alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/528a8146f9ca17df68000000/profesi-konseling-bebas-menangani-masalah-pribadi-individu
Profesi Konseling bebas menangani masalah pribadi individu
Profesi Konseling bebas menangani masalah pribadi individu



Perkenalkan Saya seorang mahasiswa fakultas Psikologi semester akhir nama saya Dhian Permadi

Prolog:

dalam kehidupan sehari-hari pasti banyak cobaan atau masalah yang sering kali kita hadapi berupa apapun, tapi sadarkah anda? masalah itu tidak untuk dihindari tetapi untuk dihadapi. walau bagaimanapun juga masalah adalah salah satu bagian dari kehidupan kita, tapi sering kali kita mengeluh atau bahkan menyerah, itu karena faktor psikologis yang anda alami. hati hati dalam menghadapi itu semua, faktor yang paling fatal itu adalah disaat kita menghadapi masalah dan tidak tau cara menghadapinya kita jadi stres bahkan berpotensi untuk bunuh diri (tapi jangan sampai terjadi ke agan/aganwati)

Robert Firestone dalam buku “Suicide and the Inner Voice” menulis bahwa mereka yang mempunyai kecenderungan kuat untuk bunuh diri, banyak yang lingkungan terkecilnya tidak memberi rasa aman, lingkungan keluarga yang menolak, tidak hangat, sehingga anak yang dibesarkan di dalamnya merasakan kebingungan dalam menghadapi kehidupan sehari-hari.

KALAU kita cermati, tiga tahun terakhir ada hal yang cukup membuat giris, menyangkut jumlah orang (bahkan anak!) yang melakukan tindakan mengakhiri hidup. Ketika mencari data dari pemberitaan sebuah koran selama 2005, ada 70 berita tentang bunuh diri di Indonesia, dengan 73 korban. Sebuah laporan menyebutkan di Indonesia ada 112 kasus bunuh diri pada tahun 2003 dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan pada tahun yang sama ada satu juta orang melakukan bunuh diri, atau 1 orang setiap 40 detik. Bunuh diri juga merupakan salah satu penyebab utama kematian pada usia 14-34 tahun, di luar

langsung saja, tujuan saya untuk membuka konseling di thread ini adalah untuk membantu agan/ganwati yang mungkin sedang mengalami masalah dalam kejiwaan, arti kejiwaan itu bukan berarti mengalami gangguan jiwa seperti orang yang suka di pinggir jalan loh gan emoticon-Stick Out Tongue

arti kejiwaan itu sangatlah luas, jadi buat agan/aganwati yang sedang mengalami masalah di dalam kehidupan sehari hari seperti karier, pergaulan, asmara, keuangan dll. saya akan berusaha untuk membantu.



Etika dalam konseling:


1. Profesional Responsibility. Selama proses konseling berlangsung, seorang konselor harus bertanggung jawab terhadap kliennya dan dirinya sendiri.Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Responding fully, artinya saya harus bertanggung jawab untuk memberi perhatian penuh terhadap klien selama proses konseling.

Terminating appropriately. konselor (saya) harus melakukan terminasi (menghentikan proses konseling) secara tepat.

Evaluating the relationship. Relasi antara konselor dan klien haruslah relasi yang terapeutik namun tidak menghilangkan yang personal, jadi dalam proses konseling belangsung komunukasi saya terhadap anda tidak usah terlalu formal, dan menganggap proses ini sebagai wadah untuk menyalurkan yang ada diisi otak anda dan di hati anda. (jadi santai aja gan)

Counselor’s responsibility to themselves. Konselor harus dapat membangun kehidupannya sendiri secara sehat sehingga ia sehat secara spiritual, emosional dan fisikal.

2. Confidentiality. Konselor harus menjaga kerahasiaan klien.
Ada beberapa hal yang perlu penjelasan dalam etika ini, yaitu yang dinamakan previleged communication.Artinya konselor secara hukum tidak dapat dipaksa untuk membuka percakapannya dengan klien, namun untuk kasus-kasus yang dibawa ke pengadilan, hal seperti ini bisa bertentangan aturan dari etika itu sendiri. Dengan demikian tidak ada kerahasiaan yang absolute.

3. Conveying Relevant Information to The Person In Counseling. Maksudnya klien (anda) berhak mendapatkan informasi mengenai konseling yang akan saya jalani. Informasi tersebut adalah:

Counselor qualifications: saya harus memberikan informasi tentang kualifikasi atau keahlian yang saya miliki.

Counseling consequences : saya harus memberikan informasi tentang hasil yang dicapai dalam konseling dan efek samping dari konseling

Time involved in counseling: saya harus memberikan informasi kepada klien berapa lama proses konseling yang akan dijalani oleh klien. Konselor harus bisa memprediksikan setiap kasus membutuhkan berapa kali pertemuan. Misalnya konselor dan klien bertemu seminggu sekali selama 15 kali, kemudian sebulan sekali, dan setahun sekali.

Alternative to counseling: konselor (saya) harus memberikan informasi kepada klien bahwa konseling bukanlah satu-satunya jalan untuk sembuh, ada faktor lain yang berperan dalam penyembuhan, misalnya: motivasi klien, natur dari problem, dll.


Konseling merupakan proses bantuan yang sifatnya profesional. Setiap pekerjaan yang sifatnya profesional tentu memiliki seperangkat aturan atau pedoman yang mengatur arah dan gerak dari pekerjaan profesi tersebut. Hal ini sering disebut etika. Konselor sebagai pelaksana dari pekerjaan konseling juga terikat dengan etika. Etika merupakan standard tingkah laku seseorang, atau sekelompok orang yang didasarkan atas nilai-nilai yang disepakati. Ada beberapa aspek dalam membahas etika konseling antara lain:
Aspek kesukarelaan
Aspek Kerahasiaan
Aspek Keputusan Oleh Klien Sendiri
Aspek Sosial Budaya

Hubungan konselor (saya) dengan klien (anda) adalah hubungan yang menyembuhkan. Sekalipun profesional, kita tidak boleh menghilangkan relasi personal, misalnya berelasi sebagai teman. Kita harus mengetahui batasnya. Jadi, relasi yang dibangun di antara konselor dan klien haruslah bersifat terapeutik.

Sebelumnya sudah diberitahukan bahwa saya masih mahasiswa tingkat akhir jadi untuk ijazah saya belum mendapatkanya, tetapi keyakinan hati saya serta keyakinan ilmu saya yang di dapatkan didalam kelas atupun diluar yang bisa memanggil saya untuk membuat panggilan konseling ini, walau seperti yang telah dicantumkan diatas dalam pekerjaan konseling ini saya akan menempatkan proses ini secara professional.

sekian dan terimakasih anda mempercayakan saya. bila agan/aganwati berkenan dan berminat untuk konseling atau sekedar untuk tanya tanya saja silahkan:

Hp/Whatsup : 087772422232
Twitter : @oRoomakansabun


Profesi Konseling bebas menangani masalah pribadi individu