alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52523f9720cb176617000006/sharetinta-kedelai-teknologi-printing-ramah-lingkungan
[SHARE]Tinta Kedelai, Teknologi Printing Ramah Lingkungan
Quote:emoticon-Cool GOOD MORNING JURAGANS emoticon-Cool
Spoiler for Semoga No Repost:

Quote:[SHARE]Tinta Kedelai, Teknologi Printing Ramah Lingkungan
SEBELUM MEMBAHAS TENTANG SOY-INK
MARI KITA FLASHBACK TERLEBIH DAHULU

Quote:SEJARAH TINTA
Kurang lebih 5000 tahun yang lalu, sebuah tinta untuk menghitamkan permukaan yang timbul dari sebuah gambar dan tulisan-tulisan yang terpahat di batu dikembangkan di China.
Tinta permulaan ini merupakan campuran antara jelaga dari asap kayu cemara, lampu minyak dan jelatin dari kulit binatang serta darah yang dibekukan. Tinta yang awal digunakan di India pada akhir abad keempat SM disebut masi, adalah campuran dari beberapa komponen kimia.
Dokumen India yang tertulis dengan tinta pada Kharosthi (sejenis naskah kuno India) telah tergali di Turkistan Cina (sekarang Xinjiang).
Praktek penulisan dengan tinta dan ujung yang lancip telah umum digunakan di India selatan. Beberapa jain sutra (naskah religi india kuno) India disusun dengan tinta.
Di India, karbon hitam yang merupakan asal diproduksinya tinta India dihasilkan dari pembakaran tulang, aspal, pitch, dan substansi-substansi lainnya.
Pada romawi kuno, atramentum-lah yang dipergunakan. Di sebuah artikel pada Chirtisn science Monitor, Sharon J. Hutington menjelaskan sejarah tinta lainnya: “Sekitar 1.600 tahun lalu, resep tinta yang terkenal dibuat.
Resep itu digunakan selama beberapa abad. ‘garam” besi, seperti asam fero (terbuat dari beri yang dilumuri dengan asam sulfur), dicampur dengan tannin dari galnut (mereka tumbuh di pepohonan) dan sebuah penebal. Ketika pertama kali dicelupkan pada kertas, tinta ini akan berwarna hitam kebiru-biruan. Lama-kelamaan warna dari tinta ini akan menjadi coklat redup.

MACAM-MACAM TINTA YANG ADA DAN BEREDAR DI INDONESIA
Quote:Berdasarkan Formula dasar dan Fungsinya, Tinta Printer terdiri dari beberapa jenis, diantaranya :

# Tinta Printer Dye Base
Tinta Dye Base merupakan jenis tinta yang dominan berbahan dasar dari air (H2O) dan dicampur dengan bahan perwarna (Colourant) yang bisa menyatu dengan baik, sehingga kemungkinan mengendap dan mampat pada Printhead Cartridge semakin kecil.
Tinta printer tipe DYE water based ini paling banyak digunakan untuk Printer standard karena bersifat hasil cetak yang bagus, hasil print di kertas foto sangat bagus dan warna cerah.
Untuk harga tinta jenis dye base juga lebih murah dibanding pewarna untuk jenis tinta lainnya, tapi hasil cetak dari tinta dye base kurang tajam, pekat, tidak tahan air atau luntur di kertas HVS terhadap air dan cahaya dibanding tinta pigment

# Tinta Printer Pigment / Durabrite
Tinta pigment memiliki kualitas cetak yang lebih tajam, pekat, dan tahan air dibanding tinta dye base karena formula tintanya yang terdiri dari Air (H2O), Diluent, Colorant Pigment, dan yang lainnya.
Tinta printer jenis Pigment ini memiliki kualitas hasil cetak yang lebih baik, tahan lama, tajam dan anti air (water proof) di semua jenis kertas seperti kertas HVS, Inkjet Paper maupun photo paper.
Kekurangan Tinta Pigment ini kalo Printer gak digunakan dalam jangka waktu tertentu, maka Printhead Cartridge akan tersumbat oleh bahan perwarna tinta yang mengendap dan mengering pada nozzle head.
Tinta Printer Pigment biasanya digunakan beberapa Produsen printer Original untuk cartridge warna hitamnya, tapi tinta pigment yang non-ori juga banyak dijual dipasaran.

