alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/528383ba19cb172f0e000004/mungkinkah-manusia-mengebor-bumi-hingga-tembus
Inspiratif 
Mungkinkah manusia mengebor bumi hingga tembus?
Mungkinkah manusia mengebor bumi hingga tembus?
Mungkinkah manusia mengebor bumi hingga tembus?

Mungkinkah manusia mengebor bumi hingga tembus?

agan semua sudah tahu kan kalau bumi itu bulat? Nah, coba kita berandai-andai, mungkinkah manusia mengebor bumi dari satu titik, melewati inti bumi, kemudian tembus ke titik di baliknya?
Tentu saja tidak mudah menjawab pertanyaan itu. Sekarang, tampaknya mustahil manusia bisa mengebor bumi sampai tembus. Entah di masa-masa mendatang, barangkali manusia menemukan teknologi yang lebih maju di bidang pengeboran.

Yang jelas, bola bumi memiliki diameter sepanjang 12.756 kilometer atau lebih dari 12 juta meter. Jadi, kalau manusia ingin mengebor bumi sampai tembus, diperlukan alat bor yang panjangnya lebih dari 12 juta meter. Wow…, panjang sekali.

Selain itu, suhu di inti bumi sangat panas. Inti bumi terdiri dari nikel beku setebal 1.370 km dan suhu mencapai 4.000 0C. Wow, panas sekali, ya? Apa alat bornya tidak meleleh pada suhu setinggi itu?
Spoiler for lapisan bumi:

Pengeboran Terdalam
Bumi terdiri atas empat lapisan yang berbeda. Para ahli geologi menyatakan, sejak bumi mendingin 4,6 milyar tahun lalu, material yang berat “tenggelam”, sedangkan materi yang ringan muncul ke permukaan. Karenanya, lapisan kulit bumi terbuat terbuat dari materi yang ringan seperti batu granit. Sedangkan bagian dalam bumi berisi logam berat seperti nikel dan besi.
Spoiler for struktur bumi:

Kulit bumi adalah tempat yang kita tinggali ini. Di bawahnya adalah mantle (mantel), berupa materi berbentuk pasta seperti bubur. Inti bumi sangat panas dan memiliki tekanan yang sangat tinggi. Tubuh manusia akan hancur seperti perkedel jika datang ke pusat inti bumi karena tekanan yang sangat tinggi.

Manusia melakukan pengeboran bumi untuk beragam alasan. Untuk penelitian, mencari minyak, air, atau tujuan lain. Manusia sudah berhasil meneliti lapisan kulit bumi, tetapi inti bumi masih menjadi misteri.

Pengeboran minyak bumi biasanya ”tidak dalam”. Pada kedalaman 6.000 meter, minyak sudah ditemukan. Pengeboran terdalam yang pernah dilakukan manusia adalah yang dilakukan di Kola Peninsula, Rusia. Pengeboran itu dimulai pada 1970 dan mencapai kedalaman 12.262 meter pada tahun 1994. Teknik pengeboran tidak dengan memutar alat bor, tetapi ditekan sedikit demi sedikit sambil mengeluarkan lumpur.

Tujuan pengeboran Kola Peninsula adalah 15 ribu meter. Tetapi tidak berhasil. Pada kedalaman itu, suhu mencapai bisa mencapai 300 derajat celcius atau bahkan lebih tinggi lagi. Terlalu panas untuk mengoperasikan alat bor di sana.

Pengeboran lain yang cukup dalam dilakukan di laut Kaspia. Mencapai kedalaman hampir sedalam di Kola Peninsula. Selain itu, ada pengeboran untuk riset di Bertha Rogers, Oklahoma, Texas dengan kedalaman 9.583 meter.
Spoiler for buka:

Pada pengeboran di Peninsula, tidak ditemukan minyak atau sumber alam. Tetapi ilmuwan berhasil mempelajari susunan lapisan bumi, termasuk lempeng yang berkaitan dengan gempa bumi serta komposisi fisik dan kimia dari inti bumi.
Spoiler for buka:

Tidak selamanya manusia melakukan pengeboran dari darat. Manusia juga melakukan pengeboran di laut. Bisa dengan mendirikan pangkalan bor di laut, biasa disebut rig. Bisa juga mengebor melalui kapal, seperti kapal “Joides Resolution”. Kapal Joides Resolution memiliki tujuh lantai, milik Joint Oceanographic Institute yang bergerak di bidang penelitian ilmiah.
Spoiler for buka:

Nah, manusia telah mampu mengebor ke bumi sedalam lebih dari 12 ribu meter. Padahal diameter bumi mencapai 12 juta meter. Jadi, baru satu dibanding seribu. Mungkinkah suatu saat manusia bisa mengebor bumi sampai tembus?emoticon-Matabelo
Spoiler for buka:


sekian trit dari aneemoticon-Rate 5 Star

Budayakan
Spoiler for buka:

Yang ga komen
Spoiler for buka:

TS Mengharapkan
Spoiler for buka:
:
ga mungkin lah
jadi inget pelem core emoticon-Takut

yah pasti ada batasannya gan ga akan bisa nembus
mungkin aja gan kalo emang niat, cuma kan ada aspek buruknya buat bumi & penghuninya
kaya nya ga mungkin jg,tapi kalo bisa sih serem jugaemoticon-Takut
ga ada yang ga mungkin gan, meskipun kemungkinannya cuma 0,001% . dan kemungkinan yang 0,001% itu kemungkinan besar gagal emoticon-Smilie
kayak di film total recall 2012 dong jadinya

Mungkinkah manusia mengebor bumi hingga tembus?
kalo di pelem Man of Steel kayany bs tuh gan..
kl gk salah yah,.,.
emoticon-Malu (S)
kalo sampe tembus sih ga mungkin lah mnurut ane..
soalnya inti bumi itu lohh yg panas bgt
-- gk mungkin gan-
emoticon-Cape d... mau sampe kapan tuh baru tembus emoticon-Ngakak
ya elah gan, bahaya kali. bisa muncrat2 kaya lapindo ntar.. emoticon-Wink
Quote:Original Posted By adie62drmzz
kalo di pelem Man of Steel kayany bs tuh gan..
kl gk salah yah,.,.
emoticon-Malu (S)


iye gan mirip banget emoticon-linux2
g mungkin gan panasnya itu g nahan, tp gad yg g mungkin sih
kemungkinan berhsilny kecil gan
Jika tuhan menghendaki tentu saja bisa emoticon-Cool
kyknya gak mungkin dehh..
klo beneran ntar kayak lapindo.. emoticon-Takut
Butuh teknik yang tingi dan strategi yang matang ya gan emoticon-Matabelo cuman apa gak ada efek sampingnya klo di bor sampai inti bumi emoticon-Takut
mungkin untuk sekarang ga bisa gan, tapi ga menutup kemungkinan kalo di masa yang akan datang akan terjadi emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

dari yg ane tau, mata bor atau bit itu dari DIAMOND gan jadi keras dan tahan panas tapi kalo bor nya ga tau deh setahan apa sama panas emoticon-Matabelo
susah kayaknya gan,ngebor dikit aj udah susah.apalagi kalo ad kejadian banjir lumpur kayak d lapindo...