alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527c98fd20cb17be12000002/sharing-tanya-jawab-seputar-pelaut-kerja-dilaut
[SHARING] tanya jawab seputar PELAUT (kerja diLaut)
[SHARING] tanya jawab seputar PELAUT (kerja diLaut)

[SHARING] tanya jawab seputar PELAUT (kerja diLaut)

~sekilas tentang pelaut~

Pelaut adalah seseorang yang pekerjaannya berlayar di laut. Atau dapat pula berarti seseorang yang mengemudikan kapal atau membantu dalam operasi,
perawatan atau pelayanan dari sebuah kapal.

Hal ini mencakup seluruh orang yang bekerja di atas kapal. Selain itu sering pula disebut dengan Anak Buah Kapal atau ABK.

[Anak Buah Kapal]
Anak Buah Kapal (ABK) atau Awak Kapal terdiri dari beberapa bagian. Masing masing bagian mempunyai tugas dan tanggung jawab sendiri dan tanggung
jawab utama terletak di tangan Kapten kapal selaku pimpinan pelayaran.

Hierarki Awak Kapal Terbagi menjadi Departemen Dek dan Departemen Mesin, selain terbagi menjadi perwira/Officer dan bawahan/Rating.


[1]Perwira Departemen Dek :

1. Kapten/Nakhoda/Master adalah pimpinan dan penanggung jawab pelayaran
2. Mualim I/Chief Officer/Chief Mate bertugas pengatur muatan, persediaan air tawar dan
sebagai pengatur arah navigasi
3. Mualim 2/Second Officer/Second Mate bertugas membuat jalur/route peta pelayaran yg akan di lakukan dan pengatur arah navigasi.
4. Mualim 3/Third Officer/Third Mate bertugas sebagai pengatur, memeriksa, memelihara semua
alat alat keselamatan kapal dan juga bertugas
sebagai pengatur arah navigasi.
5. Markonis/Radio Officer/Spark bertugas sebagai operator radio/komunikasi serta bertanggung
jawab menjaga keselamatan kapal dari mara bahaya baik itu yg di timbulkan dari alam seperti badai, ada kapal tenggelam, dll.


[2] Perwira Departemen Mesin :

1. KKM (Kepala Kamar Mesin)/Chief Engineer, pimpinan dan penanggung jawab atas semua
mesin yang ada di kapal baik itu mesin induk, mesin bantu, mesin pompa, mesin crane, mesin
sekoci, mesin kemudi, mesin freezer, dll.
2. Masinis 1/First Engineer bertanggung jawab atas mesin induk
3. Masinis 2/Second Engineer bertanggung jawab atas semua mesin bantu.
4. Masinis 3/Third Enginer bertanggung jawab atas semua mesin pompa.
5. Juru Listrik/Electrician bertanggung jawab atas semua mesin yang menggunakan tenaga listrik dan seluruh tenaga cadangan.
6. Juru minyak/Oiler pembantu para Masinis/ Engineer


[3]Ratings atau bawahan :

1. Bagian dek:
- Boatswain atau Bosun atau Serang (Kepala kerja bawahan)
- Able Bodied Seaman (AB) atau Jurumudi
- Ordinary Seaman (OS) atau Kelasi atau Sailor
- Pumpman atau Juru Pompa, khusus kapal- kapal tanker (kapal pengangkut cairan)

2. Bagian mesin:
- Mandor (Kepala Kerja Oiler dan Wiper)
- Fitter atau Juru Las
- Oiler atau Juru Minyak
- Wiper

3. Bagian Permakanan:
- Juru masak/ cook bertanggung jawab atas segala makanan, baik itu memasak, pengaturan menu makanan, dan persediaan makanan.
- Mess boy / pembantu bertugas membantu Juru masak


*Ijazah Pelaut*
Ijazah bagi pelaut (perwira) di Indonesia terbagi atas ijazah dek dan ijazah mesin.

[1] Ijazah Dek dari yang tertinggi adalah:
-Ahli Nautika Tingkat I (ANT I)
-Ahli Nautika Tingkat II (ANT II)
-Ahli Nautika Tingkat III (ANT III)
-Ahli Nautika Tingkat IV (ANT IV)
-Ahli Nautika Tingkat V (ANT V)
-Ahli Nautika Tingkat D (ANT Dasar)

[2] ijazah Mesin dari yang tertinggi adalah:
-Ahli Teknika Tingkat I (ATT I)
-Ahli Teknika Tingkat II (ATT II)
-Ahli Teknika Tingkat III (ATT III)
-Ahli Teknika Tingkat IV (ATT IV)
-Ahli Teknika Tingkat V (ATT V)
-Ahli Teknika Tingkat D (ATT dasar)


*Sertifikat ketrampilan*
Sertifikat ketrampilan ini merupakan sertifikat yang
wajib dimiliki oleh para pelaut di samping sertifikat formal di atas. Diantaranya adalah:

