EnergizerKumaAvatar border
TS
EnergizerKuma
[HOT] Bapak Ini Adalah Pelukis Asli dan Pertama Kaleng Biskuit Khong Guan & Wafer Gan
emoticon-AngelWelcome To My Thread emoticon-Angel





CELEBESONLINE (Makassar): Biskuit Khong Guan tetap eksis sampai saat ini meski begitu banyak makanan ringan sejenisnya yang hadir di rak-rak supermarket. Menyebut Khong Guan, maka yang teringat adalah kaleng berwarna merah dengan taburan berbagai macam biskuit serta yang paling fenomenal adalah lukisan keluarga harmonis di sisinya.

Biskuit ini sudah ada sekitar tahun 1947. Di dalamnya terdapat berbagai jenis biskuit, mulai dari krackers, cookies, wafers, sampai shortcake biscuits. Kemasan biskuit Khong Guan kaleng merah berilustrasikan seorang ibu dan putra-putri mereka sedang menikmati biskuit ditemani teh atau kopi, terlihat seperti keluarga kecil kelas menengah yang harmonis.

Orang Indonesia mana yang tidak familiar dengan gambar tersebut, terutama yang pernah melewati era 1980 dan 1990-an. Bahkan, sampai saat ini pun masih tetap menajdi pilihan jika ada hajatan keluarga. Biskuit ini memang belum tergantikan.

Lukisan di kaleng Khong Guan itu telah melegenda dan siapakah yang menciptakan lukisan itu? Dia adalah Bernardus Prasojo, pria kelahiran Salatiga yang kini bermukim di Jakarta. Di profil Facebook-nya, ia berprofesi sebagai Pranic Healing.

Adalah putranya sendiri, Andreas Prasadja, yang memperkenalkan bapaknya sebagai pelukis di kaleng Khong Guan. “Ini ayah saya Bernardus Prasodjo pelukis asli kaleng khong guan dan wafer,” tulisnya di status FB, Selasa (5/11/2013) malam sambil memperlihatkan foto sang ayah (Bernardus) memegang kaleng Khong Guan dan wafer.



Bernardus Prasodjo dengan kaleng Khong Guan


Banyak teman Andreas di FB yang kaget dengan “informasi” ringan tersebut. Puluhan komentar mewarnai gambar tersebut yang intinya “baru tahu”.

“Serius de? Wah hebat.. Gmn critanya?” tulis Maula Gaharu.

“#barutahu …the man behind legend brand,” komentar Nofa Tatiratu.

“Wowww hebat ayahnya dok.pelukis legendaris biskuit dri jaman saya kecil,” celutuk Khansa Yati.

“Keren! Baru tahu ternyata Om Bernard pelukis spesial keduanya, puluhan tahun tak tergantikan,” tutur Hexa Rahmawati. Serta banyak lagi komentar yang lainnya.

Menurut Andreas, selain melukis di kaleng Khong Guan, Bernardus juga yang membuat gambar di kaleng-kaleng biskuit monde, tapi sudah tdk ada di pasaran. Lainnya adalah logo Hero yang lama. “Yang masih ada sampai sekarang adalah logo Gandy’s,” tulisnya.

“Wah, nampaknya kurang pas kalau saya dikaitkan dengan Khong Guan. Saya kan cuma disuruh menggambar, itupun ordernya tidak langsung dari perusahaan tersebut,” kata Bernardus kepada CELEBESonline.

Lukisan keluarga di kaleng Khong Guan itu belakangan ini menjadi bahan lelucon di dunia maya. Gambar keluarga di kaleng Khong Guan itu populer karena “meme” yang dipelopori oleh @thepopoh. Karya konyol dari @thepopoh ini sudah menyebar di dunia maya, terutama di Twitter sampai ke Path. (*)

sumber

Facebook Beliau Klik

Facebook Anaknya Klik
Diubah oleh EnergizerKuma 06-11-2013 13:19
0
42.4K
495
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan