alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527cbccdf8ce17473800000b/atc---pengatur-lalu-lintas-udara-mulai-kabur-ke-luar-negeri
ATC / Pengatur Lalu Lintas Udara Mulai Kabur ke Luar Negeri
JAKARTA, JUMAT — Pengatur lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) mulai melirik pekerjaan sejenis di luar negeri dan hengkang dari Indonesia. Negara-negara yang menjadi tujuan mereka antara lain Qatar, Irak, Malaysia, Singapur, dan Australia.
Demikian dikatakan Presiden Indonesia Air Traffic Controller Association (IATCA) Adrie Gunawan di Jakarta, Jumat (27/2). Banyak di antaranya mulai melirik ke negara lain yang menawarkan gaji lebih besar.
"Sebagai perbandingan, gaji mereka di Indonesia Rp 6 juta, sedangkan Qatar menyediakan gaji 4.500 dollar AS per bulan, dan Irak 4.000 dollar AS per bulan plus akomodasi dan transportasi untuk keluarga," kata Adrie.
Ia mengatakan, saat ini Indonesia memiliki 1.136 orang pengatur lalu lintas udara atau air traffic control (ATC). Dengan jumlah penerbangan dan bandara yang ada saat ini, idealnya masih dibutuhkan 800 orang lagi.
Menurut Adrie, ada 3 faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Pertama, pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia, sebagaimana tercantum dalam UU No 1 Tahun 2009 Pasal 271, masih tradisional.
"Kalau ada yang baru kenapa memakai navigasi tradisional," kata Adrie. Hal itu bisa membahayakan penerbangan.
Kedua, berkembang usulan bahwa status ATC akan berada di bawah Badan Layanan Umum (BLU) bukan lagi di bawah pengelola bandara. Dengan demikian, berdasarkan pada PP 23 Tahun 2005 Pasal 37, petugas ATC akan menjadi PNS sehingga penghasilan akan turun, memperpanjang birokrasi, dan karena birokrasi menjadi berbelit maka pengadaan alat menjadi sulit.
Ketiga, kalau terjadi kecelakaan mereka akan ditangkap oleh polisi. "Siapa yang mau, pekerjaan susah dan banyak, lalu lintas penerbangan yang sangat padat, peralatan sangat terbatas, penghasilan kecil dan akan lebih kecil lagi, sudah itu ditangkap polisi lagi," kata Andri mengomentari banyak ATC yang mau pindah.
"Seorang ATC bertanggung jawab mulai dari mesin pesawat dihidupkan, bergerak, take off, terbang, mengatur ketinggian pesawat, arahnya, sampai dengan mendarat, dan pesawat dimatikan. Selain itu, ATC di Jakarta harus melayani lebih dari 800 lalu lintas pesawat per hari. Sangat jauh dibandingkan dengan Malaysia berjumlah 400-an per hari," kata Adrie.
Untuk menjalankan tugas tersebut, idealnya sebagaimana dikatakan Adrie satu screen radar diawasi oleh empat mata atau orang. Mereka ini maksimal bekerja selama 90 menit setelah itu istirahat. "Namun yang terjadi, satu screen radar dikerjakan oleh 1 orang dan bekerja selama 3 jam berturut-turut," kata Adrie.
"Beginilah situasi penerbangan kita," tambah Adrie.

sumber : http://nasional.kompas.com/read/2009/02/27/1835567

Berita ane yg lain gan : http://www.kaskus.co.id/post/527cbbc...ca17bd0c00000d
pertamax di thread ndiri...!!!emoticon-Matabelo

ATC itu tanggung jawabnya sama ama pilot.. gajinya 1/12 pilot emoticon-Big Grin
waduhhhh bisa gawat nehh kalo pada pindahhh
ngeri bener kondisinya
gak konsen dikit salah mengarahkan
bisa emoticon-Takut

Quote:Original Posted By romeobpn
pertamax di thread ndiri...!!!emoticon-Matabelo


mengucapkan selamat klo jadi anak band

waduh pada demo naik gaji nih

posted by sitoy.51704 emoticon-Paw

Gak bisa kerja sambil ngaskus dong..

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

sakit banget berarti ya negeri ini .
padahal ada 240jt tp sdm nya sama sekali tidak berpendidikan tinggi emoticon-thumbdown
manusiawi lah.
org mau cari gaji yg lebih gede

emoticon-Big Grin
komen asal :
demo aja sana kek tetangga sebelah..
emoticon-Ngakak

