alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/528336673dcb17f261000001/alasan-mengapa-otot-terasa-nyeri-sehabis-olahraga
Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga
Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga
Quote:
Agan/wati Sering Olahraga?? ane tau di Jagat kaskus ini banyak sekali kaskuser yang suka olahraga, olahraganya pun berbagai macam dari Lari, Joging, Fitnes, Futsal, Sepakbola, Yoga, Senam dll
Tapi Apakah Olahraga yang sudah di lakukan itu baik dan Benar ? sehingga tidak menimbulan Nyeri otot atau kah Cedera?

Quote:Rasa Nyeri Usai olahraga itu baikah?
bagaimana cara mengatasi nyerinya?

Quote: Seberapa sering begitu Anda selesai berolahraga, keesokan harinya Anda merasakan rasa nyeri yang luar biasa? Bahkan sesuatu yang sederhana seperti turun tangga dapat terasa menyiksa. Hal ini dikenal juga dengan nama nyeri otot tertunda atau DOMS. Berikut penyebab dari rasa nyeri tersebut dan cara mengatasinya.
Quote:
- Penyebab nyeri otot (DOMS) sehabis berolahraga
- Cara mengatasi nyeri otot sehabis berolahraga
- Cara mengantisipasi nyeri otot

Quote:PENYEBAB RASA NYERI SEHABIS BEROLAHRAGA
Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga
Dikenal juga dengan nama Delayed Onset Muscle Soreness (nyeri otot tertunda) atau DOMS, yang dimana merupakan hasil dari aktivitas-aktivitas seperti melakukan suatu pekerjaan biasanya adalah olahraga. Khususnya jika:

Quote:- Anda melakukan aktivitas yang baisa tidak anda lakukan (seperti biasa Anda hanya jogging, tahu-tahu sekarang Anda melakukan maraton) emoticon-Hammer
- Anda meningkatkan tingkat intensitas olahraga Anda atau memperpanjang waktu olahraga Anda emoticon-Embarrassment
- Melakukan olahraga yang esentrik, seperti turun gunung atau membentangkan tangan untuk melatih bicep. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


Melakukan aktivitas-aktivitas seperti ini dapat menyebabkan luka yang tidak terlihat mata (microdamage atau microtear) ke serabut atau jaringan otot yang akan Anda rasakan sehari sampai dua hari kemudian. Besarnya luka ini tergantung dari intensitas dan berapa lama aktivitas yang Anda lakukan.
Quote:SEBENARNYA HAL INI BAIK ATAU TIDAK?
Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga
Sebelum kita mengatakan hal ini baik atau tidak, Anda mungkin harus mengetahui terlebih dahulu apa yang terjadi selama Anda dalam masa nyeri tersebut. Pada saat microdamage ini terjadi di jaringan otot, tubuhkita akan mulai memperbaiki dirinya sendiri dengan menciptakan jaringan otot yang lebih kuat dan membuatnya lebih tahan banting serta lebih baik dari sebelumnya. Rasa nyeri yang kita rasakan adalah selama siklus perbaikan ini.

Jadi, apakah hal ini baik? Jawabannya adalah ya. Hal ini dikenal dengan nama latihan ketahanan yang dimana intinya Anda menyebabkan microdamage di otot Anda dan menunggu tubuh kita menggantinya dengan otot yang lebih kuat dan lebih baik.
Quote:BEDAKAN NYERI OTOT DAN LUKA LAINNYA
Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga
Tapi Anda harus memastikan bahwa yang Anda rasakan adalah DOMS atau nyeri otot bukan luka lainnya. Cara terbaik untuk mencari tahu hal tersebut adalah nyeri otot ini bersifat bilateral. Misalnya jika Anda merasakan nyeri yang berlebih di pundak satunya padahal Anda melakukan olahraga untuk kedua belah pundak, maka kemungkinan besar itu bukan DOMS melainkan luka persendian atau sejenisnya.

Anda juga harus mengetahui bahwa seperti namanya, nyeri otot itu terjadi di otot bukan di persendian. Jika Anda merasakan ada yang aneh di persendian Anda, kemungkinan besar itu merupakan tanda dari luka sendi (osteoarthritis). Hal lain adalah nyeri otot tidak terjadi langsung secara tiba-tiba, biasanya terjadi beberapa lama setelah berolahraga, kebanyakan terjadi besoknya.
Quote:CARA MENGATASI NYERI OTOT SEHABIS BEROLAHRAGA

Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga
Jika Anda merasakan nyeri otot tersebut sangat menyiksa, cara-cara berikut ini dapat meringankan nyeri tersebut. Walaupun tidak semuanya didukung oleh riset nyata, para atlit mengatakan hal berikut ini terbukti efekfif.
Quote:
Active Recovery, merupakan sebuah cara yang didukung riset nyata dimana mengatakan olahraga dengan intensitas rendah lebih baik daripada mengistirahatkan diri. Biasanya disebut dengan Pendinginan sehabis berolahraga.
Istirahat, ini merupakan cara yang paling banyak dibuktikan oleh para atlit, dimana rasa nyeri akan hilang sehabis 3 sampai 7 hari.
Pemijatan, jika Anda pernah menonton pertandingan olahraga, Anda mungkin pernah melihat beberapa atlit dipijat oleh pelatihnya. Hal ini untuk mengurangi rasa nyeri ini.
Air dingin atau Air Hangat, walaupun masih diperdebatkan, beberapa atlit mengatakan bahwa air dingin atau air hangat dapat meringankan rasa nyeri, tetapi jangan gunakan air hangat jika rasa nyeri baru dirasakan
Yoga, banyak yang mengatakan bahwa melakukan Yoga dapat meringankan rasa nyeri ini.


