Internet menjadi media yang bikin ketagihan. Hampir setiap hari (bahkan jam) orang mengakses kembali internet.
Ane mau nampilin hasil analisis perkembangan tren internet dunia
Spoiler for 1 email:
Email
Pasca internet berdiri dan situs-situs .com muncul. Layanan email menjadi layanan yang booming. Email menjadi media berkomunikasi antar orang di internet. Yahoo! merupakan layanan email yang paling terkenal.
Spoiler for 2 search engine:
Search Engine
Setelah mulai bertebaran banyak situs, search engine menjadi pintu gerbang orang untuk menemukan situs yang sesuai dengan kebutuhan. Google berhasil menjadi layanan search engine paling banyak digunakan.
Saat ini Google berhasil membeli perusahaan-perusahaan lain (youtube, android, blogspot, dll) dan membangunnya menjadi sebesar sekarang. Meskipun banyak layanan, pemasukan terbesar Google tetap dari layanan mesin pencari.
Spoiler for 3 Blogging:
Blog
Agar setiap orang dapat mengekspresikan diri secara gratis di internet, bermunculanlah layanan blogging gratis. Dua layanan yang paling terkenal adalah Wordpress dan Blogspot.
Akhir-akhir ini muncul penantang baru yaitu Tumblr yang baru saja diakuisisi Yahoo!. Selain itu ada wix.com , weebly.com , dll
Layanan blog saya akui tidak serta merta membuat si pengguna baru rajin membuat artikel. Hal ini mengakibatkan banyak blog baru bermunculan namun hanya memiliki 1 artikel bahkan bisa jadi isinya hanya "Lorem Ipsum", hehe.
Spoiler for 4 Social Network:
Social Network
Jejaring sosial memiliki efek ketergantungan dibandingkan blog. Orang lebih rajin berekspresi bahkan satu hari bisa membuat banyak status baru (kalau di blog istilahnya posting). Jejaring sosial yang paling sukses saat ini apalagi kalau bukan Facebook.
Ada beberapa kategori jejaring sosial:
1 All in 1 : facebook
2 All in 1 dg teman terbatas 150 orang : path
3 Microblogging : twitter (140 karakter membuat orang lebih banyak memposting dan arus posting menjadi sangat cepat sehingga twitter sering menjadi pusatnya tren)
4 video : youtube, vimeo
5 video mini : vine (dibatasi 6 detik, milik twitter)
6 foto : instagram, flickr, dll
7 suara : soundcloud , last.fm , dll
8 kesukaan : pinterest, dll
9 lokasi : foursquare, dll
Spoiler for messaging:
Messaging
Pasca munculnya jejaring sosial ternyata masih ada celah tren baru yaitu layanan messaging.
Hebatnya, dengan cukup mendaftarkan nomor HP kita, si penyedia layanan akan mengambil data nomor HP di HP kita untuk kemudian menjadikannya terhubung sebagai teman di layanan tersebut. Oleh karena itu, proses pendaftaran akun layanan messaging ini tidak menggantungkan diri pada fb dan twitter.
Layanan messaging mulai dibuka oleh Whatsapp dan kemudian disusul oleh LINE, KAKAO, WeChat, dll.
Spoiler for next ???:
Apa yang akan menjadi tren selanjutnya ? Berharap dari orang Indonesia yang akan memulainya, Amiiin