alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
ANAK CONDET PENJAGA KALI CILIWUNG
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527f4e82f7ca179a41000005/anak-condet-penjaga-kali-ciliwung

ANAK CONDET PENJAGA KALI CILIWUNG

ABDUL KODIR, ANAK CONDET PENJAGA KALI CILIWUNG

ANAK CONDET PENJAGA KALI CILIWUNG

Salak adalah buah yang menjadi ikon Jakarta. Bila kita melihat bus Transjakarta kita bisa melihat gambar 'elang bondol membawa salak'. Nah, salak condet adalah bagian penting sejarah kota Jakarta.

Condet dijadikan cagar budaya oleh Gubernur Ali Sadikin pada tahun 1974. Pada saat itu Ali Sadikin menginginkan wilayah selatan Jakarta sebagai 'Kebun Pangan Jakarta". Di wilayah selatan pula terdapat Ragunan yang dijadikan Kebun Binatang dan Ciganjur wilayah 'penyimpanan air'. Kini tata ruang kota hancur berantakan, karena tidak adanya disiplin tata ruang.

Korban utama sistem tata ruang kota pertama kali adalah "Sungai". Di masa lalu wilayah Jakarta pernah disebut sebagai "Venesia Dari Timur" karena banyaknya kanal-kanal yang dijadikan alat transport. Kini sungai menjadi kotor, dulu sungai yang biasa menjadi tempat bercengkerama melihat pagi dan senja, kini malah jadi lautan sampah.

Manusia selalu ingin kembali ke alam, membangun dirinya bersama irama alam, kenangan ciliwung yang tenteram masih banyak dikenang orang-orang Betawi. Salah satunya adalah Abdul Kodir (44), lelaki asli Betawi ini sempat mengenyam pendidikan di Fak. Kehutanan Universitas Borobudur, perjalanan hidupnya justru ditakdirkan di halaman belakang rumahnya sendiri, di tepi bantaran Kali Ciliwung.

Suatu sore di penghujung tahun 1990-an, seperti diceritakan Abdul Kodir pada Kluget.com melihat halaman rumahnya, ia memperhatikan plastik-plastik yang tersangkut di batang-batang pohon, ia melihat air kali yang keruh, ia memperhatikan alam tak sebajik dulu ketika dirinya masih kecil.
Abdul Kodir tergerak hatinya, ia ambil pacul dan memulai menanam apa yang harus ia tanam, ia membuat sketsa kecil-kecilan tentang kebun kota "Sebuah kota tanpa taman adalah kebiadaban" kata Abdul Kodir.

Pelan-pelan Abdul Kodir berkunjung ke satu tempat ke tempat lainnya, ia mencari akar permasalahan rusaknya kali Ciliwung. Hal yang ia temukan adalah "adanya kebijakan tata kota yang bisa dijual beli dan masyarakat yang gagal sadar" dari sinilah dia bergerak dan membangun gagasannya tentang Ciliwung bersih.
Hal pertama yang ia lakukan adalah mengajak teman-temannya, ia datangi tiap tempat, ia bangun pos-pos di sepanjang sungai Ciliwung, ia berhadapan dengan preman-preman suruhan developer yang ingin bangun real estate di samping ciliwung, ia hadapi ketidakmengertian penduduk kampung.

Abdul Kodir menjadi paham bahwa membangun gagasan maka diperlukan dua hal "Political Will dan Kesadaran Masyarakat". Katanya "hanya dengan dua inilah saya bisa membangkitkan kegelisahan akan daruratnya sungai ciliwung".

Abdul Kodir bermimpi sepanjang bantaran Sungai Ciliwung akan jadi taman kota. Dengan sumringah setelah usai bertemu Jokowi, Abdul Kodir berkata pada Kluget.com "Yang saya tau, Pak Jokowi dan Saya ini senasib, kita sama-sama anak Bantaran Sungai, kita paham bagaimana hidup berdampingan dengan sungai" Dan Abdul Kodir pun melepaskan pandangannya ke sungai Ciliwung "Kelak disana akan kita temukan sebuah Jakarta yang baru, Jakarta yang punya masa depan, karena dari sungailah kita bisa menjaga kehidupan" tutup Abdul Kodir kepada Kluget.com.

Sumber

Quote:
Urutan Terlama
Post ini telah dihapus oleh blue_danube
Quote:


manterane kuwi yo kang emoticon-Big Grin
isih neng diva po? emoticon-Ngacir
Post ini telah dihapus oleh blue_danube
Quote:


kadang dolan ngonoh, kadang pwt, pbg karo kebumen emoticon-Big Grin
nggolet sepotong burger emoticon-Big Grin


#bojone nyong cah suitoren emoticon-Big Grin
tata kota berantakan karena lurah nya pada jualin tanah emoticon-Embarrassment
atas gw pake bahasa dewa ... emoticon-Ngakak

artinya apa tuh emoticon-Bingung (S)


-asem capcha gw sulit banget-
di pinggir ciliwung di percantik..dr depok masih buang sampah ke kali emoticon-Ngakak

buangnya pake tangan kanan
Post ini telah dihapus oleh blue_danube
Quote:


Dewa ???

Jokowow yg ente maksud gan ?



Btw, bagak mana anak condet atau boedut ?
Post ini telah dihapus oleh blue_danube
ane kurang ngerti nie sama sejarah jkt emoticon-Bingung

iyh tu, bhsnya tingkat dewa, subtitle pls emoticon-Malu
sekarang sudah mendapatkan gubernur yg sejalan.. waktunya disupport dan dilaksanakan
Quote:


pada ngomong apa tho kowe2 pada
Quote:


ora gelem juga saya mas,,,emoticon-Ngakak
percuma dibersihin wong warga pd buang sampah dikali emoticon-Cape d... (S)
bawah gua anak condet emoticon-Ngakak
:
travel
Post ini telah dihapus oleh blue_danube
Quote:


emoticon-Ngakak

Lah.. inyonge ora ngerti babar blas..

Bocah ko ditakoni melet-melet.. emoticon-Stick Out Tongue

emoticon-Ngakak (S)

emoticon-I Love Indonesia
Post ini telah dihapus oleh blue_danube


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di