alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5281da403ecb17c41600000c/eco-driving-mengemudi-efisien-amp-efektif-di-perkotaan
(Eco Driving) Mengemudi Efisien & Efektif Di Perkotaan
Sekedar berbagi,

Sudahkah MasBro & MbaSis mengenal dengan baik teknologi kendaraan hariannya? Dengan mengetahui fitur dan cara penggunaan yang benar, maka mengemudi dapat lebih aman, efisien & efektif.

Salah satu istilah yang dikenal adalah Ecodriving. Prinsip dasarnya, ecodriving adalah cara mengemudi dengan orientasi menekan jumlah konsumsi bahan bakar, kadar emisi dan tingkat kecelakaan. Kuncinya adalah optimalisasi teknologi yang terdapat pada kendaraan yang digunakan.

Quote:(Eco Driving) Mengemudi Efisien & Efektif Di Perkotaan

Produsen otomotif asal Yokohama, NISSAN, Melalui Nissan Green Program, mengajak para pengendara roda empat berperilaku ramah lingkungan melalui penggunaan fitur pada kendaraan secara optimal.

Spoiler for Makes City Life Easier:


CLIMATE CONTROL
Mengatur suhu udara dalam kabin sesuai kebutuhan.

(Eco Driving) Mengemudi Efisien & Efektif Di Perkotaan

Pada mobil yang memiliki fitur Auto A/C, pada saat suhu yang dibutuhkan tercapai, kerja komponen lebih efektif, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar.

ABS
Teknologi Anti-Lock Brake Systems (ABS) membantu Pengendara mengendalikan lingkar kemudi pada saat melakukan pengereman.

Istilah ABS seringkali diingat sebagai “Always Brake & Steer”, artinya dapat mengendalikan kemudi secara normal dengan menginjak pedal rem secara bertahap tanpa di pompa seperti rem konvensional.

(Eco Driving) Mengemudi Efisien & Efektif Di Perkotaan

Pengendalian kemudi saat pengereman menjaga stabilitas kendaraan dan mengurangi resiko kecelakaan.

FUEL TRIP
Memantau indikator fuel consumption (FC) yang terdapat pada cluster kendaraan dapat membantu Agan menghitung jumlah bahan bakar yang digunakan pada jarak yang sama.

FC dapat berbeda-beda, bergantung pada banyak faktor, diantaranya kondisi lalu lintas, beban angkut, gaya mengemudi dan sistem pembakaran.

(Eco Driving) Mengemudi Efisien & Efektif Di Perkotaan

Cobalah bandingkan pada saat mengemudi dengan beban angkut dan jarak tetap serta kondisi lalu lintas yang relatif sama, namun gaya mengemudi yang berbeda (antara 2.000-2.500 RPM dengan 2.500-3.500 RPM).

TRAVEL MATE
Berkendara bersama kerabat yang memiliki tujuan yang sama dengan memaksimalkan ruang kabin yang tersedia.

(Eco Driving) Mengemudi Efisien & Efektif Di Perkotaan

SIDE REPEATER
Selain lampu sein (side marker), penting juga diperhatikan kondisi side repeater.

Letaknya disisi kiri kanan bagian fender depan kendaraan, dan beberapa optional terdapat tambahan pada cover kaca spion luar.

(Eco Driving) Mengemudi Efisien & Efektif Di Perkotaan

Fungsi side repeater memberitahu pengendara lain yang berada disisi kendaraan Agan apakah mobil yang Agan kendarai akan mengambil jalurnya atau tidak.

ROOF PANEL
Bagaimana aerodinamika atap kendaraan Agan? Apakah pemasangan aksesoris seperti roof bar dan roof rack sesuai fungsi dan kapasitasnya? Atau hanya sebagai hiasan yang menghambat laju kendaraan dan menimbulkan bunyi bising pada atap kabin?

Spoiler for BOOMERANG SHAPED:


TURNING RADIUS
Pelajari radius putar kendaraan Agan untuk mengurangi maju-mundur kendaraan terutama pada saat parkir.

Spoiler for 4.5M TURNING RADIUS:


Teknologi apakah yang terdapat pada kendaraan Agan yang dapat mendukung gerakan ecodriving?

