alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/526bdd7ea1cb17342200000a/munich--bavaria--bir
MUNICH + BAVARIA = BIR
MUNICH + BAVARIA = BIR
emoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beer
München adalah ibukota negara bagian Bayern (Bavaria) dan disebut dengan julukan ibukota dari bir. Jerman memiliki 1.250 pabrik bir dan sekitar 600 lebih pabrik berada di Bavaria. Bavarian breweries menghasilkan 40 jenis bir dan 4.000 merk bir. München sebagai ibukota berhasil menarik 6 juta wisatawan per tahunnya untuk berpesta bir di festival Oktoberfest.

BR-2Bagi para pecinta minuman bir, München sudah seperti Mekah. Setiap musim gugur ribuan orang dari segala penjuru dunia berduyun-duyun mengunjungi Oktoberfest. Bahkan tanpa Oktoberfest pun setiap sudut kota Munich dihiasi tempat untuk minum bir. Bir-bir produksi tanah Bavaria memang paling banyak memiliki variasi, sehingga disukai baik oleh penduduk lokal maupun wisatawan. Bahkan saking identiknya dengan bir, orang-orang di Bavaria melontarkan lelucon bahwa bir adalah agama ke tiga terbesar di Munich setelah katolik dan sepakbola. Artinya jika Anda ke Munich jangan lupa mengunjungi gereja-gereja tuanya, menginjak rumput Allianz Arena, dan mencicipi bir. Bayern memproduksi bir-bir dari mulai yang ringan hingga beralkohol tinggi. Bir Bavaria meliputi bavarian lager (Helles), Bockbier, Weissbier (wheat beer), Pils, Radler, dan Russ.

Sejarah mencatat bahwa bir sudah ada sejak zaman Babylonia. Di Jerman, bir dulu dibuat oleh ibu-ibu rumah tangga. Namun karena prosesnya tidak steril sehingga menyebabkan wabah penyakit. Para pastor di Munich tertarik dengan proses pembuatan bir, akhirnya mereka belajar dan memperbaiki cara pembuatan bir. Mereka menamai bir-bir buatannya sesuai dengan pemimpin mereka. Augustiner adalah bir pengikut Santo Augustin dan Paulaner adalah bir pengikut Santo Paul. Pada tahun 1516 pemerintah Bavaria mengeluarkan regulasi yang disebut Reinheitsgebot atau Purity Law. Undang-undang ini dibuat untuk menjaga kemurnian bir produksi Bavaria sesuai dengan resep asli yang dibuat para pastor berabad-abad lalu. Regulasi itu memerintahkan bahwa bir hanya boleh dibuat dari air bersih, malt, hops, dan ragi. Hingga kini para produsen bir di Bayern memegang teguh regulasi tersebut dan itulah yang menjadi rahasia kesuksesan bir Bavaria. Di München sendiri terdapat enam pabrik bir terbesar, yaitu Löwenbräu (1383), Hofbräuhaus (1589), Augustinerbräu (1328), Paulaner (1629), Hacker-Pschor (1417), dan Spaten (1397). Dari keenam pabrik bir tersebut, Hofbräuhaus merupakan satu-satunya pabrik milik pemerintah negara bagian Bavaria dan paling sering dikunjungi turis.

Bir layaknya makanan pokok untuk para Bavarian. Mereka meminum bir sudah seperti air putih. Bahkan menurut statistik, Bavaria menempati peringkat pertama di Jerman sebagai negara bagian yang paling banyak minum bir. Tidak heran jika bertandang ke Bavaria, dapat dijumpai banyak Bier Garten. Bier Garten atau taman bir ini adalah tempat outdoor yang menjual bir dan makanan pendampingnya, seperti Weisswurst dan Pretzl. Munich memiliki ratusan Bier Garten, salah satu diantaranya adalah yang terbesar di dunia. Jika Anda ingin bersantai sembari mencicipi bir München silahkan mencobanya di Hirschgarten, Chinesischer Turm, Augustiner Keller, atau Hofbräukeller am Wienerplatz. Hischgarten merupakan Bier Garten terbesar di dunia, mampu menampung 8.000 orang, terletak dekat dengan kastil Nymphenburg, dan terdapat taman kecil yang dihuni rusa-rusa cantik.

Sumber: Panduan Wisata