alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sejarah Piring Makan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52555275faca17a007000001/sejarah-piring-makan

Sejarah Piring Makan

Sejarah Piring Makan


Sejarah Piring Makan


Kaskuser pasti tidak lazim mendengar kata “ Piring “ , tentu kata-kata itu selalu tersimpan di memori otak pikiran kita semua. Karena piring merupakan alat makan yang kita temui sehari-hari dan kita butuhkan untuk makan. Akan tetapi apakah para kaskuser tau asal mulanya Piring Makan itu Seperti apa ? Dan bagaimana proses penyempurnaan piring itu sendiri selain sebagai alat makan bisa juga menjadi suatu souvenir , sehingga saat ini kita bisa menemukan banyak sekali piring makan di supermarket maupun di tempat oleh-oleh yang menyediakan Piring. Yuk kita simak !!!


Sejarah :

Pada awalnya, orang orang pada jaman dahulu makan diatas daun atau bahkan tidak menggunakan alas. Kemudian pada abad ke 15, orang orang Eropa menggunakan kayu yang dilubangi untuk menaruh makanan. Sebelumnya mereka menggunakan roti yang dilubangi, namun roti yang dilubangi tidak dapat menahan kuah makanan dengan cukup lama. Dan akhirnya makan di atas kayu yang tengahnya dibentuk lubang melengkung menjadi sebuah kebiasan dan dianggap lebih baik. Seiring perkembangan jaman, piring kayu digantikan dengan piring seng, keramik dan melamin.

Orang Cina menemukan proses pembuatan piring makan sekitar 600 Masehi.Piring makan pada awalnya diproduksi dari bahan almunium. Pada tahun 1708 ketika potter dari Jerman di Meissen menemukan proses pembuatan piring oleh orang Cina, mereka tertarik mengabungkan keramik Eropa dalam membuat piring. Banyak keramik terbaik di dunia dikenal didirikan selama periode-Royal Saxon tahun 1710, Wedgwood tahun 1759, Royal Copenhagen pada 1775, dan Spode, didirikan pada tahun 1776 di Inggris. Melalui proses pembuatan piring dari keramik ini Bangsa eropa mulai memproduksi banyak piring dengan kualitas terbaik dan harga yang mahal.

Ketika rute perdagangan dibuka ke Cina pada abad ke-14 , benda porselen , termasuk piring makan , menjadi benda yang wajib dimiliki untuk bangsawan Eropa . Setelah Eropa juga mulai membuat porselen , raja dan royalti melanjutkan praktik tradisional mereka mengumpulkan dan menampilkan piring porselen , sekarang dibuat secara lokal , tapi porselen masih di luar kemampuan warga rata-rata .

Praktek mengumpulkan " souvenir " piring dipopulerkan pada abad ke-19 oleh Patrick Palmer - Thomas , seorang bangsawan Belanda - Inggris yang memukau penonton dengan menampilkan Victoria plat publik . Desain transfer ini fitur memperingati acara khusus atau indah locales - terutama dengan warna biru dan putih . Itu hobi yang murah, dan berbagai bentuk dan desain melayani spektrum yang luas dari kolektor . Piring pertama terbatas edisi kolektor ' Behind the Frozen Window' dikreditkan ke perusahaan Denmark Bing dan Grondahl pada tahun 1895 . Piring Natal menjadi sangat populer dengan banyak perusahaan-perusahaan Eropa memproduksi mereka terutama Royal Copenhagen pada tahun 1910 , dan seri Rosenthal terkenal yang dimulai pada tahun 1910 . Dari sinilah piring tercipta selain sebagai alat makan untuk memenuhi koleksi benda unik yang bisa disimpan oleh orang-orang.



kalo berkenan
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh djevievevo
Urutan Terlama
Diubah oleh ReeRan
Diubah oleh rizky.veu
Bawah ane nih mukanya kaya piring bekas makan
emoticon-Traveller
Quote:


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
makan pke daun oisang jg ajib pengganti piringemoticon-Big Grin
atas ane ketawanya kyk piring kaleng suaranya...

ada sejarahnya juga tuh piring
pantesan piring-piring Made in China emoticon-Ngakak
Quote:


Quote:
ohh jadi asal piring dari negeri china yak emoticon-Matabelo
Quote:


Quote:
oh bgitu sjarah piring makan
ane baru tahu ama sejarahnya gan
Lumayan nambah ilmu pengetahuan gan.. Thx
waduh piring ada sejarahnya juga, baru tau ane gan wkwkwk emoticon-Stick Out Tongue


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di