Silahkan share disini... emoticon-Kiss
stuju gan sama penggunaan lampu sein
emang harus sadar diri kalo mao ambil jalur orang
ibaratnya permisi dulu emoticon-Ngakak (S)

kayanya kalo disurvei menarik
bisa-bisa yang sadar pake sein kalo mao ambil jalur dibawah 50% emoticon-Ngakak
*palagi kebanyakan pengendara roda 2 - no hurt feeling
nais infoh Om emoticon-Jempol
mubil yang direview faporit bini ane
cocok buat anter anak ke skolah
mungil,irit,affordable emoticon-Add Friend (S)
turning radiusnya banyak juga ya..
enak ni buat yang parkir di gang
gak maju mundur berkali-kali
kaya singa ganolnem ane emoticon-Malu (S)
pantes aja bentuk atapnya nissan march kaya boomerang
kirain buat gaya-gayaan doang emoticon-Malu (S)
ternyata desainnya itu ada fungsinya mengurangi polusi suara yah? emoticon-Add Friend (S)
tambah elmu.. emoticon-Add Friend (S)
jadi emang gak bisa dipukul rata konsumsi bbm
semua tergantung cara kita berkendara
Quote:Original Posted By BIJI.AH
stuju gan sama penggunaan lampu sein
emang harus sadar diri kalo mao ambil jalur orang
ibaratnya permisi dulu emoticon-Ngakak (S)

kayanya kalo disurvei menarik
bisa-bisa yang sadar pake sein kalo mao ambil jalur dibawah 50% emoticon-Ngakak
*palagi kebanyakan pengendara roda 2 - no hurt feeling


Motor2 mah sein nya kadang pake kaki emoticon-Ngakak
Paling benci emg pengendara roda 2, sein kekiri tapi malah belok kekanan.
Budayakan lampu sein sebelum pindah jalur atau berbelok.
Quote:Original Posted By geraldhartantyo


Motor2 mah sein nya kadang pake kaki emoticon-Ngakak
Paling benci emg pengendara roda 2, sein kekiri tapi malah belok kekanan.
Budayakan lampu sein sebelum pindah jalur atau berbelok.


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
hooh...kalo nga inget dosa bawaannya pengen gw tubruk tuh kaki
emoticon-Ngakak
setuju Masbro..
gaya mengemudi emang salah satu faktor efisiensi kendaraan, gak cuma konsumsi bbm, tapi juga parts lainnya terutama fast moving parts seperti usia pelumasan, mekanikal, elektrikal dan lainnya

ayo dukung eco driving emoticon-Add Friend (S)
Tambahan dari kaskuser di kamar sebelah:


Quote:Original Posted By djamurmaugabung
Ane sendiri mulai terbiasa eco driving. Kalau pakai brio, gak pernah mati tuh indikator ECO di speedo. emoticon-Big Grin

Share cara mengemudi ane:
- Secara cepat pilih rute yg mau dipakai, yg paling efisien dalam arti paling dekat atau paling lancar. Bikin rute A-B-C. Makin lancar dan makin pendek perjalanan, akan mengurangi konsumsi BBM.

- Tekan pedal gas secara halus, jangan di sentak. Jangan tekan pedal gas sampai habis.

- Kalau mobil manual, usahakan banyak menggunakan shift Netral. Tapi siap2 juga dengan engine break & rem. Mobil matic, tinggal main gas aja, jgn terlalu bringas nge gas nya.

- Masih dengan mobil manual, usahakan mengemudi dengan gigi yg tinggi. Misal, jalan 60 kmh biasa di gigi 3, pakailah gigi 4 atau 5, tergantung kondisi jalan. Siap2 juga engine break & rem.

- Kurangi bobot kendaraan yg tidak penting. Asesoris2 yg tidak penting mending taro di rumah atau di tempat sampah. emoticon-Stick Out Tongue

- Hilangkan asumsi mobil dengan cc kecil lebih irit dibanding cc besar. Apalagi percaya dengan "katanya". Katanya mobil ini bisa sampai 1:20... ATPM melakukan pengujian tidak seperti kondisi jalan yg kita lalui sehari2.
Mulai perhitungkan spesifikasi yg ada. Bobot kendaraan & power mobil.
Ada mobil 1000 cc, tapi body nya segede gaban, jelas kalah irit dengan body yg sama tapi 1300cc atau 1500 cc.

Atau mobil kecil 1300 cc dengan sedan 2000 cc, bisa lebih irit mobil 2000cc.

