alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
17 Juni 2015 Deadline Konversi TV Analog ke TV Digital - Apa Itu?
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527325af138b462e43000009/17-juni-2015-deadline-konversi-tv-analog-ke-tv-digital---apa-itu

17 Juni 2015 Deadline Konversi TV Analog ke TV Digital - Apa Itu?

Televisi digital atau DTV adalah jenis televisi yang system kerjanya menggunakan modulasi digital serta sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi. Televisi digital merupakan alat yang digunakan untuk menangkap siaran TV digital. Saat ini system penerimaan maupun pemancar TV di indoensia masih menggunakan TV analog. Nantinya perkembangan dari sistem siaran analog ke digital ini akan mengubah informasi menjadi sinyal digital berbentuk bit data seperti komputer.

Spoiler for Analog vs Digital:


Kelebihan TV Digital memiliki kualitas visual dan audio yang lebih bagus dari pada TV analog. Selain itu yang terpenting adalah dari aspek regulasi, akan terdapat izin penyelenggara jaringan dan izin penyelenggara jasa sehingga dapat menampung sekian banyak perusahaan baru yang akan bergerak dibidang penyelenggaraan televisi digital. Dengan demikian akan dapat dihindari adanya monopoli penyelenggaraan televisi digital di Indonesia.
International Telecommunication Union (ITU) atau otoritas telekomunikasi internasional memberi kebijakan konversi ke penyiaran digital kepada seluruh negara di dunia, agar paling lambat 17 Juni 2015. Berdasarkan kebijakan ini TV analog atau TV biasa yang kita tonton sehari-hari bakal tidak bisa digunakan sehingga mau tidak mau masyarakat harus berganti ke TV yang bisa menangkap siaran digital.

Berikut penjelasan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring seputar TV digital melalui akun twitternya, @tifsembiring:

1. Keputusan ITU, per tanggal 17 juni 2015 seluruh tv analog hrs migrasi ke digital. Jadi pabrik2 tv akan produksi tv digital.
2. Sesuai UU 32/2002, tv digital menjamin diversity of ownership, diversity of content dan ssj (sistem stasiun jaringan). Tdk ada monopoli.
3. Trend teknologi tdk bisa dilawan, tv analog: tabung, transistor, IC terus ke digital, LCD dst. Spt telco: 2G, 3G, LTE, 4G dst
4. Akan dipisah penyelenggara multiplexer (mux) dengan penyelenggara siaran. Tadinya 33 zona, sekarang 15 zona. 1 zona ada 6 mux, 1mux=12 ch
5. Jadi dalam 1 zona akan tersedia 72 channel tv digital. Tidak ada lagi monopoli siaran. Peluang dibuka se-luas2nya
6. Waktu migrasi dari tv analog ke digital diberikan sampai switch off 2018. Dalam masa transisi, konsumen yg punya tv analog perlu set top box.
7. Set top box, semacam decoder dari pemancar digital ke penerima analog. Anak SMK, bilang harganya bisa rp 85.000/unit. Di glodok rp 135.000
8. Decoder wajib konten lokal, sedang dihitung peluang bantuan decoder kpd org2 miskin, perlu dana lk rp 300 milyar
9. Negara2 eropa banyak yg sdh migrasi, jepang pakai dual system. Membangun negeri, Indonesia tdk boleh ketinggalan
10. Tv digital menggunakan frekwensi sangat efisien. Dg cara ini tdk ada lagi yg menguasai 2 frekwensi di satu zona.
11. Secara prinsip tdk ada lagi tv nasional, kecuali mrk berjaringan dg zona2 lain. Diprediksi industri PH dan CP tv akan kembali berkembang.

Set Top Box

Set Top Box (STB) atau yang sering disebut sebagai dekoder adalah alat yang berisikan perangkat dekoder yang berguna untuk mengatur saluran televisi yang akan diterima, kemudian dipilih sesuai kebutuhan, dan juga dekoder akan memeriksa hak akses pengguna atas saluran tersebut, kemudian akan menghasilkan keluaran berupa gambar, suara, dan layanan lainnya. Dilihat dari bagaimana cara kerja Set top box ini yang bekerja satu arah dan juga dapat bekerja tanpa campur tangan manusia, Set top box dapat dikatakan sebagai salah satu perangkat teknologi informasi.