# Tinta Printer Sublimation Ink
Jenis tinta water based sublimation ini sering dipakai oleh kebanyakan pengguna infus printer untuk transfer gambar hasil print ke media lain, Printer-printer standard yang digunakan untuk mencetak bahan-bahan sablon, seperti baju kaos, pin, mug, keramik, dll. Karena Karekteristik tinta sublim yang jauh lebih tahan terhadap air dan degradasi warna yang lebih kuat.
Formula Tinta Sublim dominan mengandung minyak, perwarna(Colorant), diluent, dan zat lainnya, oleh karena itu tinta Sublim memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dibanding Tinta Pigment, tapi resiko Printhead tersumbat lebih besar dibanding Tinta Pigment. Metode transfer yang digunakan adalah cetak ke kertas hvs atau inkjet paper lalu di heat press ke kaos, mug, keramik, dll.

# Tinta Printer Pigment Art Paper Ink
Jenis Tinta Art Paper Ink ini cocok untuk digunakan di percetakan skala kecil maupun skala besar yang sering mencetak di kertas art paper ivory dengan quantity kecil untuk gambar full color.
Tinta pigment ini juga bisa digunakan untuk mencetak di atas kertas art paper / ivory dengan menggunakan printer Epson desktop biasa seperti :
Epson R230, Epson T11, Epson T20, Epson C90, Epson C79, Epson T1100, Epson 1390, Epson 1290.

# Tinta Printer Solvent
Jenis Tinta Solvent ini memiliki ketahanan yang paling baik terhadap Air dan UV, karena tinta solvent terbuat dari bahan-bahan yang mendekati seperti cat duco ditambah dengan bahan-bahan yang disesuaikan untuk tipe-tipe Printer Outdoor.
Tinta Solvent banyak digunakan untuk mencetak Banner, Spanduk, billboard, neonbox, dan yang lainnya untuk outdoor Printing karena hasil cetaknya yang lebih awet terhadap Air dan UV, namun tinta solvent berbau menyengat.

# Tinta Printer Eco Solvent
Tinta Eco Solvent sama seperti Tinta Solvent, hanya karakteristik tinta eco solvent sedikit kurang tahan terhadap UV, namun tidak berbau menyengat dibanding Tinta Solvent, oleh karena itu Tinta Eco Solvent banyak digunakan untuk Indoor Printing.


AND THIS IS "SOY-INK"
Quote:[SHARE]Tinta Kedelai, Teknologi Printing Ramah Lingkungan
Quote:Soy Ink / tinta kedelai sebenarnya sangat mirip dengan tinta print “biasa”, hanya saja soy ink mengandung lebih banyak minyak kedelai yang bersifat alami daripada kandungan kimia seperti yang ada di tinta printer lainnya.
Minyak kedelai tidak beracun dan bisa digunakan untuk memasak, margarine,dan saus salad.
Bagian terbaik dari soy ink adalah bahwa tinta tersebut sangat ramah lingkungan, tersedia dalam warna-warna cerah, dan proses daur ulang yang lebih cepat daripada tinta printer biasa.

Untuk memproduksi tinta kedelai, pertama kacang kedelai dibersihkan dahulu, dicincang kasar dan diproses menjadi minyak.
Kemudian minyak kedelai yang sudah jadi disuling, dimasak dan dicampur dengan pigmen, resin dan lilin dengan hati-hati.
Campuran dari minyak dan berbagai bahan bisa berbeda-beda dari satu pabrik ke pabrik lain.

KELEBIHAN Dari Tinta Kedelai ini adalah:
- Lebih mudah dihilangkan

- Limbah soy ink dianggap tidak berbahaya bagi lingkungan.

- Rendah VOC
VOC : Volatile Organic Compounds / senyawa kimia yang mudah menguap dan bereaksi saat ada sinar matahari.

- Mengurangi emisi

- Menghasilkan warna yang vibrant (cerah tegas kontras)

- Rub-off yang rendah (tidak mudah hilang/pudar/luntur)

- Harga yang ekonomis

- Laser proof

- Lebih Awet

KEKURANGAN Dari Tinta Kedelai ini adalah:
- Tinta Kedelai lebih lama dalam proses pengeringan dibandingkan tinta yang menggunakan bahan kimia. Karena kadar VOC yang sangat rendah.


PRODUK YANG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI SOY-INK

Quote:SAMSUNG
Samsung Galaxy Produksi Terbaru, semua dusbook atau packingnya menggunakan kertas daur ulang dan tinta kedelai, yang mudah diurai, dan ramah lingkungan, salut buat perusahaan IT yang satu ini emoticon-Cendol (S)
Spoiler for Pic:

PELUANG BISNIS SOY-INK DI INDONESIA
Setelah ane surfing cari-cari berbagai sumber, "Dimana tempat yang menjual tinta kedelai di Indonesia?"
Jawabannya : BELUM ADA
Sebenarnya ada salah satu perusahaan di Jawa Tengah yang memproduksinya, adalah PT Hana Grafika, tapi ane cari produk-produknya, website nya, ngga ketemu. Dan di pasaranpun belum pernah tau dan lihat adanya Produk Tinta Kedelai ini.
Ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan, mengapa menguntungkan??
Quote:[SHARE]Tinta Kedelai, Teknologi Printing Ramah Lingkungan
Monggo di Wafer dulu gans:
Quote:
youtube-thumbnail

Secara di Indonesia "mungkin" belum banyak perusahaan atau pabrik yang memproduksinya, apa mungkin agan yang bakalan membuat pabrik khusus Soy-Ink di Indonesia ? emoticon-Cool

Quote:SEKIAN THREAD DARI ANE BILA ADA KEKURANGAN MOHON DIMAAFKAN
BILA AGAN SEKALIAN SUKA MOHON DIBANTU emoticon-Rate 5 Star
ANE MENERIMA SUMBANGAN emoticon-Blue Guy Cendol (L)
ID ANE MASI ABU GOSOK GAN emoticon-Sorry


Quote:THANKS FOR READING, THANKS FOR SHARING
THANKS FOR CARING

LOVE THE EARTH
AND THE EARTH WILL LOVE U

[SHARE]Tinta Kedelai, Teknologi Printing Ramah Lingkungan
PERTAMAX emoticon-army:

Wah keren nih kayaknya tinta ramah lingkungan emoticon-Belo
sayang amat kedele dibikin jadi tinta emoticon-Blue Guy Bata (L)
mendingan juga dibikin jadi tahu tempe emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:Original Posted By mahointhehouse
sayang amat kedele dibikin jadi tinta emoticon-Blue Guy Bata (L)
mendingan juga dibikin jadi tahu tempe emoticon-Blue Guy Bata (L)


wakakakka... laper ente gan? emoticon-Ngakak

kebetulan ane doyan tahu tempe juga ni, mana skrg jam makan siang, jadi laper emoticon-Mewek
kedele mahal gan di indoemoticon-Ngakak
kalo buka baprik tinta kedele di indo butuh modal se langitemoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By j6bountyhunter
kedele mahal gan di indoemoticon-Ngakak
kalo buka baprik tinta kedele di indo butuh modal se langitemoticon-Ngakak (S)


wakkakaka... iya jg sih, tp mahalnya bahan baku ga bisa dibandingin ama melestarikan bumi gan, bahan baku ramah lingkungan mahal, lebih bagus drpd bahan murah tapi merusak lingkungan emoticon-Cendol (S)


bantu sundul, sepi amat ni thread

emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
wah keren dah tinta kedelai emoticon-Embarrassment
bisa jadi nih emoticon-Big Grin
Wah kedelai emg multiguna bgt emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By warrenroland
Wah kedelai emg multiguna bgt emoticon-Matabelo


iya, keledai juga bisa buat sarana transportasi emoticon-Ngakak
baru tau gan kedele bisa jadi tinta emoticon-Matabelo
inovasi yang mantap nih......berbahan alami......

emoticon-2 Jempol
nice trit, ijin nyimak....
ane kira kedele cuma bisa jadi tahu & tempe gan emoticon-Malu
emoticon-Thinking
njir ane salah baca judul ane kirain keledai emoticon-Hammer (S)
mantep juga nih inovasinya tinta dari kedelai emoticon-Matabelo
wah.. inovasi terbaru nih kedelai dijadikan tinta emoticon-Big Grin
inovasi tinta berbahan organik menarik sih, cm ntar bikin harga kedele makin melonjak gak nih emoticon-Thinking

cb kalo yg dipake bahan dr limbah aja emoticon-Big Grin
semacam re-use/recycle sampah2 jd tinta berkualitas emoticon-Big Grin
cool!!!
tapi kedelai aja kan kita masih ngimpor gan?
keren sih gan
Bener" go green.