alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5273743e128b469827000005/gtgtgt-5-museum-wajib-di-munich-ltltlt
>>> 5 MUSEUM WAJIB DI MUNICH <<<
Munich punya banyak pilihan museum dan semuanya keren-keren. Tapi agan harus simak 5 museum yang wajib dikunjungi kalau lagi jalan-jalan ke Munich.

1. MEMORIAL KAMP KONSENTRASI DACHAU
>>> 5 MUSEUM WAJIB DI MUNICH <<<

Pada 22 Maret 1933, hanya beberapa minggu setelah terpilihnya Adolf Hitler sebagai Reich Chancellor atau Kanselir Jerman, dibangun sebuah kamp konsentrasi di Dachau. Memorial kamp konsentrasi Dachau ini masih berdiri sesuai dengan bangunan aslinya, di dalamnya terdapat ruang pameran, perpustakaan dan arsip, serta toko buku. Ruang pameran menceritakan tentang sistem kamp konsentrasi Nazi dan kehidupan di dalamnya. Para pengunjung akan mengikuti path of the prisoner atau jalur tahanan. Pengunjung akan melewati gerbang yang memajang moto sinis “Arbeit macht frei” (bekerja membuatmu bebas), kemudian ke ruangan dimana para tahanan ditelanjangi dan dipaksa untuk menyerahkan harta benda beserta identitas. Di Kamp Dachau kita juga dapat melihat penjara asli, kamar mandi yang berisi gas beracun, barak-barak, halaman penyiksaan, dan krematorium. Selain itu juga terdapat memorial religi dan kapel yang mencerminkan beragam agama yang ada di dalam kamp serta monumen peringatan yang dibuat oleh seniman Yugoslavia sekaligus korban holocaust yang selamat, Nandor Glid. Selama 12 tahun berdiri, Kamp Dachau sudah memenjarakan 200.000 orang dari seluruh penjuru Eropa. Sebanyak 41.500 orang dibunuh.

2. DEUTSCHES MUSEUM
>>> 5 MUSEUM WAJIB DI MUNICH <<<

Deutsches Museum (Museum Jerman) dapat berbangga menjadi museum sains dan teknologi terbesar sekaligus tertua di dunia. Museum ini mengoleksi beragam peninggalan sejarah yang mengagumkan. Jika berwisata ke Jerman bersama anak-anak, Deutsches Museum tempat yang tepat untuk memberikan hiburan sekaligus edukasi. Museum ini memamerkan objek-objek sains, material dan produksi, energi, komunikasi, transportasi, instrumen musik, dan teknologi-teknologi modern. Pengunjung dapat melihat dinamo listrik yang pertama, mobil yang pertama, hingga bangku laboratorium tempat atom pertama kali dipisahkan. Anak-anak sangat menyukai museum ini karena terdapat alat-alat interaktif bagi tangan-tangan “jahil”. Anak-anak dibebaskan untuk memencet tombol apapun, kemudian melihat keajaiban apa yang dapat terjadi.

3. PINNAKOTHEK MUSEUM
>>> 5 MUSEUM WAJIB DI MUNICH <<<

Tiga museum seni terbaik Jerman berkelompok di utara kota tua Munich. Museum tiga bersaudara ini saling bertetangga dan masing-masing menampilkan karya seni dari zaman berbeda. Ketiga museum itu adalah alte Pinakothek, neue Pinakothek, dan Pinakothek der Moderne. Alte Pinakothek memajang lukisan-lukisan dari abad pertengahan hingga penghujung zaman rokoko. Alte Pinakothek adalah rumah bagi para penikmat karya seni abad pertengahan dari Italia, Jerman, Belanda, serta Flemish paintings. Neue Pinakothek adalah rumah bagi 400 lukisan dan patung abad ke-19. Koleksi utama galeri ini adalah karya-karya seni dari seniman Jerman abad ke-19, termasuk lukisan-lukisan romantis Caspar David. Pinakothek der Moderne menyuguhkan pameran seni yang unik, abstrak, tapi indah, bahkan beberapa diantaranya membuat Pengunjung mengerutkan kening atau menggaruk kepala. Museum ini juga memamerkan karya-karya Picasso, Magritte, Kadinsky, Francis Bacon, dan Andy Warhol.

4. MUSEUM BMW
>>> 5 MUSEUM WAJIB DI MUNICH <<<

Rasanya memang tidak lengkap jika melancong ke Munich tanpa mampir ke markas BMW. Bentuk bangunannya saja sudah mengundang orang untuk memasukinya. Bangunan itu dikenal dengan sebutan kuali karena bentuknya berupa setengah lingkaran menyerupai kuali. Diameter lingkaran dasarnya hanya 20 meter, sedangkan diameter atapnya 40 meter. Lantainya berbentuk lereng (turunan) mengikuti bentuk bangunan yang seperti kuali. Arsitektur gedung ini memiliki sentuhan kontemporer dan futuristik, terbuat dari baja dengan kaca-kaca. Dalam bangunan uniknya tersebut, BMW memberi bocoran pada para pengunjung tentang sejarah perkembangan teknologi BMW. BMW juga memamerkan mesin, turbin, pesawat, sepeda motor, dan beragam variasi mobil. Mobil-mobil antik BMW yang dipamerkan, termasuk Dixi 1928, Isetta, dan tidak ketinggalan sang juara balap Mille Miglia Racing, BMW 328. Beberapa model BMW zaman modern juga dipajang di sini seperti BMW Z1 dan BMW 850.

5. LENBACHHAUS
>>> 5 MUSEUM WAJIB DI MUNICH <<<

Mengunjungi Lenbachhaus di Munich seperti berjalan-jalan di kota kecil yang penuh dengan galeri seni. Museum ini memamerkan beragam lukisan dengan bermacam gaya. Mayoritas dari lukisan tersebut merupakan hasil karya seniman Munich abad ke 19 dan abad ke 20. Beberapa seniman Munich yang berkontribusi antara lain Jan Polack, Cristoph Schwarz, Wilhelm von Kobel, Franz von Lenbach, dan Carl Rottman. Lenbachhaus terkenal akan koleksi lukisan karya Blaue Reiter atau Blue Rider.

Sumber