alexa-tracking

Tahukah agan: MENABUNG itu pangkal MISKIN !!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/524f313e3c118edd64000000/tahukah-agan-menabung-itu-pangkal-miskin
Tahukah agan: MENABUNG itu pangkal MISKIN !!
Menabung pangkal miskin, investasi pangkal kaya. Karena bunga bank tidak akan pernah mengalahkan inflasi. 

Masih ingat lagu ini?

bing beng bang
yok kita ke bank
bang bing bung
yok kita nabung
tang ting tung hey
jangan di hitung
tau tau nanti kita dapat untung
*

Dari kecil kita mulai menabung,supaya hidup kita beruntung.
Mau keliling dunia ada uangnya,
juga untuk membuat istana..
dst..

UNTUK KITA RENUNGKAN:
Sesungguhnya yg untung adalah bank, karena bank akan menggunakan uang kita untuk investasi.
Belajar menabung sejak kecil harusnya diikuti dng pembelajaran wirausahawan dan berinvestasi, bukan cuma menabung saja.
Sesungguhnya bank hanyalah tempat kita MENYIMPAN UANG YANG AMAN bukan berharap kaya dengan menyimpan di bank



Tahukah agan: MENABUNG itu pangkal MISKIN !!

MENABUNG PANGKAL MISKIN
Hahaha judulnya provokatif sekali kata seorang peserta training saya sewaktu di Batam beberapa waktu yang lalu. Saya tidak bermaksud untuk mengecilkan arti menabung karena saya percaya menabung itu adalah salah satu kebiasaan yang sangat luar biasa untuk menciptakan masa depan yang lebih bahagia secara finansial. Artikel ini sebenarnya ingin mengajak kita semua untuk lebih melek secara finansial atau lebih punya kecerdasan finansial yang jauh lebih baik sehingga pengetahuan kita tentang menabung menjadi jauh lebih benar dan mampu memberikan kekayaan kepada kita bukannya membuat kita menjadi semakin miskin.
Badu sangat menyayangi anaknya yang bernama Eva yang saat ini baru berusia 3 tahun. Sebagai orangtua Badu tentu menginginkan yang terbaik untuk Eva anaknya termasuk dalam hal pendidikan Eva nanti. Suatu hari Badu mendatangi universitas di jakarta yang menjadi almamaternya, dia berdiskusi dengan dosen-dosennya terdahulu dan dari percakapan itu Badu mendapatkan informasi bahwa saat ini untuk masuk Fakultas Ekonomi di almamaternya tersebut membutuhkan biaya uang pangkal sebesar 15 juta.
Dalam perjalanan pulang Badu berpikir tentang Eva dan berharap Eva dapat kuliah di almamaternya yang merupakan salah satu universitas unggulan di Jakarta. Dalam hati Badu berkata angka 15 juta bukanlah angka yang berat baginya karena saat ini saja dia mempunyai tabungan di Bank sebesar 15 juta yang didapatkan dari hasil menabung selama sekian tahun. Badu merasa aman karena dia berkata paling tidak untuk Eva kuliah nanti bisa mengambil dari tabungannya yang ada saat ini.
Sebenarnya Badu adalah orang yang sangat sayang kepada anaknya tetapi sebenarnya cara menabung yang dilakukan oleh Badu dapat membuat dia gagal untuk memasukkan anaknya ke perguruan tinggi. Mengapa ? Karena pertumbuhan uang Badu masih kalah cepat dibandingkan dengan kenaikan biaya sekolah di perguruan tinggi. Dalam kecerdasan finansial seseorang harus tahu berapa kenaikan biaya per tahun atau inflasi dan berapa pertumbuhan uang yang akan di dapatkan dari tabungannya.
Melihat sejarah Indonesia didapatkan besar inflasi sekitar 8,5% per tahun selama 10 tahun terakhir ini dan ternyata setelah didapatkan informasi lebih jauh kenaikan biaya pendidikan untuk Fakultas Ekonomi di almamater Badu mencapai 11% per tahun. Artinya jika dihitung biaya kuliah untuk Eva 15 tahun mendatang akan mencapai sekitar 71 juta rupiah. Lalu berapa uang yang didapatkan dari hasil tabungan Badu selama 15 tahun ? Kalau saja uang itu ditabung dalam tabungan konvensional dengan bunga sebesar 3% per tahun maka uang Badu akan menjadi 23 juta atau apabila didepositokan dengan bunga sekitar 5% per tahun akan berjumlah 31 juta.
Padahal untuk biaya kuliah yang diperlukan Eva untuk 15 tahun mendatang adalah 71 juta. Lalu apa yang akan terjadi ? Ya uangnya tidak mencukupi untuk biaya uang pangkal kuliah Eva. Menabung itu sangat bagus tetapi jika anda salah menempatkan tabungan anda maka akan menjadi miskin seperti halnya Badu.
Andai saja Badu memiliki kecerdasan finansial maka Badu pasti akan berpikir untuk tidak hanya menabung seperti biasa tetapi harus melakukan yang namanya investasi. Konsep dasar dari investasi adalah membuat pertumbuhan uang menjadi lebih cepat dan melampaui besaran inflasi sehinga seseorang mampu mencapai tujuan finansialnya dengan lebih efektif.

