Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pr4mmzAvatar border
TS
pr4mmz
Slow Respon PT. KAI ( Pelayanan Tiketing Online)
Selamat sore Agan, Aganwati & Kaskuser

Mau sedikit curhat ya, boleh ya..

Jadi gini, Ane kan orang Cimahi/Bandung merantau di Jakarta, tiap weekend atau sebulan sekali ane pulang ke kampung. Kebetulan ane adalah pencinta kereta api, so ane sering menggunakan jasa transportasi dari PT. KAI.

Jujur sih ya, pelayanannya sampai saat ini meningkat, alhamdulillah lebih rapi dan teratur. Ane dukung itu gan, dan ane yakin semua warga baik pengguna maupun non pengguna jasa KAI pun mendukung akan perubahan pelayanan KAI ke yang lebih baik. Kita dukung dan pantau itu ya gan. Sekarang kalo mau pergi-pergi ga perlu ngantri buat beli tiket lagi kan gan, tinggal pesen lewat telpon atau lebih mudah lagi via web, bisa bayar pake kartu kredit pula, bener-bener memudahkan pelanggannya lah. Ane jarang beli langsung di loket, pasti pake fasilitas online terus.

Berhubung ane rada-rada parno sama kehabisan tiket pas nanti minggu depan, (Libur panjang Idul Adha, tgl 11-15 Oktober 2013) dan kebetulan di tgl 13 itu sepupu ane mau nikah, Ibu ane nyuruh dateng, jadi dengan cepat ane order tiket kereta buat pergi ke Cimahi dan pulang Jakarta via online.

Ane order tiket itu tgl 23 September 2013 Jam 11 pagi.

Ane pesen
Argo Parahyangan
1. Jakarta (gambir) - Cimahi, 2 tiket (1lagi buat cewe ane gan), jam 05.45 dari Gambir Tgl 13 Oktober 2013

2. Cimahi - Jakarta (gambir), 1 tiket (buat cewe ane gan, dia ga bisa nginep di rumah ane)emoticon-Sorry jam 16.13 Tgl 13 Oktober 2013

3. Cimahi - Jakarta (gambir), 1 tiket (buat ane pulang ke Jakarta) jam 12.11 dari Cimahi Tgl 15 Oktober 2013


Total ane bayar pake kartu kredit 416.000, rata2 tiket itu 90rb gan, itu termasuk biaya admin.

Setelah bayar kan keluar tuh notifikasi pembayaran, masuk melalui email dan ane print gan buat ntar ditukerin ke tiketnya. Tenang kan gan, tiket udah di tangan.

Beberapa hari kemudian, temen kantor ane ada yang mau ke gambir, kebetulan dia mau beliin tiket ke Surabaya. Nah, kebetulan kan tuh, ane titipin print2an notifikasi pembayaran buat ditukerin sama tiket. Bisa gitu gan, karena ane udah biasa gitu, minta tolong ditukerin ke temen / sodara ane yang kebetulan lg mau ke gambir.

Pas temen ane ngasihin tiket, kok ada yang aneh dengan tiket yang ane pesen gan,

Tiket yang buat pulang ke Jakarta, keberangkatannya bukan dari Cimahi, tapi dari Bekasi.

Pesen Cimahi - Jakarta (gambir) 15 Oktober 2013

Spoiler for bukti pembayarannya::


dicetak Bekasi - Jakarta (gambir) 15 Oktober 2013

Spoiler for tiketnya gan::


waduh kok bisa gitu ya gan? emoticon-Cape d... (S)

ane ga nyalahin temen kantor, dia ga tau apa, lagian sebenernya kan ane udh biasa pesen dan emang ga pernah salah cetak.

akhirnya ane telpon tuh ke call center KAI, di no 121. ane ceritain kronologisnya, trus mbak-mbak disebrang ngecek pemesanan ane dan ternyata kesalahan bukan ada di ane gan, dia ga bisa keluarin keputusan, dia bilang bakalan dilaporin sama pihak terkait, kemudian tunggu beberapa saat nanti ane bakal dihubungi pihak terkait. ya udah gan, ane tunggu tuh pas hari itu sampe sore, tapi ga ada yang ngehubungi.

besoknya ane telpon lagi tuh ke call center, ane ngasih no kasus (kemaren pas nyeritain, mbak-mbaknya ngasih no kasus, fungsinya buat kita biar ga nyeritain lagi, kan setiap pembicaraan katanya direcord gitu), disuruh nunggu gan, beberapa menit ane dikasi backsound gitu, lagu yang suaranya mirip iwan fals gitu gan, trus mbak-mbak nya bilang, katanya ada perubahan jadwal per mulai oktober 2013, kereta argo parahyangan tidak ada yang berenti/keberangkatan dari Cimahi sesuai dengan yang ane pesen. Makanya pihak tiketing nyetak BEKASI ditiketnya.
Ane komplain sama call center, kenapa si tukang nyetak tiket inisiatif banget ngeganti keberangkatan jadi ke BEKASI, kenapa ga ke BANDUNG aja sekalian, kan Cimahi - Bandung ga jauh jauh banget. Ane bilang gitu ke call center nya gan, dan si mbak-mbak nya bilang, "Maaf Bapak, nanti akan kami laporkan ke pihak terkait, untuk sekarang, silakan bapak kirim email notifikasi pemesanan ke kontak_pelanggan@kereta-api.co.idnanti pihak Kami akan segera menindaklanjutinya, terimakasih"

gitu gan, ane kirim deh hari itu juga, tgl 2 Oktober 2013 dan sampai beberapa hari kedepan ga ada respon gan, trus ane RESEND tuh email. Ada jawaban gan, tgl 7 Oktober 2013, intinya mereka bilang "akan kami teruskan ke pihak terkait"

Spoiler for email KAI::


lama banget respon nya gan, dan itu pun belum ada keputusan apa-apa. Ane sih ga masalah kalo misalnya ane kudu naek dari Bandung, tapi yang ane takutkan tuh tempat duduk yang ane pesen itu udh ada yang booking juga, kan jatah ane tuh yang tertulis di tiket BEKASI - GAMBIR. sekali lagi ane takut kursi ane ada yang pesen dari BANDUNG-BEKASI. secara legalitas emang kalo kejadian entar pas dikereta ane yang salah, ditiket tertulis BEKASI, kenapa ane naek dari BANDUNG. Yang ane pengenin tuh tiket ane dirubah keberangkatannya dari BANDUNG, bukan dari BEKASI. tapi dari KAI belum ngasih keputusan apa2. dalam kasus ini, kalo sampe nanti ane kudu bayar buat ngerubah keberangkatan, sekitar 25% dari harga tiket, ane rasa ane dirugikan, toh ane ga salah, mereka yang salah bikin jadwal, ga konsisten.

Ane pengen nya perusahaan negara kaya gini tuh ya terus melakukan perbaikan, ane ga bisa maklum, toh kan ini perusahaan negara, kudu profesional dong, jangan kalah sama perusahaan transportasi swasta.

Makasih gan udah mau baca. mudah-mudahan segera direspon sama KAI nya.





Diubah oleh pr4mmz 18-11-2013 08:19
0
5.5K
5
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan