alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tiga Komet Akan Tampak pada Bulan November Nanti
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527efd15138b466f2500000d/tiga-komet-akan-tampak-pada-bulan-november-nanti

Tiga Komet Akan Tampak pada Bulan November Nanti

Tiga Komet Akan Tampak pada Bulan November Nanti

Bulan November tahun 2013 nanti adalah saat yang tepat untuk berpesta mengamati langit. Ada tiga komet yang akan terlihat sepanjang bulan itu. Ini adalah sesuatu yang jarang terjadi.



Komet pertama yang bisa dilihat adalah komet ISON. Komet ini ditemukan pada tahun 2012 oleh Vitali Nevski dan Artyom Novichonok, astronom asal Rusia. Nama komet diambil dari fasilitas penemuannya, International Scientific Optical Network, ISON.

Komet ISON saat ini semakin dekat dengan Bumi. Berasal dari Awan Oort, pada 1 Oktober 2013 nanti, komet ISON sudah berada 10,4 juta kilometer dari Mars.

ISON akan bergerak menuju Matahari. Komet itu akan mencapai jarak terdekat dengan Matahari pada 28 November 2013. Komet yang telah dinanti kehadirannya sejak tahun lalu ini berpotensi bersinar terang, sama dengan kecerlangan Bulan Purnama.

Komet lain yang juga bisa dilihat adalah komet Encke. Berbeda dengan ISON, komet ini adalah komet yang secara periodik mengorbit Matahari setiap tiga tahun.

Komet Encke merupakan komet dengan periode orbit terpendek yang diketahui. Komet ini pertama kali terlihat lewat pengamatan Pierre Mechain pada tahun 1786. Namun, periode orbit komet baru diketahui pada tahun 1819 oleh Johann Franz Encke.

Komet terakhir yang bisa dilihat adalah komet C/2013 RI Lovejoy yang baru saja ditemukan oleh astronom amatir asal Australia, Terry Lovejoy, pada Senin (9/9/2013).

Ketiga komet akan terlihat dengan kecerlangan yang beragam. Sekitar tanggal 9 November 2013, ISON akan terlihat dengan magnitudo antara 6-7, Encke dengan magnitudo 6, serta Lovejoy 2013 masih redup dengan magnitudo 9.

Dengan magnitudo tersebut, pengamatan komet paling baik dilakukan dengan teleskop. Bagaimana? Siap menyambut kedatangan komet-komet itu?

Tak cuma terlihat, ketiga komet di atas juga akan menciptakan pemandangan menarik. Lovejoy, Encke, dan ISON beserta Mars dan Jupiter akan berada dalam satu garis lurus. Walaupun sulit, fenomena ini adalah kesempatan yang baik bagi penggemar astrofotografer untuk berlatih memotret. sumber : http://iberita.co/view.php?id=699&je...XtPX3I.twitter
Urutan Terlama
wah raja api ozai akan menguasai dunia emoticon-Matabelo
waw fenomena jarang nih emoticon-Matabelo
Quote:


asik lihat komet
Tiga Komet Akan Tampak pada Bulan November Nanti
pengen liat emoticon-Matabelo
Nontoon Bareng ajah gan
Quote:


emoticon-Ngakak

ane tunggu kabarnya, melintas garis lintang khatulistiwa bumi bagian kalsel gak ya

Quote:


ternyata yang dipantau salah sasaran
Quote:


Quote:

Maklum Orang Tuaemoticon-Ngakak
HIKMAT KOMET ya????
Quote:

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Quote:


jiah perlatan doang kerenemoticon-Hammer komet nya malah di sebelahnya emoticon-Ngakak
OOT: kok ane tiap ngaskus kode [IMG][/IMG] gak muncul yahemoticon-Hammer
awas negara api menyerang


keliatannya di negara2 mana ya ?


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di