alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi: Harusnya Pajak Angkutan Massal Nol Persen seperti Mobil Murah Itu...
4.83 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527d7e25a1cb17564f000000/jokowi-harusnya-pajak-angkutan-massal-nol-persen-seperti-mobil-murah-itu

Jokowi: Harusnya Pajak Angkutan Massal Nol Persen seperti Mobil Murah Itu...

Jokowi: Harusnya Pajak Angkutan Massal Nol Persen seperti Mobil Murah Itu...

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengeluhkan tetap tingginya pajak untuk pengadaan angkutan massal. Permohonan keringanan pajak untuk pengadaan ribuan bus transjakarta pun tak kunjung mendapat respons dari otoritas pajak.

"Maunya bus sedang atau transjakarta di Jakarta (dipajaki rendah), tapi sampai sekarang belum ada jawaban. Mestinya diberilah," ujar Jokowi di kediamannya, Jumat (8/11/2013). Dia berpendapat, seharusnya pajak nol persen diberlakukan untuk pengadaan transportasi massal Indonesia.

"Kalau mobil murah (bisa ada) gara-gara diberikan (insentif penghapusan) pajak, (pengadaan) transportasi (massal) harusnya murah juga, diberikan pajak nol (persen). Mestinya gitu," ujar Jokowi. Dia pun berharap permintaan keringanan pajak pengadaan bus tersebut segera mendapat tanggapan.

Keringanan pajak untuk pengadaan angkutan massal, kata Jokowi, akan memungkinkan segera melonjaknya jumlah armada transportasi publik. Bila jumlah angkutan umum sudah bertambah, ujar dia, masyarakat yang dapat diangkut juga akan lebih banyak dan harapannya pengguna mobil pribadi akan berkurang.

Kendala pajak untuk pengadaan angkutan umum bukan baru kali ini dihadapi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pada 2011, misalnya, pernah diajukan keringanan pajak untuk pengadaan ribuan bajaj berbahan bakar gas.

Upaya konversi bahan bakar dan "regenerasi" bajaj tersebut terkendala harga "bajaj biru" yang mencapai Rp 60 juta sebelum ada keringanan pajak. Setelah ada permohonan keringanan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) untuk bajaj berbahan bakar gas, pajak yang dikenakan turun dari 45 persen menjadi 25 persen.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta saat itu berpendapat, pajak yang dikenakan untuk pengadaan bajaj itu terlalu tinggi, sekalipun sudah mendapat keringanan. "Bajaj biru" dikenakan pajak "barang mewah" dengan alasan penggunaan gas sebagai bahan bakarnya.

http://megapolitan.kompas.com/read/2013/11/09/0639141/Jokowi.Harusnya.Pajak.Angkutan.Massal.Nol.Persen.Seperti.Mobil.Murah.Itu.


Pemerintah pusat siapa sih pemimpinnya kok bego bgt, ga mau disalahin macet tp bikin kebijakan yg bikin tambah macet... Presiden bloon..

emoticon-Stick Out Tongue
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
Mestinya ada lobi yg bisa ngalahin lobi industri mobil di Indonesia...
ts commentnya jangan ngasal dong. emang kita punya presiden?
Kalau menurut aku malah harus disubsidi.
Wis pokoke wanipiro? Masak jokowow ga tau falsafah ini? emoticon-Bingung
pajak mobil murah bisa nol persen soalnya dari pihak produsen otomotifnya udah nego sama pemerintah dan mereka juga nyedian lapangan kerja serta setoran2 ke pejabat......emoticon-Busa

sedangkan angkutan umum...walaupun jadi solusi kemacetan, ga secara langsung kasih profit ke pejabat2 bedebah...makanya dipajakin emoticon-Najis
Di sini, apa sih yang beres...
Semua2 yang ngejarnya duwit.

Duit kita juga dipajekin buat ngegaji orang yang ngerampok duit kita juga.
emoticon-Cape d... (S)
Quote:


ane setuju banget gan
Lobinya kalah tuh pak dhe.... emoticon-Big Grin
kebo macih di ictanah negala ya ??
Kalo menurut ane bakal susah. Soalnya kalo angkutan massal maju dan murah. Penjualan mobil bakal turun. Kalo penjualan mobil motor turun produsen jepang bakal ngamuk pemerintah kurang setoran.
Mending LCGC aja yang disubsidi pajak emoticon-Ngacir
negara auto pilot
saingan lobinya perusahaan otomotif yg punya dana gede sih om,
makanya bisa dapet tanggapan beda dr pemerintah.
satu bisa ngasih amplop yg satu kagag bisa ngasih apa2.
pajak tinggi buat mobil pribadi pajak 0% buat angkutan massal yg layak pakai ane setuju khusus di DKI Jkarta
Kebijakan mobil murah adalah kebijakan bodoh emoticon-Cape d... (S)
padahal jokowi juga dukung esemka emoticon-Big Grin
Semakin ketahuan mana yang pro rakyat, mana yang pro kapitalis
Quote:


Kalo ngeliatnya cuma sebagian pasti kyk gini, coba liat secara menyeluruh..bajaj bbg waktu itu barang import (cbu) kah?makanya kena pajak mahal. Kalo angkutan umum lainnya gmn ya?
Kl mobil dgn produsen astra itu bisa membuka lapangan pekerjaan dan banyak tenaga kerja yg terserap, jd punya posisi tawar besar ke pemerintah pusat.

Mobnas pribadi udah bisa bikin, buat mobnas untuk angkutan kyk trans komodo (kl gak salah) itu bagus..
Kalo g di pajaki enak importir dong emoticon-Stick Out Tongue
kebijakan pemerintah pusat yg ga tepat sasaran dan menghambat percepatan program pemprov DKI Jakarta emoticon-Matabelo harus dicarikan terobosan....

kalo semua buntu yaaa pak Jokowi cuma Nyapres 2014 solusi nya emoticon-Kiss emoticon-Kiss emoticon-Kiss
Quote:


Cerdas!!!

Panastak macem id ernesto mana mikir ampe sini emoticon-Ngakak

Doi mikir nya jelek molo ke pemerintahemoticon-Embarrassment

Liat aja komenye oot
Diubah oleh Fyodor.Dostoyev
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di