alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525a2100f8ca176f1c000001/malapraktik-persalinan-waterbirth-dokter-kandungan-dilaporkan-ke-polisi
Cool 
Malapraktik Persalinan Waterbirth, Dokter kandungan dilaporkan ke polisi
Sindonews.com - Seorang korban melaporkan seorang dokter kandungan berinisial TOS ke Polda Metro Jaya karena diduga telah melakukan malapraktik persalinan waterbirth pada 5 November 2011 di Rumah Sakit Asri Duren 3, Jakarta Selatan

Korban yang bernama Martini Nazif (35) itu melalui pengacaranya Taufik Basari mengatakan bahwa baru sekarang pihaknya bisa melaporkan dokter kandungan tersebut. Karena pihaknya masih menunggu putusan Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI) yang baru dikeluarkan pada bulan September 2013.

Dalam keputusan MKDKI menyebutkan bahwa TOS terbukti melanggar disiplin kedokteran, karena tidak kompeten melakukan persalinan dengan waterbirth.

"Menurut MKDKI penanganan waterbirth belum ada ijin di Indonesia, karena belum masuk kurikulum dan SOP. TOS juga tidak memiliki kapasitas untuk menangani waterbirth yang memang belum diakui ini," katanya usai melaporkan doter TOS di Mapolda Metro Jaya, Jumat (11/10/2013).

Dia menjelaskan selain tak memiliki SOP yang sah, dalam menjalankan tugasnya dokter TOS dinilai tak serius terlihat dari keterlambatan datang menangani pasien dan menginduksi korban hingga delapan kali. Akibatnya dalam proses persalinan, bayi yang dilahirkan pun dalam keadaan tak bernyawa.

"Proses induksi normal maksimal hanya dilakukan tiga kali. Melebihi jumlah tindakan itu menyalahi aturan ditambah dokter juga memberikan obat penghilang rasa sakit karena dapat menyebabkan anak lahir hipoksia (bayi kekurangan oksigen)," jelasnya.

Selain itu dia menambahakan dokter TOS terancam pasal 359 KUHP dan atau pasal 89 huruf C, UUD RI No 29, tahun 2004, tentang UUD Kedokteran.

"TOS dinyatakan bersalah dan diberikan sanksi ijin praktiknya dicabut selama setahun (oleh MKDKI)," pungkasnyasumberrrrr
Makanya persalinan normal saja, pake waterbirth malah ada komplikasi emoticon-Cape d... (S)
makin banyak dokter yg malpraktik karena hanya mengejar materi,,, emoticon-Matabelo
baguslah waterbirth dilarang, udah ribet kasian bayi dan ibunya, semoga praktek bidan asing gratis yg sering gaungin waterbirth juga dilarangemoticon-Embarrassment
setahu gw waterbirth itu memang sudah menjadi salah satu alternatif yang sangat memudahkan ibu hamil melahirkan anak

itu dari negara maju bukan dari negara berkembang,saya jamin si dokter belum paham benar cara melakukannya

sama saja kayak kita naik mobil,ga bisa naik mobil yach kecelakaan jangan salahin mobilnya
Itu dokter TOS, selain kompetensinya utk waterbirth dipertanyakan, terlihat tidak serius menangani pasien .

Malah ada berita tambahan bahwa si dokter malah asyik main BB dan menangani lebih dari satu pasien Waterbirth dalam satu waktu.

http://www.tribunnews.com/metropolit...tangani-pasien

Walaupun sebenarnya waterbirth itu juga baik asalkan ditangani oleh pihak yang kompeten dan serius.........
Inget film apocalypto- nya mel gibson....
Quote:Original Posted By masdhekijunior
Itu dokter TOS, selain kompetensinya utk waterbirth dipertanyakan, terlihat tidak serius menangani pasien .

