alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/526fcd4c3dcb17a17100000d/dittopad-melaksanakan-pemotretan-udara-daerah-latihan-kodam-i
Dittopad Melaksanakan Pemotretan Udara Daerah Latihan Kodam I
Dittopad Melaksanakan Pemotretan Udara Daerah Latihan Kodam I

Rencana pemotretan daerah latihan Kodam I/BB Dolok Silau Simalungun Sumatera Utara berawal dari Perintah Pangdam I/BB dan Asops Kasad kepada Katopdam I/BB untuk melaksanakan pemotretan pada bulan Desember 2012. Merespon perintah tersebut Katopdam langsung berkoordinasi dengan Dittopad untuk membuat perencanaan kegiatan pemotretan. Karena keterbatasan SDM dan peralatan yang dimiliki Topdam I/BB maka kegiatan pemotretan dilaksanakan oleh Dittopad dibantu Topdam I/BB

Dittopad sebagai salah satu fungsi teknis Angkatan Darat yang memiliki tugas pokok menyediakan dan menyajikan informasi Topografi berupaya terus untuk mendukung kegiatan pemotretan di Daerah Latihan Kodam I/BB. Dalam rangka mencari solusi untuk pemotretan di daerah latihan Kodam I/BB, Dittopad telah melakukan beberapa kali uji coba pemotretan menggunakan UAV bekerjasama dengan Lapan. Kerjasama ini dilaksanakan dengan Format, Lapan menangani pesawat UAV dan Dittopad menangani proses pemetaannya. Akhirnya, setelah melakukan beberapa kali percobaan pemotretan, Dittopad bersama Lapan berhasil melaksanakan pemotretan daerah latihan Kodam I/BB yang dilaksanakan pada tanggal 10 s.d. 17 Oktober 2013.

Secara umum hasil dari kegiatan pemotretan ini adalah :

a. Pemotretan daerah latihan Kodam I/BB Dolok Silau dapat dilaksanakan dengan baik. Pesawat UAV LSU-02 dapat memotret sasaran sesuai perencanaan. Pesawat tersebut dapat terbang tepat diatas rencana jalur terbang yang direncanakan dengan ketinggian dan kecepatan pesawat sesuai dengan yang diinginkan.

b. Daerah Latihan Dolok Silau memiliki luas kurang lebih 9000 Ha terdiri daerah dataran rendah dengan ketinggian 200 s.d. 500 m dan daerah Gunung dengan ketinggian antara 500 s.d. 1000 m. Pemotretan hanya dapat dilaksanakan di daerah dataran rendah dengan ketinggian 200-500 m dengan luas daerah yang berhasil difoto + 7000 Ha. Untuk daerah dengan ketinggian diatas 500 m selalu tertutup awan sehingga belum dapat difoto. Foto yang dihasilkan sebanyak 2500 Foto dengan sidelap 30% dan overlap 80 %. Tim Fotogrametri Dittopad telah berhasil membuat mosaik foto tersebut menggunakan software Agisoft.

c. Pesawat UAV efektif untuk memetakan daerah dengan luas dibawah 20,000 Ha (dua puluh ribu hektar) karena untuk daerah yang terlalu luas masih terkendala kemampuan pesawat. Pemotretan udara menggunakan UAV memiliki Keunggulan antara lain :

1) Biaya yang diperlukan relatif murah.

2) Pelaksanaan relatif lebih aman dan resiko rendah.

3) Birokrasi untuk penyelenggaraannya relatif simple.

4) Waktu yang dibutuhkan relatif lebih singkat/cepat.

5) Memiliki Fleksibilitas baik, karena ukurannya kecil dan penanganan nya mudah.

6) Hasil cukup teliti.

d. Namun disamping keunggulan, pesawat UAV juga memiliki keterbatasan antara lain :

1) Bergantung adanya landasan pacu yang memenuhi syarat.

2) Bergantung ketersediaan BBM nya Pertamak Plus/95.

