CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Tentang Polemik Cara Minum Obat Yang Benar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527b4b09c0cb171e2c000007/tentang-polemik-cara-minum-obat-yang-benar

Tentang Polemik Cara Minum Obat Yang Benar

Selamat datang agan-agan Kaskuser emoticon-Big Grin

Tentang Polemik Cara Minum Obat Yang Benar


Ceritanya ane punya teman gan, bekerja sebagai tenaga kesehatan di sebuah instansi di jakarta. Jadi kalau ane ada masalah berkaitan dengan penyakit atau obat-obatan biasanya ane ceritain ke doi.

Seperti kemarin, ane ke dokter. Dokter puskesmas karena ane juga merasa hanya penyakit ringan jadi ngapain mahal-mahal ke dokter spesialis. Oke, lewati bagian ini.

Setelah diperiksa, ane ke apotik mengambil obat dan pulang, ane menerima obat 2 jenis masing-masing tertulis 3x1 sehingga dibaca 3 kali sehari. Sejauh pemahaman ane dari kecil dulu, minum obat 3x1 itu artinya pagi, siang, dan sore/malam hari.

Sederhana kan? Tapi dari sinilah kemudian ane didebat teman ane yang nakes tersebut, katanya bahwa tiga kali sehari itu berarti obat itu diminum setiap 8 (delapan) jam sekali, logikanya, sehari ada 24 jam dibagi 3 sama dengan 8, heyyy.. anak eSDe juga ngerti itungan kayak gitu, hanya saja, baru kali ini dapat statemen seperti itu, bahwa minum obat itu tiap 8 jam sekali… (heran) padahal selama ini namanya tiga kali sehari itu pagi, siang, dan sore. Bukan begitu teman?

Karena ane dalam hati masih belum yakin kalau aturan minumnya itu tiap delapan jam sekali. Kalau begitu timbul masalah lagi, ketika kita minumnya katakanlah jam 4 sore maka kita minum setelahnya minimal jam 12 malam (huaaa…) yang bener aja lagi enak tidur kemudian bangun tengah malam cuma buat nelen obat pahit kayak gitu, lagipula kan kalau obat kimia perut harus terisi makanan dulu, bagaimana kalau tidak terbiasa makan di tengah malam, pusing kan? mending obat herbal, bisa diminum tanpa harus terisi makanan terlebih dulu.

Akhirnya, teman ane ngalah (gak tahu, tapi kayaknya masih keukeuh juga dengan pendapatnya) katanya, “Ya udah, tapi minumnya minimal 6 jam sekali, karena kan itu ada obat antibiotiknya.”

“Yes… aku menang kali ini, walaupun, ingin sekali aku menanyakan kepada dokter cara minum obat yang bener itu bagaimana?

Hari berikutnya ane kembali ke dokter lagi untuk kontrol, aku dipanggil, diperiksa dokter, katanya sudah lebih baik (senangnya..), kemudian ke apotik ngambil obat, cuma dikasih antibiotik 10 biji lagi-lagi dengan tulisan 3x1. Berarti untuk tiga hari ke depan. Oia, tidak lupa aku tanyakan hal yang mengganjal kemaren, yaitu tentang cara minum obat yang benar, sehari tiga kali itu bagaimana yang benar, pagi siang sore ataukah tiap delapan jam sekali?

Dijawab oleh mereka (dokter dan pegawai apotek), entahlah, apakah itu untuk sekedar memudahkan ataukah karena kebanyakan pasien puskesmas adalah orang-orang kecil sepertiku, mereka menjawab, “iya tiga kali, pagi siang dan sore.” Selesai dan akupun melangkah pulang, namun entah mengapa seperti ada ketidakpuasan dengan jawaban tadi.

Kemudian kutemui temanku dan kuceritakan perihal berobat tadi pagi tak lupa aku ceritakan tentang tanya jawabku ke dokter puskesmas terutama tentang cara minum obat yang sebelumnya kami perdebatkan. Aku ceritakan bahwa menurut mereka tiga kali sehari itu pagi, siang, dan sore, bukan tiap delapan jam sekali.

Tapi temanku kemudian menjawab dengan tenang, “Berarti dokter puskesmas itu bodoh.”

“Kenapa?” tanyaku.