Malah ada berita tambahan bahwa si dokter malah asyik main BB dan menangani lebih dari satu pasien Waterbirth dalam satu waktu.

http://www.tribunnews.com/metropolit...tangani-pasien

Walaupun sebenarnya waterbirth itu juga baik asalkan ditangani oleh pihak yang kompeten dan serius.........


wtf, dikiranya si jabang bayi bisa berenang sendiri keluar dari perut emaknya kali emoticon-Nohope
"TOS dinyatakan bersalah dan diberikan sanksi ijin praktiknya dicabut selama setahun (oleh MKDKI),"

Lah TOS udah jelas salah tuh, siap2 rogoh kocek dalam2 malh bisa dibui emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
Korban juga gak boleh lupa yg bedanya malpraktik & human error.
Quote:Original Posted By miracle.maker


wtf, dikiranya si jabang bayi bisa berenang sendiri keluar dari perut emaknya kali emoticon-Nohope


Sebelum proses persalinan waterbirth aja sudah menyimpang dokternya, gan........
Diinduksi sampai 8 kali........emoticon-Gila
Itu interval induksinya berapa jam, ya?
Quote:Original Posted By masdhekijunior
Itu dokter TOS, selain kompetensinya utk waterbirth dipertanyakan, terlihat tidak serius menangani pasien .

Malah ada berita tambahan bahwa si dokter malah asyik main BB dan menangani lebih dari satu pasien Waterbirth dalam satu waktu.

http://www.tribunnews.com/metropolit...tangani-pasien

Walaupun sebenarnya waterbirth itu juga baik asalkan ditangani oleh pihak yang kompeten dan serius.........


Quote:Original Posted By masdhekijunior


Sebelum proses persalinan waterbirth aja sudah menyimpang dokternya, gan........
Diinduksi sampai 8 kali........emoticon-Gila
Itu interval induksinya berapa jam, ya?


Wew...
Om Masdheki dokter tah?
Tau2 aja soal induksi persalinan.
Quote:Original Posted By ErnestoGuevara.




Wew...
Om Masdheki dokter tah?
Tau2 aja soal induksi persalinan.



Bukan, om Ernesto.........emoticon-Malu (S)

Kalau istri om mau melahirkan besok kan pasti diberitahu dokternya, kok......emoticon-Malu (S)

Terutama kalau bayinya terlambat lahir.........

Pake yang alami aja, om........emoticon-Big Grin

Spoiler for :

Quote:Original Posted By masdhekijunior



Bukan, om Ernesto.........emoticon-Malu (S)

Kalau istri om mau melahirkan besok kan pasti diberitahu dokternya, kok......emoticon-Malu (S)

Terutama kalau bayinya terlambat lahir.........

Pake yang alami aja, om........emoticon-Big Grin

Spoiler for :





Oooooo...soale mama Ernesto dokter Om Masdheki.
Dia udah nguliahi panjang x lebar. Enak juga baca2 buku dia, jadi nyambung2 dikit kalau ngobrol soal medical.
emoticon-Malu (S)

Btw, tujuan waterbirth apa sih? Buat ngurangi sakit? kalau cuma ngurangi sakit kan isa pudendal analgetic yak?

Iya saia juga setuju soal kelahiran pervaginam, aman dan lebih baik buat jantung dan paru bayi karena cairan surfaktan sudah terbentuk.

Oiya memang, kata buku mama Ernesto, ML akan memicu prostaglandin yang menyebabkan terjadinya kontraksi pada uterus jadi terjadi "his" deh.

Cuma mikir aja...ml pas trimester terakhir kehamilan enaknya di mana yak? Macam bini bawa2 semangka gitu kan Om?

Btw...bini blom hamil2 Om...
emoticon-Cape d... (S)

Quote:Original Posted By ErnestoGuevara.


Oooooo...soale mama Ernesto dokter Om Masdheki.
Dia udah nguliahi panjang x lebar. Enak juga baca2 buku dia, jadi nyambung2 dikit kalau ngobrol soal medical.
emoticon-Malu (S)


ummffhh........

Untung Ibu saya bukan dokter..........emoticon-Hammer

Sering dikuliahi untuk cepet2 punya momongan nggak, om?..........emoticon-Big Grin


Quote:Btw, tujuan waterbirth apa sih? Buat ngurangi sakit? kalau cuma ngurangi sakit kan isa pudendal analgetic yak?

Setahu saya ya om.........
- Ibu lebih relaks melahirkan
- Bayi mudah lahir dan lebih bersih
- Bayi kan dalam rahim kan juga dalam air (ketuban)........

