alexa-tracking

[ Nah Lo] Beri uang pengemis akan kena denda Rp 50 juta

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/528573bd118b468c44000000/nah-lo--beri-uang-pengemis-akan-kena-denda-rp-50-juta
Ngakak 
[ Nah Lo] Beri uang pengemis akan kena denda Rp 50 juta
Merdeka.com - Memberikan uang kepada anak jalanan dan pengemis di jalan akan dikenakan sanksi berupa denda paling tinggi sebesar Rp 50 juta atau hukuman tiga bulan kurungan.

Kepala Dinas Sosial Palembang Faizal, mengatakan ketentuan tersebut sesuai dengan peraturan daerah yang mengatur pembinaan anak jalanan. Namun, saat ini perda masih melalui tahapan evaluasi oleh Pemprov Sumatera Selatan, katanya.

Menurut dia, meskipun penerapan sanksi belum akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Sosialisasi terus dilakukan agar mampu meminimalisir aktivitas anak jalanan dan pengemis di jalan-jalan.

Faizal mengatakan, masyarakat yang ingin beramal silahkan saja datang ke mesjid-mesjid atau panti asuhan sehingga jelas dan tepat sasaran.

"Jumlah masjid mencapai ratusan begitu juga dengan panti asuhan ada sekitar 70 unit, silakan ke sana saja," kata Faizal, Kamis (14/11).

Dia menjelaskan, selama ini pihaknya telah melakukan penelitian terhadap maraknya aktivitas anak jalanan. Bisa dipastikan, mereka berasal dari keluar urban dari berbagai daerah di Sumatera Selatan.

Faizal menambahkan, pendapatan pengemis dan anak jalanan tersebut sangat fantastis mencapai Rp400.000 per hari.

"Sangat tidak layak kalau mereka dikatakan miskin dengan penghasilan besar tersebut akibatnya terus dilakukan upaya pembinaan agar tidak kembali mengemis," tegasnya. [ian]
sumber

Nek Enot 'bergaji' Rp 3,5 juta dalam 10 hari, jauh di atas UMR
Merdeka.com - Tidak ada yang menyangka Nek Enot (71) mempunyai pendapatan begitu besar bahkan mengalahkan gaji seorang karyawan kantoran. Kalau sebulan saja bekerja meminta- minta, Nek Enot bisa mengumpulkan hampir Rp 10 juta.

Pendapatan Nek Enot ini jauh di atas upah minimum regional Jakarta sebesar Rp 2,2 juta per bulan. Pendapatan itu juga jauh di atas UMR Kabupaten Karawang, kampung asalnya sebesar Rp 2 juta per bulan.

Nek Erot terjaring petugas saat berada di depan pasar Mampang, Jakarta Selatan.

Nek Enot akan dikirimkan ke panti sosial usia lanjut jika tidak ada pihak keluarga yang menjemputnya di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya II.

Identifikasi Nek Enot sendiri rencananya akan dilakukan paling lambat akhir bulan ini. Namun tentunya hal tersebut berbenturan dengan keinginan Nek Enot yang berkeinginan pulang ke kampung halamannya di Karawang.

"Nanti rencananya maksimal 1 bulan ini kita kana rujuk Nek Enot ke Panti sosial Trisna Werda Budi Mulya, Cipayung, di mana panti tersebut khusus diperuntukkan untuk para lansia terlantar, ini sesuai dengan jenis permasalahannya dan usia Nek Enot sendiri," ujar ketua Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya II, Purwono kepada merdeka.com ditemui di lokasi, Jum'at (4/10).

Panti Sosial Bina Insan bangun Daya sendiri merupakan panti tempat penampungan sementara Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) sebelum nantinya direkomendasikan ke tempat Panti Sosial lainnya sesuai dengan permasalahannya.

Mengenai uang sebesar Rp 3,5 juta milik Nek Enot sendiri, Purwono menjamin uang tersebut tidak akan berkurang sepeser pun dan akan kembali ke tangan Nek Enot.

"Pada saat malam hari Nek Enot pertama dibawa kesini pun kami menghitungnya ramai-ramai selama dua jam dan saya sendiri menyaksikannya, saat ini uang tersebut telah kami amankan untuk keamanannya karena saya khawatir jika dibawa ke kamar uang tersebut bisa hilang dan saya jamin tidak akan ada yang berkurang sepeser pun nantinya dan akan langsung kembali ke tangan Nek Enot," tegasnya.
sumber

Kalo ane sih mending beramal ke mesjid daripada kasih pengemis emoticon-Cendol (S)
Apalgi banyak juga tuh yang pengemis badannya gemuk2, masih muda, dasar pemalas emoticon-Najisemoticon-Najis

Kalo masih nekat memberi, denda 50 juta, mampus aja emoticon-Matabelo
emoticon-Cool

Kalo ane gan mungkin cuma elus dada doang...bingung mau komengnya...di satu sisi ane mau beramal,sisi lain negara melarang dengan alasan tar jadi keenakan....emoticon-Berduka (S)
beramal dg tepat itu lebih baik..
Quote:


Pengemis lbh kaya dari ente
Coba perhatikan, yg masih anak2, bawa bayi, tdk jauh dr situ lihat aja ada ibunya yg lagi mantau,

Ane sering dapat tuh, kasihan juga, anaknya di eksploitasi, dipaksa ngemis, sedang ibunya santai bergosip di bawah payung emoticon-Cape d...

