alexa-tracking

[Basic Knowledge] Gas Turbine Engine

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5274849918cb173327000002/basic-knowledge-gas-turbine-engine
[Basic Knowledge] Gas Turbine Engine
[Basic Knowledge] Gas Turbine Engine
US Personel remove AGT1500 Gas Turbine Engine from M1 Abrams Tank

[Basic Knowledge] Gas Turbine Engine

The AGT1500 engine has been the force behind M1 Main Battle Tank mobility for the past 30 years. It provides the power, speed, quick acceleration and quiet operation which have earned the M1 such high marks in the Persian Gulf. It has operated more than 30 million operating miles, and demonstrated outstanding in-service reliability through the enhancements introduced through the TIGER program.

Specifications
Normal Power : 1500 shp
Torque : 2,750 ft-lb @ 3,000 RPM
Dry Weight : 2500 lbs
Dimensions Length : 66.5 in
Width : 39.0 in
Height : 31.8 in
Gas Flow Parameters : Mass Flow, Nominal 11.8 lbs/sec Exhaust Temp, Nominal 930 F (Fully Recuperated)
Fuel Types : Diesel, Jet Fuel, Gasoline, Marine Diesel
http://www.honeywellbusinessaviation...oprops/agt1500



Kita mungkin sering mendengar gas turbine, yang banyak di pakai untuk pembangkit listrik, penggerak kapal bahkan pada kendaraan perang seperti tank M1 Abrams ini. Nah ada baiknya kita memahami dasar2 tentang gas turbine engine ini sehingga ada gambarannya dan karena ini cenderung ke kuliah umum saya akan mencoba mengurangi teorinya dan lebih menekankan kepada konsepnya .... selamat menikmatilah dan akan di coba dicicil dari dasar teori sampai ke pengaplikasiaanya.


Sebelum kita membahas mengenai gas turbine ini ada baiknya kita mengenal turbine terlebih dahulu.

Turbin (english "Turbine") adalah peralatan mekanik yang berfungsi merubah energi, adapun energi yang diubah adalah energi aliran "fluida" menjadi energi gerak (umumnya gerakan berputar sedangkan aliran fluida umumnya gerakan lurus).

Jadi secara umum turbin adalah benda yang akan berputar bila ada fluida yang mengalir melewati turbin tersebut. Berbeda dengan kompressor dan pompa yang merubah energi dari energi gerak berputar menjadi energi aliran fluida, sehingga pompa dan kompressor mampu mengubah kondisi fluida yang diam menjadi bergerak (mengalir). Sehingga antara turbin dan kompressor serta pompa bekerja secara berkebalikan.

Note: Pompa dan kompressor yang di maksud adalah yang berputar karena ada pompa dan kompressor yang menggunakan prinsip berbeda seperti recipocating compressor.


Pada penjelasan diatas salah satu unsur terpenting pada turbin adalah adanya fluida yang mengalir karenanya kita perlu ketahui apakah fluida itu ??

Quote:



Berdasarkan aliran fluidanya Turbin dibagi dua, turbin impuls dan turbine reaksi.

Bagian dari sebuah turbin impuls yang disederhanakan :

Sebuah turbin impuls yang paling sederhana terdiri dari bagian yang berputar yang disebut rotor, adapun rotor itu sendiri terdiri atas roda (wheel) dengan blade (bilah / sudu2) yang terpasang disekeliling roda dan sebuah poros (shaft) yang terpasang di tengah2 roda yang digunakan sebagai sumbu putarnya.

[Basic Knowledge] Gas Turbine Engine

Untuk menggerakan turbin tersebut sebuah aliran fluida (pada gambar adalah steam / uap air) berkecepatan tinggi diarahkan tepat ke blade rotor menggunakan sebuah nozzle yang berfungsi untuk menambah kecepatan aliran. Tumbukan antara fluida dengan blade akan menggerakan roda pada sumbu porosnya (shaft).


Adapun Tipe turbine reaksi proses conversi energi dari aliran ke gerak berbeda dengan turbin impuls, turbin reaksi menggunakan tekanan fluida yang diubah menjadi aliran oleh nozzle yang terhubung dengan roda, aliran fluida yang bergerak dengan kecepatan tinggi akan menggerakan roda. aliran nozzle berkecepatan tinggi ini mirip sebuah balon yang kita tiup dan kita lepaskan dimana aliran udara yang melewati celah sempit akan mendorong balon kedepan, hanya saja pada turbin gerak maju ini diubah menjadi gerak berputar. Pada praktiknya turbin reaksi menggunakan dua buah blade yaitu blade yang bergerak dan blade yang diam, berbeda dengan turbin impuls yang bekerja karena tumbukan fluida, turbin reaksi bekerja karena gerakan fluida yang melewati turbin.


Contoh sederhana perbandingan turbine impuls dan turbin reaksi.

[Basic Knowledge] Gas Turbine Engine

[Basic Knowledge] Gas Turbine Engine


Gambaran diatas adalah pembahasan mengenai prinsip kerja turbin dan cara kerjanya berdasarkan aliran fluidanya, besok2 akan di bahas lebih jauh lagi.



