alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525045813c118e944a000005/bahaya-meniup-makanan-dan-minuman-yg-masih-panas
Bahaya meniup makanan dan minuman yg masih panas !!
Met malem agan2/sist, Om momod sama mimin .. newbie mau coba bikin treadh ,udah lumayan lama jadi silent reader di kaskus,paling cuma nongkrongin FJBemoticon-Malu (S)





ane mau coba berbagi informasi barang kali agan2 dan sist belum ada yg tau..
dan mudah2an ga repsolemoticon-I Love Indonesia (S)





ok langsung aja,



agan2 and sista ane yakin pasti pernah ngelakuin hal ini,Meniup makanan atau minuman ketika masih panas agar dapat segera dimakan adalah sesuatu yang sangat umum dilakukan oleh masyarakat apa lagi agan2 yg doyan ngopi sama nge'teh dan Alasan lain agar gigi tidak mudah rusak karena makanan panas. Orang tua kita atau orang disekitar kita juga sering menganjurkan hal ini bukan?


Tahukah agan n sist, bahwa meniup makanan atau minuman panas sebelum makan itu tidak dianjurkan oleh Rosul. Bukan hanya itu, Jika dilihat dari sisi kesehatan, meniup makanan sebelum makan juga merupakan sesuatu yang tidak baik bahkan bisa berbahaya.

Bahaya meniup makanan dan minuman yg masih panas !!

Dalam Hadits Ibnu Abbas menuturkan “Bahwasanya Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya”. (HR. At Turmudzi dan dishahihkan oleh Al-Albani)

Penjelasan Bahaya Meniup Makanan dan Minuman Panas

agan2 and sista yg telah mengenyam bangku sekolah pasti memahami, manusia bernapas menghirup oksigen atau O2, dan menghembuskan karbondioksida atau CO2. Ketika kita meniup makanan, tentunya yang kita keluarkan adalah gas CO2. Sementara itu makanan panas tadi masih mengeluarkan uap air (H2O). Menurut reaksi kimia, apabila uap air bereaksi dengan karbondioksida akan membentuk senyawa asam karbonat (carbonic acid) yang bersifat asam.

H2O + CO2 => H2CO3

Perlu kita tahu bahwa didalam darah itu terdapat H2CO3 yang berguna untuk mengatur pH (tingkat keasaman) di dalam darah. Darah adalah Buffer (larutan yang dapat mempertahankan pH) dengan asam lemahnya berupa H2CO3 dan dengan basa konjugasinya berupa HCO3- sehingga darah memiliki pH sebesar 7,35 – 7,45 dengan reaksi sebagai berikut:
CO2 + H20 HCO3- + H+

Tubuh menggunakan penyangga pH (buffer) dalam darah sebagai pelindung terhadap perubahan yang terjadi secara tiba-tiba dalam pH darah. Adanya kelainan pada mekanisme pengendalian pH tersebut, bisa menyebabkan salah satu dari 2 kelainan utama dalam keseimbangan asam basa, yaitu asidosis atau alkalosis.

Asidosis adalah suatu keadaan dimana darah terlalu banyak mengandung asam (atau terlalu sedikit mengandung basa) dan sering menyebabkan menurunnya pH darah.

Sedangkan Alkalosis adalah suatu keadaan dimana darah terlalu banyak mengandung basa (atau terlalu sedikit mengandung asam) dan kadang menyebabkan meningkatnya pH darah.

Kembali lagi ke permasalahan awal, dimana makanan kita tiup, lalu karbondioksida dari mulut kita akan berikatan dengan uap air dari makanan dan menghasilkan asam karbonat yang akan mempengaruhi tingkat keasaman dalam darah kita sehingga akan menyebabkan suatu keadaan dimana darah kita akan menjadi lebih asam dari seharusnya sehingga pH dalam darah menurun, keadaan ini lebih dikenal dengan istilah asidosis.

Seiring dengan menurunnya pH darah, pernafasan menjadi lebih dalam dan lebih cepat sebagai usaha tubuh untuk menurunkan kelebihan asam dalam darah dengan cara menurunkan jumlah karbon dioksida.

Pada akhirnya, ginjal juga berusaha mengkompensasi keadaan tersebut dengan cara mengeluarkan lebih banyak asam dalam air kemih.Tetapi kedua mekanisme tersebut tidak akan berguna jika tubuh terus menerus menghasilkan terlalu banyak asam, sehingga terjadi asidosis berat. Sejalan dengan memburuknya asidosis, penderita mulai merasakan kelelahan yang luar biasa, rasa mengantuk, semakin mual dan mengalami kebingungan. Bila asidosis semakin memburuk, tekanan darah dapat turun, menyebabkan syok, koma dan bahkan kematian.

Dampak meniup makanan panas sebelum makan ternyata mengerikan juga, jadi lebih baik tunggu makanan sampai dingin ketika ingin memakannya.

refrensi: http://klikpintar.com/kesehatan/baha...makanan-panas/



ok gan sekian treadh dari ane gan ,semoga bermanfaat ya gan..


buat agan2 yg kurang srek sama treadh ane yg brantakan mohon jgn di bata ya gan,sukur2 dikasih cendol biar ga abu2 emoticon-Malu (S)
wiihh..
emoticon-Hi
kalo menyedot minuman dingin masih bahaya gak kak
emoticon-Pawemoticon-Pawemoticon-Paw
wah ane udah tau gan emoticon-thumbsup


posted by sitoy.51704 emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
waduh gan trnyata bahaya ya emoticon-Takut (S)
Nice info gan.
emang bahaya itu gan
emoticon-Matabelo wah bahaya jg yah gan
untung ane ga suka niup2 makanan sm minuman yang masih panas, ane lebih suka niup balon gan emoticon-Ngakak
coba di up lagi barangkali ada agan dan aganwati yg belum tau..

berbagi itu indaahemoticon-Cendol (S)
ane udah tau gan wktu masih sma . emoticon-Kiss
wah gitu ya gan emoticon-Matabelo
kalo gitu ane pake kipas angin aja emoticon-Hammer
wah gitu ya gan emoticon-Matabelo
kalo gitu ane pake kipas angin aja emoticon-Hammer
wah bahaya ternyata, ane sering klo minum kopi gan
Quote:Original Posted By croozen
wah bahaya ternyata, ane sering klo minum kopi gan


ane juga terkadang masih sering niup2 kalo ngopiemoticon-Ngakak
ane udah tau, kalo makanan apa minuman panas mah pake kipas gan
mmg selalau ada ilmu dalam setiap sunah rosululloh, cuman kita manusia saja yg blm mengetahui, nice share juragan
ane udah tau kok gan
ane nemunya di buku agama ane emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By harsus6369
ane udah tau, kalo makanan apa minuman panas mah pake kipas gan


ya kali aja kalo ente lagi ngopi ato nge teh di warkop khilaf gan..emoticon-Ngakak masa mau minjem kipas tukang warkopemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By gusto12uyh
mmg selalau ada ilmu dalam setiap sunah rosululloh, cuman kita manusia saja yg blm mengetahui, nice share juragan


sama2 gan berbagi itu indaemoticon-Cendol (S)