alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/524eee8ff8ca172e2b00000d/fakta-tentang-bunga-bangkai-amorphophalus
Fakta tentang Bunga Bangkai (Amorphophalus)
Quote:Assalamu'alaikum.. gan..
kali ini ane mau ngebahas tentang bunga bangkai nih gan..
ini bukti kalau ane ngak emoticon-Repost
Spoiler for :


Quote:
Spoiler for :

Fakta tentang bunga bangkai (Amorphophalus) yang masih banyak tidak diketahui oleh masyarakat kita. Sering kali bunga bangkai masih diangap sebagai spesies yang sama dengan bunga Rafflesia. Padahal antara keduanya merupakan spesies yang berbeda mulai di tingkat kelas.

Selain perbedaan itu, masih terdapat beberapa fakta lain tentang bunga bangkai yang layak kita ketahui bersama. Berikut beberapa fakta terkait bunga bangkai.


Spoiler for :

Amorphophalus titanum yang mekar 7 Januari 2013 di Penangkaran milik Holidin Bersaudara


Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum)
Bunga bangkai berbeda dengan Raflesia. Secara fisik bunga bangkai memiliki daun dan batang yang tumbuh menjulang tinggi sedangkan bunga Rafflesia hidup sebagai parasit pada inang tertentu tanpa batang dan daun dan bunganya merebah di tanah.

Secara taksonomi, bunga bangkai dan Rafflesia merupakan spesies yang berbeda mulai di tingkat kelas. Bunga bangkai (Amorphpophallus sp.) merupakan anggota kelas Liliopsida, sedangkan bunga rafflesia (Rafflesia sp.) merupakan anggota kelas Magnoliopsida.

Terdapat 170 jenis bunga bangkai di seluruh dunia dan sekitar 25 jenis di antaranya bisa ditemui di Indonesia.

Penemu pertama jenis Amorphophalus titanum adalah Odoardo Beccari seorang pakar botani berkebangsaan Italia. Ketika itu, tahun 1878, dalam perjalanannya di Kepahiang – Rejang Lebong (Bengkulu) ia menemukan tumbuhan bunga bangkai. Kemudian oleh rekannya Prof. Giovanni Arcaneli dari Turki, diberi nama ilmiah Amorphophallus titanum terhadap hasil temuan Beccari tersebut. Sejak itu dunia botani mengenal bunga bangkai dengan nama Amorpophallus titanum Beccari


Spoiler for :

Odoardo Beccari


Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum) ditetapkan sebagai flora identitas (maskot) provinsi Bengkulu berdasarkan Keputusan Presiden No. 4 Tahun 1993.

Botaniche Gärten Bonn (kebun raya di Jerman), menggunakan gambar bunga bangkai raksasa (Amorphpophallus titanium) yang merupakan bunga endemik Sumatra sebagai lambang kebun raya tersebut.


Spoiler for :

Bunga bangkai raksasa menjadi lambang Botanische Gärten Bonn, Jerman


Menurut peneliti asal University of Wisconsin, AS, Thomas C Gibson, di benua Eropa dan Amerika saja, ada sekitar 6.000 kebun raya dan arboretum yang mengoleksi bunga bangkai raksasa.

Sebutir biji bunga bangkai titan arum (Amorphpophallus titanium) butuh waktu 20 hingga 40 tahun hingga berbunga untuk yang pertama kalinya.

Bunga bangkai (Amorphophallus) mengalami dua fase dalam hidupnya yang berlangsung secara bergantian dan terus menerus, yakni fase vegetatif dan fase generatif. Pada fase vegetatif di atas umbi bunga bangkai tumbuh batang tunggal dan daun yang mirip daun pepaya. Hingga kemudian batang dan daun menjadi layu menyisakan umbi di dalam tanah. Fase selanjutnya, generatif yakni munculnya bunga majemuk yang menggantikan batang dan daun yang layu tadi.