BTW, gimana kalau bayinya nangis dalam air, ya?
Bisa minum air tuh..........

Pudendal analgetic itu yang disuntikkan langsung ke jalan bayinya keluar ya, om?
Kelihatannya istri saya dapet juga tuh dulu...........

Quote:
Iya saia juga setuju soal kelahiran pervaginam, aman dan lebih baik buat jantung dan paru bayi karena cairan surfaktan sudah terbentuk.


Persalinan normal baik karena bayinya juga ikut olah raga (mendorong dirinya keluar rahim).........


Quote:
Oiya memang, kata buku mama Ernesto, ML akan memicu prostaglandin yang menyebabkan terjadinya kontraksi pada uterus jadi terjadi "his" deh.

Cuma mikir aja...ml pas trimester terakhir kehamilan enaknya di mana yak? Macam bini bawa2 semangka gitu kan Om?


Saya sendiri pas istri saya hamil tua aja mikirnya nggak sampai segitu, om......
Nggak tega juga sih...........

Pas hamil muda aja berani ngelakuinnya..............emoticon-Malu (S)
Itu aja "woman on top", om........


Quote:
Btw...bini blom hamil2 Om...
emoticon-Cape d... (S)




Lha.........

Emang sudah dibenihi belum, om?.........
Quote:Original Posted By masdhekijunior


ummffhh........

Untung Ibu saya bukan dokter..........emoticon-Hammer

Sering dikuliahi untuk cepet2 punya momongan nggak, om?..........emoticon-Big Grin

Setahu saya ya om.........
- Ibu lebih relaks melahirkan
- Bayi mudah lahir dan lebih bersih
- Bayi kan dalam rahim kan juga dalam air (ketuban)........

BTW, gimana kalau bayinya nangis dalam air, ya?
Bisa minum air tuh..........

Pudendal analgetic itu yang disuntikkan langsung ke jalan bayinya keluar ya, om?
Kelihatannya istri saya dapet juga tuh dulu...........

Persalinan normal baik karena bayinya juga ikut olah raga (mendorong dirinya keluar rahim).........

Saya sendiri pas istri saya hamil tua aja mikirnya nggak sampai segitu, om......
Nggak tega juga sih...........

Pas hamil muda aja berani ngelakuinnya..............emoticon-Malu (S)
Itu aja "woman on top", om........

Lha.........

Emang sudah dibenihi belum, om?.........


Nggak pernah dikuliahi biar punya momongan sih...malah sama mertua dibilang, ndak usah buru2 punya anak kalau masih mau ngejar ini dan ituw.
emoticon-Ngakak <-- anomali memang

Menurut saia sih waterbirth system cuma bikin satu aja...kenyamanan buat emaknya. Itu aja. Krn lumayan anget dan anget itu meng-exposure daerah ingunal wanita yg mau melahirknan jadi rasanya lebih comfort aja.

Kalau keminum ya ndak apa2 Om, paling dibatuk2in biar keluar lagi. yang penting kan Apgar Score nya apik. (Gaya ngomong Apgar Score segala padahal dari baca2 buku ibu Ernest) emoticon-Malu (S)

Iya betul...pudendal block yang disuntik di kiri kanan inguinal Om.

Padahal ML justru ndak disarankan pada trimester pertama kehamilan dan disarankan pada trimester kedua dan ketiga. Saia juga bingung kalau nanti....untung ada pacar setia dari jaman SMA...tangan kanan!
emoticon-Ngakak
Quote:untung ada pacar setia dari jaman SMA...tangan kanan!
what?
Quote:Original Posted By sepatu.usang

what?


emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
Ane juga bingung tuh, masa lahir malah dicelup2in ke air, mending normal aja deh, jgn aneh2 kasian bayinya.

Waterbirth, memangnya kita putri duyung emoticon-Cape d... (S)
Kayanya itu cuma kreatif dalam bisnis persalinan aja deh
Smua jg masi ok asal ditangani yg kompeten,mau normal,water birth,lotus birth bs dilakukan
buset itu nyawa ko dibuat mal praktik ..

keluarganya sendiri aja jgn ke org lain .. hadeeuuhhh
×