alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5252620619cb17b618000001/ada-yang-sekolah-dengan-cara-seperti-ini
Ada yang Sekolah dengan cara seperti ini?? (++PIC)
Ada yang Sekolah dengan cara seperti ini??

Barusan ane baca-baca di detik..com,soal siswa SD di Bitobe yang sekolah dengan membawa pekerjaan rumahnya..pekerjaan rumahnya bukan PR yang dikasih guru untuk dikerjain di rumah, tapi pekerjaan rumah yang ud jadi kewajiban mereka sehari-hari untuk membantu orang tua mereka..sangat ironi, karena di kota-kota besar masih banyak siswa yang kurang bersyukur dengan kenikmatan memperoleh pendidikan layak tanpa harus bekerja keras..padahal tugas mereka hanya belajar..
ane cuma mau nge-share, tanpa bermaksud mengdiskreditkan siapapun..semoga membuat kita, atau anak-anak kita bisa lebih bersyukur...

Quote:
Spoiler for siswa bitobe:

Sebelum berangkat ke sekolah, anak-anak SD di desa Bitobe, Kupang, harus berjalan kaki menuju sumber air guna mengambil air bersih untuk keperluan di sekolahnya. Begitu juga ketika pulang sekolah, mereka harus mampir dulu ke sumber air untuk keperluan di rumah.


Quote:
Spoiler for siswa bitobe:

Jauhnya sumber mata air membuat seluruh warga desa harus bolak-balik berjalan kaki dengan jarak beberapa kilometer untuk bisa mendapatkan air bersih. Tugas mengambil air juga dibebankan pada anak-anak yang masih SD. Tiap pergi dan pulang sekolah, anak-anak SD di Bitobe harus membawa jeriken berisi air bersih.


Quote:
Spoiler for siswa bitobe:

Saat berangkat sekolah mereka mampir ke sumber air untuk memenuhi kebutuhan air di sekolahnya. Ketika pulang, mereka juga harus mengambil air lagi menggunakan jeriken untuk keperluan di rumah.


Quote:
Spoiler for siswa bitobe:


Quote:
Spoiler for siswa bitobe:


Quote:
Spoiler for siswa bitobe:


Terus seperti apa sih Desa Bitobe, Kupang itu?sampe siswa SD nya harus sekolah dengan membawa kerjaan rumah seperti itu??
Seperti ini gan desanya..
Quote:
Spoiler for desa bitobe:

Bila di beberapa daerah di Indonesia Timur 'mata air su dekat', tidak demikian dengan desa Bitobe yang terdapat di kecamatan Amfoang Tengah, Kupang. Untuk mendapatkan air bersih, warga harus berjalan kaki hingga berkilo-kilo meter.


Quote:
Spoiler for desa bitobe:

Kondisi yang gersang dan sulit air, membuat penduduk desa hanya bisa bercocok tanam selama 110 hari dalam setahun selama musim hujan. Hasil panen selama musim hujan, seperti jagung dan padi, akan disimpan di atap rumah selama musim panas. Bahan pangan tersebut selalu diasapi agar dapat bertahan selama bertahun-tahun.


Quote:
Spoiler for desa bitobe:

Beginilah bentuk kamar mandi yang ada di desa Bitobe, berupa bilik kecil terbuat dari batang kayu yang hanya bisa digunakan untuk buang air kecil. Untuk keperluan airnya, warga terlebih dahulu harus berjalan kaki beberapa kilometer.


Quote:
Spoiler for desa bitobe:

Desa Bitobe termasuk salah satu daerah terparah di Kupang. Kontur topografinya berbukit-bukit, dengan kondisi infrastruktur jalan yang tidak bagus, serta seringkali tidak bisa dilalui bila musim hujan. Jarak dari kota Kupang sekitar 180-200 km, yang karena kondisi jalan maka harus ditempuh dengan waktu 5-7 jam dari Kupang.


Quote:
Spoiler for desa bitobe:

Penampakan desa Bitobe yang terlihat gersang dan kering.


Quote:
Spoiler for desa bitobe:

Inilah salah satu mata air bersih di desa Bitobe. Ukurannya sangat kecil untuk bisa memenuhi kebutuhan air satu desa. Untuk mendapatkannya, warga juga harus berjalan kaki beberapa kilometer.


[URL="http://health.detik..com/readfoto/2013/10/07/132755/2379907/1406/1/siswa-bitobe-yang-harus-bawa-jeriken-air-saat-pergi-dan-pulang-sekolahl992203755"]sumber asli[/URL]
[URL="http://health.detik..com/readfoto/2013/10/07/123318/2379793/1406/1/desa-bitobe-desa-terpencil-di-kupang-yang-masih-kesulitan-air-bersih"]sumber asli 2[/URL]
no pertamax..
wuiihh jauh ya, sampe 5-7 jam gitu emoticon-Belo
keren sih...cuma kasian jg..
Harusnya setelah baca ini bisa semakin menggugah nyang mase pada skilah
miris ya gan emoticon-Matabelo
kasian ya anak2 di sana..air aja susah,, semoga kita yg disini yg dapet air gampang gak buang2 air ya..huhuhu..sedih liat nya,..
weleh ironis sekali ane liatnya
mudah2an secepatnya pemerintah ngeuh dah emoticon-Mad
semangka ya adek adek disanaaa emoticon-Smilie
pemerintah kemana niiih????? perut sendiri aja yg diurus. liat noh msh ada desa kek gini emoticon-Mewek
Quote:membuat penduduk desa hanya bisa bercocok tanam selama 110 hari dalam setahun selama musim hujan
yang gambar di atas tuh kan ada2 Ibu yang sedang ngambil air di kolam dan di dekatnya ada rumah,ane mo nanya dikit gan klo berkenan, apakah ntu air di kolam hanya dari musim hujan atau sebagai penampung akhir dari sumber air yang ada di situ/maksudnya air dikolam ntu didapat dari aliran sumber air lain (tapi kayaknya penampungan air yak). Tapi kalau misalnya air di kolam ntu dari air hujan saja, mungkin warga Bitobe bisa gotong royong buat KOLAM PENANGKAP AIR SECARA KOMUNAL, misalnya 1 kolam untuk 2-4 KK (atau lebih) dengan memanfaatkan luas atap masing2 rumah digunakan sebagai penangkap air dan pakai talang sebagai sistem penyalurannya sampai ke kolam. kalau untuk di konsumsi nanti bisa dibuatkan filtrasi. Intinya sih air hujan yang jatuh ke atap jangan langsung hilang ke tanah.
aduh ane turut prihatin gan... emoticon-Berduka (S)
kalo seandainya ane sekolah kek gitu ane udah putus asa kali gan emoticon-Mewek
sedih banget liatnya gan emoticon-Mewek
Demi kebutuhan hidup. Tetap semangat yah emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By celanaman
wuiihh jauh ya, sampe 5-7 jam gitu emoticon-Belo
keren sih...cuma kasian jg..

klo dlu ane sekolah setengah jam sampe..g perlu bawa aer...emoticon-Mewek

Quote:Original Posted By kafkaa
Harusnya setelah baca ini bisa semakin menggugah nyang mase pada skilah

betul sekali gan...bersyukur aja minimal bisa membuat kita jadi orang yang lebih baik..

Quote:Original Posted By monkeydmones
kasian ya anak2 di sana..air aja susah,, semoga kita yg disini yg dapet air gampang gak buang2 air ya..huhuhu..sedih liat nya,..

nah,banyak orang yang karena g pernah ngerasain kekurangan, malah jadi berlebihan dalam mengkonsumsi tuh..

Quote:Original Posted By 6oegel
weleh ironis sekali ane liatnya
mudah2an secepatnya pemerintah ngeuh dah emoticon-Mad
semangka ya adek adek disanaaa emoticon-Smilie

semoga perjuangan mereka bisa memberi masa depan yang lebih baik..

Quote:Original Posted By tria9801

yang gambar di atas tuh kan ada2 Ibu yang sedang ngambil air di kolam dan di dekatnya ada rumah,ane mo nanya dikit gan klo berkenan, apakah ntu air di kolam hanya dari musim hujan atau sebagai penampung akhir dari sumber air yang ada di situ/maksudnya air dikolam ntu didapat dari aliran sumber air lain (tapi kayaknya penampungan air yak). Tapi kalau misalnya air di kolam ntu dari air hujan saja, mungkin warga Bitobe bisa gotong royong buat KOLAM PENANGKAP AIR SECARA KOMUNAL, misalnya 1 kolam untuk 2-4 KK (atau lebih) dengan memanfaatkan luas atap masing2 rumah digunakan sebagai penangkap air dan pakai talang sebagai sistem penyalurannya sampai ke kolam. kalau untuk di konsumsi nanti bisa dibuatkan filtrasi. Intinya sih air hujan yang jatuh ke atap jangan langsung hilang ke tanah.

untuk detilnya ane kurang paham gan,karena ane juga cuma sharing...tapi ide agan ini bagus banget tuh..atau mungkin disana ud nerapin??

Quote:Original Posted By penguinonline
Demi kebutuhan hidup. Tetap semangat yah emoticon-Big Grin

asal pemerintah aja jangan g semangat memperbaiki kehidupan rakyatnya...
rumahnya yang harus dipindah dekat sumber air.
Quote:Original Posted By akbarsp
untuk detilnya ane kurang paham gan,karena ane juga cuma sharing...tapi ide agan ini bagus banget tuh..atau mungkin disana ud nerapin??

Kalau masalah sudah di terapkan atau belum alhamdulillah sudah gan, sebenarnya teknik yg ntu sudah lama gan dan ane dapat beritanya langsung dari dosen ane bahwa di Gunung Kidul, JGJ dah menerapkan yg demikian, kasus yg bagini malah jadi bahan diskusi di kampus dulu (Panen air untuk daerah2 yg curah hujannya kecil, termasuk NTT). Untuk daerah NTT kemungkinan sudah banyak embung2 yg di bangun, tapi dari foto/berita di atas kemungkinan tidak tersentuh semua jadi ane share idenya di bawah yak gan
Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

miris gan emoticon-Berduka (S)
masih banyak lagi daerah di indonesia yang belum bisa di jangkau pemerintah gan , khusus nya daerah kupang , ane juga prihatin gan emoticon-Berduka (S)
ironi indonesia emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By tria9801

Kalau masalah sudah di terapkan atau belum alhamdulillah sudah gan, sebenarnya teknik yg ntu sudah lama gan dan ane dapat beritanya langsung dari dosen ane bahwa di Gunung Kidul, JGJ dah menerapkan yg demikian, kasus yg bagini malah jadi bahan diskusi di kampus dulu (Panen air untuk daerah2 yg curah hujannya kecil, termasuk NTT). Untuk daerah NTT kemungkinan sudah banyak embung2 yg di bangun, tapi dari foto/berita di atas kemungkinan tidak tersentuh semua jadi ane share idenya di bawah yak gan
Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :


wah...ini penerapan nyatanya??mantep tuh..mengurangi beban..mungkin di daerah bitobe blm tau penerapan seperti itu..pasti sangat berguna...coba ane hubungi detik..

Quote:Original Posted By Nathan.007
masih banyak lagi daerah di indonesia yang belum bisa di jangkau pemerintah gan , khusus nya daerah kupang , ane juga prihatin gan emoticon-Berduka (S)

asal pemerintah mau cape dikit, semua daerah bisa terjangkau gan..

kasihan ya gan mreka emoticon-Frown