kepada warga. “Saat kami datang masih banyak nelayan yang menggunakan bahan peledak yang [dikhawatirkan] dapat merusak kapal selam tadi.”

“Kami akan mengadakan pendekatan ke masyarakat,” ungkapnya. Warga sekitar perlu mendapat pengertian tentang nilai sejarah sehingga diharapkan dapat turut menjaga kelestariannya. “Disamping itu perlu adanya bantuan pengamanan dari Angkatan Laut atau Dinas Kelautan dan Perikanan.”

http://nationalgeographic.co.id/beri...n-di-laut-jawa
Ane baru OM d jakarta pernah ada pangkalan NAZI..emoticon-Bingung (S)


Nubi minta info lanjutan donk om emoticon-Malu (S)

misi terselubung nazi di Indonesia kah?
Bisa buat politik pencitraan kepada Jerman ini, misalkan ntu bangkai kapal beserta kerangka prajurit diangkat ke permukaan..trus dilakukan serah terima resmi ke pemerintah Jerman, mungkin bisa menaikkan citra Indonesia, dan mungkin saja bisa dpt tambahan leo gratis sbg ucapan terima kasih emoticon-Malu (S)
Berarti terbuka sebuah misteri baru tentang jejak keberadaan Jerman di Indonesia, dan kayaknya pernah baca isu Hitler itu kabur ke Indonesia..jangan jangan emang bener emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By yoouunngg
misi terselubung nazi di Indonesia kah?


AFAIK Nazi emang pernah ngirim blue print dan contoh mesin buat Jepun. Ngirimnya ya pake U-boat. Kalo nggak keburu kalah itu mesin jet Me-262 bisa nyampe di Jepun. CMIIW
Quote:Original Posted By dewaruci77
Bisa buat politik pencitraan kepada Jerman ini, misalkan ntu bangkai kapal beserta kerangka prajurit diangkat ke permukaan..trus dilakukan serah terima resmi ke pemerintah Jerman, mungkin bisa menaikkan citra Indonesia, dan mungkin saja bisa dpt tambahan leo gratis sbg ucapan terima kasih emoticon-Malu (S)
Berarti terbuka sebuah misteri baru tentang jejak keberadaan Jerman di Indonesia, dan kayaknya pernah baca isu Hitler itu kabur ke Indonesia..jangan jangan emang bener emoticon-Matabelo


mungkin bener juga tu U boot buat anter hitler ke Indonesia
Tawarin tuh ke Kafe Nazi di Bandung tea, euy....
skrg udah ketemu.... tapi kenapa bisa tenggelem yah.... ?
dari penemuan bangkai kapal selam Uboat milik jerman tersebut, maka timbul pertanyaan apa hubungannya dengan makam tentara jerman di cikopo (lereng Gn. Pangrango) dengan keberadaan kapal selam tersebut di Nusantara ???
dalam rangka misi mengantarkan pelarian hitler kah? yg desas-desusnya disamarkan sebagai dokter sukarela...
makamnya masih ada di surabaya...

teori konspirasi mode on...
tengkoraknya nanti di bawa ke jejer kauman nggak om kenyot....emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By wahwibson
tengkoraknya nanti di bawa ke jejer kauman nggak om kenyot....emoticon-Bingung (S)


belum ada permintaan dari jerman kok
hancur dihajar torpedo? mustinya kalo kena torpedo, lontong jaman dulu yang kecil itu harusnya sudah hancur berkeping2, ini lha masih 60%

paling karamnya karena kena depth charge
cerita lama, memang sudah waktunya untuk diungkap, memang dulu jepang dan jerman banyak sisa armadanya "ketinggalana" di jakarta, surabaya dll

bukan hanya yg tenggelam, yang siap perang jga ada, itu modal awal buat kemerdekaan....
kalau u boat itu tenggelam kena torpedo sekutu,pasti mereka tahu.karna inggris paling rapi dalam pengelolaan arsip.klau tahu,kenapa gk dicari.barangkali ada barang penting atau dokumen dlm u boat itu.kalau gk tahu,mungkin bukan torpedo yg menenggelamkn mereka.emoticon-Belomatabeloemoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By dewaruci77
Bisa buat politik pencitraan kepada Jerman ini, misalkan ntu bangkai kapal beserta kerangka prajurit diangkat ke permukaan..trus dilakukan serah terima resmi ke pemerintah Jerman, mungkin bisa menaikkan citra Indonesia, dan mungkin saja bisa dpt tambahan leo gratis sbg ucapan terima kasih emoticon-Malu (S)
Berarti terbuka sebuah misteri baru tentang jejak keberadaan Jerman di Indonesia, dan kayaknya pernah baca isu Hitler itu kabur ke Indonesia..jangan jangan emang bener emoticon-Matabelo


ngapain diserahin ke jerman?? yah kecuali jerman mau tukar guling sama u212 gpp...
Quote:Original Posted By upil_kodok


ngapain diserahin ke jerman?? yah kecuali jerman mau tukar guling sama u212 gpp...


udah dibilang angkat terus ditaruh di samping Monkasel emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo ada kapal selam hantu