Bersambung .........


Bacaaan :
http://www.slideshare.net/GlistenAng...ction-turbines
http://onnyapriyahanda.com/turbin/
http://en.wikipedia.org/wiki/Turbine
wah..nambah pengetahuan neh..thank you gan... emoticon-Cendol (S)
zumwalt jg pake ini gan emoticon-Smilie
KASKUS Ads
Bagus Om trit nya, btw dari video yang pernah ane liat, kalau di Honeywell AGT1500 yang dipake Abrams, kalau pas turun mesin, komponen yg mesti diganti adalah saringan udara + blade rotor turbine nya. Blade nya gripis-gripis (coak-coak mungkin bhs indonesia nya) karena ada pasir atau benda2 lain yg masih lolos dari saringan udara.

oiya, pada saat pengoperasian, abrams yg pake turbine engine tergolong mbt yang paling senyap,...kecuali pas start engine aja, zuiiiiiiiiiiiiiinggggggggggggggggg (melengking begitu suaranya)

Btw juga, kenapa kq usia pakai turbine engine made in rusia lebih pendek usia pakainya ya Om, mohon pencerahan...

ntar lanjutanya sekalian dibandingkan dengan mesin lain soal kelebihan dan kekurangnya gan, soalnya dimari pada alergi sama mesin turbin karena boros (katanya).
om bhass mana om bhass mana ???
Quote:


Saringan udara diganti karena melihat kondisi kerja mesin di lingkungan terbuka, terutama di negara timur tengah yang berpasir dan berdebu, idealnya mesin itu di operasikan di area yang udaranya bersih, dan sebenarnya bukan hanya gas turbine, semua engine yang menggunakan combustion / pembakaran tentu memerlukan udara dan udaranya harus bersih karena kalau kotoran seperti pasir dan debu masuk ke dalam ruang bakar akan merusak komponen dalamnya terlebih mesin bekerja pada kecepatan tinggi.

Turbine Blade harus di cek dan diganti karena bekerja pada suhu dan kecepatan yang sangat tinggi, kalau dibandingkan mesin diesel / mesin bensin ya seperti piston head_nya, silinder harus dicek dan kalau sudah tidak bagus ya diganti.

Kalau usia mesin russia lebih pendek dari punya amerika saya kurang tahu, tetapi secara makro kita bisa lihat kalau amerika sangat gigih dalam melakukan riset dan penelitian termasuk dalam hal gas turbine, terlebih ekonomi amerika yang kuat tentu mampu membiayai penelitiannya. sedangkan russia a.k.a soviet ekonomi tidak sebagus amerika dan mulai bangkit saat2 akhir ini, tetapi itu hanya gambaran kasar saja.


Quote:


iya nanti kita coba pelan2.....

Keuntungan :
-Perbandingan berat mesin dengan tenaga yang dihasilkan lebih besar dibandingkan mesin lain, artinya untuk ukuran yang sama power gas turbine lebih besar.
-Vibrasi (getaran mesin) yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan dengan mesin diesel.
-Panasnya yang tinggi pada exhaust (knalpotnya) hasil sisa dari pembakaran dan bisa digunakan sebagai sumber panas pada Boiler dan sistem ini umum di pakai di PLTG dan namanya adalah HRSG (Heat recovery system generator). Bisa jadi sisi negatif tergantung aplikasi lapangan.
-Putaran yang dihasilkan tinggi umumnya belasan ribu RPM (rotasi permenit).
-Bisa memakai banyak jenis bahan bakar, gas turbine bisa memakai solar dan bahan bakar lain.
-Suara yang dihasilkan lebih tenang di bandingkan mesin lain misalkan diesel engine yang suaranya mirip kaleng rombeng.

Kelemahan :
-Boros bahan bakar.
-Startupnya lama (menghidupkan engine dari kondisi mati).
-Kurang tanggap terhadap perubahan load atau beban
-Biaya Maintenancenya mahal.


Kalau saya tidak lupa saya pernah mendapati sebuah gas turbine generator yang menghasilkan daya 20 MW membutuhkan 2000 liter solar perjam sebelum mendapatkan supply gas dan fuel filternya harus sering di ganti.



Quote:


Kalau tidak salah saya pernah di bisikin sama sepuh disini kalau Mr bhass itu bekerja pada salah satu perusahaan yang spesialisasi di bidang gas turbin di indonesia .... mungkin sudah pindah, dan karena jarang main kesini saya asumsikan dia sedang sibuk project diarea yang jaringan internetnya memprihatinkan, atau karena dia sibuk dikejar-kejar sama boss_nya karena proyek sudah deadline emoticon-Stick Out Tongue .... atau sibuk yang lain.... hanya asumsi iseng saja lho.

Quote:


Kalo kita liat dari mesin pesawat dan canon mbt sebagai acuan, metalurgi US lebih bagus dibanding dengan Russia punya, dalam proses pembuatannya pun punya US dibuat pada suhu yang lebih tinggi dibanding Russia punya.

