CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
ini sejarah wafer pertama ditemukan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52824b1fbbf87bd906000003/ini-sejarah-wafer-pertama-ditemukan

ini sejarah wafer pertama ditemukan

WAFER


Wafer sudah tidak asing lagi ditelinga kita, semua kalangan tua, muda, anak kecilpun tau yang namanya wafer. Wafer bisa dikatatan sahabatan dengan biskuit, yang dulu hanya tumpukan berlapis-lapis (bisa saja ini sudah bentuk yg populer) bahkan bisa saja masih dalam bentuk abstrak hehhee..... kini sudah banyak modif seperti wafer dilumuri coklat cair, dilapisi karamel dll. Biasanya para cheaf juga melakukan eksperimen hingga memperoleh inovasi baru. wow sungguh menankjubkan. Sebagai cemilan yang sangat populer di abad ini, wafer punya sejarah yang sangat panjang. Ternyata makanan ringan ini udah berkelana keliling dunia sejak abad ke-7 loh !!!
ini sejarah wafer pertama ditemukanini sejarah wafer pertama ditemukan

Belanda, abad ke-7. Untuk pertama kali seorang koki kreatif di Belanda menyajikan hidangan pembuka yang gak lazim. Kue itu dipanggang dalam bentuk dan cara spesial hingga teksturnya luar biasa renyah. Thats why cemilan ini disebut “waffle” yang artinya kue renyah—sebagai cikal bakal wafer. Karena panganan ini begitu enak, sedkit demi sedikit wafer mulai dikenal dan muncul di negara-negara lain.

Eropa, abad pertengahan (abad ke-13). 400 tahun sejak wafer pertama dibuat, untuk pertama kalinya para pembuat wafer di Prancis berkumpul dan membentuk kongsi untuk memproduksi dan menjual wafer buatan mereka. Karena masih handmade dan dipangganng dengan panggangan biasa (bukan pakai mesin kayak sekarang), seua wafer berbentuk sama, bundar dengan pola honeycomb (berlubang-lubang kayak sarang lebah). Tapi gak lama keudian pola tersebut berubah dan berkembang menjadiberbagai macam (daun, matahari, jajaran genjang, atau segitiga kecil-kecil). Wafer jadi salah satu hidangan penutup pentinng yang wajib menghiasi jamuan besar para petinggi negara.

Chicago,1983. Saat ini mesin uap telah ditemuakan. Salah satu mesin yang sangat diminati adalah yang mengeluarkan uap dengan aroma sedap. Lebih mantap lagi, esin itu bisa membuat hidangan wafer sendiri! Yep amazing sekali !!! sekarang wafer punya bentuk baru dan berlapis, serta diproduksi masal menggunakan mesin. Berbagai krim gula disisipkan diantara lapisan-lapisan, alhasil wafer jadi makin populer.

Kerajaan Austro-Hongaria, 1880-1890. Dua produsen penganan ringan, Karlsbader Oblaten dan Neapolitaner, bergabung menciptakan wafer baru dengan ukuran lebih kecil dan lapisan lebih banyak (5 lapis wafer + 4 lapis krim gula). Wafer jenis baru ini langsung jadi primadona dan populaer abis. Sampai sekarang pun kamu bisa menemukan wafer ini dan menjajalnya kalo kebetulan jalan-jalan ke toko kue atau hypermarket di Austria dan Jerman. Teknologi pembuatannya memang udah makin modern, tapi popularitas wafer hasil marger ini tetap tinggi seperti waktu pertama kali dibuat.

Eropa Tengah, 1920. Kini nyaris seluruh dunia mengenal wafer. But, kali ini wafer kini hadir dalam bentuk kemasan. Tujuannya supaya kerenyahan dan kualitas wafer bisa tetap terjaga dalam jangka waktu yang lebih lama. Bentuk wafer juga mengalami perubahan menjadi bulat panjang menyerupai pipa kecil. Bagian tengahnya diisi krim gula berbagai rasa (coklat, strawberry, dll).
Sekarang. Berbagai macam bentuk dan ras wafer bermunculan dan nggak ada satu pun penduduk dunia yang nggak kenal cemilan renyah ini.


Moga gak repost
ini sejarah wafer pertama ditemukan
Diubah oleh shifaputri
oh begitu ya
Diubah oleh ismu.nandar
keduax
Diubah oleh zuperkipz
oohhh,,,, gitu toh,,, baru tau ane emoticon-Bingung (S)
wafer alot gak enak gan emoticon-Embarrassment



Quote:
Post ini telah dihapus oleh celanaman
Quote:


ini sejarah wafer pertama ditemukan
Ouwh tnyata sejarahnya gitu Ɣªª gan,baru tau emoticon-Ngakak (S)
Quote:


enak gan renyah,kalau alot tu batu...ehheheheemoticon-Shakehand2

dicelup di kopi item emoticon-Embarrassment
Quote:

pastim mantappp ganemoticon-2 Jempol
stroopwafel dr belanda gan, sebenernya macam wafel itu banyak. Belgian wafle contoh lainnya. yg beda tiap wafel adalah konsistensi adonan, aroma khas, bentuk wafel itu sendiri. emoticon-Kiss (S)
kalo yg belanda punya biasanya dibagi dua trus di oles madu atau maple syrup di tengahnya. emoticon-Embarrassment

Indonesia baru punya pancake doang, surabi, buat wafel ada wafel tango emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S)
Quote:


ada gan wafer favorit ane niini sejarah wafer pertama ditemukandioles madu kayaknya lebih enakemoticon-2 Jempol
bisa jadi wafer yang enak di jaman skarang
emoticon-I Love Indonesia (S)
begitu sejarahnya ya, baru tau gan emoticon-Big Grin
waffer tango yg paling ane suka emoticon-Malu (S)


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di