Spoiler for :

Skema daur hidup bunga bangkai


Warna kelopak bunga bangkai raksasa selalu beragam dan tak pernah sama setiap kali mekar meskipun berasal dari umbi yang sama. Warna bunganya dapat bervariasi seperti merah hati, jingga, merah dadu, dan kehijauan. Sementara tongkolnya pun pernah muncul dengan warna keunguan, agak putih, serta kuning.

Sesaat menjelang mekar, suhu di dalam seludang yang belum terbuka bisa mencapai 50 hingga 60 derajat celcius. Kondisi ini membuat bunga ini terlihat mengeluarkan asap di tengah dinginnya udara pegunungan.


Spoiler for :

Amorphophalus titanum menjelang mekar


Bau yang dikeluarkan ternyata tidak sekedar bau busuk saja. Biasanya bau busuk yang dikeluarkan bunga bangkai bercampur antara bau yang menyerupai kertas terbakar, amis ikan, telur busuk, bahkan bau bangkai tikus.

Sebuah umbi Amorphpophallus titanium yang pernah diselamatkan oleh Tim Peduli Puspa Langka (Holidin Bersaudara) di Bengkulu bobotnya mencapai 100 kg dengan diameter hampir sebesar roda mobil L300. Delapan orang mengaku kewalahan memindahkan umbi ini dari lahan yang dibuka untuk perkebunan kopi yang disiram herbisida untuk melenyapkan pepohonan serta rumput.

Bunga bangkai raksasa tertinggi yang pernah mekar tercatat menjulang setinggi 3.45 meter. Bunga ini mekar di Desa Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu.

Di luar habitat aslinya, tumbuhan vegetatif (masa berdaun) yang memiliki ketinggian 3 hingga 4 meter bisa menghasilkan bunga setinggi sekitar 2 meter lebih. Yuzammi, seorang peneliti LIPI, pernah menemukan tumbuhan vegetatif yang ketinggiannya mencapai 6 meter di lereng hutan Sumatra.

Bunga bangkai raksasa sumatera (Amorphophallus gigas) merupakan bunga bangkai tertinggi. Tinggi bunganya mampu mencapai 5 meter. Sedangkan bunga bangkai titan arum (Amorphpophallus titanium) biasanya lebih pendek namun lebih besar.


Spoiler for :

Amorphophalus gigas yang mekar 21 Maret 2013 di penangkaran milik Holidin bersaudara setinggi 4,20 m


Amorphophalus titanum asal Bengkulu berhasil diawetkan di Kebun Raya Bogor untuk dipamerkan dalam ajang International Horticulture Goyang 2013, Korea Selatan pada tanggal 27 April hingga 12 Mei 2013 mendatang.


Spoiler for :

Proses pengawetan bunga bangkai Amorphophallus titanium yang kemudian dimasukan ke dalam tiga buah kotak kayu yang sudah disiapkan khusus dari Korea Selatan.


Populasi serangga penyerbuk bunga bangkai bisa jadi terkait pula dengan keberadaan bangkai binatang hutan. Jika lahan dibuka dan binatang besar semakin jarang, semakin berkurang pula jumlah bangkai dan serangga. Populasi bunga yang diserbuki pun semakin berkurang.

Dengan mengenal berbagai fakta tentang bunga bangkai semoga kita makin merasa bangga lantaran sebagian besar bunga ini terdapat di Indonesia. Bahkan, bunga bangkai terbesar dan tertinggi (Amorphpophallus titanium dan Amorphophallus gigas) merupakan tumbuhan endemik Sumatera, Indonesia.

Spoiler for :


Spoiler for :


Quote:Mohon komennya ya ganemoticon-Malu (S)
Dengan senang hati menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan menolak emoticon-Blue Guy Bata (L) gan

Quote:Jangan lupa mampir ke threat ane lainnya ya gan..emoticon-Ngacir2

Keren! Ada Kota Kuno di Dasar Danau Kepulauan Ini
Karpet bunga raksasa di Brussels
TV champion edisi cake
Ijin Nyimak Bareng2 gan..... emoticon-Malu (S)
mantap
keren gan
wew2, ini baru namanyee manteb gan..
hahah bangkai2...
nasi sher gan

[Hot] Lagu - Lagu Yang Ada Di Iklan TV
seperti nya ane pernah liat nih bunga dikampung ane deh emoticon-Confused
calon thread HT,,mejeng pejwan ah

emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool
Tinggi banget....