Biasanya rasa nyeri ini terjadi hanya dalam waktu 3 sampai 7 hari, dan hal itu tergantung dari olahraga yang dilakukan serta orang itu sendiri. Jika terjadi dalam jangka waktu lama, lebih baik Anda melakukan pemeriksaan ke dokter.
Quote:CARA MENGANTISIPASINYA
Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga
Walaupun nyeri otot tidak bisa diatasi secara penuh dan hanya bisa diringankan dengan tips-tips di atas, Anda dapat mengantisipasinya dengan cara-cara berikut ini. Antisipasi ini akan mengurangi intensitas rasa nyeri dan waktu dari rasa nyeri tersebut.

Quote: Lakukan Bertahap, Jika Anda memang ingin meningkatkan kebiasaan olahraga Anda dalam hal lama dan intensitasnya. Lebih baik tingkatkan secara perlahan daripada sekaligus.
Lakukan Pemanasan, Ini tentu merupakan cara terbaik dan pasti harus Anda lakukan sebelum berolahraga
Lakukan Pendinginan, Sama halnya seperti pemanasan, sesudah Anda berolahraga lakukanlah pendinginan dengan perengangan otot.
Mintalah bantuan Ahli atau Pelatih, Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukan olahraga yang benar dan aman, lebih baik minta bantuan dari para ahli.
Jangan Tiba-tiba, Seperti yang disebutkan di tips pertama mengenai lakukan bertahap, jangan pernah melakukan perubahan yang tiba-tiba dalam kebiasaan olahraga Anda.


Quote:Rasa nyeri memang menyiksa dan menjengkelkan, tetapi seperti kata "No Pain No Gain", rasa nyeri ini akan memberikan Anda peforma yang lebih baik.
Bagi sebagian orang olahraga seperti fitnes, Kardiovaskular dll bisa mengakibatkan nyeri pada keesokan harinya. Rasa nyeri pada otot setelah latihan biasa disebut dengan Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS).

Nyeri ini biasanya terjadi akibat melakukan latihan intensitas tinggi seperti angkat beban atau sprint, sehingga jaringan otot mengalami luka kecil akibat latihan tersebut. Nah, saat pemulihan luka tersebut, jaringan otot akan menyembuhkan diri sehingga Anda akan mengalami DOMS. Proses ini biasanya terjadi satu hari setelah latihan


Sumber
Quote:Theread ini Di Dukung Oleh :
Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga
emoticon-Kaskus Lovers Klik Banner untuk kunjungi markas kami emoticon-Kaskus Lovers
pemanasan penting gan emoticon-thumbsup




Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga
haiii, add me gan



Izin memahami doloh emoticon-Big Grin



emoticon-Metal emoticon-Metal emoticon-Metal emoticon-Metal emoticon-Metal

Dzuliar [$]

The Lounge Enthusiast

Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga

UserID: 5259617
Join: 11-3-2013
Posts: 110.000

Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga

makasih tips CARA MENGATASI NYERI OTOT SEHABIS BEROLAHRAGA
sangat bermanfaat emoticon-Embarrassment



Quote:
berpacaran : marsilla emoticon-Wowcantik
bersahabat : mi.ya.bi emoticon-shakehand
padepokan : tokomapan emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
studio : tukangpundung emoticon-rose
Yg penting pemanasan gan emoticon-Big Grin
Sangat berpengaruh emoticon-Big Grin
nyimak dolo ganemoticon-Belo
kejepit asam laktat ya emoticon-Hammer2
wahmakasih penejlasannya gan

btw yg penting pemanasan cukup

dan rendam air panas kakinya setelah olahrga pasti ga nyeri emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By li17
nyimak dulu paman emoticon-Matabelo
Spoiler for :

nyimak dulu apa post dulu nih emoticon-Big Grin
editing post buat hasil nyimaknya atau ane request delete post emoticon-army
ini masuk dalam golongan jungker emoticon-Mad
Quote:Original Posted By blesspanda
pemanasan penting gan emoticon-thumbsup




Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga
haiii, add me gan

bagaimana cara melakukan pemanasan?? emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By saliwo
pemanasan dulu gan



pemansan mesin mootor yah :emoticon-Hammer
kalo yang ane tau , kita butuh banyak oksigen karena berolahraga , nah dalam tubuh kita kan ada 2 tipe respirasi . pertama respirasi aerob nah respirasi aerob ini pada sel menghasilkan 36 ATP tiap selnya ketika berolahraga kita lebih banyak membutuhkan energi ,karena respirasi aerob tidak mampu memenuhi kebutuhan tersebut , tubuh kita melakukan respirasi anaerob nah pada respirasi ini hanya menghasilkan 2 ATP.. + asam laktat , asam laktat yang menumpuk mengakibatkan otot kita nyeri atau lelah ...

CMIIW , ane sok tau banget deh emoticon-Hammer
ane sering banget tuh gan abis olahraga sering ngerasa nyeri , soalnya ane jarang2 olahraga , tapi udah mulai mau olahraga rutin dari sekarang emoticon-Cool
thanks infonya gan,
oia lupa mau ada yang ane tanyain misalkan ane tuh push up yang sering 50 tapi ane paksaain sampe 100 itu bagus ga gan ? emoticon-Bingung (S)
ow pantesan ane kemaren nyeri banget tangan ane pas mau di lurusin emoticon-Matabelo
ternyata begitu ya kejadian nya emoticon-Big Grin
ane yakin yang dijelasin TS bener semua
emoticon-Angkat Beer
karena TSnya guru olahraga
emoticon-Recommended Seller

semoga HT biar tersebar
emoticon-Recommended Seller
ohh jadi sehabis olahraga klo badan kita pegel-pegel malah bagus ya,

buat ngelatih otot kita biar makin kuat, nice emoticon-thumbsup
ane juga ngalami ky gtu Gan....oh ternyata baik buat ganti jaringan otot menjadi lebih kuat ya....baru tw ane gan thx inponya gan...
Udah biasa nyeri otot gini mah kalo abis futsal, 1-2 hari juga ilang emoticon-I Love Indonesia (S)
no pain no gain
no guts no glory

otot seperti karet, lama ga dipake gerak dia bisa kaku
harus pemanasan dl biar lentur
klo uda lentur ntar ga brasa sakitnya
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
nice thread gan, untuk recovery bisa juga Foam Rolling, pake paralon dibalut bahan empuk terus dipijit2 ke otot sehabis olah raga emoticon-Cendol (S)
Wah info yang sangat berguna!
Biasanya ane males olahraga gara-gara sesudahnya selalu timbul nyeri, ternyata ini alesannya. Thanks gan! emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By ddikodroid
Yg penting pemanasan gan emoticon-Big Grin
Sangat berpengaruh emoticon-Big Grin

pemanasan Statis dulu baru pemanasan dinamis emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ipewannasay
nyimak dolo ganemoticon-Belo
kejepit asam laktat ya emoticon-Hammer2

asam laktat apa asam amino emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By tokomapan
wahmakasih penejlasannya gan

btw yg penting pemanasan cukup

dan rendam air panas kakinya setelah olahrga pasti ga nyeri emoticon-Big Grin

awal olahraga yah tapi jenis pemansan olahraganya terantung dulu dari jenis olahraga yg dilakukan emoticon-Big Grin
pemansan buat lari beda sama buat sepak bola atau buat olahraga Voly dll
Quote:Original Posted By Rahmad19
kalo yang ane tau , kita butuh banyak oksigen karena berolahraga , nah dalam tubuh kita kan ada 2 tipe respirasi . pertama respirasi aerob nah respirasi aerob ini pada sel menghasilkan 36 ATP tiap selnya ketika berolahraga kita lebih banyak membutuhkan energi ,karena respirasi aerob tidak mampu memenuhi kebutuhan tersebut , tubuh kita melakukan respirasi anaerob nah pada respirasi ini hanya menghasilkan 2 ATP.. + asam laktat , asam laktat yang menumpuk mengakibatkan otot kita nyeri atau lelah ...

CMIIW , ane sok tau banget deh emoticon-Hammer

wow banget penjelasnya emoticon-2 Jempol
coba jelasin dulu apa itu 2 ATP emoticon-Betty (S)
Quote:Original Posted By rokesboy
ane sering banget tuh gan abis olahraga sering ngerasa nyeri , soalnya ane jarang2 olahraga , tapi udah mulai mau olahraga rutin dari sekarang emoticon-Cool
thanks infonya gan,
oia lupa mau ada yang ane tanyain misalkan ane tuh push up yang sering 50 tapi ane paksaain sampe 100 itu bagus ga gan ? emoticon-Bingung (S)

Bgaus itu gan emoticon-Cool
kalau sanggup 100x sekaligus tapi kalau gak,,pakai interval 2 kali aja..
50 dulu terus istirahat 20 deitk dobol lagi 50 jadi 100 emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By ainulx1
ow pantesan ane kemaren nyeri banget tangan ane pas mau di lurusin emoticon-Matabelo
ternyata begitu ya kejadian nya emoticon-Big Grin

emoticon-Shakehand2
itu cedera tangan ente gan emoticon-Embarrassment
di tagan apa di jari?
Quote:Original Posted By baccuu
ane yakin yang dijelasin TS bener semua
emoticon-Angkat Beer
karena TSnya guru olahraga
emoticon-Recommended Seller

semoga HT biar tersebar
emoticon-Recommended Seller


Calon Guru yang mash menjadi Mahosiswa emoticon-Malu (S)