Kalo diliat dari sisi metalurgi, gw urutin nya gini:
1. US n France
2. China
3. Russia, Japan, dll
Quote:


ini lubang masuknya yg mana
Quote:


yg biru/kanan om emoticon-Malu
Quote:


sebenarnya bkn senyap, tp krn berbunyi dlm freq tinggi jadi trdengar tidak bergema. beda dgn mesin diesel yg berbunyi pada freq rndh. amplitudo nya psti beda toh?

umur pndek krn disusain dgn kbutuhan rusia jg.
kualitas material super alloy jg beda psti.
yg berakibat mesin rusia umumnya lbh murah dr barat. cnth MTBO PW F100 itu 4300 jam an, dan AL-31 hanya 1000 jam.
Quote:


tepat di pojok kanan. kompressor nya kliatan kok.
jd itu cm gambar irisan turbin.
Quote:


belarti bisa pake anjing ga buat sensor kedatangan abrams? emoticon-Big Grin

jauh jg ya umur pakainya 4x lipat lebih emoticon-Malu pastinya pengaruh dari aloy itu ya?

btw leopard ga pake gas turbine mengapa om? emoticon-Malu
Quote:


freq nya msh jauh di bwa 20000hz kok.
msh mampu kita dnger. emoticon-Malu

ya krg lbh sgtu. itu cm perkiraan maintenance.
blm tentu, kan itu cm alesan salah satu nya.
bsa jg dr metalurgi yg lain, dr kadar kesempurnaan pembakaran, dr efek pendinginan mesin. kl cooler nya krg baik ya memperpendek umur mesin jg donk.

krn boros banget. dlm posisi idle pun msh sgt boros hampir sama ketika jlan. kl diesel kn nggak bgtu, gk dlm posisi idle gk akan mengeluarkan byk solar. rusia aja pke diesel lg di T-90 nya.
Quote:


Dasarnya apa itu ?

Milling Titanium Soviet/Rusia itu lebih maju dari AS, buktinya apa ? Alfa Class, Kh-22 Burya.

Mesin ya nggak beda jauh, bedanya hanya filosofi dimana yang di Rusia itu dibuat supaya mudah direparasi dan tidak perlu pemeliharaan rutin, cukup dijadwal kapan harus ganti sparepart.

Yang kurang dari Rusia itu kan hanya masalah presisi, dan balik lagi ke filosofi dimana barang itu harus gampang dibikin, nggak usah make mesin-mesin presisi dsb.

Tapi bukan berarti nggak maju.
Quote:


Gw bandinginnya dari mesin pesawat aja, gw bandingin AL-31 ama F-110 n F-119. Selain presisi juga kemampuan untuk membuat yang lebih kuat ke-22 nya dimiliki oleh US.

Gak bakal ada yang menyangkal kalau metalurgi Russia juga maju, kemampuan yang dimiliki Russia itu bakal susah dicari di negara lain, tapi untuk metalurgi gw tetap pegang US untuk saat ini dibanding ama Russia.
MTBO itu bukan soal ketahanan atau kuat2an materialnya doang..
kan yg diservis macam2..

simpel aja mesin mobil servis tiap 10rb km.. kan yg diganti barang remeh2 kyk busi atau belt.. bukan piston or crankshaftnya gt2..

itu mesin russia lbh cepet masuk maintenance paling barang2 macam bearing atau seal2/gasket lbh cepet aus
Quote:


tau dari mna ente kl US pny lbh presisi dan kuat?
gk akan ente tau, krn memang mesin rusia sngaja dibuat gtu, murah, gmpg diproduksi, dan tahan suhu beku ekstrim. umur gk prlu panjang2.
lgian bandingin mbok sm yg selevel, AL-31 itu mesin flanker paling basic, coba ente bandingin AL-117 vs F-119. lbh fair bkn?

trus knp ada china di urutan 2?
itu apaan pula jepang ada disitu?
apa ente lupa ada inggris dgn RR nya yg jadi produsen mesin no 2 trbesar di dunia?
kl metalurgi nya dh mature gk akan WS-10 dikembangin lg dgn biaya miliaran dollar, JF-17 yg pke mesin RD-33 buat export, ato J-10 J-11 yg byk pke mesin rusia produksi awal nya.
Quote:


hooh, tp mksd ane jlasin diatas itu biar yg bersangkutan bisa ada perbandingan, kl "busi" buatan rusia cm tahan 1000km tp "busi" buatan US bisa tahan 4300km.

dan untuk prgantian, mesin rusia bkal diganti sm modul2nya lho, bkn ganti apa yg rusak. ibarat prseneling 2 rusak, rusia bkal gnti sluruh gearbox. tp kl US cm ganti gear 2 nya doank. mkanya prawatan mesin rusia lbh mahal. tp kelebihannya lbh mudah dilakukan dgn cpat, pralatan terbatas dan teknisi biasa.
Quote:


Ya kalau AL-31 ya keliru... kalau mau dibandingin sama F-119. Rusia sudah bikin AL-41FU Yang setara dan lebih kuat itu dari F-119.