Perhitungannya harus mendapatkan hasil, 1 tenaga kuda (horse power), membawa berapa kg bobot kendaraan.
1 tenaga kuda yg membawa bobot terkecil-lah yg pasti lebih irit.


* ane sendiri belum pernah bawa nissan march. Tapi untuk nissan grand livina 1500 cc dan 1800 cc, lebih irit 1800 cc. Dengan kondisi driver, rute, medan, dll nya sama.

Kalau tidak dipakai rutin, lebih baik beli mobil kecil. Selain lebih bisa berbagi space di jalan. Mobil kecil juga lebih irit.
Asumsi ane nih gan: Mobil 7 seater, tapi tiap hari cm dipake 2 penumpang atau cm driver aja. Beban lebih besar, alhasil lebih boros & sayang juga agan beli mobil mahal2 cuma nambah kursi belakang 2, bagasi sempit yg akhirnya kursi belakang dilipat juga & mobil agan boros juga gara2 kursi itu. Selain itu, dijalan memakan space lebih besar. Berpengaruh kalo macet, antrian 10 mobil 7 seater akan memakan space lebih besar dibanding city car. emoticon-Big Grin

Kalau tiap hari pakai cuma sendirian, mending beli city car atau sedan. emoticon-Wink

Ini pendapat ane aja gan, cuma share.
Indahnya berbeda pendapat. emoticon-Kiss


emoticon-Add Friend (S)
nanya dunk..
klo penambahan aditif dalam tangki BBM apakah ada pengaruh ke konsumsi BBM?

Smile 
ttg si eko

sebenernya Eko ini emang ngaruh sih, jadi musti banyak sabar, misal kalo di kepot mobil lain yaaa musti sabar, kalo di salip mobil yg cc nya lebih kecil yaa musti sabar, apalagi kalo di salip bemo musti sabar juga (lama2 kena darah tinggi). tetapi apakah berlaku untuk mobil sejenis misalnya mitsu kuda? hasilnya bisa brapa banding brapa bro dari yg biasa mengendarai normal.
Quote:Original Posted By swansjogja
nanya dunk..
klo penambahan aditif dalam tangki BBM apakah ada pengaruh ke konsumsi BBM?


dari pengalaman temen-temen saya sih pengaruh ke konsumsi BBM yang lebih irit, karena secara logika umum, pembakaran lebih sempurna
tapi ada juga yang berpendapat jangka panjangnya usia komponen fuel pump (FP) dan/ataupun injection berkurang karena tidak didesain untuk zat-zat aditif itu sendiri

entah benar atau tidaknya
Quote:Original Posted By opinionid
sebenernya Eko ini emang ngaruh sih, jadi musti banyak sabar, misal kalo di kepot mobil lain yaaa musti sabar, kalo di salip mobil yg cc nya lebih kecil yaa musti sabar, apalagi kalo di salip bemo musti sabar juga (lama2 kena darah tinggi). tetapi apakah berlaku untuk mobil sejenis misalnya mitsu kuda? hasilnya bisa brapa banding brapa bro dari yg biasa mengendarai normal.


saya pernah coba om dengan mobil sejenis (1.800 cc)
diisi bensin 7.692 liter (50ribu premium) dari penunjuk jarum tangki di strip/kotak terakhir. dengan jarak tempuh yang sama (8.2 km) selama 5 hari (senin-jumat) dan kondisi traffic relatif sama.
hasilnya:
tanpa eco driving = 50767 m (1 liter / 6.599 km)
dengan eco driving= 51282 m (1 liter / 6.667 km)

benar atau tidaknya silakan om-om & tante-tante semua coba sendiri. tar upload disini hasilnya ya.... emoticon-Kiss
Thread yang menarik, meski ada sdikit unsur iklan nya..

emang sih, peran driver itu besar bgt y, ga cuman menyangkut masalah keselamatan selama perjalanan tapi juga include konsumsi bbm...
gw sndiri slalu usaha in eco driving yah, meski pake matic skali pun...
akselerasi n deselerasi halus, engine brake pas turunan, matikan mesin pas berhenti bntr (ke toko buah pinggir jalan, a*fa*art, dsb), matikan ac pas suhu luar ga trlalu panas...
tp slama eco driving yang paling susah tuh 1, nahan emosi, hahahha...
Eco driving kalo di lajur kanan sampe bikin macet tu termasuk good driving manner gak? emoticon-Stick Out Tongue
×