Lebih baik dendanya biasa aja, 500.000 -1.000.000, tp diawasin & dijalanin.

Daripada 50 jt, tp cuma gertak krn ngerasa kasihan denda orang 50 jt.

Terus tuh bos2 pengemis ditangkep2in denda 1 milyar terus tembak kakinya sampe cacat.

Orang tua yg ngijinin/nyuruh anaknya ngemis dipenjara 6 bulan.
ingat
PENGEMIS tidak sama dengan ORANG MISKIN
ORANG MISKIN tidak selalu MENGEMIS
Banyak Orang miskin lebih memilih bekerja sekuatnya, menjadi penjual koran, asongan, tukang bersih2, kerja serabutan daripada menjadi pengemis karena MALU/ Harga diri
maka kalau mau bersedekah, lebih baik beli dagangan orang miskin, beri pekerjaan serabutan dirumah, kenali dia, tanya kabar keluarganya, sukur2 bisa menyantuni anak anaknya.

saya lihat di saudi, orang2 sana sering memberi sedekah kepada para penyapu jalan. sedang pengemis disana dikejar2 aparat (jaringan pengemis)
mungkin di jakarta bisa diterapkan, daripada diberikan kepada pengemis, lebih baik diberikan pada bapak2 tua yang setiap hari membersihkan sampah di lingkungan kita
Quote:


Ini dia salah satu komentar yang cerdas emoticon-thumbsup
Quote:


setuju gan.. ane sendiri lebih respect sama orang yg biarpun susah tetep mau usaha, dan ane pernah liat di daerah pondok gede ada orang yg kakinya tinggal satu aja dia masih mau usaha jual rokok, permen dsb. dari pada orang yg cacatnya dibuat2, pura2 pincang, ada kamtib langsung bisa lari.. emoticon-Cape d... (S)
koruptor harus sering kasih duit ke pengemis
biar banyak terima doa emoticon-Hammer2
ya kalo bikin peraturan mudah2an diterapin aja ya

Perda Larangan Memberi Sedekah pada Pengemis Tidak Efektif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Peraturan Daerah DKI Jakarta yang melarang setiap orang memberikan sejumlah uang maupun barang kepada pengemis dinilai kurang sosialisasi. Sanksi bagi yang melanggar pun belum bisa diterapkan secara efektif.

Pada Peraturan Daerah (Perda) Provinsi DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum, pada pasal 40 huruf c disebutkan setiap orang atau badan dilarang memberikan sejumlah uang atau barang kepada pengemis, pengamen, dan pengelap mobil. Bagi yang melanggar pasal tersebut dikenai ancaman pidana kurungan paling singkat 10 hari dan paling lama 60 hari atau denda paling sedikit Rp 100 ribu dan paling banyak Rp 20 juta.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI, Lulung Lunggana, mengatakan Satuan Polisi Pamong Praja DKI (Satpol PP) harus lebih gencar lagi dalam memsosialisasikan Perda tersebut. Minimnya sosialisasi dan himbauan agar masyarakat tidak memberikan sedekah kepada pengemis, membuat penegakan Perda terkesan tidak efektif. "Padahal dalam aturannya sudah jelas. Hal ini untuk menghindari modus pengemis musiman yang hanya mengeruk keuntungan semata," kata Lulung, Kamis (12/8).

Menurut Lulung, Satpol PP perlu melakukan pendekatan persuasif, dengan memberikan peringatan, terutama kepada pengguna jalan yang kedapatan memberikan sejumlah uang kepada pengemis. Selain itu, Satpol PP perlu memasang sejumlah spanduk di sejumlah perempatan jalan yang berisi himbau kepada masyarakat untuk tidak memberikan sejumlah uang kepada pengemis.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta, Effendi Anas, mengakui belum efektifnya Perda tersebut. Hal ini karena masih ada anggapan masyarakat yang merasa kasihan dengan pengemis.
Quote:


jadi ente bakalan tetap beri uang ke pengemis atau tidak? emoticon-Bingung (S)
lebih parah lagi premen yang orasi2 ga jelan nyilet2 badannya yang motivnya sih cuma jadi pengemis minta2 duit ke penumpang trus maksa2 emoticon-fuck emoticon-Betty
pengemis memang salah satu profesi yang sangat menjanjikan bray..emoticon-Cool
Makanya selalu saja ada
Ajib perdanya emoticon-Matabelo
ntar diaduin ke MK lagi emoticon-Cape d...
beramal langsung aja masukin ke kotak amal....emoticon-Embarrassment
ngasih cepek tapi denda 50jeti
Quote:


emoticon-Cool

Ane tetep ngasih gan...maaf yah emoticon-Berduka (S)
tp adaa lohh kyk semacam ormas yg keliling2 gitu minta sumbangan yg katanyaa buat pembangunan mesjid atau apaa lah itu , entahh itu masuk kantong sendiri ato engga ane gatauu.. emoticon-Hammer2
makanya didirikan BAZ biar sedekahnya tepat sasaran gan..