“Karena ia tidak tahu atau tidak memberi tahu cara minum obat yang benar kepada pasiennya. Mungkin itu untuk memudahkan saja, karena pasien puskesmas kan beda dengan pasien rumah sakit apalagi rumah sakit swasta yang mahal.” Katanya seperti meyakinkan.

“Tapi, dari dulu seperti itu cara minum obat yang umum.” aku masih berkilah.

“Nah, seperti kubilang tadi, itu karena untuk memudahkan saja, coba ingat ketika kemaren kita periksa di rumah sakit, ingat kan obat yang diberikan dokter, ada yang cara minumnya per dua belas jam sekali (24jam x 1), yang berarti diminum semisal dengan sehari satu kali tapi jelas waktunya. Ada yang per enam jam sekali (6jam x 1), yang berarti semisal dengan sehari empat kali minum, itu dokter yang pinter, memang agak ribet, tapi begitulah obat kimia, ada kandungan tertentu yang mengharuskan kita meminumnya harus sesuai dosis yang dianjurkan, apalagi jika itu obat antibiotik, maka jika tidak mau tiga kali itu per delapan jam upayakan per enam jam sekali minumnya..” Panjang lebar temanku menjelaskan seperti menerangkan ke anak SD.

Aku jadi agak bimbang, mana yang harus kupegang perkataannya, kenapa tiap dokter berbeda dalam menjelaskan, atau bahkan tidak menjelaskan jika tidak ditanya. Atau memang seperti itu Kode Etik Kedokteran? Entahlah, akhirnya kuikuti saran temanku, minum obatnya tiap delapan jam sekali, semisal dengan tiga kali dalam sehari, atau minimal enam jam sekali dalam sehari.


Kesimpulannya: Ane ikuti saran bahwa minum obat sebaiknya tiap 8 jam sekali dan untuk antibiotik harus habis ya

Quote:


Karena keingintahuan yang semakin kuat, kemudian coba cari-cari di internet, dan dapat artikel di bawah ini


Spoiler for Cara Minum Obat yang Benar:


Spoiler for Tanya Jawab Aturan minum obat:


Spoiler for sumber:


Ada yang punya pengalaman serupa dengan ane?

WAJIB & PENTING UNTUK DIBACA: Update Komentar & Masukan Kaskuser yang bermanfaat di post #3 emoticon-shakehand



Quote:
profile-picture
nona212 memberi reputasi
Diubah oleh heane
Halaman 1 dari 30
nais share gan
jadi tau cara minum obat yg benar emoticon-Smilie

Komentar & Masukan dari Kaskuser yang Bermanfaat

Quote:
Diubah oleh heane
Diubah oleh ragil.raka
okeh deh gan
izin nymak dulu emoticon-Shakehand2
bener tuh harus sesuai dengan dosis
kalo ane minum obat pake kopi, atau digerusin di kopi gan. hehehe
Quote:


dizinkan gan, di emoticon-Rate 5 Star juga gan
Quote:


Waduh kok sama sih gan kaya ane jangan jangan obatnya sama juga lagi gan hehehe ....

wah ane kalo minum obat batuk yang OBH gan kaga pernah ditaker ane tenggak aja sekiranya gan wkwkwk emoticon-Ngakak
yang bisa bener bisa salah itu keliatan susah ngira2nya
Quote:


kalau over dosis malah membahayak tubuh kita, ini bener juga emoticon-Big Grin
Quote:


ngira2 bagaimana gan emoticon-Bingung kan ada sendok takar emoticon-Big Grin
Ijin bukmak dulu ya gan
Ijin bukmak dulu ye gan
yg penting sesuai petunjuk dokter gan emoticon-Big Grin
setau ane minum obat yg benar ya sesuai anjuran dokter haha emoticon-Ngakak
Quote:


Quote:


masalahnya di sini, dokter menganjurkan 3x1 hari, dan dipahami oleh orang awam 3 kali itu pagi siang dan sore, padahal yang benar adalah tiap 8 jam sekali.
emoticon-Recommended Seller

bener banget penjelasan yg agan tulis itu..

kakak ane juga kerja di kesehatan, jadi ya ane tau dikit2 ttg penjelasan itu.
Quote:


kadang terjadi salah kaprah di mata orang awam, maka ane coba share pengalaman ane sendiri gan emoticon-Malu
Halaman 1 dari 30


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di