Bunga bangkai masih ada atau sudah punah ya?

Kok ga pernah lagi muncul berita nya
"Sebutir biji bunga bangkai titan arum (Amorphpophallus titanium) butuh waktu 20 hingga 40 tahun hingga berbunga untuk yang pertama kalinya"


lama bgt berbunganya,, kalau di cangkok gmn gan ? emoticon-Big Grin emoticon-Thinking

btw kalau nama ilmiah itu, ada sp gtuan dibelakang nya, emg sp itu singkatan dari kata apa gan ? ane lupa
emoticon-Pawemoticon-Pawemoticon-Paw
wah ditempat ane penah ada tuh gan emoticon-Cool


posted by sitoy.51704 emoticon-I Love Kaskus (S)
bener bau bangkai ya bunganya??
maklum blon pernah liat langsung
ane blm nemu gan,,, emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Bs buat parfum?
bau bangke nya kayak bau apaan seh?? pengen tau... ada yg tau ga?
Quote:Original Posted By b15on2000
Tinggi banget....

Bunga bangkai masih ada atau sudah punah ya?

Kok ga pernah lagi muncul berita nya


Bunga bangkai itu masih ada gan, hanya saja udah jarang sekali ditemukan, karna udah langka. Biasanya ditemukan didaerah pedalaman tepatnya di hutan-hutan pedalaman.
Kebetulan TS dari kalimantan nih ganemoticon-Big Grin
Pernah ngeliat langsung bunga bangkai yang ditemukan temen dari dalam hutanemoticon-Matabelo
tapi ngak ada yang ngeliput tuh, soalnya jarak dari kota lumayan jauhemoticon-Ngakak
keburu bunganya mati ganemoticon-Berduka (S)

Quote:Original Posted By rizkiimax
"Sebutir biji bunga bangkai titan arum (Amorphpophallus titanium) butuh waktu 20 hingga 40 tahun hingga berbunga untuk yang pertama kalinya"


lama bgt berbunganya,, kalau di cangkok gmn gan ? emoticon-Big Grin emoticon-Thinking

btw kalau nama ilmiah itu, ada sp gtuan dibelakang nya, emg sp itu singkatan dari kata apa gan ? ane lupa


Cangkok biasanya dilakukan pada cabang
pohon yang berkayu, misalnya pohon mangga dan
rambutan, kalau bunga bangkai yang dicangkok kayaknya ngak nyambung deh ganemoticon-Ngakak
Kalau masalah nama ilmiah TS juga kurang paham ganemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By shodaimekage
bener bau bangkai ya bunganya??
maklum blon pernah liat langsung

bunga bangkai memang mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk gan, yang sebenarnya bertujuan untuk mengundang kumbang dan lalat penyerbuk untuk bunganya. Makanya dinamakan bunga bangkai emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By moderator.ngehe
Bs buat parfum?

Boleh tuh gan, parfum bunga bangkaiemoticon-Ngakak

numpang mejeng di pejwan ah.... emoticon-Cool
ane doain moga jadi HT...
gan sori ane mau ngoreksi....
1. Amorphophallus titanum namanya gan bukan titanium, n mohon untuk penulisan nama ilmiah dimiringkan karena itu udah jadi kesepakatan internasional
2. sp itu singkatan dari spesifikum, jadi itu jenis tumbuhan yang belum diketahui pasti nama jenisnya, baru ketauan nama marganya aja
3. Amorphophallus titanum dan Rafflesia patma itu sama sama magnoliopsida, bedanya di FAMILY-nya, Rafflesia itu masuk Rafflesiaceae, bunga bangkai itu Araceae

mohon dikoreksi karena itu kesalahannya fatal n bisa jadi info yang salah gan...
oh,jadi maskot provinsi bengkulu ya gan