1. Basic Safety Training (BST)/Pelatihan Keselamatan Dasar
2. Advanced Fire Fighting (AFF)
3. Survival Craft & Rescue Boats (SCRB)
4. Medical First Aid (MFA)
5. Medical Care (MC)
6. Tanker Familiarization (TF)
7. Oil Tanker Training (OT)
8. Chemical Tanker Training (CTT) 9. Liquified Gas Tanker Training (LGT)
10. Radar Simulator (RS)
11. ARPA Simulator (AS)
12. Operator Radio Umum (ORU) / GMDSS
mau tanya gan, untuk pelatihan ANT/ATT-D syarat nya apa gan, soalnya kl ane prnah baca harus punya pengalaman kerja dilaut dulu. trus kl yg blm pernah kerja dilaut gmn gan apa bisa??

mohon bantuan pencerahan dr agan
Quote:Original Posted By freeyo1
mau tanya gan, untuk pelatihan ANT/ATT-D syarat nya apa gan, soalnya kl ane prnah baca harus punya pengalaman kerja dilaut dulu. trus kl yg blm pernah kerja dilaut gmn gan apa bisa??

mohon bantuan pencerahan dr agan


untuk syarat-syarat nya bisa datang ke institusi pendidikan pelayaran di dekat daerah agan (PIP,STIP,BP3IP,dll)

di STIP Jakarta gak usah pake pengalaman berlayar juga bisa gan , tp biayanya lebih mahal dikit.
Salm Gan,ane mo tny.adek ane pnya srtifikat tp dia g ikut platihan.tp srtifikatnya ane cek online Gan,,,itu sertifikat bs buat kpal lokal g Gan?trus ad ms brlakunya terbatas g Gan??
Quote:Original Posted By paux
Salm Gan,ane mo tny.adek ane pnya srtifikat tp dia g ikut platihan.tp srtifikatnya ane cek online Gan,,,itu sertifikat bs buat kpal lokal g Gan?trus ad ms brlakunya terbatas g Gan??


kok gak sekolah gan ?gmn caranya ?hati hati yg bgtuu ,masa berlaku dokumen 5 tahun gan .
mengenai stcw manila 2010 gmana gan?
sertifikat tambahannya sudah mulia dibuka
updatingnya coc ane ga tw gan
Quote:Original Posted By paux
Salm Gan,ane mo tny.adek ane pnya srtifikat tp dia g ikut platihan.tp srtifikatnya ane cek online Gan,,,itu sertifikat bs buat kpal lokal g Gan?trus ad ms brlakunya terbatas g Gan??


untuk kerja di kapal minimal harus punya ijazah ANT D & sertifikat pokok (BST , seaman book , SCRB , AFF , MEFA , lebih lengkap lebih bagus). untuk ijazah pelaut tdk ada batas waktunya , untuk sertifikat2 batas waktunya 5 tahun & setiap 5 tahun sekali dilakukan revalidasi/pembaruan sertifikat2 yg telah jatuh temponya.
Quote:Original Posted By nleo86
mengenai stcw manila 2010 gmana gan?
sertifikat tambahannya sudah mulia dibuka
updatingnya coc ane ga tw gan


Coc tuh apa'an gan ? mungkin maksud agan adl COP (Certificate Of Profesion)
untuk sertifikat tambahan , mungkin maksud agan adl sertifikat ECDIS ? kalau yg ini sudah bisa.
Ijin mantau gan
emoticon-Ngakak
Lebih jelasnya masalah sertifikat dan ijazah, tanyakan di diklat aja gan.
Diklat perhubungan laut.
Di jakarta bisa coba ditanyakan ke STIP atau BP3IP.
atau ke Maritime Training Center seperti Diklat Pertamina di jl. Pemuda, dll.
CMIIW
emoticon-2 Jempol
Gan, ini aq lg dapet tugas ngrancang ruangan di masing maing deck kapal, terus yang perlu diperhatiin apa ya?
ada rules nya gak bwt ngrancang ntu ruangan,,emoticon-Matabelo
Salam. Gan kalo mulai dari nol, dari ambil antd ampe dapet ant 2 misal, itu butuh waktu berapa lama? Dg asumsi udah siap dana dan semua lancar? Terus kalo umur udah 28 dan sekolahnya gak militer bgt, itu di bp2ip dan bp3ip ya gan? Terus itu bedanya apa bp2ip ama bp3ip? , terima kasih, nanti kl udah dijawab tanya lg gan. emoticon-Smilie

endors

Numpang tanya gan,
Benarkah endorsment yang baru tidak berlaku di singapore?
Endorsment terbaru bisa di rubah dengan syarat minimal tlah berlayar 11 bulan, baru bisa d rubah (ada levelnya)...?
gan ane mau rintis karir jadi pelaut, karna untuk kerja dikapal itu harus punya ijazah ANTD/ATTD (Dasar) tapi persyaratan untuk ambil kelas ijazah tersebut harus punya pengalaman layar min 6 bulan. pertanyaannya:

1. saya belum ada pengalaman layar berarti gk bisa ya ambil ijazah ANTD/ATTD??
2. apakah ada perusahaan yg mau nerima pelaut dengam modal BST dan Seamen book saja? kan saya harus cari pengalaman layar dulu buat ambil dasar?
3. atau mungkin ada diklat ANTD/ATTD untuk non pengalaman?
4. untuk posisi Messman/Steward/cleaner di kapal apakah wajib memiliki ijazah dasar? atau boleh hanya dengan BST, Seamen book, dan sertifikat pendukung lainya?

mohon pencerahanya emoticon-Malu (S)
Ada saran gk gan,tahun depan ane lulus sma,ane dari ips,katanya nautika udah gk ngambil anak ips,ada solusi kah emoticon-Cendol (S)
izin gelar tiker dimari gan
Quote:Original Posted By badboygonegood
Salam. Gan kalo mulai dari nol, dari ambil antd ampe dapet ant 2 misal, itu butuh waktu berapa lama? Dg asumsi udah siap dana dan semua lancar? Terus kalo umur udah 28 dan sekolahnya gak militer bgt, itu di bp2ip dan bp3ip ya gan? Terus itu bedanya apa bp2ip ama bp3ip? , terima kasih, nanti kl udah dijawab tanya lg gan. emoticon-Smilie


beda jalur gan,
ibaratnya kalo militer, antd--- tamtama/bintara

ant 2-- perwira (harus punya ant 3 dulu)

Quote:Original Posted By hellboyxlii
Numpang tanya gan,
Benarkah endorsment yang baru tidak berlaku di singapore?
Endorsment terbaru bisa di rubah dengan syarat minimal tlah berlayar 11 bulan, baru bisa d rubah (ada levelnya)...?


masih berlaku sampai 31 dec 2016,
endorsment terbaru harus ikut kelas lagi

Quote:Original Posted By defranjz4
gan ane mau rintis karir jadi pelaut, karna untuk kerja dikapal itu harus punya ijazah ANTD/ATTD (Dasar) tapi persyaratan untuk ambil kelas ijazah tersebut harus punya pengalaman layar min 6 bulan. pertanyaannya:

1. saya belum ada pengalaman layar berarti gk bisa ya ambil ijazah ANTD/ATTD??

bisa, jadi messboy atau asisstant c.cook

2. apakah ada perusahaan yg mau nerima pelaut dengam modal BST dan Seamen book saja? kan saya harus cari pengalaman layar dulu buat ambil dasar?

ada, cari perusahaan lokal, bisa juga TB (biasanya dimintain 'anu')

3. atau mungkin ada diklat ANTD/ATTD untuk non pengalaman?

ada, coba cek ke bp3ip sunter


4. untuk posisi Messman/Steward/cleaner di kapal apakah wajib memiliki ijazah dasar? atau boleh hanya dengan BST, Seamen book, dan sertifikat pendukung lainya?

minimal passport, seaman book, bst (kalo tanker + boct dan atau blgt)

mohon pencerahanya emoticon-Malu (S)


Quote:Original Posted By FirjieAs
Ada saran gk gan,tahun depan ane lulus sma,ane dari ips,katanya nautika udah gk ngambil anak ips,ada solusi kah emoticon-Cendol (S)


kalo udah niat banget bisa juga pake cara:
ujian persamaan ipa buat sma (ga tau deh, masi ada apa nggak nih program)


emoticon-Matabelo
gan Ne mau tanya ... ini kan ane ambil ant4 nah kira" dapat gaji berapa setahu ente ?? .. trus klo ant4 itu bisa ndak berlayar perush luar negeri ???
gan. ane mau tanya. ane nggak tau apapun tentang pelaut. ane tamatat d3 komputer sih. tapi pengen jadi pelaut. itu gimana prosedurnya gan?
Quote:Original Posted By Dragonbacotlers
gan Ne mau tanya ... ini kan ane ambil ant4 nah kira" dapat gaji berapa setahu ente ?? .. trus klo ant4 itu bisa ndak berlayar perush luar negeri ???


gaji mah variatif gan, tergantung perusahaan mana dan kapal apa ente join.
untuk masalah ke luar negeri bisa kok, tapi join di perusahaan yang punya kapal line ke luar yaa emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By leknoupo
gan. ane mau tanya. ane nggak tau apapun tentang pelaut. ane tamatat d3 komputer sih. tapi pengen jadi pelaut. itu gimana prosedurnya gan?


kalo ente berminat jadi deck officer/engine officer yaa ente mesti ngikutin masa pendidikan selama 4 tahun supaya bisa jadi perwira. tapi biasanya ada batasan umur pada saat pendaftaran. setau ane sih 23 thn.
tapi klo usia ente uda lewat dari segitu yaa ente tetep berpeluang jd pelaut untuk kelas rating/abk. asal ente tulen berlayar trs upgrading ijazah, ente bisa nanti jadi officer.

itu aja sih