Spoiler for Penampakan Set Top Box:


Prinsip kerja Set top box sebenarnya mirip dengan penerima sinyal televisi biasa yang sudah terdapat pada tv analog. Namun Set-top box di sini berguna juga untuk mengubah sinyal digital yang diterima dari satelit, kabel, ataupun internet ke dalam format analog agar dapat ditampilkan ke layar televisi analog atau perangkat layar analog lainnya. Set Top Box biasanya digunakan di sistem tv kabel, tv satelit, ip-tv, maupun tv digital terestrial. Dalam penggunaannya biasanya Set-top box memerlukan kartu akses dari penyedia layanan televisi digital yang bersangkutan, kartu ini berguna untuk menyaring saluran televisi yang diterima kemudian disesuaikan dengan tayangan yang penonton bayar. Untuk keberadaan saluran televisi yang ada, itu merupakan kebijakan dari penyedia layanan televisi berbayar, yang bisa saja berbeda antara satu dengan yang lain. Selain itu, Set-top box juga memiliki prosesor mikro, memori RAM, MPEG-2 dekoder chip, serta chip-chip lain yang berguna dalam pemrosesan data audio maupun data visual. Keluaran dari Standard Definition dari Set-top box dihubungkan dengan televisi biasanya menggunakan kabel video SCART atau dapat juga menggunakan koneksi s-video atau juga dapat digunakan sebagai UHF sinyal. Dan untuk keluaran yang berjenis High Definition akan menggunakan satu kabel hdmi untuk suara sekaligus video. Namun jika televisi yang digunakan masih Standard Definition, keluaran High Definition dapat menggunakan kabel video SCART atau s-video namun hasil yg diterima televisi akan berformat Standard Definition. Dilihat dari bagaimana cara kerja Set top box ini yang bekerja satu arah dari penyedia layanan televisi berbayar dan juga dapat bekerja tanpa campur tangan manusia, Set top box dapat dikatakan sebagai salah satu perangkat teknologi informasi.
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
wah baru tahu ane gan

btw 2015 masih lama sih, btw semoga aja knnversinya berhasil
gambarnya bakalan lebih jernih ya gan,
sekarang kayaknya udah ada beberapa stasiun TV yg pake digital deh

Quote:
Quote:


Ada cuma belum menyeluruh, jadi mereka jalan dengan dua sistem analog dan digital..."

klo emang berkualitas n lebih enak buat ditonton ane dukung...btw mending kualitas acara/program nya yg lebih urgent buat diperbaiki...sekarang TV banyak nyiarin sinetron dg tema dan cerita ga jelas...lht berita isinya berita kriminal semua emoticon-Cape d...
jadi harus pake LED ya gan
tv ane masih cembung 14 inch lagi, doain ya gan biar ane sama istri ane bisa beli LED emoticon-Sorry
ane udah pasang TV Satelit gan, meskipun cuma 60rebuan seengganya banyak acara mendidik seperti NatGeo...gk kaya TV lokal yang banyak nyampahnya...
udah jarang nntn tv gan , percuma jernih tapi acaranya pada gk bermutu gan emoticon-Cape d...
Diubah oleh adib.bartosc
keren nieh ts emoticon-Ngakak
trus brarti kita harus pake indovision, toptv dll? kok bingung ya ane emoticon-Hammer
gan, pake ukuran font standar lah gan, perih mata ane
Set Top Boxnya kira-kira dikasih ma pemerintah ato SUBSIDI gan, lumayan mahal gan buat orang kecil, moga aja disubsidi tuh Set Top Box, klo gk disubdisi, mending ke TV Berbayar aja dah emoticon-Matabelo
Quote:


gk gan, cuman butuh decoder aja, Set Top Box, buat ubah sinyal digital jadi sinyal analog buat di TV yang masih tabung, klo TV yang dah LED biasanya udah support sinyal Digital, jadi gk usah alat lagi, tapi klo TV tabung butuh Decoder lagi
tv sekarang yg udah digital apa ga?
dari pada ganti TV nya mending nyiptain alat yg bisa menangkap siaran digital...
kya misalkan contoh nya TV tunner...LCD komputer bisa jd TV...kira2 seperti itu lah...
karena kalau semua TV di ganti ngga kebayang deh jumlah sampah elektronik di dunia...emoticon-Cape d... (S)
Quote:


kan Set Top Box buat ubah sinyal Digital jadi Sinyal Analog yang bisa diterima ma TV tabung gan emoticon-Malu (S) agan ini baca ampe akhir gk yaa emoticon-Malu (S)
nanti TV jadi kayak HP ya? butuh BTS gitu?
bagus lah bisa jadi digital
pengen ngerasain nonton tv yg HD emoticon-Big Grin
ouh,ada set top box buat tipi edisi lama..kirain tipi analog ane ntar di 2015 udah kaga bisa dipake nonton..
bisa lebih jernih pake antena biasa jg ya gan. emoticon-thumbsup
Sdh di jual dmn saja alat itu yah? kalo pasang speedy skr sdh gratis dengan paket siaran TV tapi sayangnya desa ane blm bisa masang speedy krn terlalu byk gangguan (kabel tlp di gondol maling). Percuma pake TV bagus tp antena yg nangkep sinyal jelek emoticon-No Hope
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di