Sumber:
http://andreashartono.com/menabung-pangkal-miskin/

JENIS2 INVESTASI:

Tahukah agan: MENABUNG itu pangkal MISKIN !!
Investasi jangka panjang
Jenis investasi ini biasanya melibatkan investasi dibidang saham dan properti. Saham adalah bukti kepemilikan seseorang terhadap sebuah perusahaan. Untuk investasi dibidang properti sendiri, merupakan investasi yang terbilang cukup aman selama Anda tidak menemukan resiko politik didalamnya. Maka Anda tak perlu khawatir dengan nilai rumah, tanah dan properti lain yang Anda miliki tidak akan berkurang. 

Investasi jangka menengah
Investasi jenis ini biasanya berkutat pada obligasi. Obligasi merupakan surat hutang yang diterbitkan oleh suatu perusahaan, pemerintah atau lembaga terkait lainnya. Biasanya surat hutang ini memiliki masa dengan jangka waktu tertentu. Potensi keuntungannya dapat dilihat dan diperoleh dari modal pokok investasi dan bunga yang dibagikan setiap satu, tiga atau enam bukan sekali setiap tahunnya.

Investasi jangka pendek
Investasi jangka pendek ini berhubungan dengan deposito dan tabungan. Jenis investasi ini adalah jenis yang paling sederhana dan cukup diminati karena tidak terlalu rumit dalam pengurusannya. Selain itu jenis investasi ini mudah didukung dengan  likuiditas serta kemudahan dalam proses pengambilan yang dapat dilakukan sewaktu-waktu.

"INVESTASI MEMANG BERESIKO, TETAPI TIDAK BERINVESTASI LEBIH BERESIKO LAGI"

Semoga thread ini bisa bermanfaat ..
Komen, rate ******, cendolnya ditunggu gan
emoticon-Shakehand2


Quote:



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:






petamax diamankan gan emoticon-Cool
ia gan investasi itu perlu untuk masa depan
Tapi harus bener juga gan inventasi nya , ada ke kurangan dan kelebihan di balikk smuanya ,, gmn kitanya aja gan , emoticon-Big Grin
Quote:


Betul gan, cerdas memilih, sesuaikan kemampuan, diversifikasi investasi. Semuanya termasuk dlm manajemen resiko.

Benar, perlu banget buat masa depan emoticon-Cendol (S)
karena menabung hanya seperti orang menyimpan uang saja sedangkan investasi adalah mengembangkan uang
tepat baget gan
Quote:


Sepertinya menyimpan tapi sesungguhnya nilainya makin berkurang gan..

menabung itu adalah dasar dari membangun kekayaan, semacam pondasi bangunan. dari landasan itulah nanti dibangun bagian atasnya (investasi), bisa dipilih2 sesuai keinginan dan momen yang menurut kita baik. emoticon-Big Grin
Kalo Ane Mah Lebih Memilih Investasi Dengan Emas Gan... emoticon-2 Jempol
Betul gan, sedekah pangkal kaya
ane gk tau lagunya gan emoticon-Kaskus Radio

Sedekah Pangkal Kaya emoticon-Cool





----------------------------------------------------------------
ブルドーザー?
This Comment Was Original Posted By : dzuliar emoticon-army
█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌║││█║▌││█
I'am AntiBot And Copy-Paste?
KASKUS - The Largest Indonesian Community
Copyright © 2013 Dzuliar | All Rights Reserved
----------------------------------------------------------------

Quote:

setujuh gan.. emoticon-2 Jempol
Betul juga ya gan emoticon-Hammer2
bijak menggunakan uang mungkin itu adalah investasi yg baik..krena dengan menggunakan uang tersebut dengan bijak bisa membuat investasi yg baik pula
investasi paling enak ama aman yah tanah ama emas gan emoticon-Big Grin
nabubg emas aja gan nilainya kagak pernah turun emoticon-Big Grin
bener sih tp hasil investasinya ditabung jg kan? emoticon-Ngakak
Quote:


saya setuju dgn Agan ini. Investasi memang bagus tetapi apapun bentuk investasinya harus dipahami soal return berbanding premi resikonya.