3) Kemampuan Monitoring manuver pesawat terbatas.

sumber: http://www.tniad.mil.id/index.php/sa...-bukit-barisan

===============================

lsu lapan. tni ad akhirnya beli ini juga kah? ada yg punya info?
Quote:Original Posted By kenyot10

lsu lapan. tni ad akhirnya beli ini juga kah? ada yg punya info?

kok denkoran tanya pornmilfer anehemoticon-Bingung (S)
padahal semua info juga sumbernya denkoranemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By wahwibson

kok denkoran tanya pornmilfer anehemoticon-Bingung (S)
padahal semua info juga sumbernya denkoranemoticon-Ngakak


lha ini kan barang lokal. dan belum pernah denger soal berita pengadaannya. makanya siapa tau ada yg tau. hehehe
Quote:Original Posted By kenyot10

lha ini kan barang lokal. dan belum pernah denger soal berita pengadaannya. makanya siapa tau ada yg tau. hehehe


ah yang bener omemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By wahwibson


ah yang bener omemoticon-Ngakak


beneran, makanya aku bertanya.
wah bisa multirole buat motretin objek pajak juga nich keknya emoticon-Malu (S)
kalo melihat dari tenggat waktu antara surat perintah (Des 2012) dan pelaksanaan (Oct 2013), miris juga, TNI kita sangat kekurangan peralatan dan dana (kurang atau proses birokrasi yg lama), memang semua harus ada proses, tetapi untuk pemotretan area latihan saja membutuhkan waktu 10 bulan, apalagi pemotretan perbatasan negara, bisa berapa lama?
wew...minumnya pertamax plus emoticon-Big Grin
om nyot, kalo mini quadrotor kostrad yang pakai LCD buatan mana itu ?
Quote:Original Posted By dr.retro26
wew...minumnya pertamax plus emoticon-Big Grin
om nyot, kalo mini quadrotor kostrad yang pakai LCD buatan mana itu ?


pakek buatan china agan emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By bejujagaje
kalo melihat dari tenggat waktu antara surat perintah (Des 2012) dan pelaksanaan (Oct 2013), miris juga, TNI kita sangat kekurangan peralatan dan dana (kurang atau proses birokrasi yg lama), memang semua harus ada proses, tetapi untuk pemotretan area latihan saja membutuhkan waktu 10 bulan, apalagi pemotretan perbatasan negara, bisa berapa lama?


bukan peralatan sih kalo menurut gw. di indonesia itu yang susah cuma satu hal yaitu KOORDINASI
Quote:Original Posted By kenyot10
Dittopad Melaksanakan Pemotretan Udara Daerah Latihan Kodam I menggunakan UAV bekerjasama dengan Lapan. Kerjasama ini dilaksanakan dengan Format, Lapan menangani pesawat UAV dan Dittopad menangani proses pemetaannya.

lsu lapan. tni ad akhirnya beli ini juga kah? ada yg punya info?


UAV LSU-02 nya punya LAPAN, bukan TNI AD

uji coba udah, tes drive udah... kapan belinya neh? emoticon-Cape d... (S)
emang LAPAN jualan UAV ya sekarang? emoticon-Bingung (S)
Om kenyot salah makan atau minum apa ya kok akhir² ini nganeh nganehi... emoticon-Amazed
jangan² .... ah.... jangan².....
MAAF NYUMBANG GAMBAR
Spoiler for citra hightres th 2013 sudah di compres kec dolok silau desa maria dolok:
emoticon-Matabelo ^^^^^^ itu foto dari UAV juga om.. ketinggiannya berapa nih ?
Quote:Original Posted By bintangrock
emoticon-Matabelo ^^^^^^ itu foto dari UAV juga om.. ketinggiannya berapa nih ?


bukan om ini citra satelit hightres yg udh dicompres, emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By kenyot10


beneran, makanya aku bertanya.


negara aneh ya, om kenyot qo bisa belum pernah liat dokumen pengadaannya tapi barangnnya udah dipakai user.

ya gitu deh no pict = hoax, kalao sudah ada fotonya ya ndak hoak toh.

om nyot, skyshield ada kabarnya lagi ndak om?