komen serius :
yg gini nih yg harus nya d tanggepin serius.. gaji kecil tanggung jawab gede?
who want that?
emoticon-Bingung (S)
dan bagusnya mereka... mereka punya skill... jadi ga gampang "ngeluh".. ga cocok? tinggal pindah... toh mereka berskill dan masi ada yg minat dengan keahlian mereka..
emoticon-Malu (S)
Kalo orang waras yaa gitu ,kalo dirasa gaji terlalu kecil yaa berani pindah kerja cari yg lebih baik gajinya bukan malah demo
mending pindah deh menurut ane.
drpd disini di jadiin kambing item
Quote:Original Posted By romeobpn
JAKARTA, JUMAT — Pengatur lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) mulai melirik pekerjaan sejenis di luar negeri dan hengkang dari Indonesia. Negara-negara yang menjadi tujuan mereka antara lain Qatar, Irak, Malaysia, Singapur, dan Australia.
Demikian dikatakan Presiden Indonesia Air Traffic Controller Association (IATCA) Adrie Gunawan di Jakarta, Jumat (27/2). Banyak di antaranya mulai melirik ke negara lain yang menawarkan gaji lebih besar.
"Sebagai perbandingan, gaji mereka di Indonesia Rp 6 juta, sedangkan Qatar menyediakan gaji 4.500 dollar AS per bulan, dan Irak 4.000 dollar AS per bulan plus akomodasi dan transportasi untuk keluarga," kata Adrie.
Ia mengatakan, saat ini Indonesia memiliki 1.136 orang pengatur lalu lintas udara atau air traffic control (ATC). Dengan jumlah penerbangan dan bandara yang ada saat ini, idealnya masih dibutuhkan 800 orang lagi.
Menurut Adrie, ada 3 faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Pertama, pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia, sebagaimana tercantum dalam UU No 1 Tahun 2009 Pasal 271, masih tradisional.
"Kalau ada yang baru kenapa memakai navigasi tradisional," kata Adrie. Hal itu bisa membahayakan penerbangan.
Kedua, berkembang usulan bahwa status ATC akan berada di bawah Badan Layanan Umum (BLU) bukan lagi di bawah pengelola bandara. Dengan demikian, berdasarkan pada PP 23 Tahun 2005 Pasal 37, petugas ATC akan menjadi PNS sehingga penghasilan akan turun, memperpanjang birokrasi, dan karena birokrasi menjadi berbelit maka pengadaan alat menjadi sulit.
Ketiga, kalau terjadi kecelakaan mereka akan ditangkap oleh polisi. "Siapa yang mau, pekerjaan susah dan banyak, lalu lintas penerbangan yang sangat padat, peralatan sangat terbatas, penghasilan kecil dan akan lebih kecil lagi, sudah itu ditangkap polisi lagi," kata Andri mengomentari banyak ATC yang mau pindah.
"Seorang ATC bertanggung jawab mulai dari mesin pesawat dihidupkan, bergerak, take off, terbang, mengatur ketinggian pesawat, arahnya, sampai dengan mendarat, dan pesawat dimatikan. Selain itu, ATC di Jakarta harus melayani lebih dari 800 lalu lintas pesawat per hari. Sangat jauh dibandingkan dengan Malaysia berjumlah 400-an per hari," kata Adrie.
Untuk menjalankan tugas tersebut, idealnya sebagaimana dikatakan Adrie satu screen radar diawasi oleh empat mata atau orang. Mereka ini maksimal bekerja selama 90 menit setelah itu istirahat. "Namun yang terjadi, satu screen radar dikerjakan oleh 1 orang dan bekerja selama 3 jam berturut-turut," kata Adrie.
"Beginilah situasi penerbangan kita," tambah Adrie.

sumber : http://nasional.kompas.com/read/2009/02/27/1835567

Berita ane yg lain gan : http://www.kaskus.co.id/post/527cbbc...ca17bd0c00000d


ya jelas lah... daerah indonesia kan lebih luas...

berarti SDM nya yang harus dimajukan..
pemerintah emang ga menghargai orang2 yg punya kemampuan special di negara ini.
berita 2009 kok di sundul : emoticon-Repost (S) kacau dah ah emoticon-Ngakak

btw Buat ATC
kl urusan dompet blum beres langsung aja Demo, ky demo buruh emoticon-Ngakak (S):
minta UM nya naik 500 % kl gak di setujui, mogok kerja sehari, dijamin banyak yg panik ampe ke Presiden jg ikut Panik emoticon-Ngakak
trus Demo bawa poster yg Gede & Minta Kejelasan Status.
emoticon-Ngakak (S): emoticon-Ngakak (S):

serius nih,
ktnya udah pake teknologi yg lebih canggih dari tetangga sebelah.
kok bilangnya pake sistem tradisional?
Orang berskil dan berotak...
kerja 200%, gaji kecil, langsung cabut cari di negara lain yg gajinya jauh lebih gede..

bukan nya mewek2 minta naek.. trus banding2in ama negara sebelah emoticon-Ngakak
emoticon-Kiss
Cb ngadu ke si said aja, ntr biar diakomodir bt demo kenaikan gajiemoticon-Embarrassment
Lg ngetrend ituemoticon-Embarrassment
bukannya controller ATC itu tanggung jawabnya angkasa pura yak?? kan kita yg gaji mereka numpang lewat aerport aja bayar 40rebu, apa lg ntar lg yg di soetta bakalan 100rebu yak?buat apa tuh bandara uda butut gitu,kumuh,berasa kek diterminal angkot aja emoticon-Najis emoticon-Najis
banyakan diembat direktur nya kali,entah di daerah entah dipusat,kita doakan aja perutnya busuk makan uang haram jadah klo bener
buset 30jtan ama 6jt, ya iye lah cabut aje mending
Quote:Original Posted By Lazka
komen asal :
demo aja sana kek tetangga sebelah..
emoticon-Ngakak

komen serius :
yg gini nih yg harus nya d tanggepin serius.. gaji kecil tanggung jawab gede?
who want that?
emoticon-Bingung (S)
dan bagusnya mereka... mereka punya skill... jadi ga gampang "ngeluh".. ga cocok? tinggal pindah... toh mereka berskill dan masi ada yg minat dengan keahlian mereka..
emoticon-Malu (S)


berarti skill petugas ATC di Indonesia jauh lebih tinggi dari yg di sono sono
disini jadwal peerbangan padat, peralatan bukan yg terbaru, sdm pengganti kurang, tapi tetep bisa menjalankan tugasnya..


×